12+ Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi
Gunung Batu Jonggol

12+ Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Dari Jakarta, lokasi Bogor memang sangat strategis sehingga tidak aneh jika pada akhir pekan banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang memilih untuk berlibur dan melepas penat dengan cara berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bogor. Bogor memiliki banyak tempat wisata alam yang masih asri dan alami. Bagi kamu yang lebih tertarik wisata alam, bisa baca juga: 10 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali tempat wisata di Bogor yang harus kamu kunjungi. Baik wisata alam, wisata kuliner, maupun wisata edukasi, semuanya ada di Bogor! Penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata di Bogor yang paling oke? Berikut ulasannya!

1. Devoyage Bogor, Wisata Bogor Rasa Eropa

Devoyage Bogor, Wisata Bogor Rasa Eropa
Devoyage Bogor, Wisata Bogor Rasa Eropa

Wisata kekinian yang satu ini memang cukup populer, apalagi di kalangan pengguna media sosial. Bagaimana tidak, dengan hanya berkunjung ke Bogor kamu sudah dapat mengabadikan momenmu bak kamu sedang berada di Eropa. Itulah mengapa Devoyage Bogor disebut-sebut sebagai wisata Bogor rasa Eropa.

Berdiri di atas lahan dengan luas 1,5 hektar, Devoyage Bogor diklaim memiliki kurag lebih 150 spot untuk berfoto. Mulai dari jalanan dengan suasana Eropa disertai bangunan-bangunan khas Eropa hingga  ikon-ikon dari negara-negara yang berada di Eropa. Ikon-ikon yang dimaksud seperti replika kincir angin Belanda hingga replika menara Eiffel di Paris.

2. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata Bogor - Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang merupakan ikon kota Bogor bisa dijadikan alternatif liburan seru dan hemat. Nah, bukan hanya duduk-duduk santai atau jalan berkeliling saja, di sini kamu juga bisa mengajak si kecil untuk belajar dan mengobservasi tanaman. Hal ini dimungkinkan karena hingga kini sudah ada lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Bogor.

Dikenal sebagai kebun botani paling tua di Asia, Kebun Raya Bogor memang sudah dikembangkan sejak zaman penjajahan. Namun, jika pada awalnya kebun ini hanya berisi berbagai jenis tumbuhan, kini terdapat pula objek wisata lain yang tidak kalah cantiknya. Di area belakang kebun, misalnya. Terdapat sebuah danau yang indah, Istana Bogor, jembatan gantung berwarna merah, hingga Museum Zoologi yang letaknya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Oh ya, jika ada waktu lebih, jangan lupakan hidangan kulinernya, ya!

3. The Illusion Bogor

The Illusion Bogor (rifdah.hhh)
The Illusion Bogor (rifdah.hhh)

Nah, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka foto-foto dengan latar unik. Memang The Illusion Bogor sudah buka dari tahun 2017 silam, tetapi pengunjung tetap ramai terlihat apabila mengunjungi tempat ini.

Dengan 55 spot foto unik, tentunya membuat kamu akan betah berlama-lama di The Illusion Bogor. Beberapa yang cukup populer di antaranya: spot giant dan dwarf, di mana kamu dapat memilih ingin terlihat kecil seperti kurcaci atau besar seperti raksasa; spot upside down, di mana kamu dapat berfoto seakan-akan kamu sedang berada di langit-langit sebuah kamar; hingga arena 3D, di mana pengunjung dapat berfoto dengan instalasi-instalasi lukisan 3D, sehingga seakan-akan lukisan tersebut merupakan bagian dari kenyataan di dalam foto yang diabadikan.

4. Kampung Budaya Sindang Barang

Tempat Wisata Bogor - Kampung Budaya Sindang Barang
Kampung Budaya Sindang Barang

Pernah disebutkan dalam Babad Padjajaran serta pantun khas Bogor, Sindang Barang menjadi salah satu alternatif wisata budaya dan sejarah yang patut kamu kunjungi. Konon, lokasi ini bahkan sudah berdiri sejak abad ke-12!

