19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di 2020
Museum Angkut Malang

19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di 2020

Indonesia memang selama ini dikenal sebagai sebuah negara yang kaya akan potensi wisatanya. Karena itu mencari tempat liburan di Indonesia tidak sulit. Hampir setiap daerah punya berbagai macam potensi wisata indah yang bisa dikatakan keindahannya sulit ditemukan di belahan dunia lainnya.

Karena itu banyak wisatawan mancanegara yang berbondong – bondong datang menikmati pesona wisata yang dimiliki oleh negara Indonesia baik itu di sektor wisata alamnya atau di sektor wisata sejarah dan budayanya.

Lantas, apa sajakah tempat liburan di Indonesia yang diperkirakan tetap trending di tahun ini? Kamu yang sedang mencari informasi wisata di Indonesia yang trending, wajib cek informasi ini sampai akhir pastinya!

Tempat Liburan di Indonesia yang Tetap Trending Sepanjang Tahun

1. Jembatan Situ Gunung, Sukabumi

Jembatan Situ Gunung, Sukabumi
Jembatan Situ Gunung Sukabumi

Alamat : Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat
Map : Klik disini
Jam buka : Setiap Hari pada pukul 6.00 – 16.00 WIB
Tiket masuk : 50 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 25 ribu rupiah untuk anak – anak

Tempat liburan terbaik di Indonesia yang pertama ini memang recommended banget menjadi tujuan wisatamu dan keluarga yang ingin merasakan keseruan dan kedamaian wisata di wilayah Jawa Barat.

Jembatan Situ Gunung ini merupakan sebuah jembatan gantung yang sangat indah dengan alam berwarna hijau yang mengagumkan. Ini adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi dan Jembatan ini memiliki panjang sebesar 250 meter dengan ketinggian 150 meter.

Jembatan ini pun diklaim menjadi jembatan terpanjang yang ada di wilayah Asia. Karena itu kunjungan wisata dari tahun ke tahun menuju wisata Jembatan Situ Gunung ini semakin melonjak naik.

2. Pantai Outune, Kupang

Pantai Outune, Kupang
Pantai Outune, Kupang

Alamat : Tuafanu, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka selama 24 jam non stop
Tiket masuk : 3000 rupiah


Wisata Pantai Outune ini merupakan tempat liburan di Indonesia tengah yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu akan temukan pesona padang pasir panjang yang sangat indah. Hamparan padang pasir panjang tersebut merupakan daya tarik utama dari Pantai Outune.

Pesona alam yang sangat instagramable juga menjadi daya tarik lain yang kamu bisa temukan dari wisata pantai yang satu ini. Dijamin ketika berkunjung ke sini, kamu tidak akan pernah bisa berhenti untuk berfoto – foto dengan landscape alam yang benar – benar memukau.

3. Wae Rebo, NTT

Wae Rebo, NTT
Wae Rebo, NTT

Alamat : Satar Lenda, Satar Mese Bar, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka selama 24 jam non stop
Tiket masuk : 325 ribu rupiah sudah termasuk biaya menginap di Wae Rebo untuk 1 orang

Masih tentang keindahan wilayah Indonesia Tengah, kali ini kita akan menyaksikan betapa eloknya alam pegunungan dengan pesona desa adat yang tak ada duanya. Semua itu bisa kamu temukan di Wae Rebo.

Untuk mencapai Wae Rebo memang sangat tidak mudah. Hal ini karena lokasi Wae Rebo yang terletak diatas bukit sehingga butuh perjalanan ekstra selama kurang lebih 4 jam lamanya untuk bisa sampai di kawasan Wae Rebo. Referensi lengkap untuk berkunjung ke Wae Rebo dapat kamu lihat disini : Wae Rebo, Desa Eksotis Flores yang Terkenal di Kalangan Turis

Namun sesampainya di Wae Rebo, kamu akan segera disambut hangat oleh pemuka adat yang ada disana. Kamu pun bisa berbincang dan menginap dengan warga lokal. Hal tersebut tentu akan menjadi pengalaman menarik dan sangat berharga bagi kamu yang berwisata di desa wisata Wae Rebo.

4. Pulau Bintan, Riau

Pulau Bintan, Riau
Pulau Bintan Riau

Alamat : Kota Tanjungpinang, Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau
Map : Klik disini
Jam buka : Buka selama 24 jam non stop
Tiket masuk : –

Pulau Bintan merupakan pintu gerbang kedua turis setelah Batam. Kamu yang akan masuk ke Indonesia dan berasal dari Selat Singapura harus melewati Pulau Bintan ini. Di Pulau Bintan, selain pulaunya yang indah, kamu juga bisa berkunjung ke vihara bernama Ksitigarbha Bodhisattva yang sangat unik.

Di dalam viraha tersebut, akan kamu temukan sebanyak 500 patung yang menunjukkan mimik wajah berbeda. Karena itu vihara ini disebut sebagai vihara 1000 wajah.

5. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen, Banyuwangi
Kawah Ijen, Banyuwangi

Alamat : Banyuwangi
Map : Klik disini
Jam buka : Buka selama 24 jam non stop
Tiket masuk : 5 ribu rupiah per orang

Sebagai sebuah daerah dengan sebutan The Sunrise of Java, Banyuwangi memiliki banyak syarat untuk menjadi destinasi wisata andalan di Indonesia. Salah satu hal menarik di The Sunrise of Java yang bisa ditemukan dan dinikmati keindahannya adalah Kawah Ijen.

Di sana fenomena blue fire yang sangat menawan akan kamu temukan. Untuk menikmati sensasi blue fire tersebut, kamu bisa naik ke Kawah Ijen sebelum pukul 12 malam dan nikmati pesona blue fire di pukul 3 pagi sampai menjelang subuh. So beautiful! Untuk berkunjung ke Kawah ijen, kamu bisa pakai panduan di artikel Wisata Jawa Timur – Kawah Ijen

6. Taman Edelweiss, Bali

Taman Edelweiss, Bali
Taman Edelweiss, Bali

Alamat : Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali

Map : Klik disini
Jam buka : pukul 08.00 – 18.00 WITA
Tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Taman Edelweiss ini merupakan sebuah taman wisata yang hadir dengan konsep taman – taman bunga yang mempesona. Dengan datang ke Taman Edelweiss, kamu akan mengenali Bali dengan fenomena lain yang tak kalah indah.

Jika biasanya kamu menemukan Bali dengan gradasi pantai dan air lautnya, maka dengan berkunjung ke Taman Edelweiss kamu akan menemukan pesona Bali dengan keindahan taman bunga yang tak ada duanya.

Baca juga : Punya rencana Traveling? Cek dulu tanggal liburnya

7. Ubud, Bali

Ubud, Bali
Ubud, Bali

Alamat : Ubud, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Tiket masuk : –

Ubud merupakan kawasan pariwisata yang selama ini identik dengan seni, budaya dan keindahan alam pedesaan yang khas. Di Ubud, kamu akan menemukan wisata pura dengan keindahan istana raja yang dari dulu tidak pernah berubah.

Kamu juga akan melihat berbagai air terjun, bukit hijau, sawah berundak dan sungai yang masih sangat alami. Pastinya hal yang sulit ditemukan di kota akan kamu dapatkan di Ubud.

Selain tempat wisata di atas, Bali juga punya icon wisata lain yang bisa kamu temukan.

Baca : 15 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

8. Danau Labuan Cermin, Kaltim

Danau Labuan Cermin, Kaltim
Danau Labuan Cermin, Kaltim

Alamat : Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Map : Klik disini

Jam buka : Buka pukul 08.00 sampai sore
Tiket masuk : 5 ribu rupiah

Labuan Cermin merupakan salah satu tempat liburan di Indonesia yang hadir dengan pantulan cahaya matahari terindah. Labuan Cermin memiliki lapisan yang menjadikan cahaya matahari memantul sempurna.

Keunikan lain yang bisa ditemukan di Labuan Cermin adalah terdapatnya dua rasa pada airnya. Kamu akan menyaksikan fenomena terdapatnya air tawar dan air asin dalam satu danau ini. Wow, fenomena yang langka bukan?

Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan di Labuan Cermin mulai dari berenang, snorkeling sampai aktivitas menyelam. Pastinya pengalaman liburan yang tak ada duanya akan kamu rasakan.

Labuan Cermin juga memiliki sebuah perahu yang bisa dinaiki. Beberapa aktivitas foto prewedding bahkan dilakukan di Labuan Cermin dengan panorama alam yang masih sangat asri tersebut. Labuan Cermin termasuk kedalam daftar 10 Danau terindah di indonesia lho!

9. Danau Toba, Sumut

Danau Toba, Sumut
Danau Toba, Sumut

Alamat : Toba, Sumatera Utara
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Tiket masuk : –

Tempat liburan di Indonesia yang satu ini merupakan sebuah tempat liburan fenomenal yang ada di Indonesia. Danau Toba sangat erat kaitannya dengan cerita legenda.

Danau Toba memiliki kawah seluas 1.145 km 2. Di tengahnya akan kamu temukan sebuah pulau bernama Pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan luasnya negara Singapura. Kamu bisa membayangkannya?

Menurut para ahli, Danau Toba diperkirakan terbentuk setelah letusan gunung berapi super 75.000 tahun yang lalu.

10. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat, Papua
Raja Ampat, Papua

Alamat : Papua Barat
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Tiket masuk : –

Raja Ampat merupakan salah satu kawasan tempat wisata di Indonesia timur yang keindahannya tak boleh kamu lupakan. Raja Ampat merupakan kawasan dengan 4 pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misol yang masing – masing punya keindahan alam tak ada bandingnya.

Panduan lengkap kalau kamu mau liburan ke Raja Ampat dapat dilihat di artikel ini ya Wisata Indonesia – Raja Ampat Papua Barat

Wilayah perairan menjadi daya tarik utama yang kamu akan saksikan di Raja Ampat. Di semua wilayah perairan tersebut, pesona terumbu karang dan barisan ikan yang sangat unik akan kamu temukan.

11. Gunung Bromo, Jatim

Gunung Bromo, Jatim
Gunung Bromo, Jatim

Alamat : Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang
Map : Klik disini
Jam buka : Buka setiap hari 24 jam
Tiket masuk : 30 ribu untuk WNI di hari biasa, 35 ribu untuk WNI di akhir pekan, 220 ribu untuk turis mancanegara di hari biasa dan 320 ribu untuk turis mancanegara di akhir pekan

Gunung Bromo selama ini memang menyimpan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu akan temukan pesona bukit teletubbies yang menawan, hamparan lautan pasir yang sempurna, dan beberapa kawah yang ciamik.

Di kawasan sekitar Gunung Bromo, kamu pun bisa berinteraksi dengan suku asli yang ada di sana. Suku tersebut adalah Suku Tengger yang masih memiliki hubungan kerabat dengan kerajaan majapahit.

12. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur, Jawa Tengah
Candi Borobudur, Jawa Tengah

Alamat : Jl. Badrawati, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00 – 17.00 WIB
Tiket masuk : Anak – anak 20 ribu rupiah, dewasa 40 ribu rupiah, turis $25

Bagi kamu yang tertarik untuk berwisata di tempat wisata bersejarah di Indonesia, maka kamu bisa berkunjung ke Candi Borobudur yang merupakan warisan dinasti Syailendra.

Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang sangat canggih. Kamu akan menemukan sebuah monumen Buddha terbesar di Candi Borobudur ini. Terdapat sebanyak 72 buah stupa berbentuk lonceng.

Stupa paling besar bisa kamu lihat di bagian puncak candi, sementara bagian yang lain dibuat mengelilingi stupa sampai ke bawah. Gaya Mandala tercemin menjadi gaya bangunan Candi Borobudur ini.

13. Candi Prambanan, DIY

Candi Prambanan, DIY
Candi Prambanan Yogya

Alamat : Jl. Raya Solo – No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00 – 18.00 WIB
Tiket masuk : WNI dewasa 40 ribu rupiah dan anak – anak 20 ribu rupiah, WNA dewasa 250 ribu rupiah dan anak – anak 100 ribu rupiah.

Masih tentang wisata sejarah di Indonesia. Candi Prambanan juga salah satu objek wisata sejarah yang harus kamu kunjungi.

Candi Prambanan masuk ke dalam kompleks candi terbesar bagi kerajaan Hindu di wilayah Indonesia. Candi Prambanan selalu menjadi tempat liburan terbaik di Indonesia yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan baik itu wisatawan lokal atau pun wisatawan mancanegara.

Candi Prambanan ini merupakan sebuah kawasan candi yang dibangun di abad ke-9 Masehi. Di sini, kamu akan menemukan banyak sejarah dan berbagai cerita turun temurun yang akan membuat kamu terpanah.

Di Candi Prambanan, kamu akan menemukan candi utama yang diperuntukkan bagi dewa tertinggi. Candi utama tersebut bernama Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Wisnu, dan juga Candi Dewa Brahma. Berkunjung ke Candi Prambanan akan membuat kamu bisa puas berfotografi dengan bangunan bersejarah sekaligus fenomena sunrise terbaiknya.

14. Museum Angkut, Malang

Museum Angkut, Malang
Museum Angkut, Malang

Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 12.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Senin sampai kamis 70 ribu, jumat sampai minggu 100 ribu

Jika kamu tertarik berlibur di sebuah wisata museum transportasi modern, kamu bisa datang ke Malang dan berkunjunglah ke Museum Angkut. Lokasinya terletak sekitar 20 km dari pusat kota Malang tepatnya di Batu, Malang.

Museum Angkut terbagi ke dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting bangunan ala Asia, Eropa dan Amerika. Di zona Batavia dan Sunda Kelapa, kamu akan menemukan berbagai miniatur transportasi Indonesia kuno.

Di zona Eropa, kamu akan temukan aneka ragam mobil kuno Eropa dan bisa merasakan sensasi seperti berjalan – jalan di Eropa. Kamu juga bisa menyaksikan mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di salah satu lereng gunung di daerah Magetan. Kamu pun bisa menemukan wahana Flight Simulator yang terdapat di lantai 3 gedung museum. Untuk berlubur kesini, cek panduannya di Wisata Malang – Museum Angkut

15. Museum Keraton Yogyakarta, yogya

Museum Keraton Yogyakarta, Jogja
Museum Keraton Yogyakarta

Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00 – 17.00 WIB
Tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Tempat liburan di Indonesia yang satu ini memang sangat identik dengan zaman kesultanan yogya pada masa lampau. Keraton Yogyakarta menjadi salah satu pilar utama atas berdirinya Republik Indonesia yang hadir dengan sejarah panjang perjuangan masyarakat Indonesia dan para pahlawan di era kolonial sampai sekarang ini.

Awal berdirinya Museum Keraton Yogyakarta dimulai di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VII dan VIII. Kebangkitan ekonomi keraton yang kemudian berhasil mengolah pabrik gula menjadikan pembangunan museum ini lancar pada masanya.

Baca juga : Pantai Siung, Pesona Pantai di Yogyakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

Kamu akan temukan berbagai macam koleksi yang dimiliki oleh Museum Keraton Yogyakarta. Kamu juga akan menemukan perlengkapan jumenengan atau penobatan raja yang paling banyak menarik perhatian pengunjung di Keraton Yogyakarta.

Koleksi berbagai benda pusaka yang terbuat dari perunggu, kayu jati, kulit sampai kaca besi pun terpampang rapi di museum Keraton Yogyakarta.

16. Rumah Pohon Gangga, Lombok

Rumah Pohon Gangga, Lombok
Rumah Pohon Gangga, Lombok

Alamat : Genggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00 – 18.00
Tiket masuk : 5000 ribu rupiah per orang

Rumah Pohon Gangga merupakan sebuah tempat wisata yang akan membuat mata kamu dimanjakan dengan pesona pemandangan serba hijau yang kamu bisa temukan. Lokasinya pun dekat dengan air terjun dimana hal tersebut menjadi salah satu aspek yang semakin menambah keelokan wisata hits ini.

Dari area Rumah Pohon Gangga ini, kamu akan menyaksikan pesona Pulau Lombok yang cantik jelita. Pesona hutan tropis yang cenderung lebat dengan perbukitan yang terlihat seperti permadani hijau juga akan kamu temukan.

Terdapat belasan rumah pohon dengan bentuk yang berbeda – beda di Rumah Pohon Gangga ini. Mulai dari yang berbentuk kapal Titanic, tower, rumah burung sampai yang bentuknya binatang semuanya ada. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai latar belakang ciamik dari kegiatan fotografi kamu.

Baca juga : Tempat liburan terbaik di Lombok yang harus kamu kunjungi

17. Aik Nyet Sesaot, Lombok barat

Aik Nyet Sesaot, Lombok barat
Aik Nyet Sesaot, Lombok barat

Alamat : Dusun Aik Nyer, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00 – 17.00 WITA
Tiket masuk : 3 ribu rupiah per orang

Suasana yang menyegarkan dan sensasi sejuk akan menjadi teman kamu melangkah ketika berwisata di air terjun Aik Nyet Sesaot ini. Untuk sampai di Aik Nyet Sesaot, kamu perlu menyusuri hutan rimbun dan rindang yang luasnya sekitar 5.999,2 hektar.

Di dalam hutan lindung di Aik Nyet Sesaot, terdapat juga sebuah pemandian dengan mata air alami yang berasal dari gunung Rinjani. Pastikan ketika berwisata ke Aik Nyet Sesaot kamu membawa baju ganti agar bisa puas bermain air.

18. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran, Situbondo
Taman Nasional Baluran, Situbondo

Alamat : Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00 – 18.00 WIB
Tiket masuk : Warga negara Indonesia 15 ribu rupiah hari biasa dan 20 ribu rupiah hari libur. Wisatawan mancanegara 150 ribu rupiah hari biasa dan 225 ribu rupiah hari libur

Jika kamu sedang mencari tempat liburan di Indonesia yang berupa wisata alam terbaik di Indonesia dengan pesona ala Afrika yang kental, maka kamu bisa datang ke Taman Nasional Baluran. Di Taman Nasional Baluran yang terletak di Jawa Timur ini kamu akan temukan padang savanna yang luas dengan aneka ragam satwa yang sulit kamu temukan di wilayah lain.

Berbagai spot wisata akan kamu temukan. Kamu pun bisa berfoto dengan satwa liar yang ada di Taman Nasional Baluran. Namun tetap kamu harus berhati – hati ketika berinteraksi dengan hewan liar yang ada di Taman Nasional Baluran.

Baca juga : Tempat wisata dan pantai rekomendasi di Jawa Timur untuk melepas penat

Jika kamu suka dengan pemandangan laut, terdapat laut indah dengan terumbu karang alami yang cocok menjadi tempat diving terbaik di wilayah ini. Jangan lupa bawa kamera dan abadikan semua moment seru kamu selama berwisata di Taman Nasional Baluran.

19. Trans Studio Bandung, Bandung

Trans Studio Bandung, Bandung
Trans Studio Bandung, Bandung

Alamat : Jl. Jendral Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Bandung.
Map : Klik disini
Jam buka : Senin sampai jumat pukul 10.00 – 21.00 WIB, sabtu sampai minggu pukul 09.00 – 22.00 WIB
Tiket masuk : Senin sampai kamis 180 ribu rupiah, jumat 200 ribu rupiah, sabtu dan minggu 270 ribu rupiah

Bagi kamu yang mencari tempat wisata ramah anak di Bandung, maka berkunjung ke Trans Studio Bandung sangat dianjurkan. Salah satu tempat liburan di Indonesia yang satu ini menghadirkan berbagai macam wahana yang pasti disukai anak.

Trans Studio Bandung ini merupakan indoor theme park yang memiliki sejumlah wahana wisata seru dan sangat cocok menjadi tempat bermain segala usia mulai dari permainan anak kecil sampai permainan memacu adrenalin semua bisa kamu rasakan di Trans Studio Bandung.

Kamu bisa bermain di dunia Lain, Jelajah, Super Heroes 4D dan masih banyak lainnya. Pastikan temukan keseruan kamu sendiri selama berwisata di Trans Studio Bandung.

Itulah daftar tempat liburan di Indonesia yang dipastikan sangat cocok masuk dalam daftar tujuan tempat wisata Anda. Trending, instagramable dan tak akan pernah bisa Anda lupakan setelah liburan kesana! So, jangan lupa, sempatkan waktu berlibur di sana dan raih pengalaman yang sangat berharga.

Baca juga : 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

Join the discussion

2 comments

Instagram @Atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!