10 Tempat Wisata di Taiwan Terbaik
tempat wisata di Taiwan

10 Tempat Wisata di Taiwan Terbaik

Untuk kamu yang sedang ingin berlibur ke luar negeri namun mencari negara tujuan yang tidak terlalu menguras biaya, maka berlibur ke Taiwan adalah jawaban terbaik untukmu. Selain masih berada di wilayah Asia, tempat wisata di Taiwan juga sangat banyak.

Dengan begitu liburan kamu tetap akan menyenangkan selama berada di sana. Beragam tempat wisata pun bisa kamu jelajahi dan menjadi destinasi terbaik untuk menambah pengalaman wisata kamu.

Mengenai apa saja rekomendasi tempat wisata di Taiwan yang direkomendasikan untuk pelancong, di sini kami berikan listnya buat kamu. Jadi simak dan masukkan dalam daftar itinerary kamu kalau liburan di Taiwan ya!

Daftar Tempat Wisata di Taiwan Terbaik

1. Kuil Longshan

tempat wisata di Taiwan - Kuil Longshan (dreamstime)
Kuil Longshan (dreamstime)

Alamat : No. 211, Guangzhou Street, Wanhua District, Taipei City, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 22.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis, namun jika ada pelancong yang ingin menyumbang dana pemeliharaan tetap diterima

Kuil Longshan merupakan bangunan kuil tertua di Taiwan yang dibangun sekitar tahun 1738 oleh kaum Fujian. Kuil ini dibangun sebagai wujud dedikasi umat terhadap dewi Guan Yin. Tempat wisata di Taiwan ini memiliki tiga bagian.

Bagian depan merupakan tempat di mana pengunjung dapat menyaksikan ukiran naga raksasa yang menjaga pintu masuk kuil. Setelah pintu masuk pertama, terdapat sebuah air mancur yang menjadi lambang ketenangan dan kesejahteraan.

Kemudian pada bagian tengah terdapat empat buah pilar dengan ukiran naga yang sangat indah. Pada bagian lainnya, pengunjung akan menemukan puisi dan sajak Cina yang ditulis sebagai hiasan. Di sekeliling kuil, kamu yang sedang mencari oleh – oleh untuk keluarga tercinta bisa banget mencarinya dengan harga yang sangat terjangkau.

Pastikan untuk kamu yang berniat ke Taiwan sudah menyediakan visa Taiwan untuk mendukung keberangkatan kamu. Jika masih belum punya, kamu bisa buat terlebih dahulu. Caranya, baca : Visa Taiwan, Bagaimana Cara Mengurusnya?

2. Shihlin Night Market

tempat wisata di Taiwan - Shihlin Night Market (tripadvisor)
Shihlin Night Market (tripadvisor)

Alamat : No. 101, Jihe Road, Shilin District, Taipei City, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 16.00 – 00.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Bagi kamu yang suka banget berjelajah kulineran dengan harga yang murah, Shihlin Night Market memang surganya street food di Taiwan. Makanan yang paling terkenal adalah olahan ayam garingnya. Banyak penjual yang menjual menu tersebut, apabila kamu bingung mau mencoba dari toko yang mana, lihat saja mana yang antriannya cukup ramai dikunjungi oleh warga lokal.

Apabila kamu sedang mencari oleh – oleh dengan harga murah mulai dari souvenir, pernak – pernik, kaos, kerajinan tangan, patung, gantungan kunci, sampai dengan makanan maka kamu juga dapat mencarinya di Shihlin Night Market.

Seperti pasar malam pada umumnya, keahlian tawar menawar kamu juga akan diuji di sini. Karena, sama seperti penjual-penjual pada pasar malam di negara tetangganya, Tiongkok, mereka akan menaikan harga setinggi-tingginya untuk para turis. Tapi tenang, mereka tidak akan marah apabila kamu menawar dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi tidak perlu takut untuk menawar.

3. Taipei Grand Mosque

tempat wisata di Taiwan - Taipei Grand Mosque (travel.taipei)
Taipei Grand Mosque (travel.taipei)

Alamat : No. 62, Section 2, Xinsheng South Road, Da’an District, Taipei City, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 17.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Selain terdapat banyak bangunan kuil karena memang masyarakat Taiwan mayoritas beragama Buddha dan Tao, nyatanya di Taiwan juga terdapat bangunan berupa masjid. Masjid terbesar yang kini sekaligus menjadi salah satu tempat wisata di Taiwan yang dikunjungi pelancong dari berbagai penjuru dunia adalah Taipei Grand Mosque.

