10 Wisata Banyuwangi Paling Hits
wisata Banyuwangi

10 Wisata Banyuwangi Paling Hits

Letak geografis Banyuwangi yang berada di bagian paling ujung provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan pulau Dewata, Bali, menjadikan kota ini punya banyak wisata pantai yang dapat dikunjungi. Banyaknya wisata Banyuwangi berupa pantai tersebut turut menjadikan kota Banyuwangi sebagai kota dengan julukan ‘the sunrise of Java’.

Namun tak hanya memiliki wisata pantai, banyak wisata baru yang juga bisa dikunjungi jika kamu jalan – jalan di Banyuwangi. Kalau kamu merasa ingin liburan di Banyuwangi akan tetapi sudah merasa cukup bosan berwisata di wisata pantai Banyuwangi, kamu bisa berkunjung ke wisata baru Banyuwangi lainnya.

Apa saja wisata Banyuwangi terbaru dan paling hits yang bisa jadi alternatif kunjungan perjalanan di Banyuwangi? Berikut list wisata yang kamu harus tahu!

10 List Wisata Banyuwangi Paling Hits

1. Jembatan Selfie Kalilo

wisata Banyuwangi - Jembatan selfie Kalilo (javatravel)
Jembatan selfie Kalilo (javatravel)

Alamat : Desa Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00, belum termasuk biaya parkir

Jembatan selfie Kalilo mulanya merupakan jembatan umum yang digunakan masyarakat setempat untuk menyeberang sungai. Lambat laun kemudian masyarakat menghias jembatan dan rumah mereka dengan aneka warna sehingga menjadikan jembatan ini sebagai jembatan warna yang menjadi objek swafoto keren.

Konsepnya dibuat mirip dengan kampung warna yang ada di Malang. Banyak anak muda yang datang ke sini untuk bermain – main atau pun berswafoto dan hasilnya diupload di sosial media mereka.

Buat kamu yang tertarik berlibur ke Jembatan Selfie Kalilo dan berasal dari luar kota nggak perlu khawatir tidak menemukan penginapan. Kamu bisa menginap di beberapa guest house sekitar dengan tarif per malam mulai dari 75 ribu rupiah saja.

2. Rumah Kurcaci Glenmore

wisata Banyuwangi - Rumah Kurcaci Glenmore
Rumah Kurcaci Glenmore

Alamat : Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 13.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu membayar biaya parkir

Rumah kurcaci Glenmore sebenarnya merupakan sebuah café yang menjadi spot nongkrong kekinian di Banyuwangi dan dibuka pertama kali pada 2016 lalu.

Rumah kurcaci di Glenmore café ini awalnya didirikan bukan sebagai spot utama tempat ini melainkan menjadi taman bermain untuk anak – anak pengunjung café. Akan tetapi lama kelamaan café ini tidak dikenal sebagai sebuah café melainkan lebih dikenal sebagai taman bermain dengan konsep rumah kurcaci.

Di bagian depan, tempat duduk ala café berjajar dapat menjadi tempat bersantai pengunjung. Pengunjung pun dapat memesan aneka ragam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Sementara di bagian belakang café, barulah rumah kurcaci yang bisa menjadi objek foto tersebut berada. Wisatawan pastinya dapat berswafoto dengan latar rumah mungil yang dikonsep dengan tata letak menarik tersebut.

3. Waduk Bajulmati

wisata Banyuwangi - Waduk Bajulmati (tourbanyuwangi)
Waduk Bajulmati (tourbanyuwangi)

Alamat : Area Hutan Baluran, kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan

Ingin menyaksikan keindahan alam Raja Ampat akan tetapi belum punya cukup waktu dan dana untuk pergi ke sana?

Tenang saja, Banyuwangi punya solusinya. Terdapat sebuah tempat wisata bernama Waduk Bajulmati yang dapat menjadi tempat kamu menikmati pemandangan alam yang sedikit mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Raja Ampat.

Untuk review wisata alam Raja Ampat, baca juga : Wisata Indonesia – Raja Ampat Papua Barat

Waduk Bajulmati yang ada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo ini memiliki luas sebesar 98,43 km persegi dan mampu menampung air sampai mencapai 10 juta meter kubik. Waduk Bajulmati merupakan tempat penampungan air hujan yang dibangun pada tahun 2006 dan selesai dikerjakan pada tahun 2015.

Dari sini hamparan gunung Ijen dan Baluran pun dapat kamu saksikan. Gugusan perbukitan di tengah danau pun turut menjadi landscape alam yang indah di wisata Banyuwangi ini. Terdapat sebuah jembatan yang juga dapat menjadi lokasi kamu hunting foto – foto keren selama berlibur di wisata Banyuwangi yang satu ini.

Untuk menuju wisata Banyuwangi ini rute yang perlu kamu lalui cukup mudah karena lokasi wisatanya berada di pinggir jalan raya. Kamu akan melewati ruang terbuka hijau yang indah dengan kondisi jalan yang mulus dan dapat dilalui berbagai jenis kendaraan baik motor atau mobil. Perjalanan yang harus kamu tempuh untuk sampai di wisata Banyuwangi ini kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari kota Banyuwangi.

4. Hutan Jawatan Benculuk

wisata Banyuwangi- Jawatan Benculuk (kemumaimelali)
Jawatan Benculuk (kemumaimelali)

Alamat : Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Tidak dikenai biaya tiket masuk, hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 untuk motor dan Rp 10.000,00 untuk mobil atau bus.

Kalau kamu pernah nonton film ‘The Lord of The Rings’, suasana tempat yang mirip dengan hutan dalam film tersebut bisa kamu temukan di Banyuwangi. Hutan ini penuh dengan pohon trembesi tua yang berjajar dan memiliki ranting bercabang.

Suasana yang dihadirkan akan membuat kamu seperti sedang berada di dunia lain. Kalau kamu pertama kali ke sini, dijamin kamu akan dibuat takjub oleh keindahan alam yang ada di Hutan Jawatan Benculuk ini karena suasana seperti itu tidak bisa kamu rasakan di hutan lain yang ada di Jawa Timur. Suasana dan keunikan tersebutlah yang menjadikan banyak pasangan muda mudi melangsungkan prewedding di hutan ini.

Untuk kamu yang berwisata di Hutan Jawatan Benculuk, selain bisa jalan – jalan dan berfoto tentu ada banyak aktivitas wisata lain yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa memancing, menikmati alam Banyuwangi dari ketinggian melalui flying fox, keliling dengan ATV atau dokar, bahkan sampai memacu adrenalin dengan arung jeram. Namun, untuk menikmati aktivitas tersebut tidak gratis melainkan ada biaya tambahannya mulai dari 15 ribu rupiah untuk satu wahana bermain.

Sebelum terkenal seperti sekarang, Hutan Jawatan Benculuk dulunya merupakan area terbengkalai dengan bangunan tua yang digunakan masyarakat setempat sebagai daerah resapan air. Namun kini, selain masih digunakan masyarakat sebagai daerah resapan air, Hutan Jawatan Benculuk juga sudah dibuka sebagai tempat wisata alam di Banyuwangi.
Kalau bicara soal hutan – hutanan, di Banyuwangi juga ada daerah hutan lain yang tak kalah terkenal dari Hutan Jawatan Benculuk.

Hutan tersebut merupakan sebuah hutan tua yang terkenal memiliki kesan mistis di dalamnya. Hutan yang dimaksud adalah hutan yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Seperti apa sensasi berlibur di Taman Nasional Alas Purwo? Simak dulu reviewnya, baca : Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

5. Lori Wisata Kalibaru

wisata Banyuwangi - Lori Wisata Kalibaru
Lori Wisata Kalibaru

Alamat : Jl. Raya Kalibaru, dusun Krajan, Banyuanyar, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : Hanya buka hari sabtu dan minggu pukul 07.00 – 16.00 WIB saja
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu membayar biaya naik lori 100 ribu rupiah per orang atau 1,2 juta untuk 12 orang.

Kalau kamu ingin jalan – jalan naik kereta api mini, kamu bisa berkunjung ke Lori wisata Kalibaru. Di sana kamu akan diajak berkeliling dari stasiun Kalibaru sampai stasiun Mrawan (pulang pergi) dengan jarak tempuh 18 km.

Lori ini didesain sederhana dengan jendela yang dibuat terbuka untuk memungkinkan wisatawan merasakan sensasi udara sejuk dan menyaksikan pemandangan indah dari dalam lori. Selama perjalanan, pesona pemandangan Gunung Raung, Gunung Gumitir dan kebun kopi yang indah secara bergantian akan kamu saksikan.

6. Mangrove Bedul Ecotourism

wisata Banyuwangi - Mangrove Bedul Ecotourism (rahmimimi)
Mangrove Bedul Ecotourism (rahmimimi)

Alamat : Dusun Bloksolo, RT 01, RW 02, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Gebang Kandel, Sumberasri, Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang

Mangrove Bedul Ecotourism merupakan wisata mangrove di Banyuwangi yang membuat pengunjung dapat menikmati suasana wisata alam pantai dan sekaligus vegetasi hutan mangrove yang indah dalam satu tempat.

Terdapat 27 jenis tanaman mangrove yang akan ditemukan wisatawan. Di sini wisatawan dapat berfoto dan berjalan – jalan di jembatan yang disediakan. Juga terdapat perahu yang bisa disewa untuk berkeliling areanya. Jika merasa lapar, terdapat warung makan yang menyajikan menu utama olahan ikan bedul dengan bumbu khasnya.

7. Kawah Ijen

wisata Banyuwangi - Kawah Ijen (idpinterest)
Kawah Ijen (idpinterest)

Alamat : Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Wisatawan domestik Rp 5.000,00 di hari biasa dan Rp 10.000,00 di hari libur. Wisatawan mancanegara Rp 100.000,00 di hari biasa dan Rp 150.000,00 di hari libur.

Terkenal dengan pesona blue fire yang menawan, sampai saat ini wisata Kawah Ijen Banyuwangi termasuk salah satu wisata Banyuwangi paling hits yang tak pernah sepi kunjungan. Bahkan walau jalan menuju ke Kawah Ijen sangat sulit, pecandu wisata rela menahan lelah untuk menikmati indahnya Kawah Ijen dan menakhlukkan pendakian ke puncak yang memiliki ketinggian 2,443 mdpl ini.

Buat kamu yang mendaki Kawah Ijen dengan tujuan utama menyaksikan blue fire, pastikan kamu memulai pendakian di malam hari agar kamu bisa sampai tepat di atas puncak pukul 02.00 WIB. Di antara pukul 02.00 WIB sampai pukul 04.30 WIB adalah waktu saat pesona blue fire akan muncul. Jadi blue fire tidak muncul sepanjang waktu.

Mengenai rute untuk menuju ke Kawah Ijen, perjalanan bisa dilakukan dari Banyuwangi Kota atau Bondowoso Kota menuju Paltuding yang ada di Desa Licin. Perjalanan yang kamu perlu tempuh kurang lebih sekitar 2 sampai 3 jam. Informasi selengkapnya tentang wisata Kawah Ijen Banyuwangi, baca : Wisata Jawa Timur – Kawah Ijen

8. Pantai Boom

wisata Banyuwangi - Pantai Boom (idntimes)
Pantai Boom (idntimes)

Alamat : Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 05.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Berbeda dari kebanyakan wisata pantai lain, pantai Boom merupakan wisata Banyuwangi yang memiliki pasir berwarna hitam dengan gradasi abu – abu yang berkilau. Pantai ini merupakan pantai di Banyuwangi yang memiliki ombak tenang sehingga cocok dijadikan tempat bersantai menikmati semilir angin, atau tempat melakukan diving dan snorkeling.

Selain memiliki pantai yang indah, keunikan lain dari pantai Boom yang membuatnya hits beberapa waktu belakangan ini adalah kehadiran jembatan lintas berbentuk spiral yang estetik dan instagramable banget. Spot ini menjadi spot paling menarik yang kerap menjadi tempat wisatawan berburu foto. Pesonanya semakin indah ketika senja tiba dengan lampu sorot yang membuat jembatan spiral tampak semakin megah.

Juga terdapat kawasan dermaga dengan kapal pesiar yang dapat menjadi background foto kamu. Jika kamu punya banyak waktu di wisata Banyuwangi ini, kamu pun bisa berkeliling pantai Boom dengan naik sepeda. Biaya sewa sepeda di Pantai Boom ini cukup murah yaitu sebesar 20 ribu rupiah saja per jam.

9. Pantai Cacalan

wisata Banyuwangi - Pantai Cacalan (wisatainfo)
Pantai Cacalan (wisatainfo)

Alamat : Lingkungan Sukowidi, Klatak, kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 22.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00, belum termasuk biaya parkir

Tak kalah menarik dari Pantai Boom, Pantai Cacalan juga termasuk salah satu wisata banyuwangi yang patut menjadi tujuan wisata kamu. Walau tidak sepopuler pantai Boom, akan tetapi pesona wisata yang mengesankan akan kamu temukan di sini.

Berkunjung ke Pantai Cacalan membuat kamu bisa berkunjung ke dua konsep wisata sekaligus yaitu wisata pantai dan wisata danau. Ya, terdapat pantai sekaligus danau yang cukup luas dalam satu area wisata ini.

wisata Banyuwangi - Pantai Cacalan (idnews)
Pantai Cacalan (idnews)

Pantai Cacalan merupakan sebuah pantai berpasir hitam dengan ombak yang cukup tenang. Kamu bisa bersantai, berjalan – jalan di tepian pantai dan menikmati sunrise yang indah. Kemudian di danaunya terdapat penyewaan perahu dayung dan rakit yang akan membawa kamu ke tengah danau, kamu pun bisa berfoto di sana.

Jika kamu tertarik untuk menikmati sunrise di Pantai Cacalan, terdapat area camping yang disewakan dengan harga per malam mulai 150 ribu rupiah. Kamu bisa bertanya kepada petugas secara langsung jika menginginkannya.

10. Pulau Tabuhan

wisata Banyuwangi - Pulau Tabuhan (phinemo)
Pulau Tabuhan (phinemo)

Alamat : Pulau Tabuhan, Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis, hanya dibebani biaya naik kapal sebesar Rp 500.000,00 untuk kapasitas 10 orang.

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang lokasinya berada di samping Pulau Menjangan. Hanya saja wilayah territorial keduanya berbeda karena Pulau Tabuhan masih masuk kawasan Banyuwangi, sementara Pulau Menjangan sudah masuk kawasan Bali.

Untuk pergi ke Pulau Tabuhan, perjalanan bisa dilakukan melalui area Bangsring Underwater dengan menggunakan sebuah kapal. Di Pulau Tabuhan, suasana alam yang belum terjamah akan kamu rasakan. Pasir pantai berwarna putih dengan ombaknya yang tenang cocok dijadikan spot untuk diving atau snorkeling. Jika kamu berniat diving atau snorkeling di Pulau Tabuhan, peralatannya bisa kamu sewa di Bangsring Underwater.

Beberapa warung makan juga tersedia di Pulau Tabuhan sehingga untuk kamu yang berniat camping tidak perlu bingung mencari sarapan atau makan siang. Setelah dari Pulau Tabuhan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Menjangan. Untuk informasinya, baca : Pulau Menjangan, Surga Diving Sempurna di Bali Barat

Ada Apalagi di Banyuwangi?

Kalau bicara soal wisata pantai di Banyuwangi memang tak akan pernah ada habisnya. Karena selain wisata pantai yang sudah disebutkan di sini, juga terdapat banyak wisata pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi kalau berlibur di Banyuwangi.

Salah satunya yang paling terkenal sebelum wisata pantai yang kami sebutkan di atas populer adalah wisata pantai Pulau Merah yang disebut – sebut sebagai Kutanya Jawa Timur. Kalau kamu tertarik berkunjung ke Pantai Pulau Merah, reviewnya bisa kamu baca : Pantai Pulau Merah, Kuta Kedua di Pulau Jawa yang Ada di Banyuwangi

Untuk rekomendasi wisata Banyuwangi lainnya, baca : 14 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Bagaimana? Sudah punya gambaran akan pergi ke tempat wisata apa saja selama berada di Banyuwangi? Pastikan jangan sia – siakan waktumu selama di sana karena hampir setiap sudut kota Banyuwangi menawarkan pesona keindahan yang akan sulit kamu lupakan. Happy holiday sobat traveler!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!