Shanghai Tower, Ikon Arsitektur Tertinggi Tiongkok
Shanghai Tower

Shanghai Tower, Ikon Arsitektur Tertinggi Tiongkok

Sebagai salah satu kota di Asia dengan aktivitas ekonomi ‘supercar’, Shanghai selalu berusaha terdepan dalam segala bidang termasuk soal pembangunan infrastruktur mereka. Shanghai memiliki sebuah menara tertinggi yang diberi nama Shanghai Tower.

Shanghai Tower menjadi sebuah gedung pencakar langit tertinggi di Tiongkok dengan ketinggian mencapai 632 meter dan dinobatkan sebagai menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa yang terdapat di Dubai dan berdiri dengan ketinggian 828 meter.

Desain arsitektur yang sangat artistik menjadikan Shanghai Tower bahkan mendapat julukan sebagai ‘The Best Tall Building’ satu tahun setelah pembangunannya diselesaikan pada tahun 2015 silam. Buat kamu yang masih kepo dengan Shanghai Tower, kamu bisa simak terus ulasan di bawah ini!

Review Shanghai Tower

Shanghai Tower (gensler)
Shanghai Tower (gensler)

Alamat : 501 Yincheng Middle Rd, Lu Jia Zui, Lujiazui Residential District, Pudong, Shanghai, Tiongkok
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 – 21.30 waktu setempat
Harga tiket masuk : Dewasa 180 CNY, anak – anak dengan ketinggian di atas 1 meter 90 CNY, anak – anak dengan tinggi badan di bawah 1 meter gratis

Kalau Jepang punya Tokyo Tower, maka Shanghai punya arsitektur ikonik bernama Shanghai Tower. Kalau dibandingkan dengan menara Tokyo tersebut, Shanghai Tower jauh lebih tinggi. Seperti yang kita sudah bahas bahwa Shanghai Tower memiliki ketinggian 632 meter sementara Tokyo Tower hanya 333 meter saja.

Namun walau tidak setinggi Shanghai Tower, Tokyo Tower tetap memiliki sisi unik tersendiri yang informasinya bisa kamu ketahui dengan baca : Tokyo Tower, Melihat Jepang dari Ketinggian

Shanghai Tower sebagai menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai ini hadir dengan 127 lantai yang masih berfungsi sampai saat ini. Tidak hanya dijadikan sebagai area bisnis, bangunan menara tertinggi di Shanghai ini juga difungsikan untuk tujuan hiburan karena di sini kamu akan menemukan banyak hotel mewah, tempat karaoke eksklusif, café, hunian masyarakat, apartemen, sampai dengan museum terkenal yaitu Shanghai History Museum.

Dengan semua fasilitas tersebut, Shanghai Tower atau Menara Shanghai ini bisa dinikmati publik dengan kapasitas maksimal sampai 16.000 orang. Menara Shanghai sendiri memiliki banyak hal menarik yang bisa kamu temukan, di antaranya :

1. Menikmati Shanghai dari atas ketinggian

Shanghai Tower (itsliquid)
Shanghai Tower (itsliquid)

Shanghai Tower merupakan bangunan tertinggi di Shanghai yang membuat kamu dapat menikmati pemandangan terindah dari titik tertinggi kota Shanghai. Pada ketinggian 561 meter, menara ini menawarkan sensasi kota dengan gedung pencakar langit megah dan cahaya-cahaya lampu dari kota yang sangat menawan.

Berkunjung ke menara ini membuat kamu bisa menyaksikan dua gedung tertinggi di Shanghai sekaligus dari atas ketinggian. Kedua gedung tinggi yang bisa kamu saksikan dari Menara Shanghai yaitu Jinmao Tower dan Shanghai World Financial Center.

Kamu akan menyaksikan betapa indahnya sorot lampu dari gedung – gedung yang saling bersebelahan. Ditambah jalanan yang lalu lalang dengan kendaraan menjadi pemandangan tersendiri dari atas ketinggian Menara Shanghai yang megah.

Dengan pemandangan yang indah ini, banyak pasangan muda – mudi yang memilih untuk mengutarakan cinta pada pasangannya di sini. Kalau kamu datang ke Menara Shanghai bersama pasangan dan ingin merasakan suasana romantisme di Shanghai, bisa banget mengajak pasanganmu ke titik ini.

2. Memiliki arsitektur unik berbentuk spiral

(anyost.ru)
Shanghai Tower (anyost.ru)

Menara Shanghai merupakan sebuah bangunan megah di Shanghai dengan bentuk spiral. Bentuk spiral pada bangunan ini bukan tanpa maksud. Bentuk spiral menjadi simbol yang mewakili kekuatan Shanghai dan sekaligus menjadi lambang dinamisme moderen masyarakat Tiongkok.

Menara spiral tersebut didesain sangat canggih memanfaatkan teknologi terbaik. Berkat teknologi terbaik yang digunakan untuk mendesain menara spiral Shanghai menjadikan bangunan ini memiliki kemampuan menghemat beban angin sampai 24%. Tak ada bangunan lain di Shanghai yang memiliki kemampuan tersebut selain Menara Shanghai.

Beberapa elemen arsitektur hijau yang digabungkan pada beberapa titik menara menjadi simbol tentang misi ramah lingkungan yang Tiongkok ingin jalankan untuk melindungi bumi dari resiko kerusakan. Arsitektur hijau tersebut bahkan dipuji oleh berbagai kalangan sebagai bangunan tertinggi di Shanghai yang paling hijau.

Semua itu merupakan pekerjaan dari kontraktor utama Shanghai Contruction dengan rancangan bangunan oleh arsitek ternama Arthur Gensler, Marshall Strabala, Jun Xia dan juga Andy Cohen. Kolaborasi mereka menghasilkan suatu mahakarya yang luar biasa indah dan bisa dinikmati semua orang sampai detik ini.

3. Bangunan anti gempa dan anti badai

Shanghai Tower (architecturalrecord)
Shanghai Tower (architecturalrecord)

Tidak hanya membangun arsitektur moderen yang melambangkan kemegahan kota Shanghai. Arsitektur dan perusahaan kontraktor Menara Shanghai mampu mewujudkan pendirian sebuah bangunan yang anti gempa dan anti badai.

Semua itu didesain untuk meminimalisir terjadinya kerusakan ketika Tiongkok diserang gempa sehingga bangunan tetap kokoh dan tidak roboh. Pun ketika mengalami badai kencang, gedung ini bisa bertahan dari terpaan angin termasuk angin topan, putting beliung dan sebagainya. Hal tersebut karena pengonsepan bangunan sejak pertama kali berdiri memang sudah dihitung dan distrukturisasi tahan terhadap berbagai kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi di masa depan.

4. Memiliki lift tercepat di dunia

Lift and Room (pinterest)
Shanghai Tower Lift and Room (pinterest)

Menara Shanghai tercatat merupakan menara tertinggi dengan lift tercepat di dunia. Kecepatan lift yang membawa pengunjung ke berbagai lantai di Menara Shanghai mencapai 74 km/ jam.

Dengan menggunakan lift super cepat ini, nantinya pengunjung akan dibawa naik ke lantai 119 dan dapat menyaksikan observation deck yang membuat pengunjung dapat melihat keindahan Shanghai dari atas ketinggian.

Tak butuh waktu lama untuk membuat pengunjung dibawa dari lantai bawah ke lantai 119, hanya butuh waktu tidak lebih dari 55 detik saja dan pengunjung sudah akan sampai di lantai tersebut. Lift ini juga bisa membawa pengunjung sampai di lantai paling atas. Hanya saja di lantai paling atas tidak semua pengunjung bisa mengakses ruangan di sana karena fungsi lantai atas lebih private dibandingkan lantai – lantai lainnya.

Lift super cepat ini merupakan lift terbaik rancangan Mitsubishi yang dirancang secara khusus untuk Menara Shanghai ini. Jika kamu ingin merasakan sensasi naik ke berbagai tingkat menggunakan lift tercepat ini, kamu wajib menjadikan Shanghai Tower atau Menara Shanghai sebagai wish list wisata kamu di Shanghai.

Ada tempat wisata apalagi yang bisa dikunjungi?

Selain Shanghai Tower yang harus masuk dalam wish list liburan kamu kalau berada di Tiongkok, kamu juga harus punya alternatif wisata tujuan lain selama di sana. Tiongkok itu luas dan alternatif wisatanya juga sangat beragam. Untuk rekomendasinya, kamu bisa baca : 10 Tempat Wisata di Tiongkok yang Wajib Dikunjungi

Banyak kok tiket pesawat murah yang bisa kamu bidik, namun untuk dapatkan harga termurahnya kamu harus tahu tips membeli tiket pesawat murah. Tips triknya, baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Baca juga : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Selain mempersiapkan tiket pesawat, kamu juga harus mempersiapkan visa untuk menunjang keberangkatan kamu. Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, dapatkan perjalanan wisata yang menyenangkan selama berada di Shanghai atau kota lain di Tiongkok. Selamat traveling dan nikmati keseruannya!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!