Pulau Menjangan, Surga Diving Sempurna di Bali Barat
Air jernih kebiruan yang segar di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, Surga Diving Sempurna di Bali Barat

Bali memang menyimpan berjuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata religi, semua tersedia di sini. Namun terkadang bagi sebagian orang yang suka traveling, Pulau Bali terasa membosankan karena hanya spot-spot tertentu yang dikunjungi. Eits, siapa sangka jika ternyata Bali masih memiliki satu surga tersembunyi yang menawarkan panorama menakjubkan bagi kamu. Surga ini adalah Pulau Menjangan. Sebuah pulau yang masih sangat alami dengan spot diving yang super amazing.

Lokasi

Menjangan yang menjadi ciri khas Pulau Menjangan
Menjangan yang menjadi ciri khas Pulau Menjangan

Pulau menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar.

Akses dan fasilitas

Air jernih kebiruan yang segar di Pulau Menjangan

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pulau ini harus lebih dulu terbang ke pulau Bali. Kamu dapat memanfaatkan tiket promo maskapai penerbangan yang ada.

Dari Denpasar, kamu bisa mengambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru.

Disarankan bagi kamu untuk menyewa mobil beserta sopirnya agar memiliki waktu bersenang-senang lebih lama. Namun bagi kamu yang ingin menggunakan transportasi umum, dapat memulai perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk mencapai pulau ini, kamu harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama perjalanan nanti kamu akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih. Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Di Pelabuhan Lalangan sudah tersedia berbagai paket diving komplit yang bisa kamu pilih sesuai budget. Harga paket ini terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling. Adanya paket wisata ini sangat menguntungkan bagi kamu karena nantinya kamu tidak perlu dipusingkan dengan urusan tawar menawar.

Rincian harga yang dipatok biasanya untuk sewa kapal antara 400.000 – 600.000 Rupiah per hari. Untuk peralatan snorkeling per orang adalah 40.000 – 50.000 Rupiah. Harga tiket masuk 2.500 Rupiah per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang dikenakan biaya 4.000 Rupiah. Jika ingin menggunakan jasa pemandu, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 100.000 Rupiah per kelompok. Sewa kapal bisa lebih murah jika kamu menyewa gabungan dengan wisatawan lain.

Jika kamu ingin menginap di lokasi terdekat dengan pulau ini, ada beberapa penginapan dan resort yang dapat kamu jadikan pilihan, seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Taman Sari Bali Resort and Spa, dan Pondok Sari Beach & Bungalow Resort. Dari keempat penginapan dan resort ini yang memiliki fasilitas paling lengkap adalah The Menjangan Resort.

Sekilas tentang Pulau Menjangan

Menikmati cerahnya hari di Pulau Menjangan
Menikmati cerahnya hari di Pulau Menjangan

Pulau ini adalah definisi sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah.

Mengapa disebut Pulau Menjangan? Kata “menjangan” berasal dari bahasa Jawa yang artinya kijang atau rusa. Setiap musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini  terdapat banyak rusa liar yang semakin lama jumlahnya semakin menurun. Sehingga pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.

Apa yang bisa dilakukan?

Berenang di Pulau Menjangan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan
Berenang di Pulau Menjangan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan

Apa lagi yang dapat kamu lakukan di tempat wisata ini selain diving dan snorkeling? Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih.

Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Kamu akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang kamu bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya kamu akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik.

Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Amazing bukan? Beberapa spot terkenal untuk diving yang sering dijadikan lokasi menyelam di Pulau ini adalah:

Eel gardens

Eeel gardens adalah spot diving yang terletak di bagian barat Pulau Menjangan. Spot ini sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan. Di spot ini terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans, sesuai dengan nama spotnya. Diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya akan gorgonia dan biota laut lainnya.

Secret Bay

Keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan

Secret Bay adalah lokasi yang tepat bagi kamu para pecinta macro diving karena di lokasi ini perairan cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan memiliki pasir berlumpur di dasar lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup berbagai biota laut yang langka dan endemik. Lokasi ini adalah lokasi yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, kamu bisa menemukan nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi spesies lainnya. Namun jika kamu ingin menikmati keindahan spesies-spesies tersebut harus menyelam di waktu yang tepat.

Waktu yang dianjurkan adalah saat gelombang tinggi dan sirkulais bulan berada pada posisi yang tepat pula. Sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan pakaian selam (wetsuit) yang bagus karena suhu air di sini bisa lebih dingin dibandingkan perairan Bali lainnya.

Anchor Wreck

Anchor Wreck adalah lokasi diving yang dianjurkan bagi para penyelam yang telah berpengalaman dan cukup profesional. Dengan kedalaman sekitar 45 meter, lokasi ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut masyarakat luas, kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia II.

Kapal ini disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, karena diduga kapal ini mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Jika kamu menyelam ke kapal ini, kamu akan menemukan peti dengan isi perabot-perabot keramik yang telah ditumbuhi karang lunak dan juga penyu bahkan hiu yang sedang berenang.

Tips mengunjungi Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah antara bulan April sampai November. Karena pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jangan lupa juga membawa obat, sunblock dan baju ganti.

Sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling jangan lupa untuk menyiapkan peralatan-peralatan yang mendukung aktivitas tersebut terlebih dulu. Peralatan diving dan snorkeling dapat kamu sewa di resort terdekat sebelum menyeberang di pulau ini.

Disarankan bagi kamu untuk menginap semalam di sini, karena waktu yang kamu perlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar sekitar 7 jam. Penting bagi kamu selain membawa perbelakan sendiri, bawalah kantong plastik khusus untuk baju kotor dan juga untuk sampah makanan dan minumanmu. Jangan sampai keindahan pulau ini tercemar oleh sampah kita sendiri.

 

Join the discussion

4 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!