Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam
Magic Journey - Malang Night Paradise (sendiherlambang)

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Malang adalah “Bandung”-nya Jawa Timur. Kadang ada beberapa orang juga ngasih julukan buat Malang sebagai Paris Van East Java. Kayak di Bandung, Malang menjadi salah satu tujuan wisata yang lumayan populer di akhir pekan. Hal ini lah yang membuat para pengelola membangun tempat-tempat wisata yang bagus-bagus di Malang.

Lagi-lagi, kayak Bandung yang punya Lembang, Malang juga punya Batu. Di mana tempat-tempat wisata yang baru dibangun berada. Nah dalam itinerary Malang 3 hari 2 malam ini, gw akan masukin tempat-tempat wisata hits kekinian dari Malang dan juga Batu.

Itinerary ini merupakan itinerary yang cukup padat. Gw akan cantumin beberapa tempat yang menurut gw opsional, yang tidak harus dikunjungin. Apalagi kalau macet dan itinerary kalian jadi ngaret, lebih baik yang opsional dilewati saja.

Catatan juga, keterangan lama perjalanan di setiap tujuan itu merupakan lama perjalanan dari tempat sebelumnya ke tempat tersebut. Karena ini merupakan itinerary, jadi poin-poinnya urut ya dari tempat yang pertama kali didatengin sampe akhir.

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam: Hari Pertama

Catatan: Lama perjalanan nomor 1 terhitung dari Alun-Alun Batu

1. Makan Pagi – Sate Kelinci Batu

Sate Kelinci, Batu, Malang (rionizarfirdauzi)
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Sate Kelinci, Batu, Malang (rionizarfirdauzi)

Lama Perjalanan: 10 menit
Disarankan Berangkat: pk. 09.00 WIB

Memulai hari yang tepat dengan makanan yang enak tuh kuncian banget kalo lagi jalan-jalan. Tunggu, buat kalian gak mau makan daging kelinci harap tenang. Walau nama tempat makannya Sate Kelinci, tapi di sini juga jual sate kambing, sate ayam sampe sate kalkun juga ada.

Selain sate dan gule, kalian juga bisa pesan makanan khas Jawa Timuran, yaitu rawon dan pecel di sini. Sebenernya masih banyak menu lain, kayak tuna bakar, nasi goreng, cuma sayang aja kalo udah ke sini makannya nasi goreng lagi. Mending cobain satenya yang maknyus banget atau menu Jawa Timurannya.

2. Jatim Park 2

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam - Jatim Park 2
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Jatim Park 2

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: Tergantung hari kerja atau hari libur, 110,000/orang atau 120,000/orang (Jatim Park 2 + Wisata Selfie), 130,000/orang atau 150,000/orang (Jatim Park 2 + Eco Green Park)

Waktu pertama kali gw masuk ke sini, yang ada di pikiran gw, “Ada ya tempat sebagus ini di Indonesia? Bahkan di luar Jakarta.”. Karena emang parah banget bagusnya. Di dalam Jatim Park 2 ini ada 3 area: Batu Secret Zoo, Museum Satwa sama area taman hiburannya.

Gw saranin kalian mulai dari Batu Secret Zoo, karena itu yang paling capek dan menurut gw paling bagus sebenernya. Cuma tergantung selera ya. Abis itu lanjut ke taman hiburan buat main-main wahana yang ada di sana. Dan harus banget naik Safari Farm-nya, jangan sampe kelewat. Terus baru nyantai di Museum Satwa, yang bikin kalian berasa kayak di museum luar negeri.

Di itinerary ini gw perkirakan kalian akan menjelajah dan main selama 6 jam, jadi jangan lupa untuk makan siang di area taman hiburannya. Catatan juga, kalo kalian mau ikutin itinerary ini, setelah ini akan ke Eco Green Park, jadi bagusnya beli tiket paket Jatim Park 2 dan Eco Green Park.

3. Eco Green Park

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam - Eco Green Park
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Eco Green Park

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: Tergantung hari kerja atau hari libur, 50,000/orang atau 65,000/orang

Masih di kawasan yang sama, kalian wajib juga buat ke Eco Green Park. Gak usah pindahin kendaraan, kalian tinggal jalan kaki 5 menit dari Jatim Park 2. Kalo di Jatim Park 2 kalian bisa nemuin berbagai macam hewan, di sini lebih dikhususkan buat berbagai macam unggas.

Karena pengelolanya sama, jadi Eco Green Park juga gak kalah bagus sama Jatim Park 2. Ada beberapa area di sini, di antaranya Duck Kingdom, Penguin Island, Bird Paradise sama Owl House. Selain menunjukan satwa-satwa yang ada di sana, Eco Green Park juga punya wahana kayak rumah terbalik sama rumah labirin.

Tapi yang paling gw suka sih dia ada bird aviary-nya, kandang besar banget yang bentuknya kayak kubah. Kita bisa masuk ke dalamnya, di mana banyak burung-burung cantik berterbangan gitu. Ada beberapa burung yang bisa diajak foto pas hinggap di tangan kalian. Tapi pastinya dengan bantuan pawangnya ya di sana.

4. Makan Malam – Bakso De Stadion (Opsional)

Bakso De Stadion, Batu, Malang (idntimes)
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Bakso De Stadion, Batu, Malang (idntimes)

Lama Perjalanan: 8 menit

Abis seharian jalan-jalan pastinya udah laper lagi dong. Dan malem-malam gini enaknya makan yang berkuah kan. Selagi kalian di Batu, harus banget nih nyobain Bakso De Stadion.

Sebenernya rasanya sih sejujurnya lumayan lah, gak sampe enak banget-banget gitu. Tapi yang bikin pengen balik ke sana tuh karena banyak varian isian di kuah baksonya. Mulai dari yang biasa kayak bakso keju sampe ke yang gak biasa kayak paru, usus crispy, sampe ceker crispy. Di sini juga jual cui mie, jadi buat yang males makan bakso, bisa cobain cui mienya juga.

Poin ini gw bikin opsional karena sebenarnya kalian bisa makan di tempat-tempat makan yang ada di poin nomor 5. Opsi A dan B masing-masing punya food court juga di dalamnya.

5. Opsi A: Museum Angkut

Museum Angkut Batu Malang (kelloggsnyc)
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Museum Angkut Batu Malang (kelloggsnyc)

Lama Perjalanan: 3 menit
Harga: 80,000/orang

Kenapa gw bikin 2 opsi, karena Museum Angkut tutup jam 20.00 WIB. Jadi kalo kalian selesai makan di jam 19.00, mending jangan ke Museum Angkut, soalnya sayang baget kalo cuma jelajahin dalam waktu 1 jam aja Jadi mending pilih opsi berikutnya aja.

Dari beberapa area yang ada, mulai dari Gangster Town sampe miniatur Buckingham Palace, yang jadi favorit gw adalah si Gangster Town. Karena kalo kalian ada di sana berasa kayak ada di dalam set film-film jadul Hollywood gitu.

Di sana juga banyak patung lilin yang bisa kalian ajak foto. Dan kualitasnya juga lumayan oke. Walau gak sebagus Madame Tussauds. Tapi okelah untuk ukuran patung lilin di Indonesia.

5. Opsi B: Batu Night Spectacular (BNS)

Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam -  Batu Night Spectacular
Itinerary Malang Hits Kekinian 3 Hari 2 Malam – Batu Night Spectacular

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: 25,000/orang (masuk kawasan), 100,000/orang (terusan)

Walau ini opsi B, tapi bukan berarti ini kurang bagus loh ya. Gw cuma urutin berdasarkan popularitasnya aja. Di sini ada area taman hiburannya sama area lentera-lentera yang kayak di foto atas.

Untuk taman hiburannya sih gak gitu gimana-gimana. Menurut gw kalo kalian gak mau main wahana-wahana lagi, beli yang tiket masuknya aja. Tapi kalo kalian emang pengen buat main wahana, ya mending beli yang tiket terusan. Karena lebih murah, dibanding beli tiket per permainan.

Akhir Hari Pertama

Nah segitu dulu untuk hari pertama, pasti kalian udah capek banget karena dari Jatim Park 2 dan Eco Green Park. Besok juga kalian bakal banyak jalan lagi. Cuma buat kalian yang masih pengen jalan, bisa coba jajanan dan kuliner di Alun-Alun Batu.

Kalo kalian pengen ganti beberapa poin, gw ada juga nih beberapa tempat wisata di Batu: Tempat Wisata di Batu Malang: 12+ Paling Populer (Jangan Terlewatkan)

Rangkuman hari pertama dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya!

1 2 3
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!