34 Tempat Wisata Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
The Great Asia Afrika (indrasutantoo)

34 Tempat Wisata Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Selain Puncak, Bandung juga merupakan destinasi wisata akhir pekan favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Untuk dapat mencapai kota Bandung, warga Jakarta cukup menggunakan jalan tol saja, sehingga sangat mudah mengakses kota yang berada di daerah pegunungan ini. Bagi warga Jakarta yang tidak mempunyai kendaraan, tidak perlu kuatir karena banyak sekali jasa travel yang menyediakan transportasi dari Jakarta ke tempat wisata Bandung.

Selain kemudahan aksesnya, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata menarik sehingga ramai dikunjungi wisatawan yang berdomisili di sekitar Bandung. Apa saja tempat wisata Bandung yang wajib dikunjungi? Berikut adalah tempat wisata Bandung yang wajib dikunjungi:

28. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya. tempat wisata di bandung
The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya yang berlokasi di Cibodas Lembang ini, sungguh bersih nan menghijau disebabkan oleh atmosfer dedaunan pohon pinus yang banyak tumbuh di sana. Lokasi tempat wisata di Bandung ini dikelilingi oleh pegunungan yang indah, hutan, dan lembah dengan suasana ala luar negeri.

The Lodge saat ini telah menjadi lokasi favorit sehingga tidak boleh Anda lewatkan bila mengunjungi kawasan Lembang. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan dan udara yang sejuk, jauh dari pencemaran. Anda juga bisa berfoto selfie di Rumah Pohon dan Mountain Swing (ayunan).

Di tempat wisata di Bandung ini pengunjung bisa melakukan banyak hal, mulai dari naik kuda, petualangan untuk anak, melukis, bersepeda, memberi makan kelinci, hingga aktivitas outbond.

27. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat di mana kamu dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu kamu juga dapat memetik buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah kamu petik itu kemudian akan ditimbang dan kamu harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah kamu petik. Saran saya datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

26. Rabbit Town Bandung – Tempat Instagramable di Bandung

tempat instagramable di Bandung - Rabbit Town, Bandung (fimela)
Rabbit Town, Bandung (fimela) – Tempat Instagramable di Bandung

Beberapa di antara kamu pasti sudah mengetahui Rabbit Town Bandung. Rabbit Town Bandung terkenal sebagai tempat instagramable di Bandung. Tetapi tahukah kamu, Rabbit Town Bandung bukan saja wisata swafoto saja loh. Konsepnya adalah penggabungan antara wisata kuliner, wisata swafoto serta kebun binatang.

Sehingga selain banyaknya spot foto yang disediakan di sini, kamu juga dapat mengunjungi beberapa spot yang masuk dalam kategori kebun binatangnya. Mulai dari bertemu dengan hewan kancil di area Bambi Love, memberi makan ikan koi di Koi Garden hingga memfoto monyet pada area Monkey Groove.

Dengan harga hanya 35.000 rupiah saja kamu sudah dapat memasuki Rabbit Town Bandung. Jangan lupa untuk memesan melalui websitenya, karena harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung pada loket tempat instagramable di Bandung ini.

25. Fairy Garden by The Lodge

Fairy Garden By The Lodge (klook)
Fairy Garden By The Lodge (klook)

Tempat wisata yang satu ini cocok banget untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak di bawah 12 tahun. Dengan luas 2 hektar, tempat wisata yang masih satu grup dengan The Lodge ini, memiliki 6 taman yang berbeda, sesuai tema, diantaranya Peri Bunga, Peri Masak, Peri Air dan Peri Hutan.

Banyak aktivitas edukatif untuk anak-anak seperti menggambar dan mewarnai dan menanam kaktus. Anak-anak juga dapat menonton teater boneka yang lucu.

Bagi kamu yang belum memiliki anak, tetapi sudah terlanjur besar, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, karena banyak banget spot-spot foto buat jadi stock update di media sosial kamu.

 

24. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo (travelspromo)
Lembang Park and Zoo (travelspromo)

Lembang Park and Zoo (travelspromo)[/caption] Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2019 ini, menawarkan “rasa” yang berbeda pagi pengunjung kota Lembang. Di sana kamu dapat menemui satwa-satwa yang cukup dilindungi. Walau memang, kebun binatang ini tidak dibuat dalam skala besar, kawasan ini dibuat dengan mengangkat tema kebun binatang moderen berstandar internasional.

Satwa-satwa yang ada di dalamnya sangat beragam, mulai dari burung merak, beruang madu, meerkat, lutung budeng hingga tenggalung. Bahkan mereka juga membangun bird aviary mereka sendiri, area semi indoor di mana pengunjung dapat bertemu dengan berbagai speses unggas dan beberapa di antaranya dapat diajak berfoto.

Karena area ini tidak hanya diperuntukan untuk kebun binatang saja, masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Mulai dari naik kano di danau buatan, berkuda hingga berkeliling area wisata dengan scooter.

Baca review lengkapnya: Lembang Park and Zoo – Berbagai Fakta yang Harus Kamu Ketahui

23. Rumah Mode

Rumah Mode
Rumah Mode

Rumah Mode adalah nama sebuah factory outlet yang paling terkenal di Bandung. Berlokasi di Jalan Setiabudi, Rumah Mode merupakan factory outlet terbesar, terlengkap, dan teramai di Bandung. Suasana belanja di Rumah Mode sangatlah nyaman dan bersih, sehingga sangat cocok untuk mereka yang suka wisata belanja. Barang-barang yang ditawarkan di Rumah Mode yaitu pakaian, sepatu, tas, dan hal-hal lain yang berbau fashion. Kebanyakan dari barang-barang di Rumah Mode adalah barang sisa export sehingga bisa kamu dapatkan dengan harga relatif murah. Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

22. Kampung Korea Bandung

Kampung Korea Bandung (idn)
Kampung Korea Bandung (idn)

Siapa sangka dapat mengunjungi replika negeri ginseng, Korea Selatan hanya di Bandung saja? Ya, seperti namanya, Kampung Korea Bandug menampilkan arsitektur, kuliner serta acara yang berhubungan dengan kebudayaan Korea Selatan.

Dengan harga tiket hanya 10.000 pada hari biasa dan 15.000 pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Jam operasional dari area ini adalah pukul 10.00-22.00.

21. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung (chinatownbandung)
Chinatown Bandung (chinatownbandung)

Seperti namanya, pada area ini kamu akan disuguhkan lokasi dengan arsitektur khas perkampungan di Tiongkok. Tetapi tidak hanya Tiongkok, ada beberapa area yang mirip seperti perkampungan di Jepang juga.

Selain banyak spot untuk berswafoto, kamu juga dapat menyantap hidangan kuliner serta berbelanja souvenir. Kuliner yang ditawarkan di Chinatown Bandung ini tidak hanya kuliner khas chinese food, tetapi juga makanan khas Bandung seperti batagor dan soto.

20. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika (indrasutantoo)
The Great Asia Afrika (indrasutantoo)

The Great Asia Afrika merupakan salah satu tempat baru yang wajib masuk ke list daftar tempat yang harus kamu kunjungi apabila ke Lembang. Area ini selain artistik dan bagus untuk mengabadikan momenmu di sini, The Great Asia Afrika juga memberikan edukasi.

Area ini dibagi menjadi bagian-bagian kecil: Indonesia, Jepang, Korea, India, Afrika serta Animal Park. Setiap area dengan tema negara tertentu, memiliki bangunan tematik khas dari negara tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencicipi kuliner serta memakai baju adat khas dari setiap negara pada areanya masing-masing. Tidak jarang setiap area mengadakan acara kebudayaan sesuai dengan khas dari negara masing-masing.

Sudah lumayan tertarik untuk ke Bandung? Aneka Tempat Wisata memiliki itinerary 4 hari 3 malam gratis dengan lokasi-lokasi hits yang ada di Bandung dan Lembang: Itinerary Bandung – Liburan Hits 4 Hari 3 Malam yang Wajib Kamu Ikuti

19. Kawah Putih Ciwidey

Tempat Wisata Bandung - Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

Terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM di selatan Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata Bandung yang paling populer, terutama di kalangan pecinta wisata alam. Kawah Putih Ciwidey, sesuai dengan namanya adalah sebuah kawah vulkanik dengan tanah yang bewarna putih. Warna putih ini karena terdapat kandungan belerang pada tanahnya. Keunikan utama dari kawah putih adalah airnya yang selalu berubah warna.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

18. Gunung Tangkuban Perahu

Tempat Wisata Bandung

Berada sekitar 20 KM di utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan Subang dan Lembang. Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang sudah menjadi salah satu tempat wisata Bandung dan sekitarnya yang paling terkenal.

Baca Juga: Tempat Wisata di Lembang – 33 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

17. Trans Studio Bandung

Tempat Wisata Bandung - Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah sebuah kawasan wisata rekreasi permainan yang berlokasi menyatu dengan Trans Studio Mall (dahulu bernama Bandung Super Mall). Secara simpel, Trans Studio Bandung adalah Dufan versi dalam ruangan. Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru. Harga tiket masuk adalah 150,000 Rupiah (Senin hingga Jumat), dan 250,000 Rupiah pada hari Sabtu dan Minggu. Selain menyatu dengan mall, Trans Studio Bandung juga menyatu dengan 2 hotel kelas internasional sehingga tidak perlu repot bila kamu ingin menginap.

16. Curug Dago

Tempat Wisata Bandung - Curug Dago
Curug Dago

Curug Dago adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter tingginya, namun air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat. Curug Dago tidak terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun tidak ada salahnya mencoba datang ke Curug Dago.

15. Stone Garden Padalarang

Stone Garden Padalarang
Stone Garden Padalarang

Tidak banyak orang mengetahui keindahan yang disuguhkan oleh pemandangan di atas bukit Stone Garden ini. Apalagi bila wisatawan berkunjung di padang bertabur bebatuan ini pada pagi hari saat matahari muncul atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata di Bandung yang satu ini tampak fenomenal mengundang decak kekaguman pengunjung, setelah menjelajah bebatuan yang terbentuk secara alamiah bekas danau di zaman purba. Tentu tidak disangkal bila dikatakan Taman Batu yang terletak di dataran tinggi di atas bukit ini tidak kalah indahnya dari tempat wisata yang ada di luar negeri.

Setelah sedikit treking melewati bebatuan yang menanjak, kamu bisa menapak dan melihat padang rumput tempat bebatuan yang tegak dengan formasi yang begitu artistik. Keindahan pemandangan yang terhampar luas di antara tanah pertanian penduduk serta langit lepas sejauh mata memandang ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika yang viral itu.

14. Museum Gedung Sate – Museum di Bandung

Museum Gedung Sate, Museum di Bandung (malvin)
Museum Gedung Sate, Museum di Bandung (malvin)

Museum di Bandung yang dibuka pada tahun 2017 ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Menampilkan berbagai macam koleksi seni Bandung, pada Museum Gedung Sate kamu dapat beriteraksi dengan teknologi-teknologi yang tergolong canggih dibandingkan dengan kebanyakan museum di Indonesia.

Terdapat enam instalasi interaktif dalam museum di Bandung ini. Mulai dari Augmented Reality (AR) animasi orang Belanda beserta pekerja membangun Gedung Sate hingga Virtual Reality (VR) melihat gedung sate melalui balon udara.

13. Pasar Baru

Tempat Wisata Bandung - Pasar Baru
Pasar Baru

Pasar Baru adalah tempat wisata Bandung yang cocok bagi pecinta belanja murah meriah. Di Pasar Baru kamu akan menemukan berbagai jenis pakaian dan aksesoris dengan harga yang relatif murah. Pasar Baru adalah tempat wisata Bandung yang paling disukai oleh wisatawan yang berasal dari Malaysia. Untuk dapat mendapatkan barang murah dengan sukses di Pasar Baru, kamu harus bisa menawar harga dengan sabar.

Baca Juga: 8 Mall di Bandung yang Wajib Dikunjungi

12. Observatorium Bosscha

Tempat Wisata Bandung - Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Apabila dahulu kamu pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka kamu akan merasa familiar dengan tempat ini, karena Observatorium Bosscha merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut. Apabila kamu ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

11. Wisata Foto Terbalik / Upside Down World – Tempat Instagramable di Bandung

Upside Down World. tempat wisata di bandung
Upside Down World – Tempat Instagramable di Bandung

Kamu penasaran dan ingin berpose terbalik di dalam ruangan tanpa takut terjatuh? Jika ingin berfoto dengan gaya seperti astronot di luar angkasa ini, tinggal mampir saja ke Upside Down World yang berlokasi di Dipati Ukur, Coblong, Bandung.

