16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

Berkemah adalah salah satu metode menghabiskan waktu akhir pekan yang tak lekang oleh waktu. Apalagi jika kamu pergi berkemah dengan bersama keluarga, atau teman sembari ditemani dengan sederet peralatan camping yang sangat membantu.

Selain itu, kegiatan camping juga baik untuk tubuh, pikiran, dan jiwa yang telah kerap berada dalam rundungan rutinitas modern yang jauh dari sensasi relaksasi didukung oleh peralatan camping yang memadai. Untuk kamu yang merasa backpacking tidak praktis karena keterbatasan waktu, fisik, atau karena sudah berkeluarga, kami di Aneka Tempat Wisata menyarankan kamu untuk segera mengemas peralatan camping kamu dan menemukan lokasi di area perkemahan terdekat.

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Bagian terpenting dari kenyamanan saat berkemah adalah menyiapkan peralatan camping yang tepat. Pilihan perleatan yang tepat dapat sangat memengaruhi kenyamanan dan kebabasan kamu untuk menikmati pengalaman camping yang sepenuhnya lho. Kalau kamu membawa gears yang salah, kamu mungkin akan kesulitan untuk dapat merasakan momen-momen penuh kehangatan ini. Biar ga salah, di bawah ini kami telah buatkan daftar rekomendasi terbaik tentang peralatan camping yang perlu kamu bawa saat berkemah. Yuuk di-cek sekarang juga!

1. Sleeping Bag

Tidur di bawah cahaya gemerlap bintang dan bulan akan jauh lebih nyaman kalau kamu telah siapkan kantong tidur tahan air yang sesuai cuaca. Karena tidur di ruang terbuka akan sangat berbahaya, kamu perlu consider lebih serius tentang pilihan sleeping bag yang bakal kamu gunakan. Sebisa mungkin pilih kantong tidur yang ringan, tahan lama, dan mudah dibersihkan – lihat juga spesifikasi suhu dan rencanakan jadwal perjalanan kamu dengan cuaca lokasi berkemah untuk dapat tetap tidur dengan nyaman.

Peralatan Camping
Sleeping Bag – Shopify

2. Lampu Tenaga Surya

Pencahayaan adalah salah satu faktor terpenting di area berkemah. Peralatan camping seperti lampu tenaga surya akan menjadi lebih penting jika lokasi tempat kamu berkemah melarang penggunaan api. Lentera bertenaga matahari ini akan sanga dideal karena tidak memerlukan baterai atau sumber listrik. Beberapa produk bahkan bisa dilipat, selain juga cukup ringan untuk dibawa dan digantung di tenda untuk penerangan.

Lampu Tenaga Surya – Harga Jual

3. Kotak P3K

Untuk kamu yang mungkin telah punya pengalaman camping, kamu pasti sudah tahu betul apa yang perlu kamu masukin ke kotak kit pertolongan pertama berdasarkan preferensi atau kebutuhan pribadi kamu. Tapi untuk mereka camper pendatang baru, mengisi kotak P3K tidak semudah yang dipikirkan. Well. untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membeli kit P3K yang dikemas sebelumnya untuk memastikan kamu mendapatkan barang-barang penting seperti perban, tisu antiseptik, alkohol, sarung tangan sekali pakai, plester pertolongan pertama dan kain kasa.

Peralatan Camping
Kotak P3K – BliBli

4. Powerbank/ Penghasil Listrik Portable/Genset

Meskipun salah satu niatan untuk berkemah adalah untuk memangkas penggunaan gadget dan alat elektronik, kamu masih perlu memiliki sumber daya listrik yang andal. Karenanya, dalam daftar peralatan camping, jangan lupa untuk membawa pembangkit listrik portabel yang dapat mengisi daya ponsel cerdas, laptop, dan beberapa alat elektronik lainnya.

Genset – YouTube

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

5. Headlamp

Masih berhubungan dengan sistem penerangan, headlamp sebenarnya memiliki banyak kegunaan, termasuk menjadi pengganti senter. Peralatan camping yang satu ini bahkan adalah peralatan yang wajib kamu punya kalau kamu mendirikan kemah dalam gelap, ketika “alam memanggil” di tengah malam.

Peralatan Camping
Headlamp – Road Affair

Untuk mendapatkan manfaat besar dari headlamp, kamu mesti siapkan produk yang memiliki output lumen yang lebih tinggi. Cahaya yang lebih terang akan dapat menerangi lebih banyak area lingkungan dan membantu meningkatkan kontras.

6. Fire Stick/Korek

Mampu menyalakan api dengan cepat adalah hal yang vital dalam berkemah, dan memiliki alat pemantik api portabel (baca: korek) adalah metode terbaik untuk melakukannya. Untuk kamu yang berjiawa petualan kamuΒ  juga bisa menggunakan fire stick yang telah terbukti sangat efektif dalam memantik api tanpa korek api, koran atau kayu bakar, dan hebatnya lagi, tetap bisa digunakan dalam cuaca buruk.

Fire Stick – Shopee

7. Payung

Untuk urusan berkemah, ga ada yang lebih buruk daripada terjebak dalam hujan badai tanpa perlindungan hujan yang tepat. Tetapi kalau kamu kamu sudah menyiapkan payung dengan fitur tahan angin yang berkualitas, kamu pasti akan siap apa pun kondisinya.

8. Makanan

Punya section dan preferensi yang khusus disiapkan untuk dapur selama berkemah akan bisa membantu kamu untuk mengatur sistem konsumsi makanan yang tentunya akan sangat bervariasi tergantung pada seberapa banyak atau sedikit kamu ingin memasak selama waktu kamu camping.

Peralatan Camping
Makanan Camping – WordPress

Beberapa orang mungkin akan lebih suka membawa sebagian besar makanan dingin atau siap saji, sementara yang lain lebih menikmati menyiapkan makanan ala gourmet di tempat perkemahan mereka. Memutuskan apakah kamu akan memilih untuk tidak memasak, memasak di atas kompor, menggunakan panggangan, atau langsung di atas api akan membantu mencari tahu apa yang harus dikemas dan jenis makanan apa yang perlu kamu belanjakan.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

9. Tenda

Memilih tenda yang tepat adalah krusia. Tenda yang bagus akan benar-benar tahan cuaca dan mudah dipasang. Ukuran dan jenis tenda yang kamu pilih akan juga tergantung pada ukuran kelompok yang ikut bersama kamu dan kebutuhan ruang kamu. Tetapi dibalik semua kebutuhan ini, model tenda yang andal haruslah yang berventilasi baik.

Tenda – Bukalapak

10. Wadah/ Kotak penyimpanan

Meski terkesan tidak penting, menjaga peralatan camping untuk tetap teratur adalah hal yang penting. Karena itu, kamu perlu wadah atau kotak penyimpanan transparan yang dapat membantu kamu melihat apa yang ada di dalam kotak tersebut dengan mudah. Kotak penyimpanan ini juga dapat membantu menyimpan barang-barang kamu untuk dapat terlindung dari debu dan hewan liar.

11. Pengisi Daya Tenaga Surya

Pengisi daya tenaga surya dengan sambungan USB dapat mengisi daya ponsel, kamera, kindle, atau perangkat lain hanya melalui kekuatan matahari. Produk yang biasanya cukup premium ini juga kedap air dan dapat mudah menempel di ransel kamu untuk dapat menyerap sinar matahari saat hiking.

Peralatan Camping
Pengisi Daya Tenaga Surya – Tokopedia

12. Kotak Sampah

Menjaga area perkemahan tetap bersih dan bebas dari sampah untuk menjaga burung, tikus, beruang, dan margasatwa lainnya datang adalah hal yang penting. Di Amerika Serikat, ada protokol Leave No Trace yang terbukti meningkatkan cara camper mengelola area tempat perkemahan mereka.Β Dalam beberapa aturan ini, kamu dapat mengadopsi beberapa kebiasaan baik seperti memisahkan sampah daur ulang. tidak membuang wadah sampah di area perkemahan, atau menyimpan makanan dan sampah di dalam mobil.

13. Botol Air

Akan sangat penting untuk membawa botol air berfilter berkualitas tinggi yang dapat digunakan kembali saat berkemah. Kamu dapat mengisinya di keran air perkemahan tanpa perlu khawatir tentang seberapa bersih sumbernya karena biasanya botol air dengan filter yang baik dapat menghilangkan 99,99% amuba yang ditularkan melalui air.Β Kamu bahkan dapat dengan aman mengambil air langsung dari sungai lho!

Botol Air – Banggood

BACA JUGA: 20 Hidangan Khas Wisata Kuliner Indonesia yang Bikin Kangen

14. Kotak Pendingin

Bagian paling sulit dari berkemah adalah memutuskan apa yang harus dimakan dan bagaimana menjaga agar makanan tidak cepat basi. Kalau kamu membawa kompor gas (atau jika ada api unggun), bawalah makanan yang mudah dimasak, atau apa pun yang mungkin ingin kamu bakar untuk makan malam.

Peralatan Camping
Kotak Pendingin – Alibaba

Untuk pilihan makan sarapan, pilih roti dan telur atau yogurt dengan granola yang bisa jadi kombinasi yang mudah dan juga punya nilai gizi yang seimbang. Pastikan juga kamu membawa penjepit dan spatula, dan kemas semua bahan makana ini dalam kotak pendingin berkualitas yang diisi dengan es.

15. Kompor

Membawa kompor saat berkemah adalah cara paling mudah dan nyaman untuk memasak makanan, terutama jika tidak ada panggangan di tempat perkemahan kamu. Sebisa mungkin pilih kompor portabel yang terjangkau, ringan, mudah diatur, dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

16. Tisu Basah

Terakhir, saat berkemah kamu mungkin tidak akan bisa mandi sesering saat kamu berada di rumah dan Anda mungkin ada saat dimana kamu berkeringat dan bau. Alih-alih khawatir jika rekan berkemah kamu akan mencium bau badan kamu, cukup bawa beberapa pack tisu basah untuk menyeka tubuh.

Tisu Basah – Hallo Riau

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Selain dari beberapa item peralatan camping diatas, kamu juga perlu memabawa tool kit khusus camping yang biasanya termasuk lakban, pisau berburu atau kapak, tali cadangan dan palu karet. Ingat! Akan sulit untuk mendapatkan kenyamanan instan dalam pengalaman pertama berkemah, tetapi dengan pengalaman, kamu pasti akan dapat benar-benar siap untuk segala situasi. Selamat mencoba!

Join the discussion

Instagram @Atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!