10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Kebun Teh Ciater
Share ke teman kamu

Anda merasa lelah usai bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah saatnya Anda melepas kepenatan dan pergi berlibur. Di Subang, Jawa Barat, terdapat banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Tempat wisata di Subang banyak didominasi oleh variasi pemandangan alam dan aktivitas luar ruangan seru untuk pengalaman liburan yang menyenangkan.

Nah, jika masih bingung menentukan lokasi liburan yang tepat, yuk intip beberapa rekomendasi tempat wisata di Subang berikut ini.

1. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Bisa dibilang, tempat wisata di Subang ini adalah tempat yang paling pas untuk melepas stres. Coba saja bayangkan nyamannya berendam di hangatnya air kolam usai berkutat dengan rutinitas yang menjemukan. Tak mengherankan jika pemandian air panas Ciater berhasil menjadi salah satu primadona wisata di Subang.

Berlokasi tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, air panas yang mengalir juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mengairi sawah mereka. Di pemandian ini, Anda tidak hanya bisa merasakan kehangatan air yang akan membuat tubuh rileks, tetapi juga memperoleh khasiat kesehatan dari air tersebut. Kok bisa? Tentu saja, karena air yang mengalir dari kawah Gunung Tangkuban Perahu ini mengandung belerang, kalsium, magnesium, klorida, sulfat, thermo, dan mineral yang cukup tinggi. Dengan kombinasi komponen tersebut, banyak yang percaya air ini mampu menyembuhkan penyakit kulit, rematik, serta gangguan tulang dan saraf.

Usai berendam, mungkin Anda ingin menjajal aktivitas lain di tempat wisata di Subang ini. Jangan khawatir, di sini juga ada berbagai kegiatan luar ruangan seru untuk dicoba, seperti misalnya berkuda, berperahu, atau mengendarai gokar.

2. Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Jika Anda berkesempatan mengunjungi pemandian air panas Ciater, tak ada salahnya untuk mampir juga ke kawah Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya yang berdekatan akan menghemat waktu perjalanan dan lebih efisien. Kawah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini memiliki panorama luar biasa indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Sebut saja Kawah Ratu. Bisa dibilang, kawah yang satu ini adalah yang paling populer di kawasan wisata ini. Ukurannya yang begitu luas membuat Kawah Ratu menjadi objek wisata utama di Gunung Tangkuban Perahu. Daerah ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil ngopi, atau sekadar menikmati suasana khas pegunungan yang damai.

Selanjutnya, ada juga Kawah Upas yang letaknya sedikit di atas Kawah Ratu. Sayangnya, pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan kawah dari jauh karena akses menuju ke sana ditutup oleh pengelola setempat. Alasannya? Terdapat gas beracun di sekitar kawah yang bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Masih belum cukup? Ada satu lagi kawah Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi favorit wisatawan. Kawah Domas, namanya. Kawah ini memiliki “area kesehatan” berupa kolam belerang. Rasakan serunya merendam kaki yang lelah ke dalam kolam lumpur belerang sambil bercengkerama bersama kawan. Asyik, kan?

3. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Siapa bilang kawasan Jawa Barat cuma punya pegunungan? Di Subang, Anda bisa menemukan sebuah objek wisata pantai yang masih dilestarikan oleh penduduk lokal yaitu Pantai Kalapa Patimban yang berlokasi di Dusun Patimban, Pusakanagara, Kabupaten Subang, yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Seperti pantai kebanyakan, pantai ini juga ditumbuhi banyak pohon kelapa di tepiannya. Masyarakat setempat pun menjulukinya sebagai pantai Kalapa / Kalapa Patimban. Tak perlu jauh-jauh ke Bali, melepas penat di tempat wisata di Subang ini juga bisa membuat rileks, lho.

Keramahan penduduk lokal menjadi highlight utama dalam liburan Anda ke tempat wisata di Subang yang satu ini. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan luar ruangan yang asyik untuk dilakukan. Ingin mengarungi lautan ala Popeye? Sewa saja perahu dari nelayan lokal, pemandu akan mendampingi Anda menjelajahi hawa laut yang menenteramkan. Bagi pengunjung yang hobi olahraga, laut yang landai ini bisa dimanfaatkan untuk bermain voli pantai, berperahu, mengendarai speed boat, dan masih banyak lagi.

Usai puas bermain, Anda bisa merebahkan diri di tempat peristirahatan yang disediakan, atau mencicipi hidangan laut yang lezat.

4. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Satu lagi tempat wisata di Subang yang menawan banyak wisatawan adalah Pantai Cirewang. Surga alam yang satu ini tersembunyi di balik Kampung Cirewang, Kecamatan Legonkulon, Subang. Jika dibandingkan dengan Pantai Kalapa Patimban, Pantai Cirewang memiliki suasana yang lebih asri.

Saat tiba, Anda mungkin dibuat bingung oleh kondisi di sana. Mana pantainya? Usut punya usut, pengunjung harus berperahu melewati sungai dengan pohon bakau di kiri-kanannya. Perjalanan menyusuri sungai ini berlangsung selama 15 menit, sebelum akhirnya Anda sampai di muara Teluk Cidaon.

Dari Teluk Cidaon, pengunjung bisa langsung menjejakkan kaki di pasir Pantai Cirewang. Suasana di tempat wisata ini masih cenderung sepi karena lokasinya yang tersembunyi. Namun, hal itu justru menjadi favorit para wisatawan yang ingin menyendiri dari hiruk-pikuk kota.

5. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Rasanya kurang afdol jika mengunjungi Subang tanpa mampir ke wisata air terjun di sana. Curug Cibareubeuy adalah salah satu tujuan wisata menarik di Subang. Berlokasi di Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan untuk sampai ke sana.



Lokasinya yang terpencil dengan jalan yang menanjak dan panjang harus ditempuh selama kurang lebih 1 jam 30 menit dari Desa Cibeusi. Pengunjung bisa memilih di antara dua rute untuk mencapai tempat wisata di Subang tersebut, yakni melalui hutan atau sawah. Jika Anda adalah penggila olahraga ekstrem dan suka bertualang, jalur hutan rasanya lebih cocok karena memiliki medan yang curam serta menantang. Jalur melewati persawahan dinilai lebih mudah dilalui karena ditemani oleh berbagai petunjuk arah untuk sampai ke area air terjun.

Curug Cibareubeuy memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air yang dingin, pepohonan di sekitar air terjun, serta suasananya yang asri sehingga cocok menjadi obat penawar letih usai perjalanan yang melelahkan.

6. Curug Cina

Curug Cina

Curug Cina

Bagi Anda yang ingin melihat air terjun bertingkat, tak perlu jauh-jauh pergi ke Jamaika. Subang juga memiliki Curug Cina yang keindahannya tak kalah dari air terjun Sungai Dunn. Lokasi air terjun Curug Cina berada di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Kawasan wisata ini usianya terbilang cukup muda karena baru dibuka pada tahun 2016 silam.

Dari kota Bandung, jalur menuju tempat wisata Curug Cina relatif mudah, yakni melalui pemukiman penduduk, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Dari pemukiman, Anda harus melalui area persawahan dan perkebunan dengan jalur jalan yang menurun dan kondisi jalan yang cukup buruk. Usai menyusuri turunan tersebut, ada sebuah jembatan besar yang harus dilalui. Pengunjung harus melewati jalur treking yang menanjak untuk mencapai lokasi.

Curug Cina memiliki kontur bebatuan berundak dengan ketinggian sekitar 30 meter. Uniknya, di sekitar air terjun juga terdapat sebuah kolam air berwarna hijau. Menurut penduduk sekitar, air kolam tersebut mengandung belerang yang sering dimanfaatkan untuk berendam. Anda pun bisa memperoleh manfaat kesehatan di tempat wisata di Subang yang satu ini, selain menikmati kesejukan dan panorama alamnya.