Konsep yang disajikan oleh tempat instagramable di Bandung ini memang unik, sehingga berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Kamu bisa berfoto terbalik dengan latar ruang tidur, dapur, kamar tamu, dan lainnya sesuai tema yang diusung.

Pengunjung bisa berfoto anti mainstream di tempat wisata di Bandung ini dan tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Semua properti yang digunakan telah ditata sedemikian rupa sehingga keamanan kamu terjamin. Pengarah gaya juga akan mengarahkan gayamu saat berfoto atau kamu bisa melihat contoh foto yang sudah ada, asyik bukan?

Jangan lupa untuk berdandan dan memakai baju yang catchy saat berfoto, agar hasilnya tidak mengecewakan. Sayang bila kamu menyia-nyiakan kesempatan yang jarang ada ini!

Baca juga : Dago Dream Park, Wisata Bandung yang Berhasil Sedot Perhatian Publik

10. Danau Situ Patenggang

Tempat Wisata Bandung - Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang berlokasi tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan. Hanya berjarak sekitar 7 KM dari tempat wisata Kawah Putih, Danau Situ Patenggang ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang eksotik. Selain menikmati pemandangan danau sambil berpiknik, kamu juga dapat bermain perahu air di Danau Situ Patenggang.

9. Wisata Selfie Bandung This is Me

This is Me, Wisata Selfie Bandung (iqy_avril)
Wisata Selfie Bandung This is Me (iqy_avril)

Wisata selfie Bandung This is Me merupakan wisata selfie yang paling baru dibuka di Bandung. This is Me menawarkan banyak spot-spot foto unik yang dapat menjadi latar foto kekinianmu. Tentunya spot-spot foto yang ada sangat berbeda dengan Rabbit Town, sehingga apabila kamu ingin kedua tempat ini agar mendapatkan stok foto yang banyak tentunya bisa banget.

Jam operasional wisata selfie Bandung This is Me adalah 10.00-20.00 di hari kerja dan 09.00-20.00 di hari libur. Sedangkan untuk harga tiket, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah apabila memesan melalui website online dibandingkan dengan membeli tiket pada loket wisata selfie Bandung This is Me langsung.

8. Kampung Gajah

Tempat Wisata Bandung - Kampung Gajah
Kampung Gajah

Kampung Gajah yang terletak di Bandung utara merupakan sebuah kawasan wisata terpadu. Apapun jenis wisata yang kamu inginkan, dapat kamu temukan di Kampung Gajah. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, hingga berbagai jenis permainan air dan darat dapat kamu temukan di Kampung Gajah sehingga kawasan wisata ini sangat cocok untuk keluarga.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Wajib Dikunjungi

7. Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater

Air Panas Ciater yang berada di perbatasan Subang adalah salah satu tempat wisata Bandung dan sekitarnya yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi kamu. Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak.

6. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung yang berlokasi dekat dengan ITB mungkin bukan pilihan utama bagi wisatawan Jakarta karena di Jakarta pun terdapat kebun binatang, namun apabila kamu memiliki anak kecil tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Kebun Binatang Bandung karena biasanya anak-anak sangat suka melihat hewan. Selain berfungsi sebagai tempat wisata Bandung, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat menambah pengetahuan tentang hewan. Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung tidaklah mahal, hanya 20,000 Rupiah per orang.

5. Orchid Forest

Orchid Forest Cikole Lembang (faktualnews)
Orchid Forest Cikole Lembang (faktualnews)

Ini nih salah satu tempat yang wajib banget kamu kunjungi, apalagi kalau menginap di Lembang. Karena pemandangan malam di Orchid Forest Cikole ini bagus banget. Tuh liat kayak yang ada di foto, keren banget kan.

Tapi sebenernya Orchid Forest Cikole tuh apa sih? Lokasi ini merupakan tempat budi daya dan konservasi bunga anggrek loh. Buat kamu yang suka banget dengan tumbuh-tumbuhan atau bunga-bunga pasti bakal ga nyesel kalo dateng ke sini, karena koleksi anggrek yang bervariasi dari luar dan dalam negeri bisa kamu temukan di sini.

Tiket masuknya pun tergolong murah, hanya 40,000 rupiah saja per orang untuk wisatawan domestik dan 100,000 rupiah untuk wisatawan mancanegara.

4. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, Saung Angklung Udjo memfokuskan diri ke pelestarian budaya angklung yang sekarang ini sudah mulai dilupakan. Acara yang dapat dilihat di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek, helaran, tari topeng, dan orkestra angklung. Setiap sore di Saung Angklung Udjo selalu diadakan pentas seni rutin.

3. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak. Selain sebagai sumber ilmu, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung kamu tidak perlu membayar mahal.

2. Paskal Food Market

Paskal Food Market
Paskal Food Market

Paskal Food Market adalah tempat wisata Bandung favorit saya. Paskal Food Market merupakan pusat wisata kuliner bandung dengan jumlah kios makanan yang sangat banyak. Dengan lebih dari 1,000 menu makanan dan minuman, Paskal Food Market adalah pusat kuliner terbesar di Bandung. Paskal Food Market berlokasi di Jalan Pasir Kaliki.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dikunjungi

1. Mercusuar Cafe and resto

Mercusuar Cafe (mercusuarcafe)
Mercusuar Cafe (mercusuarcafe)

 

Berlokasi di jl. Lembah Pakar Timur 2, restoran dengan pemandangan memukau ini merupakan salah satu restoran yang namanya langsung melejit. Terutama di kalangan pengguna media sosial, Instagram.

Cafe dan resto ini mengangkat tema abad pertengahan. Hal ini tidak hanya terlihat dari bangunan kastil, tetapi dekorasi keseluruhan dari bangunan ini juga menyesuaikan dengan tema abad pertengahan tersebut.

Selain kastil yang berada pada lantai 6, atau roof top dari bangunan ini, lantai dasar dari bangunan ini juga memiliki bakery yang dapat dikunjungi. Selain lantai dasar dan lantai 6, pengunjung dapat menikmati hidangan yang disajikan oleh pihak cafe and resto di lantai lainnya.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata Bandung dari AnekaTempatWisata.com. Tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata Bandung lainnya yang tidak tercantum di sini? Share yuk!

Masih ragu akan ke mana saat liburan di Bandung? Baca Rekomendasi tempat wisata terbaik di Bandung

 

Wisata Kuliner Bandung

3. Sapulidi Lembang

Sapulidi Lembang
Sapulidi Lembang

Slogan “back to nature” memelopori berdirinya kawasan kuliner Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi berhasil menyita perhatian publik. Hampir setiap hari, tempat kuliner Bandung yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana kamu akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Untuk memesan makanan, kamu harus memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Semua jenis kuliner lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan, merupakan beberapa contoh makanan andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau di wisata kuliner Bandung ini. Selain itu, tersedia juga masakan khas Sunda, Jawa, hingga internasional.

2. Kupat Tahu Gempol

Kuliner Bandung - Kupat Tahu Gempol
Kupat Tahu Gempol

Pernah mendengar kupat tahu gempol? Kupat tahu gempol adalah salah satu wisata kuliner Bandung khas yang beroperasi sejak tahun 1965. Kudapan ini dijual di kawasan Pasar Gempol Kota Bandung. Biasanya, penjaja kupat menggelar dagangannya setiap pagi hari. Meskipun penyajiannya masih mempertahankan gaya tradisional, kupat tahu gempol menawarkan kelezatan tiada tara.

Kupat tahu gempol berisi potongan tahu kuning yang digoreng setengah matang dengan penambahan kecambah rebus dan irisan ketupat. Kemudian, makanan tersebut disiram saus sambal kacang dan ditaburi kerupuk udang. Rasanya? Jangan ditanya lagi, tentu saja sangat enak, manis, gurih, dan menyatu dengan sempurna di lidah.

Kamu hanya perlu membayar Rp12.000 saja untuk menikmati satu porsi kupat tahu gempol. Mau dimakan di tempat atau dibawa pulang, biayanya sama saja. Jika ingin makan di sana, sebaiknya datang lebih awal. Pasalnya, sejak pukul enam pagi, pembeli sudah mulai berdatangan untuk mengantre di kedai wisata kuliner Bandung ini.

1. Batagor Hanjuang

Kuliner Bandung - Batagor Hanjuang
Batagor Hanjuang

Batagor adalah kuliner khas Bandung yang terdiri dari bakso dan tahu goreng. Camilan ini tersebar hampir di seluruh penjuru Kota Bandung. Namun, Batagor Hanjuang adalah yang paling terkenal & sering didatangi pembeli.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa rasa ikan tenggirinya pas di lidah. Adonan bumbu kacangnya juga sangat sempurna, gurih, dan sedikit pedas. Selain itu, batagor ini tidak mengandung banyak minyak.

Batagor Hanjuang bisa kamu temukan di Jalan Astina. Tepatnya, berlokasi di belakang Istana Plaza. Batagor ini dijual di dalam gerobak kaki lima. Harganya murah dengan kualitas yang tidak murahan. Lokasinya pun asyik untuk bersantai atau kongko bersama teman-teman.

Selain yang sudah disebutkan masih banyak wisata kuliner Bandung yang harus kamu santap. Baca selengkapnya di: Kuliner Bandung: 28 Tempat Makan Legendaris (Enaknya Bikin Rela Antri)

 

Mall di Bandung

3. Paris Van Java (PVJ) Mall

Mall di Bandung - Paris Van Java (PVJ) Mall
Paris Van Java (PVJ) Mall – Mall di Bandung

Paris Van Java Mall berlokasi di Jalan Sukajadi Nomor 137-139. Bagi kamu yang suka nongkrong, berkunjung ke mall ini adalah pilihan yang tepat karena mall di Bandung ini berkonsep ruangan terbuka yang terisi dengan berbagai tempat hiburan dan cafe untuk nongkrong. Di sini kamu akan menemukan deretan resto dan cafe yang berjejer di serambi mall.

Paris Van Java Mall merupakan lokasi nongkrong para muda mudi Bandung, tak heran jika saat weekend, kamu akan menemukan banyak anak muda di sini. Ramainya pengunjung di sini juga membuat perjalanan ke mall di Bandung ini biasanya macet.

2. Cihampelas Walk

Mall di Bandung - Cihampelas Walk
Cihampelas Walk – Mall di Bandung

Cihampelas Walk juga dikenal sebagai Ciwalk oleh masyarakat Bandung. Cihampelas Wlak berlokasi di di Jalan Cihampelas Nomor 160. Konsep interior Cihampelas Walk adalah mall terbuka yang ramah bagi para pejalan kaki.

Mulanya mall ini hanya digunakan sebagai tempat belanja saja, namun seiring berjalannya waktu, Cihampelas Walk saat ini lebih sering digunakan sebagai tempat nongkrong oleh wisatawan atau masyarakat setempat. Ciwalk memiliki banyak pilihan cafe dan restoran yang ada di serambi utama mall di Bandung ini. Karena sering digunakan sebagai tempat nongkrong, banyak EO dan juga stasiun TV yang mengadakan acara off air di sini.

1. Braga City Walk Mall

Mall di Bandung - Braga City Walk Mall
Braga City Walk Mall – Mall di Bandung

Braga City Walk berlokasi di Jalan Braga Nomor 99-101. Braga City Walk adalah salah satu mall di Bandung yang memiliki konsep unik dan terletak di salah satu jalan legendaris di Bandung. Braga Citywalk ini merupakan mixed use development yang artinya adalah gabungan dari Shopping Mall Bandung, Condominimum dan Hotel.

Yang membuat tempat wisata ini menarik adalah, di lokasi ini banyak terdapat bangunan kuno yang sering digunakan sebagai lokasi foto. Beberapa tenant yang berdiri di sini di antaranya Cinema XXI, D’Cost, beberapa food court dan beberapa outlet fashion lain.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa mall lainnya di Bandung, baca lengkapnya di: Mall di Bandung: 8 yang Paling Wajib Dikunjungi (Jangan Terlewat)

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!