Masjid ini dibangun menempati lahan seluas 2.747 meter persegi. Di dalamnya terdapat berbagai macam ruangan seperti ruang sholat, kantor, perpustakaan yang menyediakan beragam buku Islami, ruang bersuci dan aula resepsi.

Bangunan ini tampil kontras dengan bangunan lain karena dibangun di pusat Taipei dengan arsitektur Timur Tengah yang khas. Aula Taipei Grand Mosque memiliki lebar dan tinggi 15 meter. Sisi masjid memiliki dua menara gagah yang ketinggiannya mencapai 20 meter.

Sampai saat ini, Taipei Grand Mosque masih menjadi pusat edukasi Islam bagi siapa pun orang yang ingin lebih dekat dan mengenal ajaran agama Islam.

4. Menara Taipei 101

tempat wisata di Taiwan - Menara Taipei 101 (getyourguide)
Menara Taipei 101 (getyourguide)

Alamat : Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 22.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis, hanya untuk masuk di observatorium pada lantai 89 bayar dengan nominal NT$ 600 untuk umum, NT$ 540 untuk pelajar dan gratis untuk anak dengan ukuran tubuh di bawah 115 cm.

Taipei 101 merupakan salah satu bangunan gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 508 meter dan didiami oleh 101 lantai dalam gedung ini. Menara Taipei 101 merupakan mega karya dari kolaborasi antara arsitek ternama Chu-Yuan Lee bersama perusahaan terkemuka C. P. Wang.

Menara Taipei 101 dibangun sejak tahun 1999 dan pembangunannya selesai pada tahun 2004. Sejak saat itu pula menara ini difungsikan. Sejak awal berdiri sampai detik ini, Menara Taipei 101 berfungsi sebagai gedung perkantoran dan tempat rekreasi. Tempat rekreasi yang dimaksud adalah obsevatorium dan lantai paling atas gedung ini dengan pemandangan yang indah.

Observatoriumnya terdapat pada lantai ke 89 dari gedung ini. Sementara puncaknya merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan panorama Taipei dengan gedung pencakar langit yang megah dan city light malam hari yang indah.

Observatorium Taipei 101 (anrine910070.pixnet.net)
Observatorium Taipei 101 (anrine910070.pixnet.net)

Taipei 101 juga sekaligus menjadi pusat perbelanjaan mewah yang bisa dikunjungi masyarakat umum. Kalau kamu berniat berbelanja berbagai macam barang mahal dan mewah di sini memang surga belanja kamu ketika berada di Taiwan.

Ada banyak spot barang – barang branded dari merk – merk ternama dunia yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari Chanel, Dior, Fendi hingga Rolex tersedia di sini.

Kalau setelah berkeliling menara ini kamu merasa lapar dan ingin makan di restoran yang ada di Taipei 101, beberapa restoran yang bisa kamu kunjungi di antaranya :

  • Din Tai Fung Chinese Taipei 101 Restaurant yang merupakan sebuah restoran dengan aneka hidangan khas Tiongkok
  • Shin Yeh Dining adalah sebuah restoran legendaris dengan sajian masakan Tiongkok yang khas
  • Diamond Tony’s Italian Restaurant 101 yang menyajikan menu makan malam romantis

Kalau Taipei punya gedung tertinggi dengan nama Menara Taipei 101, Tiongkok juga punya gedung tertinggi yang diberi nama Shanghai Tower. Seperti apa kemegahan gedung yang satu ini? Baca : Shanghai Tower, Ikon Arsitektur Tertinggi Tiongkok

Sementara di negara Asia lain yang punya menara gedung tertinggi dan tak kalah megah dari menara Taipei 101 dan Shanghai Tower adalah Tokyo Tower. Informasi menariknya, baca : Tokyo Tower, Melihat Jepang dari Ketinggian

5. National Palace Museum

National Palace Museum (taiwannews)
National Palace Museum (taiwannews)

Alamat : No. 221, Sec 2, Zhi Shan Rd, Shilin District, Taipei City, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Tiket reguler NT$ 350, Tiket grup NT$ 320, Tiket usia 60 tahun ke atas hari libur NT$ 75

National Palace Museum merupakan sebuah museum tempat wisata di Taiwan yang di dalamnya tersimpan sekitar 700.000 koleksi artefak kekaisaran dan karya seni kuno Tiongkok. Koleksi sebanyak itu menjadikan National Palace Museum sebagai salah satu museum terbesar di dunia yang dimiliki oleh Tiongkok.

Karya seni berupa perunggu yang sudah ada sejak zaman Dinasti Zhou Barat terakhir, keramik langka, lukisan kaligrafi yang unik, lukisan khas Tiongkok dan berbagai karya seni legendaris Tiongkok lainnya bisa kamu kunjungi ketika berwisata di salah satu tempat wisata di Taiwan paling bersejarah ini.

Selain memiliki bangunan museum, National Palace Museum juga memiliki sebuah taman seluas 1,88 hektar yang bernama Taman Zhishan. Di taman ini terdapat hamparan bunga yang indah, pavilion khas sana, danau dan juga saluran air.

6. Taman Nasional Yangmingshan

tempat wisata di Taiwan - Taman Nasional Yangmingshan (travel.taipei)
Taman Nasional Yangmingshan (travel.taipei)

Alamat : Taiwan (Terletak antara Taipei dan Kota New Taipei)
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam nonstop
Harga tiket masuk : Gratis

Taman Nasional Yangmingshan merupakan surga bagi pecinta hiking di Taiwan. Lokasi dari Taman Nasional Yangmingshan berada di gunung Yangming. Taman Nasional ini dipenuhi oleh berbagai macam vegetasi tanaman serta terdapat kebun bunga sakura yang terhampar luas nan indah. Ketika sakura sedang mekar, tempat ini terbentang selayaknya sebuah taman surga.

Luas dari Taman Nasional Yangmingshan mencapai 11.456 hektar. Di sini juga terdapat sebuah spot yang terkenal dengan pemandian air panas, fumarol dan trek hikingnya yang sangat menyenangkan. Trek hiking yang paling terkenal adalah trek hiking gunung Qixing atau Seven Star Mountain yang lokasinya berada di tengah – tengah Taman Nasional Yangmingshan dan merupakan gunung tertinggi yang ada di Taiwan.

Kamu bisa memilih trek hiking dengan beragam ketinggian mulai dari 200 meter sampai dengan 1120 meter. Pastikan kamu sesuaikan trek hiking yang kamu pilih dengan kemampuan. Jika memang malas untuk hiking, kamu juga bisa bersantai di taman bunga atau menikmati kesegaran dengan berendam di pemandian air panasnya.

7. Shousan Zoo

Shousan Zoo (kkh.travel)
Shousan Zoo (kkh.travel)

Alamat : No. 350, Wanshou Road, Gushan District, Kaohsiung City, Taiwan
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : NT$ 40

Selain punya banyak taman wisata alam yang super indah, Taiwan juga punya sebuah kebun binatang yang melindungi aneka ragam hewan di dalamnya. Tempat wisata di Taiwan tersebut adalah Shousan Zoo.

Tempat wisata di Taiwan ini terletak pada area perbatasan utara Taman Shoushan dan memiliki akses yang cukup rumit sehingga jarang dikunjungi. Di sini terdapat aneka ragam jenis hewan mulai dari hewan Asia, Afrika, Amerika dan Australia seperti singa, harimau, gajah, beruang hitam sampai dengan kanguru.

Belum ada transportasi umum untuk sampai di kebun binatang ini karena itu pelancong harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti motor untuk bisa sampai di sini.

8. Dajia Riverside Park

tempat wisata di Taiwan - Dajia Riverside Park (taiwannews)
Dajia Riverside Park (taiwannews)

Alamat : 104, Taiwan, Taipei City, Zhongshan District
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Jika kamu tertarik menikmati lingkungan Taiwan dengan udara yang bersih dan pemandangan alam berwarna hijau yang sangat mendamaikan, kamu bisa datang ke Dajia Riverside Park. Sungai bersih yang luas dengan vegetasi rumput hijau yang memanjakan mata menghiasi bagian dalam taman ini.

Selain terdapat area rumput hijau yang menyegarkan pandangan mata, di sepanjang tepian sungai juga terdapat area bunga yang diatur warna – warni dan dilengkapi juga dengan area olahraga yang membuat pengunjung bisa menjalankan berbagai aktivitas olahraga di sini.

Pengunjung dapat menikmati olahraga seperti bermain tenis, bermain bulu tangkis, bola basket sampai dengan helipad. Kamu yang hobi bersepeda juga terdapat jalur bersepeda yang disediakan. Kamu bisa berkeliling sepuas mungkin dengan sepeda ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata di Taiwan terindah ini.

Di dalam area Dajia Riverside Park, terdapat air mancur raksasa dengan ketinggian 70 meter dan menampilkan pertunjukan air mancur yang sangat keren. Pertunjukan air mancur tersebut dilakukan antara pukul 10.00 – 17.00 setiap harinya. Dihadirkan beberapa sesi pertunjukan yang masing – masing berlangsung selama 15 menit. Jangan lupa untuk kamu abadikan semua kegiatan seru di Dajia Riverside Park dengan video atau berfoto.

9. Sun Moon Lake

Sun Moon Lake (culturetrip)
Sun Moon Lake (culturetrip)

Alamat : Yuchi Township, Kab. Nantou, Republik Tiongkok
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Terletak di sebuah kota kecil, Sun Moon Lake menjadi rumah bagi suku Thao yang merupakan salah satu suku asli Taiwan. Sun Moon Lake adalah tempat terbaik untuk mencari ketenangan di Taiwan. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, suasana yang hadir masih sangat asri.

Danau ini merupakan sebuah danau dengan ketinggian permukaan mencapai 748 meter dan memiliki luas sekitar 7,93 km² dengan panjang 15,12 km. Aliran airnya yang sangat jernih berasal dari Zhuoshui River.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan pengunjung di sini. Selain bisa bersantai menanti senja, jalan – jalan atau bersepeda, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan suku Taiwan asli yaitu suku Thao yang mendiami daerah ini.

10. Taroko National Park

tempat wisata di Taiwan - Taroko National Park (lonelyplanet)
Taroko National Park (lonelyplanet)

Alamat : 972, Taiwan, Hualien County, Xiulin Township
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu cari destinasi wisata alam di Taiwan yang sangat asri, jernih dan mendamaikan maka kamu juga harus datang ke Taroko National Park di Hualien ini. Taroko National Park sendiri kini telah menjadi salah satu tempat wisata di Taiwan kelas dunia yang memiliki wilayah konservasi mencapai 92 ribu hektar.

Pemandangan alam yang tidak akan pernah bisa ditemukan di negara lain akan kamu dapatkan. Ketika baru memasuki Taroko National Park, pemandangan benteng marmer dengan ketinggian 800 meter lengkap dengan aliran Sungai Liwu di bawahnya akan menyambut kedatangan kamu.

Untuk menuju tempat ini, akses jalur darat atau air sangat terbatas. Kamu harus melalui jalan berliku yang dibuat oleh veteran perang kemudian menembus terowongan yang terbuat dari batu marmer alami. Jika kamu baru pertama kali ke sini, didampingi oleh pemandu wisata untuk menjelajah Taroko National Park akan jauh lebih aman dan sangat dianjurkan.

Negara tujuan wisata lain di Asia selain Taiwan, apa saja?

Buat kamu yang hobi traveling ke luar negeri, selain Taiwan yang harus jadi negara tujuan wisata kamu di Asia Timur, Hong Kong juga harus kamu kunjungi. Banyak tempat wisata di Hong Kong yang bisa kamu jelajahi.

Baca : 12+ Wisata Hong Kong Gratis dan Nggak Bikin Kantong Jebol

Atau sedikit lebih jauh lagi, kamu bisa berkunjung ke Jepang dan temukan banyak tempat wisata juga di sana. Rekomendasinya, baca : 12 Tempat Wisata Jepang yang Paling Keren!

Nah, itulah berbagai rekomendasi tujuan tempat wisata di Taiwan dan berbagai negara lain di Asia Timur yang bisa kamu kunjungi. Pastikan kamu sudah persiapkan seluruh perbekalan dan visa sebelum kamu berangkat melancong di negeri orang. Selamat berlibur, semoga liburan kamu di Taiwan menyenangkan!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!