Wisata Banten – Pulau Umang

Pulau Umang
Share ke teman kamu

Provinsi Banten, yang bersebelahan dengan ibukota Jakarta, menyimpan banyak potensi wisata alam yang menarik yaitu pantai-pantai yang indah. Pantai Carita dan Pantai Tanjung Lesung adalah dua contoh tempat wisata alam yang terkenal dari Provinsi Banten. Selain Pantai Carita dan Pantai Tanjung Lesung, Banten juga memiliki tempat wisata alam lain yang tak kalah menarik yaitu Pulau Umang.

Lokasi dan Perjalanan

Pulau Umang

Pulau Umang

Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Lokasinya berjarak kurang lebih 183 kilometer dari ibukota Jakarta dan bisa ditempuh kurang lebih 6 jam perjalanan dari Jakarta.

Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Umang, perjalanan dimulai dengan bus dari terminal Kalideres. Dari terminal Kalideres Anda memilih bus yang menuju ke Labuan dengan membayar ongkos 25,000 Rupiah. Perjalanan dari terminal Kalideres – Labuan akan memakan waktu kurang lebih 4 jam. Dari Labuan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan membayar ongkos 15,000 Rupiah menuju Sumur yang memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Pulau Umang

Pulau Umang

Jalan dari Labuan menuju Citeureup kondisinya cukup baik. Memasuki Citeureup yang menuju Cibaliung sampai Sumur, jalan mulai berkelok-kelok dan naik turun. Anda juga akan melewati Taman Nasional Ujung Kulon yang berupa hutan dan masih terlihat alami.

Kurang lebih 1 kilometer dari Pantai Sumur, anda harus membeli tiket sebesar 100,000 Rupiah untuk penyeberangan ke Pulau Umang dengan menggunakan boat. Perjalanan dengan boat ke Pulau Umang hanya memakan waktu 5 menit saja.



Daya Tarik dan Keindahan

Pulau Umang

Pulau Umang

Pulau Umang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih. Ombaknya pun relatif kecil sehingga aman dan nyaman untuk berwisata bersama keluarga.

Selain itu, terumbu karang di sekitar Pulau Umang indah dan masih sangat alami. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang mempesona dan mengabadikannya dengan kamera bawah laut.

Indahnya matahari yang terbenam adalah daya tarik lain di pulau ini. Anda dapat menimatinya dari gazebo yang banyak tersedia di sekitar pantai.

Kegiatan

Anda dapat melakukan banyak kegiatan di Pulau Umang. Jika Anda memiliki hobi memancing, anda bisa melakukannya karena terdapat berbagai jenis ikan di sekitar Pulau Umang. Berenang dan bermain dengan ombak di tepi pantai adalah kegiatan lain yang dapat Anda lakukan. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang memacu adrenalin seperti menaiki jetski atau banana boat. Jika Anda merasa lelah, Anda bisa duduk di atas hamparan pasir putih sambil menikmati indahnya matahari terbenam di Pulau Umang.

Selain kegiatan di pantai, Anda juga dapat berjalan-jalan mengelilingi pulau seluas 5 hektar tersebut. Anda dapat menikmati keindahan dan panorama alam serta melihat-lihat berbagai flora dan fauna yang terdapat di Pulau Umang.

Fasilitas

Pantai Pulau Umang

Pantai Pulau Umang

Pulau Umang memiliki fasilitas yang cukup memadai. Jika anda ingin bermalam di Pulau Umang, terdapat beberapa penginapan berupa resort dan cottage yang menghadap ke laut lepas. Resort-resort di Pulau Umang dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan modern seperti TV satelit, beach club, toko obat, lounge dan spa. Anda juga bisa berkemah karena di pulau ini terdapat camping ground yang cukup luas dan aman.

Jika anda berwisata bersama keluarga anda, terdapat pula taman bermain anak dimana Anda bisa bermain dan bersenang-senang dengan anak Anda. Selain itu, terdapat pula kids pool, yaitu kolam renang yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh untuk teman-teman atau saudara di rumah, terdapat beberapa toko souvenir khas Pulau Umang. Toko-toko souvenir tersebut menjual aneka cinderamata seperti pajangan berbahan kerang, macam-macam gantungan kunci, dan kaos bertuliskan Pulau Umang.









Share ke teman kamu

One thought on “Wisata Banten – Pulau Umang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *