11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Share ke teman kamu

Sering merasa lelah, suntuk, dan mood berantakan akhir-akhir ini? Bisa jadi kamu butuh liburan. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari tempat wisata. Indonesia juga punya segudang destinasi wisata yang cantik dan menarik untuk dieksplorasi, lho. Penasaran apa saja itu?

1. Kepulauan Anambas, Riau

Kepulauan Anambas Riau
phinemo.com

Kepulauan Anambas di Riau adalah destinasi wisata pertama yang wajib dimasukkan ke dalam bucket list-mu. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang super cantik dan memesona.

Di sini, kamu akan dimanjakan dengan panorama pantai berpasir putih berpadu dengan air laut berwarna hijau toska. Bebatuan karang raksasa yang tersebar di seluruh pulau juga menambah daya tarik tempat ini sebagai tempat wisata di indonesia. Begitu eksotisnya, Kepulauan Anambas dinobatkan sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia pada tahun 2013.

2. Pulau Derawan, Kaltim

Pulau Derawan Kaltim
anekatempatwisata.com

Punya mimpi liburan di Maldives tapi terhalang saldo tabungan? Ke Pulau Derawan saja! Objek wisata yang terletak di Berau, Kalimantan Timur, ini menawarkan pesona alam yang tak kalah mengagumkan dari Maladewa, lho.

Di Derawan, kamu bisa menghabiskan waktu bersantai dalam buaian keindahan pantai pasir putihnya. Atmosfer tempat wisata terbaik di indonesia yang sangat harmonis dan menenangkan. Di lokasi juga terdapat resort apung bergaya tradisional. Tak heran kalau Pulau Derawan dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia.

3. Kepulauan Belitung

Kepulauan Belitung
travelapak.id

Nama Belitung makin populer sejak munculnya novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Pulau yang terkenal sebagai penghasil timah ini menawarkan surga wisata yang dijamin akan membuatmu terpukau.

Ciri khas pantai di Kepulauan Belitung adalah batu granit raksasa yang tersebar di segala penjuru. Air laut yang biru jernih, pasir putih, dan pepohonan kelapa di bibir pantai adalah kombinasi sempurna untuk ciptakan momen liburan tak terlupakan.

Baca: 10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

4. Dieng Plateau

Dieng Plateau
Dieng Plateau – Google Free Copyright

Bergeser ke Jawa Tengah, ada tempat wisata menarik di Dataran Tinggi Dieng yang selalu jadi tujuan favorit wisatawan sepanjang tahun. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, objek wisata yang juga dikenal sebagai Dieng Plateau ini merupakan sebuah kaldera yang dikelilingi gunung aktif.

Hawa di Dataran Tinggi Dieng sangat dingin. Pada waktu-waktu tertentu, suhunya bisa mencapai minus. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa melihat salju. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temui di sini, seperti Telaga Warna, Kawah Candradimuka, Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, dan lainnya.

5 Tempat Wisata di Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

5. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa
landlustaroundtheworld.com

Di sisi utara Jawa Tengah terdapat Kepulauan Karimunjawa yang terkenal akan wisata bawah lautnya. Kawasan konservasi ini meliputi pantai berpasir putih dan hutan mangrove yang hijau dan lebat.

Tak cuma diving dan snorkeling, di Karimunjawa kamu bisa menghabiskan waktu menjelajah pulau, mengeksplorasi hutan bakau, serta mengamati hewan langka seperti penyu sisik dan elang laut dada putih langsung di habitatnya.

Wisata Kepulauan Karimunjawa Jepara

6. Taman Nasional Wakatobi

Pantai dan Taman Nasional Wakatobi
Pantai dan Taman Nasional Wakatobi – Wikipedia

Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara merupakan salah satu surga wisata Indonesia yang wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup. Kawasan terumbu karang terluas di dunia setelah Great Barrier Reef (Australia) ini memiliki luas 1,4 juta hektare, dengan ribuan spesies flora dan fauna hidup di dalamnya. Tempat wisata menarik di indonesia itu banyak ya rupanya.

TN Wakatobi adalah salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Tak heran kalau ia masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2005 silam. Kamu pasti tertarik, dong, untuk datang ke sini?

7. Pulau Seram, Maluku

tempat wisata
almazia.me

Eits, jangan dulu terkecoh dengan labelnya. Meski bernama Seram, pemandangan di pulau ini justru akan membuatmu terpukau. Pulau yang terletak di Provinsi Maluku ini menyimpan banyak destinasi wisata cantik, seperti Taman Nasional Manusel, Air Terjun Lumoli, Danau Tebing Makariki, Pantai Ora, dan sebagainya.

TN Manusel menawarkan panorama hutan tropis yang indah, lengkap dengan fauna dan flora endemik Maluku. Datanglah kemari, maka kamu akan melihat seperti apa surga di bumi.

8. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat Aneka tempat wisata
Raja Ampat – Google Free copyright

Adakah tempat lain di dunia yang mampu menyaingi keindahan pulau yang satu ini? Raja Ampat merupakan sebuah destinasi wisata di wilayah administratif Papua Barat yang terkenal sebagai salah satu kawasan menyelam terindah di dunia!

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau kecil, yakni Misool, Batanta, Waigeo, dan Salawati. Di sini hidup 530 spesies karang super cantik—sekitar 75% dari seluruh jenis karang yang ada di dunia. Keanekaragaman hayati bawah laut Raja Ampat juga masih terjaga dengan baik. Terbayang kan seindah apa kepingan surga yang satu ini?

Baca juga: Destinasi Wisata di Papua Ini Wajib Dikunjungi Wisatawan

9. Danau Kelimutu

tempat wisata
genpi.com

Bicara tempat wisata di Indonesia rasanya nggak lengkap kalau tak menyebut Danau Kelimutu. Berlokasi di Nusa Tenggara Timur, 54 km dari Kota Ende, objek wisata ini menyajikan panorama danau cantik di atas Gunung Kelimutu (1.639 mdpl).

Tak cuma unik karena letaknya yang ada di puncak gunung. Danau Kelimutu juga melegenda karena mempunyai warna hijau toska, biru, dan hitam. Jika kamu berada di NTT, sempatkan diri untuk mampir kemari, ya. Ajak juga orang-orang terkasih, sebab Danau Kelimutu terlalu memikat untuk dinikmati seorang diri.

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Lombok untuk Liburan dengan Keluarga

10. Danau Toba

Danau Toba Indonesia
Danau Toba Indonesia – Google Free Copyright

Namanya memang tak pernah bergeser dari daftar tujuan wisata terbaik di Indonesia. Yup, Danau Toba merupakan sebuah danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik puluhan ribu tahun yang lalu.

Tempat wisata ini dinobatkan sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara, Danau Toba memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman 505 meter. Tak hanya disuguhkan dengan panorama alam memikat, di sini kamu juga bisa melihat beragam ritual dan festival khas suku Batak.

Baca: Wisata Sumatera Utara – Danau Toba

11. Air Terjun Banyumala, Bali

tempat wisata
mongabay.co.id

Bali tak hanya Pantai Kuta dan Bedugul, lho. Di Pulau Dewata ini juga masih banyak destinasi cantik yang belum banyak dieksplorasi wisatawan, salah satunya Air Terjun Banyumala di Kecamatan Sukasada, Buleleng. Selain lokasinya yang jauh dari pusat kota, akses menuju Banyumala juga cukup terjal. Itulah mengapa tempat ini jarang dijamah pelancong.

Baca : 15 Tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi

Meski begitu, rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar lunas oleh pemandangan air terjun yang begitu sejuk, hijau, dan asri. Air Terjun Banyumala dikelilingi oleh tebing tinggi yang ditumbuhi lumut dan tanaman. Kalau mengunjungi Tempat wisata ini, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini. Disini kamu juga bisa mengunjungi area pantai-pantai indah lainnya serta berburu oleh-oleh dan kuliner juga.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi pengisi liburan. Kira-kira, tempat mana sih yang akan pertama kali kamu datangi?

Share ke teman kamu

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *