Pantai Timang, Wisata Pantai di Jogja Terkeren
Pantai Timang

Pantai Timang, Wisata Pantai di Jogja Terkeren

Jogja tak hanya punya Candi Borobudur yang megah. Banyak tempat wisata selain candi yang juga bisa ditemukan di Jogja, salah satunya adalah wisata berupa pantai. Khususnya di kabupaten Gunung Kidul, kamu akan banyak menemukan wisata berupa pantai yang sangat indah. Pantai Timang salah satunya.

Liburan di Pantai Timang dijamin nggak akan pernah membuat kamu menyesal. Eksotisme yang ditawarkan akan membuat kamu dapat menemukan pengalaman yang berbeda ketika liburan di salah satu wisata pantai di Jogja ini. Apa bedanya? Yuk baca sampe akhir biar tau apa bedanya.

Review Wisata Pantai Timang Jogja

Alamat : Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang

Pantai Timang (Travel Kompas)
Pantai Timang (Travel Kompas)

Buat kamu yang sedang mencari alternatif wisata pantai di Jogja, Pantai Timang adalah wisata pantai terbaik yang kamu bisa sambangi. Laut kebiruan yang sangat indah, pasir putih yang mempesona, dan kehadiran gondola timangnya akan membuat adrenalin kamu semakin terpacu ketika berwisata ke sini.

Lantas sebenarnya gondola timang itu apa sih? Buat kamu yang belum pernah jalan – jalan ke Pantai Timang Jogja, gondola timang yang ada di pantai ini merupakan sebuah kereta gantung tradisional yang akan mengantarkan kamu ke sebuah pulau di tengah – tengah Pantai Timang, yang disebut Pulau Timang.

Gondola Timang (Daka Tour)
Gondola Timang (dakatour)

Ketika naik gondola timang, perasaan kamu pastinya akan berdebar – debar. Utamanya kalau kamu belum pernah naik kereta gantung tradisional semacam ini sebelumnya. Jadi jangan pernah kamu membayangkan kalau gondola timang ini ada kacanya dan ada pintunya seperti kereta gantung di Korea.

Tidak seperti itu sobat traveler! Kereta gantung yang dikenal dengan sebutan gondola timang ini terbuat dari kayu dan dikerek di atas seutas tali menggunakan alat tradisional. Adrenalin kamu bakal terpacu banget melintasi ombak besar di tengah lautan ketika naik gondola timang ke Pulau Timang.

Namun untuk naik gondola timang ini, kamu perlu membayar Rp 150.000,00 terlebih dahulu. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba sensasi naik gondola timang? Atau biaya Rp 150.000,00 kurang worth it menurut kamu dengan fasilitas yang diberikan?

Oh ya, selain keunikan Pulau Timang dan gondola timangnya, ada beberapa daya tarik lain yang akan kamu rasakan ketika berlibur di Pantai Timang. Daya tarik lainnya yaitu :

Jembatan gantung

Jembatan Timang (Medium)
Jembatan Timang (Medium)

Selain terdapat wahana gondola, kini di Pantai Timang juga sudah ada sebuah jembatan gantung yang baru saja selesai dibangun. Jembatan gantung di Pantai Timang ini merupakan salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk menyeberang ke Pulau Timang.

Jadi, selain bisa ke Pulau Timang dengan naik gondola, kalau kamu ingin ke Pulau Timang dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa naik jembatan gantung ini nih sobat. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk naik jembatan gantung dari Pantai Timang ke Pulau Timang adalah sebesar 100 ribu rupiah.

Kalau kamu naik jembatan gantung, sensasi tegang selama berjalan di atas jembatan gantung yang terbuat dari kayu dan tali tambang ini akan kamu rasakan.

Ketika ombak menerpa, kamu akan merasakan sensasi jembatan bergoyang yang tentu nggak akan pernah bisa kamu lupakan. Mencari sensasi yang seperti ini di pantai lain selain Pantai Timang juga nggak akan pernah kamu dapatkan. Oleh karena itu, kalau ke Pantai Timang wajib banget untuk merasakan sensasi naik gondola timang atau melintas di atas jembatan gantung Pantai Timang.

Bukit karang

Bukit Karang (Travelspromo)
Bukit Karang (travelspromo)

Hal ikonik di Pantai Timang adalah keberadaan bukit karang besar di sebuah pulau kecil yang letaknya tak jauh dari pantai. Berbagai spot untuk foto juga sudah ada di sana. Pulau tersebut juga merupakan pulau yang dimanfaatkan oleh para nelayan sekitar untuk mencari ikan dan mencari udang lobster yang nantinya di jual kepada wisatawan.

Menikmati aneka makanan olahan laut

Olahan Lobster (IDNTimes)
Olahan Lobster (idntimes)

Nah, udang lobster yang tadi dijala oleh para nelayan di pulau yang ada tak jauh dari bukit karang tersebut kemudian ada yang diolah menjadi aneka makanan laut dan ada yang dijual mentahnya.

Untuk harga jual mentahnya, per kilogram udang lobster dibanderol sebesar Rp 400.000,00. Sementara untuk olahan makanan udang lobster yang dijadikan dalam bentuk makanan matang, dijual perporsi mulai dari 50 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah.

Untuk kamu yang tertarik berwisata ke Pantai Timang, lokasi Pantai Timang ini kurang lebih sekitar 50 km dari pusat kota Jogja. Atau kamu bisa tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Akses ke Pantai Timang

Kalau kamu berasal dari luar kota dan sedang berada di bandara Adi Sucipto, kamu bisa ambil jalur menuju ringroad timur kemudian ikuti petunjuk jalan ke arah Wonosari. Setelah itu lanjutkan sampai bundaran Wonosari. Dari sana lurus sampai menemukan sebuah pasar yang bernama Pasar Wonosari.

Dari Pasar Wonosari, kamu akan menemui pertigaan kedua yang jalannya terbagi menjadi dua arah. Kamu bisa ambil jalur kanan menuju ke Pantai Baron, kemudian setelah sampai di pertigaan Mulo, kamu harus belok kiri mengikuti arah Pantai Siung.

Sesampainya di sana, kamu akan menemukan banyak papan petunjuk menuju ke berbagai pantai yang ada di Gunung Kidul. Ikuti papan petunjuk ke Pantai Timang.

Papan petunjuk tersebut akan membawa kamu ke daerah Purwodadi. Di daerah Purwodadi, ketika kamu menemukan pertigaan Pantai Siung, ambil jalur ke arah kanan dan kamu akan sampai di pos retribusi Pantai Timang. Kamu bisa langsung membayar retribusi agar dipersilahkan masuk ke Pantai Timang.

Tempat Wisata di Sekitarnya

Selain Pantai Timang, kalau kamu ke Jogja, ada banyak tempat wisata pantai yang kamu bisa sambangi khususnya di daerah Gunung Kidul. Jadi sepulangnya dari Pantai Timang, kalau kamu punya banyak waktu di Jogja bisa banting setir ke beberapa wisata pantai Jogja tersebut. Apa saja rekomendasinya? Baca : 10 Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Selain pantai, wisata alam lainnya juga banyak di Jogja. Baca : 17 Wisata Jogja Terpopuler dengan Wisata Alam Eksotis

Wisata Kuliner di Jogja

Setelah puas jalan – jalan ke Pantai Timang Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan waktu menikmati lezatnya kuliner Jogja. Banyak lho wisata kuliner di Jogja yang recommended banget untuk dicicipi wisatawan yang sedang liburan di Jogja.

Kira – kira apa saja wisata kuliner yang wajib dicicipi kalau sedang berlibur ke Jogja? Berikut daftarnya!

1. Gudeg pawon

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon

Alamat : Jalan janturan UH/IV No 36, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 18.00 – 21.00 WIB
Menu : Gudeg
Harga : 24 ribu rupiah

Kalau kamu adalah pecinta gudeg, jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya gudeg pawon jika sedang berada di Jogja. Cita rasa legendaris yang disajikan akan membuat kamu selalu rindu dengan salah satu kuliner Jogja yang satu ini.

Gudeg yang dijual di gudeg pawon ini berbeda dari gudeg yang bisa kamu makan di warung biasanya atau bahkan restoran ternama. Mengapa? Karena gudeg di Gudeg Pawon merupakan kuliner gudeg yang diolah dan diproses dengan tidak menggunakan kompor melainkan langsung menggunakan pawon atau tungku api tradisional.

Jadi tentu saja akan menghasilkan rasa yang berbeda dari gudeg pada umumnya. Seperti apa bedanya? Cobain sendiri ke sini dan makan gudegnya, memang susah untuk dideskripsikan, tapi yang pastinya lebih enak dari gudeg kebanyakan.

Hanya saja warung gudeg ini hanya buka di malam hari saja. Jadi kalau kamu sedang mencari kuliner malam, kamu bisa nongkrong dan mencicipi gudeg lezat di Gudeg Pawon.

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak (idpinterest)
Sate Klathak (idpinterest)

Alamat : Jl. Sultan Agung No. 18, Jejeran II, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 00.00 WIB
Menu : Sate kambing, nasi goreng kambing dan tongseng kambing
Harga : Mulai 23 ribu rupiah per porsi

Kalau kamu pecinta sate kambing, wajib banget datang ke Sate Klathak Pak Pong. Tempat makan sederhana ini buka sejak pukul 10.00 WIB. Jadi untuk kamu yang mencari makan siang atau makan malam bisa makan di warung sate Pak Pong.

Selain menjual sate kambing, warung sate Pak Pong juga menjual menu lain seperti nasi goreng kambing dan tongseng kambing. Hanya saja memang yang paling terkenal dan legendaris di sini adalah sate klathaknya.

Sate klathak Pak Pong ini adalah sate kambing yang diolah dengan cara yang berbeda. Kalau biasanya kamu menemukan sate kambing diolah dengan cara dibakar menggunakan lidi panjang, maka sate klathak Pak Pong ini membakar sate kambingnya dengan menggunakan ruji baja sepeda motor. Hasilnya daging kambing akan terbakar dan matang secara merata termasuk di bagian dalamnya.

3. Oseng – oseng mercon Bu Narti

Oseng Mercon (detikFood)
Oseng Mercon (detikFood)

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Purwodiningratan No. 110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 18.00 – 00.00 WIB
Menu : Oseng mercon dan aneka menu lauk
Harga : 20 ribu rupiah

Oseng – oseng mercon Bu Narti adalah pelopor tongseng super pedas di Jogja yang disajikan untuk para pecinta pedas. Kalau kamu doyan masakan pedas, wajib banget mencicipi oseng – oseng mercon Bu Narti.

Daging yang empuk dimasak bersama cabai yang super banyak menjadikan oseng mercon ini dikagumi dan digemari pecinta pedas. Oseng – oseng mercon Bu Narti disajikan bersama dengan nasi putih hangat yang sedang mengepul. Disantap bersama kerupuk putih menjadikan selera makan kamu akan bertambah.

Di warung Bu Narti ini sebenarnya tidak hanya disediakan oseng mercon saja. Ada menu lain yang juga bisa kamu temukan di antaranya yaitu ayam goreng, ayam bakar, olahan lele, burung dara, olahan bebek, babat, rempelo ati, telur puyuh dan masih banyak lagi.

Selain beberapa tempat makan di Jogja tersebut, ada beberapa rekomendasi tempat makan lain yang juga bisa kamu sambangi. Harganya pasti murah meriah. Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Selain Jogja, Solo juga sebenarnya menyimpan berbagai tempat menarik untuk kamu yang suka wisata kuliner, Baca : 15 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba

Terakhir, buat kamu yang berwisata di Jogja dan sekitarnya jangan lupa cari oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Baca : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

Happy holiday! Jadikan liburan kamu di Jogja super seru dan menyenangkan. Jangan lupa abadikan setiap moment kamu di sana!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!