7. Curug Ciangin

Curug Ciangin

Curug Ciangin

Curug Ciangin adalah salah satu primadona wisata air terjun di Subang. Tempat wisata di Subang yang berlokasi di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Curug Ciangin ini memiliki panorama alam luar biasa yang juga menawarkan kesejukan alami.

Sama seperti kawasan air terjun lainnya di Subang, Curug Ciangin berdiri megah di tengah pepohonan yang rimbun. Nah, jika Anda pernah mengunjungi wisata air panas Ciater sebelumnya, tak sulit untuk menemukan Curug Ciangin karena lokasinya yang berdekatan.

Sesampainya di Curug Ciangin, kesan pertama yang dirasakan adalah sejuk. Bagaimana tidak, angin berembus cukup kencang sehingga membawa butiran-butiran air dari ketinggian. Adapun air terjun ini memiliki dua tingkat dengan ketinggian yang berbeda. Bagian atasnya memiliki ketinggian sekitar 4 meter, sedangkan bagian bawahnya memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Cobalah untuk bersantai menikmati pemandangan yang dikelilingi pepohonan bambu di tempat wisata di Subang ini.

8. Curug Bentang

Curug Bentang

Curug Bentang

Saat mengunjungi Subang, wisata air terjun memang seakan tidak ada habisnya. Curug Bentang, air terjun yang sempat terabaikan ini kini menjadi salah satu tempat wisata di Subang yang wajib Anda kunjungi. Terletak di Desa Sanca, Kecamatan Ciater, air terjun ini berjarak sekitar 32 km dari ibu kota Jawa Barat, Bandung.

Pesona alam Curug Bentang tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Di sepanjang jalan menuju lokasi, Anda akan melihat hamparan sawah menghijau dan perkebunan teh yang jarang didapati di perkotaan.

Sesampainya di Curug Banter, pengunjung akan disambut oleh panorama alam yang luar biasa indah. Air terjunnya bertingkat, dengan ketinggian masing-masing sekitar 5 meter. Di setiap tingkatnya, terdapat kolam tampungan air berwarna hijau jernih yang justru menjadi daya tarik utamanya. Sayangnya, akses menuju tingkat yang lebih tinggi cukup susah karena dikelilingi batuan licin dan pepohonan.

9. Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater

Setelah puas menjelajahi air terjun, kini saatnya membawa keluarga berlibur ke kebun teh Ciater. Tak sulit untuk menemukan lokasi tempat wisata ini karena berada di sepanjang Jalan Raya Subang-Bandung, tepatnya di lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Di sini, Anda bisa mengajak si kecil menikmati panorama kebun yang hijau membentang, sembari melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung bisa memetik teh dan berkunjung ke pabrik pengolahan teh. Yang lebih seru, ada kegiatan tea break di air terjun sekitar, dan tea testing. Menjelang senja, panorama matahari terbenam bisa Anda saksikan di atas bukit perkebunan sambil merelaksasi pikiran.

10. Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran Buaya Blanakan

Dinamakan Penangkaran Buaya Blanakan karena tempat wisata di Subang yang satu ini terletak di Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan menonjolkan kawanan buaya sebagai daya tariknya.

Pengunjung yang datang mungkin dibuat bingung dengan akses lokasi menuju penangkaran buaya, karena jalannya terkesan tidak terawat. Namun, jangan menilai buku dari sampulnya, ya. Di sini, ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga saat liburan tiba.

Adalah Jack dan Baron, dua buaya raksasa yang menjadi primadona di penangkaran tersebut. Kedua buaya ini merupakan hasil penangkaran pertama di tempat tersebut bersama 5 ekor buaya betina, dan telah berumur lebih dari 30 tahun. Aksi memberi makan Jack dan Baron menjadi tontonan seru bagi pengunjung, apalagi saat melihat gerakan buaya tersebut mengambil umpan. Sebagai oleh-oleh liburan, jangan lupa berfoto bersama buaya di sana ya.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *