Cagar Alam Pulau Sempu – Jawa Timur
Pulau Sempu

Cagar Alam Pulau Sempu – Jawa Timur

Kecil namun menarik, menantang, dan menyimpan pesona luar biasa merupakan deskripsi yang cocok untuk Pulau Sempu, sebuah pulau kecil di Jawa Timur. Terletak di kabupaten Malang Selatan, Pulau Sempu menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama karena keindahan laguna di tengahnya, yakni Segara Anakan.

Pulau Sempu yang terletak di Desa Tambak Rejo ini merupakan lokasi yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Difungsikan sebagai cagar alam, pulau tak berpenduduk ini dihuni oleh bermacam-macam flora dan fauna khas hutan tropis seperti babi hutan dan kancil. Untuk mencapai pulau ini, kamu dapat bertolak dari Pantai Sendang Biru menggunakan perahu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju atraksi utamanya, Segara Anakan, kombinasi cantik air biru yang tenang dan pasir putih seluas empat hektar.

Sekilas Mengenai Pulau Sempu

Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu sebenarnya adalah sebuah cagar alam yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 15 Maret 1928. Untuk memasuki tempat wisata ini, wisatawan harus meminta izin kepada balai konservasi sumber daya alam.

Mencapai Pulau Sempu

Pulau Sempu, Malang

Berangkat dari kota Malang, perjalanan akan memakan waktu sekitar dua jam sampai kamu tiba di Pantai Sendang Biru yang merupakan titik tolak ke Pulau Sempu. Ketika sampai di pantai ini, kamu harus melapor ke Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu dan membawa surat izin masuk kawasan konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam di sana agar dapat memasuki kawasan Pulau Sempu. Disarankan untuk mencapai pantai ini di pagi hari karena perjalanan menuju atraksi utama di pulau tersebut akan cukup memakan waktu.

Setelahnya, kamu bisa menyewa perahu nelayan dengan kapasitas maksimal 10 orang. Tarif yang ditetapkan adalah sekitar 150.000 Rupiah. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai ini. Jangan lupa juga untuk meminta nomor ponsel sang nelayan untuk minta dijemput setelah kamu puas bermain.

Mengeksplorasi Pulau Sempu

Pulau Sempu

Setibanya di Pulau Sempu, yakni di Teluk Semut, kamu dapat segera bertolak menuju Segara Anakan dengan trekking selama dua setengah jam menembus hutan. Medan perjalanan cukup berat karena curam di beberapa lokasi, selain itu ketika musim hujan tanah menjadi becek dan licin. Kamu dapat merencanakan perjalanan pada musim kering seperti bulan Juli dan Agustus untuk menghindari jalanan yang berlumpur. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena tidak ada sumber air tawar di tempat wisata ini.

Selama perjalanan kamu akan ditemani oleh seorang pemandu dari Badan Konservasi. Tidak boleh ada pengunjung yang memasuki kawasan ini tanpa pendamping dikarenakan adanya binatang liar yang masih menghuni Pulau Sempu, seperti babi hutan, jaguar, dan macan.

Selain jalur trekking yang biasa dilalui, ada juga jalur yang lebih sulit. Jalur ini biasanya diapakai oleh para pencinta alam yang ingin menjelajahi keindahan alam Pulau Sempu lebih jauh. Jalur yang lebih panjang ini bermula dari Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan. Medan yang berat dengan melewati vegetasi yang rapat, jalur yang curam serta masih cukup liar dan perjalanan yang sangat jauh ini dapat memakan waktu hingga dua hari untuk mencapai laguna Segara Anakan.

Segara Anakan

Segara Anakan
Segara Anakan

Memasuki Segara Anakan, pandangan kamu akan dibanjiri beningnya air yang menghampar, dengan pasir putih dan karang-karang yang mengelilingi, membuat laguna ini terlihat seperti pantai pribadi yang dapat kamu nikmati bersama sahabat dan keluarga. Kamu dapat dengan santai berenang di air yang tenang ini.

Kamu pun dapat melewatkan satu-dua malam di pantai ini di bawah naungan bintang. Persiapkan tenda dan bekal makanan serta air mineral yang cukup untuk menikmati ketenangan dan keindahan Segara Anakan dengan nyaman.

Akomodasi

Jika kamu memutuskan untuk bermalam di Pulau Sempu di menit-menit terakhir, kamu dapat menyewa tenda untuk camping dari kawasan Pantai Sendang Biru dengan tarif sekitar 50 ribu setiap malam.

Kuliner

Ada banyak warung makan di kawasan Pantai Sendang Biru. Namun, jika kamu ingin menikmati masakan khas daerah ini seperti ikan bakar sekembali dari Pulau Sempu, sebaiknya kamu memesan terlebih dahulu sebelum berangkat.

Tips Wisata ke Pulau Sempu

 

Untuk sekarang pulau yang satu ini sedang dalam rehabilitasi, sehingga kunjungan ke pulau ini dilarang. Kita tunggu kabar selanjutnya agar dapat berwisata ke Pulau Sempu.

Musim paling ideal untuk melakukan perjalanan adalah di musim kering karena tanah di trek menuju Segara Anakan tidak mudah kering setelah hujan, meski hujan turun beberapa hari sebelumnya. Apabila kamu berkunjung saat musim hujan, bersiaplah menggunakan sepatu agar memudahkan perjalanan wisata kamu apabila jalanan berlumpur.

Disarankan pula untuk memakai pakaian lengkap tertutup jika kamu akan melewati jalur yang lebih panjang, karena medan yang dilalui masih cukup berat. Untuk keberangkatan dari Teluk Semut langsung menuju Segara Anakan, ada kemungkinan juga kamu dapat tergores tanaman ketika melalui trek, jadi berpakaianlah senyaman mungkin dan pastikan untuk membawa beberapa plester luka sebagai antisipasi.

Join the discussion

2 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!