Berdasarkan sejarahnya, Sindang Barang merupakan lokasi tempat tinggal (keraton) salah satu istri dari Prabu Siliwangi. Di sana, kamu akan menjumpai banyak bangunan rumah yang masih asli, panggung pementasan yang menampilkan kesenian asli Sunda, tarian tradisional, hingga gambaran bagaimana kondisi kasepuhan Sunda di masa lampau.

5. Taman Wisata Mekarsari

Tempat Wisata Bogor - Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari

Jika Kebun Raya Bogor adalah kebun botani paling luas di Indonesia, Taman Wisata Mekarsari merupakan taman buah terbesar di Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100 ribu pohon di atas lahan seluas 264 hektare ini.

Nikmati serunya memetik dan mencicip buah langsung dari pohonnya di Taman Wisata Mekarsari. Maklum saja, tempat wisata di Bogor yang satu ini memang mengusung konsep rekreasi, edukasi, reboisasi, dan konservasi. Selain mencicipi buah langsung dari pohonnya, kamu dapat berkeliling dengan kereta untuk menyaksikan koleksi tanaman buah, menjajal wahana outbond, atau menikmati serunya paket family camp, permainan banana boat, angsa air, hingga floating donut!

6. Museum Pembela Tanah Air (PETA)

Tempat Wisata Bogor - Museum Pembela Tanah Air
Museum Pembela Tanah Air

Bukan hanya memiliki keindahan alam yang tiada duanya, Bogor juga pernah terlibat dalam catatan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya, perihal pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, atau yang kita kenal dengan sebutan PETA.

Kendati didirikan dengan maksud membantu Jepang mengalahkan Sekutu, pada PETA-lah, cikal bakal ketentaraan Indonesia mulai terbentuk. Nah, seluruh perjuangan tersebut pada akhirnya diabadikan melalui pembentukan Museum Pembela Tanah Air.

Di tempat wisata di Bogor yang satu ini, kamu akan disuguhkan banyak kisah perjuangan PETA, bahkan ada juga artefak peninggalan bersejarahnya. Tempat ini sangatlah berguna untuk menumbuhkembangkan nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda.

7. Situ Gede

Tempat Wisata Bogor - Situ Gede
Situ Gede

Ingin jenis liburan yang santai, namun tetap seru dan hemat? Yuk, segera berkunjung ke Situ Gede!

Bagi masyarakat setempat, Situ Gede biasanya digunakan untuk memancing, berperahu, atau sekadar berjalan-jalan, dan berolahraga sore. Namun, tidak ada salahnya bila kamu datang dan ikut menyegarkan pikiran di tempat wisata di Bogor yang satu ini.

Terletak di tepi Hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI, danau seluas enam hektare ini dikelilingi oleh beragam jenis tanaman yang teduh. Di sisi lain, sangat menyenangkan jika kamu menyempatkan diri untuk menikmati keindahan danau dengan menyusurinya menggunakan perahu. Dilakukan sembari memancing bersama orang terdekat, tentu saja pengalaman berkunjung ke Situ Gede menjadi lebih asyik dan berkesan.

8. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Gunung Pancar

Setidaknya ada beragam jenis lokasi wisata yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Gunung Pancar. Tempat wisata di Bogor yang sering kali digunakan sebagai tempat camping, hiking, jogging, hingga berkuda ini memang cocok bagi kamu yang mendambakan wisata alam, namun tidak ingin jauh dari ibukota.

Di kawasan Gunung Pancar, kamu dapat menyaksikan panorama alami hutan lindung yang penuh pepohonan pinus, ditambah sejumlah satwa yang hidup bebas di kawasan ini. Tidak jauh dari sana, terdapat pula Pemandian Air Panas Gunung Pancar yang airnya berasal dari mata air alami.

9. Jungle Land Adventure Theme Park & Sentul Paradise Park

Sentul Paradise Park
Sentul Paradise Park

Meski Jungle Land Adventure Theme Park masih tergolong baru, keberadaan tempat wisata di Bogor yang satu ini tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya, lho. Memiliki luas area sekitar 35 hektare, kamu akan disuguhkan sekitar 30 jenis wahana dan ragam atraksi menarik. Apalagi, keseluruhannya memang dirancang dalam konsep unik serta ramah untuk beragam segmen usia. Selain wahana seru, Jungle Land juga menyediakan banyak kafe dan restoran yang memiliki banyak menu kuliner lezat.

Kamu ingin wisata alam? Tenang, karena terletak relatif tidak jauh dari kawasan Sentul Paradise Park, kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun berketinggian 75 meter yang sering kali disebut dengan nama Air Terjun Bidadari. Air terjun ini bersumber dari mata air di Hutan Lindung Gunung Pancar. Satu yang menarik, meski alami, air terjun ini didesain sedemikian rupa sehingga limpahannya mirip dengan kolam renang.

Selain Jungle Land Adventure Theme Park & Sentul Paradise Park, Sentul juga punya beberapa tempat wisata menarik lainnya: Tempat Wisata di Sentul – 16 Lokasi yang Wajib Dikunjungi

10. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Gunung Batu Jonggol

Kamu tergolong pendaki pemula? Atau, kamu gemar mendaki namun belum punya waktu untuk menjamah gunung tertinggi di Indonesia?

Jangan khawatir. Apa pun latar belakangnya, Gunung Batu Jonggol bisa jadi alternatif tempat wisata di Bogor untuk menyalurkan kerinduan kamu pada gunung dan ketinggian.

Jika bicara ketinggian, gunung ini memang lebih mirip dengan bukit ketimbang gunung-gunung lain di Jawa Barat, semisal Gunung Gede atau Gunung Salak. Namun, jangan ragukan keindahannya. Apalagi, kamu tidak perlu tenaga ekstra untuk menakhlukannya.

Buat kamu yang hobi naik gunung, wajib juga baca: 10 Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

11. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu
Penangkaran Rusa Cariu

Nama aslinya adalah Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Namun, masyarakat setempat menyebutnya dengan Penangkaran Rusa Cariu, karena memang berlokasi di Cariu, Bogor.

Di area seluas lima hektare ini, terdapat beragam jenis rusa, seperti misalnya Rusa Jawa dan Rusa Bawean. Menariknya, kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka, misalnya memberi makan dengan ubi, rumput, atau wortel. Didukung dengan pemandangan indah dan menyegarkan mata, jangan heran jika lokasi ini bisa jadi alternatif tempat wisata di Bogor kamu saat berakhir pekan.

12. Air Panas Tirta Sanita

Tempat Wisata Bogor - Air Panas Tirta Sanita
Air Panas Tirta Sanita

Terletak di wilayah Ciseeng, jangan heran jika banyak orang justru mengenalnya dengan nama Pemandian Air Panas Ciseeng. Sesuai namanya, kamu bisa berendam air panas belerang untuk melepas lelah dan menjaga kesehatan. Selain itu, Pemandian Air Panas Ciseeng juga menyediakan beragam wahana permainan outbond, penginapan, hingga warung kuliner untuk memanjakan perut dan lidahmu.

Baca juga ulasan lengkapnya: Wisata Bogor – Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

13. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung
Curug Cibaliung

Julukan sebagai kota curug atau air terjun agaknya tidak terlalu berlebihan untuk Bogor. Di Bogor kamu akan menemukan banyak curug yang masih alami dan salah satu di antaranya adalah Curug Cibaliung.

Curug ini tidak terlalu tinggi dengan bagian kiri dan kanannya adalah batuan andesit yang keras. Aliran air yang terjun ke bawah membentuk sungai jernih dengan air bening agak kebiruan. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor ini biasanya akan menggunakan sungai di bawah curug untuk berenang atau bersantai di atas ban.

Untuk bisa sampai ke Curug Cibaliung, kamu diharuskan untuk sedikit menjelajah. Pasalnya, lokasi dari tempat wisata di Bogor ini sedikit tersembunyi. Kamu bisa datang ke Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor dengan menguti jalan tol Jagorawi ke arah Jungle Land. Setelah tiba di lokasi, kamu akan dikenai tarif masuk Rp10.000 per orang dan Rp5.000 per motor.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan AnekaTempatWisata.com. Tempat wisata yang mana yang ingin kamu kunjungi? Share yuk!

Bonus: Wisata Kuliner Bogor

Selain berkunjung ke tempat-tempat wisata, tentunya tidak ada salahnya untuk menyantap menu hidangan yang disajikan di kota hujan ini. Apa saja wisata kuliner Bogor yang harus kamu coba?

1. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Tempat Wisata Kuliner di Bogor - Pizza Kayu Bakar Kedai Kita
Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Kedai Kita yang beralamat di Jalan Pangrango Nomor 21 Bogor ini bukan sekedar kedai biasa. Tempat makan ini menawarkan pengalaman wisata kuliner di Bogor yang unik dengan menyajikan menu pizza kayu bakar. Selain itu restoran ini juga menyajikan menu lain selain pizza, misalnya nasi goreng, sup buntut, sate ayam, cap cay, fu yung hai, kangkung, ayam goreng mentega, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, kerang saus padang, gurame goreng, ikan nila bakar, sampai dengan udang asam manis madu.

Karena dibakar dengan menggunakan kayu dalam sebuah tungku, pizza di Kedai Kita menawarkan pizza yang gurih dan lezat. Ukuran pizza di Kedai Kita cukup besar dan terdiri dari 7 potong pizza tipis yang ditaburi keju. Harga pizza kayu bakar Kedai Kita adalah 60.000 Rupiah.

2. Rumah Cupcakes & BBQ

Rumah Cupcakes & BBQ
Rumah Cupcakes & BBQ

Belakangan ini, Rumah Cupcakes sedang populer di kalangan pecinta wisata kuliner Bogor, terutama remaja. Sesuai dengan namanya, Rumah Cupcakes yang beralamat di Jalan Sanggarbuana Nomor 4 ini terkenal dengan cupcakes-nya. Tempat wisata kuliner yang menggunakan rumah peninggalan zaman kolonial bewarna putih ini juga menyuguhkan interior yang menarik dengan warna dominan putih.

Pilihan rasa cupcakes yang dapat dipilih di antaranya: strawberry, blueberry, chocolate, red velvet, blue velvet, dan lain lain. Selain cupcakes, tempat wisata kuliner di Bogor ini juga menyajikan: BBQ ribs, roti sosis BBQ, nasi sapi BBQ, nasi rawon, cream soup, omelet, seafood, hingga hidangan penutup yang enak.

3. Macaroni Panggang

Tempat Wisata Kuliner di Bogor - Macaroni Panggang
Macaroni Panggang

Macaroni Panggang berlokasi tidak jauh dari Rumah Cupcakes & BBQ. Beralamat di Jalan Salak Nomor 24, tempat makan yang telah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit ini mempunyai beragam menu yang menarik dan lezat. Menu yang paling favorit di tempat wisata kuliner ini adalah macaroni panggang special yang atasnya dipenuhi dengan keju panggang. Macaroni panggang yang ditawarkan di sini mempunyai 3 ukuran yang dapat dipilih, yaitu small, medium, dan large.

Selain macaroni panggang, tempat makan ini juga mempunyai pilihan menu lain, di antaranya: ayam panggang, iga panggang, jamur panggang, kerang panggang, otak-otak panggang, nasi goreng, lontong sayur, nasi timbel, salad, dan omelet.

Kira-kira ada wisata kuliner Bogor apa lagi ya?

Selain 3 tempat makan di atas, ada juga rangkuman beberapa tempat kuliner yang tentunya wajib kamu coba, baca juga: 15 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!