21 Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi
Pantai Indrayanti

21 Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bicara tentang Jogja pasti tak lepas dengan wisata budaya, karena Jogja memiliki banyak bangunan tua bersejarah yang eksotis. Tetapi siapa sangka kota yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit para turis ini juga memiliki banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi kamu yang sudah menyiapkan hari khusus untuk berlibur di Jogja bersama keluarga atau kawan tercinta. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja tersebut antara lain:

1. Pantai Baron

Pantai Baron, Gunung Kidul, Yogyakarta (hargatiket)
Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta (hargatiket)

Pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki panorama yang masih sangat alami. Itu lah salah satu keunggulan dari Pantai Baron. Biaya masuk yang perlu kamu bayar apabila ke sini adalah parkir motor sebesar 1.000 sampai 2.500 Rupiah saja.

Para pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. Tidak perlu khawatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberikan pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang masih aman dikunjungi. Ombak di pantai ini yang cukup menantang juga digemari oleh para peselencar.

2. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Gunung Kidul
Pantai Wediombo Gunungkidul

Tak kalah dengan Pantai Baron, Pantai Wediombo ini juga memiliki pantai yang eksotis. Di sekitaran area pantai terdapat beberapa gugusan batu karang yang terpampang indah, tak kalah indah dari pantai-pantai yang ada di Bali. Gugusan-gugusan ini juga dapat menjadi latar berfotomu.

Nama Wediombo berasal dari kata wedi yang artinya pasir, sedangkan ombo berarti luas atau lebar. Memang pemberian nama ini bukan tanpa maksud, Pantai Wediombo Gunungkidul tergolong luas daripada pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Seperti pada foto, juga terdapat kolam yang terbentuk alami di sana. Dapat menjadi pilihan kamu yang ingin berendam serta bermain air asin di pantai sambil melihat ke pemandangan indah sekitaran.

3. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta (jogjaempatroda)
Pantai Ngrenehan Gunungkidul Yogyakarta (jogjaempatroda)

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai indah dengan pesona yang memukau. Tapi tahukah kamu, nama dari pantai ini diberikan oleh Raden Fatah yang kala itu menjadi raja dari Kerajaan Demak.

Walau pantai ini tergolong pantai kecil, tetapi pemandangan yang diberikan sangat luar biasa membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Disarankan selain berswafoto di pantai ini, kamu juga menikmati keindahan pantai secara utuh. Cobalah untuk duduk di karang atau di pantai yang ada selama beberapa saat dan menikmati pemandangan sekitar, dijamin penatmu akan hilang.

4. Pantai Ngandong, Pantai Gunung Kidul Seperti Bali

Pantai Ngandong, Gunung Kidul (pantainesia)
Pantai Ngandong, Gunung Kidul (pantainesia)

Walau pamornya masih tidak setinggi Pantai Baron, Indrayanti dan Cemara Sewu tetapi pantai ini disebut-sebut sebagai pantai Gunung Kidul seperti di Bali. Loh, kenapa? Bukannya pasirnya sama-sama putih seperti beberapa pantai di Gunung Kidul lainnya?

Eits jangan salah, ternyata baru-baru ini ada sebuah beach club mirip di Bali pertama di area Gunung Kidul bernama South Shore.

South Shore, Pantai Ngandong (southshore.yk)
South Shore, Pantai Ngandong (southshore.yk)

Layaknya beach club, South Shore juga memiliki kolam renang serta area duduk bersantai. Beach club yang terinspirasi dengan Santorini ini menghadap ke Pantai Ngandong yang membuatnya sangat menawan.

Selain berenang, kamu juga dapat mengabadikan momenmu di sini, karena banyak spot-spot yang indah sebagai latar fotomu. Apabila kamu lapar, tersedia juga berbagai hidangan yang dapat kamu nikmati sambil memandangi pemandangan indah Pantai Ngandong.

5. Pantai Drini

Pantai Drini
Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. keberadaan pulau kecil ini seolah membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.

Terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh di Timur pantai bak benteng yang melindungi pantai dari deburan ombak. Barisan tebing tersebut dipadukan lengkap dengan keindahan pulau karang serta airnya yang cukup tenang membuat kamu pasti betah untuk tinggal lama di pantai yang satu ini.

Tidak hanya sisi Timur yang indah, sisi Barat dari pantai juga terlihat jajaran perahu bercadik di pinggir pantai. Apabila kamu menghampiri sisi Barat pantai, kamu dapat menemui pantai dengan ombak yang lumayan ganas, sehingga, apabila kamu ingin bersantai disarankan untuk tetap berada di pusat Pantai Drini.

Baca juga rekomendasi lengkap untuk menikmati sunset di pantai ini: Menikmati Sunset di Gazebo Pantai Drini

6. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk kamu yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan kamu. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang memiliki kisah mistis yang kental. Kisah mistis tersebut menceritakan tentang Prabu Brawijaya V. Pantai ini rutin digunakan sebagai lokasi upacara adat masyarakat sekitar.

Beberapa spot menarik yang dapat dinikmati di Pantai Ngobaran adalah Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa. Apabila kamu hendak mengunjungi pantai ini, ada satu tempat wisata kuliner yang wajib kamu coba, yaitu “landak goreng”. Landak Goreng di Pantai Ngobaran sudah sangat tersohor sebagai kuliner andalan.

Baca juga : 17 Tempat Wisata Alam Populer Dan Hits di Yogyakarta

8. Pantai Siung

Pantai di Gunungkidul - Pantai Siung
Pantai Siung

Pantai Siung merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki medan untuk wisata panjat tebing. Di pantai ini kamu akan disuguhi pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai.

Hingga saat ini Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan Pantai ini mendapat julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Pantai Siung adalah pantai yang sangat tepat untuk moncoba sensasi mendaki. Dari atas bebatuan karang yang kokoh ini kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas yang lain dari biasannya.

9. Pantai Kesirat

Pantai di Gunungkidul - Pantai Kesirat
Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai di kawasan Gunungkidul lainnya, Pantai Kesirat adalah pantai yang tidak memiliki keindahan pasir putih yang memukau. Keindahan Pantai Kesirat berupa tebing karang yang kokoh dan suara deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang.

Bagi kamu yang ingin berkemping, sangat cocok untuk datang ke pantai ini karena pantai ini tidak terlalu padat dan sangat bersih. Kamu dapat menikmati jingga senja sembari bercengkrama dengan kawan-kawan tercinta.

Saat kamu sudah ke sini, jangan lupa untuk pergi ke tempat-tempat ini juga: Tempat Wisata di Yogyakarta – 10 Tempat yang Wajib Dikunjungi

10. Pantai Jogan

Pantai di Gunungkidul - Pantai Jogan
Pantai Jogan

Ingin menikmati keindahan air terjun yang berada di tepi pantai? Datang ke Pantai Jogan adalah pilihan yang paling tepat. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Pantai Jogan adalah sebuah pantai yang memiliki air terjun sangat indah.

Pantai Jogan memiliki tebing-tebing menjulang khas pegunungan kapur, Air terjun yang terdapat di pantai ini jatuh dari atas tebing langsung menuju laut. Di sini, selain menikmati indahnya pantai dan deburan ombak. Kamu juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar. Meskipun memiliki keindahan yang unik, sayangnya pantai ini sering luput oleh perhatian para wisatawan.

11. