10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Bomun Pavilion, Gyeongju
Share ke teman kamu

Well, rasa-rasanya demam Korea saat ini makin mewabah. Mulai dari Girl Band, Boy Band, kuliner Korea, kosmetik, reality show, sampai tempat wisata di Korea Selatan. Bahkan sekarang, Negeri Kimchi ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan keragaman tempat wisata yang ada di Korea Selatan. Promosi ini dilakukan dengan cara yang menarik, misalnya melalui berbagai website Korea, drama Korea, mini drama di Youtube, brand ambassador, dan masih banyak lainnya, sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Korea.

Bicara tempat-tempat indah di Korea, rasa-rasanya hampir semua tempat yang ditampilkan di film, drama, ataupun iklan pasti memikat. Hal ini sering menimbulkan kegalauan bagi para traveler. Kira-kira tempat wisata di Korea Selatan yang mana sih yang layak untuk dikunjungi ketika berlibur ke Korea? Nah, kali ini kami akan menjawab kegalauan Anda. Berikut kami ulas 10 tempat wisata di Korea Selatan yang wajib Anda kunjungi.

1. Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak merupakan sebuah kawah yang terbentuk karena letusan Hydrovolcanic pada dasar laut yang dangkal. Letusan ini terjadi sekitar 5000 tahun yang lalu.

Seongsan Sunrise Peak memiliki bentuk seperti mangkuk yang dikelilingi oleh tebing curam di sekitarnya. Tebing-tebing yang mengelilingi Seongsan menghadap ke laut, dan jika dilihat dari ketinggian, tempat ini menyerupai mangkuk raksasa berwarna hijau. Bagian atas kawah ini ditumbuhi rumput hijau nan subur, sebuah pemandangan yang kontras dengan laut di sekelilingnya. Seongsan juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

2. Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Stasiun ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dan fotografer, terutama saat musim semi berlangsung. Jinhe adalah sebuah distrik di Changwon City, di tepi tenggara Korea. Jinhe juga sudah terkenal sejak lama sebagai penyelenggara festival bunga sakura terbesar setiap tahunnya.

Yang membuat stasiun ini menarik yaitu, di sepanjang sisi kanan dan kiri trek kereta ditumbuhi pohon-pohon sakura yang cantik. Saat kereta melaju dengan kencang, bunga-bunga sakura ini akan jatuh bertebaran, menciptakan hujan kelopak sakura yang indah.

3. Uleung Island Seaside Road

Uleung Island Seaside Road

Uleung Island Seaside Road

Uleung Island juga dijuluki sebagai “Pulau Misterius”. Pulau ini adalah tempat liburan akhir pekan terfavorit warga Seoul karena formasi bebatuan besar, tebing-tebing pantai yang kokoh, dan beragam air terjun yang membentuk pemandangan indah yang ditonjolkan pulau ini.

Pulau ini terbuat dari serangkaian letusan gunung berapi. Puncak tertinggi di sini adalah Puncak Seonginbong, dari sini Anda bisa menikmati pemandangan desa-desa yang terletak di tepi pantai. Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan berlayar di sekitar Kepulauan Gwaneumdo, Ulleungdo, Elephant Rock, Samseonan, dan Lion Rock.

4. Seopjikoji, Pulau Jeju

Seopjikoji, Pulau Jeju

Seopjikoji, Pulau Jeju

Melakukan perjalanan ke Pulau Jeju, Anda harus melakukan perencanaan yang matang dan bijak. Hal ini disebabkan karena Jeju menawarkan beragam tempat wisata yang pasti menggiurkan Anda. Salah satunya adalah Seopjikoji, sebuah tanjung di pantai yang terkenal dengan nuansa romantis dan ketenangannya.

Tempat ini sering digunakan sebagai lokasi syuting film layar lebar ataupun drama Korea. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bunga Canola berwarna kuning yang dipadukan cerahnya biru laut dan langit. Ada juga sebuah mercusuar yang bisa Anda gunakan untuk menikmati indahnya Pulau Jeju dari ketinggian.

5. Bomun Pavilion, Gyeongju

Bomun Pavilion, Gyeongju

Bomun Pavilion, Gyeongju

Gyeongju adalah sebuah ibukota kuno dari Dinasti Shilla yang memiliki julukan “Museum Tanpa Dinding”. Bomun Pavilion sendiri merupakan gazebo kayu kecil yang berdiri di atas kolam bebek berair tenang. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bagus musim semi Korea, dimana bunga-bunga sakura mulau bermekaran di atas kolam dan sesekali merontokkan kelopaknya ketika angin sepoi berhembus.



Tempat ini juga merupakan lokasi sempurna untuk melihat potret pemandangan Korea dengan berbagai musim. Daun-daun hijau akan tumbuh subur saat musim panas, pemadangan fall scarlett dapat Anda nikmati saat musim gugur, dan saat musim salju tiba pohon-pohon di sini akan diselimuti oleh salju nan cantik.

6. Pulau Udo

Pulau Udo

Pulau Udo

Pulau Udo bisa Anda tempuh hanya dalam waktu 15 menit dari Pulau Jeju dengan menggunakan kapal feri. Terletak di timur Pulau Jeju, Udo merupakan pulau yang cocok untuk wisata semua kalangan. Tempat wisata di Korea Selatan ini terkenal dengan tanahnya yang subur, pemandangan ikan, dan warisan juga lokalnya (penyelam wanita, dinding dari batu, dan kuburan batu).

Di sini tersedia beragam jenis pariwisata yang bisa Anda nikmati seperti misalnya jalur sepeda, kapal selam, kapal pesiar, tempat pemancingan, dan lain-lain. Tempat tertinggi di sini adalah mercusuar yang dikelilingi oleh taman luas. Dari sini, Anda bisa menikmati pemadangan pulau yang luar biasa indah.

7. Jeungdo Salt Farm

Jeungdo Salt Farm

Jeungdo Salt Farm

Pulau berharga ini adalah artefak dari Dinasti Song yang terkenal karena air lautnya, pantai berpasir lembut, dan peternakan garam. Jeungdo adalah peternakan garam jemur terbesar di Korea.

Berkeliling di sini, Anda akan merasakan suasana yang berbeda dengan lokasi-lokasi wisata di Korea lainnya yang cenderung berbukit, karena sebagian medan di sini adalah berupa lumpur. Gelodok Bridge, adalah jembatan yang akan membawa Anda melintasi padang lumpur dengan pemandangan yang indah. Selain dataran lumpur, Anda bisa menikmati suasana magis peternakan garam yang unik.

8. Boseong Green Tea Field

Boseong Green Tea Field

Boseong Green Tea Field

Korea memiliki sejarah panjang sebagai salah satu produsen teh hijau terbaik. Teh pertama kali dikenalkan dari China ke Korea pada masa Ratu Seondeok dari Kerajaan Silla Haeundae Beach di abad ke 7. Hingga saat ini, perbukitan teh hijau di Boeseong Korea adalah yang paling terkenal. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa Boseong adalah ibukota tempat tumbuhnya teh di Korea.

Di antara hamparan kebuh teh di Boseong, yang paling besar dan terkenal adalah Daehan Green Tea Plantation. Lahan teh hijau ini menyumbangkan 40% komoditi teh hijau Korea.

Anda akan dimanjakan pemandangan tumbuhan teh nan hijau dengan formasi meliuk-liuk. Tanaman teh di sini ditata sedemikian rapi, sehingga dari kejauhan nampak seperti hamparan terasering nan asri. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pertengahan bulan April.

9. Yang Dong Traditional Village

Yang Dong Traditional Village

Yang Dong Traditional Village

Yang Dong Traditional Village termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Desa tradisional ini mencerminkan budaya dan bangunan khas konfusianisme aristokrat dari Dinasti Joseon.

Untuk melestarikan warisan budaya ini, Administrasi Warisan Budaya Korea khusus membentuk tim pelestarian untuk desa ini. Seperti halnya budaya hidup aristokrat, di sini penduduk kelas atas hidup di tanah yang lebih tinggi, sementara yang lainnya hidup di tanah yang lebih rendah. Rumah-rumah di sini memiliki warna coklat muda yang teduh, dengan warna genteng abu-abu. Setidaknya terdapat sekitar 500 orang yang masih tinggal di sini, bahkan beberapa rumah ada yang berusia lebih dari 200 tahun.

10. Seomjin River Train Village

Seomjin River Train Village

Seomjin River Train Village

Tempat ini berlokasi di Gokseong dan merupakan sebuah stasiun kereta api bekas yang diubah menjadi sebuah taman dengan lebih dari 1.000 jenis mawar nan cantik. Meskipun telah diubah menjadi taman, Platform kereta api masih lengkap, dengan kereta tua yang berfungsi sebagai landmark. Di sini tersedia rel sepeda yang bisa Anda kendarai untuk mengelilingi desa dan kebun mawar.

Selain itu, ada juga lokomotif uap yang beroperasi lima kali dalam satu hari. Lokomotif ini adalah atraksi utama dari wisata Train Village. Lokomotif ini berjalan menyusuri Sungai Seomjingang. Di dalam lokomotif, Anda akan menemukan pemandu yang berpakaian seperti pelayan dan inspektur pemeriksa karcis. Para pemandu ini akan menjelaskan pada Anda mengenai sejarah lokasi di sini. Bisa dikatakan, wisata ini adalah tour kereta terbaik di Korea.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *