Tempat Wisata di Malang yang Murah
Pemandian Sumber Sirah (kompasiana)

Tempat Wisata di Malang yang Murah

Salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki aneka ragam tempat wisata menarik dan unik adalah Malang. Bisa dipastikan banyak pengalaman berharga yang kamu bisa dapatkan ketika berkunjung ke Malang. Apa sajakah tempat wisata di Malang yang murah dan cocok menjadi tujuan wisata?

Nah, untuk kamu yang sedang berada di Malang dan sekitarnya kemudian mencari potensi tempat wisata di Malang yang murah karena kamu ingin liburan hemat pengeluaran, di sini kami akan bagikan daftar selengkapnya. Let’s check these out!

Tempat Wisata di Malang yang Murah

1. Pemandian Sumber Sirah

tempat wisata di Malang yang murah - Pemandian Sumber Sirah (kompasiana)
Pemandian Sumber Sirah (kompasiana)

Alamat : Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Pemandian Sumber Sirah merupakan sebuah tempat wisata di Malang yang murah meriah dengan kedalaman kolam mencapai 80 cm sampai 1,5 meter. Pada kolam di pemandian ini terdapat berbagai macam tumbuhan kecil semacam vegetasi ganggang hijau yang tumbuh bebas di permukaan kolam.

Ganggang hijau yang tumbuh di bagian permukaan kolam, dari kejauhan tampak seperti hamparan karpet hijau yang terbentang. Kemudian pada bagian dasar kolam terdapat pasir hitam halus sebagai pijakan. Tak hanya bisa berfoto, kamu pun bisa menyelam atau pun berenang di kolam Pemandian Sumber Sirah ini.

2. Kebun Teh Wonosari

tempat wisata di Malang yang murah - Kebun Teh Wonosari (idntimes)
Kebun Teh Wonosari (idntimes)

Alamat : RT.04 / RW.07, Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Kebun Teh Wonosari merupakan kebun seluas 526,72 hektare yang berada di ketinggian 950 sampai 1.250 mdpl. Karena berada di dataran tinggi, suasana sejuk dan pemandangan alam yang sangat ideal akan kamu temukan ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata di Malang yang murah meriah ini.

Di Kebun Teh Wonosari, ada banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan mulai dari jalan – jalan, bersepeda, berfoto – foto atau pun bersantai. Fasilitas wisata yang tersedia juga memadai dan terdapat penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin menginap beberapa hari di tempat wisata ini.

3. Coban Nirwana Gedangan

tempat wisata di Malang yang murah - Coban Nirwana Gedangan (malang.merdeka)
Coban Nirwana Gedangan (malang.merdeka)

Alamat : Gedangan, Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Coban Nirwana Gedangan adalah sebuah air terjun bertingkat di Malang dengan tebing yang tinggi dan lebar. View alam yang mengesankan, hutan alami yang sejuk, aliran air jernih yang berkumpul di kolam, bebatuan dan belukar, semuanya menambah eksotisme yang bisa kamu saksikan di sini.

Dengan semua hal yang ditawarkan, kamu bisa bermain air, berendam atau berenang di kolam alaminya dan pastinya berfoto – foto. Pastikan kalau ke sini bawa baju ganti agar tidak kedinginan ketika pulang sehabis berendan, berenang atau bermain air.

4. Bukit Nirwana

Bukit Nirwana (wisatainfo)
Bukit Nirwana

Alamat : Tulungrejo, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Untuk kamu pecinta sunset yang ingin menyaksikan pesona sunset terindah dari atas gunung, kamu bisa datang ke Bukit Nirwana. Suasana sejuk dengan pemandangan gunung, areal persawahan dan perbukitan akan kamu saksikan.

Bukit Nirwana juga memiliki sebuah taman buatan yang menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan. Kamu bisa sekaligus berfoto selfie ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata di Malang yang murah meriah ini.

Selain Bukit Nirwana, ada tempat wisata di Malang lainnya yang hadir dengan konsep serupa yaitu Coban Rais. Informasinya, baca : Coban Rais dan Batu Flower Garden yang Hits, Yuk Ngetrip ke Malang!

5. Coban Tundo

tempat wisata di Malang yang murah - Coban Tundo (asliindonesia)
Coban Tundo (asliindonesia)

Alamat : Tambakasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Coban Tundo merupakan kawasan wisata yang memiliki tiga spot air terjun sekaligus dalam satu lokasi. Ada Cuban Tundo 1, Cuban Tundo 2 dan Cuban Tundo 3 yang kesemuanya tentu memiliki keunikan masing – masing.

Cuban Tundo 1 merupakan air terjun dangkal yang membuat pengunjung bisa berenang di kolam yang terdapat pada bagian bawah air terjun. Cuban Tundo 2 merupakan air terjun dengan kolam sedalam tujuh meter sehingga tidak diperbolehkan dipakai berenang.

Sementara Cuban Tundo 3 merupakan air terjun dengan cekungan kecil namun sangat dalam sehingga hanya cocok dijadikan sebagai spot foto. Namun tetap harus berhati – hati karena bebatuan di sini sangat licin.

6. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot (potretmalang)
Pantai Sipelot (potretmalang)

Alamat : Pujiharjo, Tirtoyudo, Gunung, Pujiharjo, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Pantai Sipelot merupakan pantai di Malang dengan ombak besar dan termasuk pantai semi circular yang memiliki hamparan pasir berbentuk melingkar sepanjang 2 km. Dikelilingi oleh perbukitan kapur hijau dengan pepohonan rimbun menjadikan pantai ini terasa sejuk bagi setiap pengunjung.

Selain pemandangan pantai yang indah, Pantai Sipelot juga memiliki air terjun sehingga berkunjung ke sini membuat kamu bisa merasakan dua sensasi wisata sekaligus dalam satu tempat.

7. Kampung Jodipan dan Tridi

tempat wisata di Malang yang murah - Kampung Jodipan dan Tridi (yoexplore)
Kampung Jodipan dan Tridi (yoexplore)

Alamat : Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00

Kampung Jodipan dan Tridi merupakan kampung wisata di Malang yang menghadirkan banyak spot instagramable, seperti :

  • Rumah warna – warni
  • Lukisan 3 dimensi
  • Gambar tematik
  • Pijakan batu yang mengapung
  • Jembatan kaca yang menghubungkan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi

8. Kampung Enem

tempat wisata di Malang yang murah - Kampung Enem (amazingmalang)
Kampung Enem (amazingmalang)

Alamat : Unnamed Road, 65173, Area Hutan, Patokpicis, Wajak, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Kampung Enem merupakan kampung hasil pengembangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang baru saja diresmikan. Rumah pohon instagramable menjadi ikon utama tempat wisata di Malang yang murah meriah ini.

Di depan rumah pohon yang ada di Kampung Enem ini terdapat aneka ragam tanaman bunga serta rerumputan yang membuat kampung ini semakin instagramable. Selain rumah pohon, terdapat juga spot foto berupa pohon pinus yang sejuk dan memberikan suasana alam semakin terasa.

9. Coban Kedung

Coban Kedung (pingpoint)
Coban Kedung (pingpoint)

Alamat : Sentong, Bantur, Malang, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu bayar biaya parkir

Coban Kedung atau Air Terjun Kedung merupakan sebuah tempat wisata di Malang yang murah, mengombinasikan konsep air terjun dengan kedung dalam satu tempat. Air terjun ini memiliki ketinggian tebing 20 meter yang menjadi tempat mengalirnya air dan lebar tebing mencapai 25 meter.

Air yang mengalir dari tebing bermuara di kedung, terletak tepat di bagian bawah air terjun. Di sini kamu bisa berendam atau bermain – main air. Kemudian pada bagian barat air terjun terdapat formasi bebatuan yang mirip seperti bebatuan di dalam goa.

10. Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu Paralayang (pinterest)
Omah Kayu Paralayang (pinterest)

Alamat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00, belum termasuk harga tiket penginapan jika ingin menginap

Omah Kayu Paralayang merupakan sebuah tempat wisata berkonsep back to nature yang juga menghadirkan kamar penginapan untuk disewakan. Kalau kamu berwisata di Kebun Teh Wonosari, kamu wajib mampir ke sini karena lokasi kedua tempat wisata murah meriah ini sangat dekat.

Selain bisa berfoto di atas rumah pohon, kamu juga bisa naik kereta wisata, naik kuda, atau naik kendaraan ATV. Dijadikan tempat wisata untuk kunjungan bersama keluarga bisa banget pastinya.

Buat kamu yang berlibur di Malang dan berasal dari luar kota, jangan lupa untuk mencari oleh – oleh khas Malang sebelum pulang. Rekomendasinya, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Malang yang Paling Terkenal

Ada wisata apa lagi di Malang?

Selain tempat – tempat wisata yang disebutkan di atas, banyak potensi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Malang, baca : 20 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Batu Malang yang Sayang Dilewatkan
Untuk kamu yang suka kulineran, Malang juga punya banyak spot wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. Baca : 25 Tempat Wisata Kuliner di Malang yang Wajib Dicoba

Rencanakan liburan kamu di Malang sekarang! Kalau masih belum punya ide menyusun itinerarynya, baca : Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam

Bagaimana? Sudah punya gambaran wisata di Malang? Segerakan agenda wisata kamu di Malang dan dapatkan banyak pengalaman berharga di sana. Selamat berlibur dan dapatkan keseruannya!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!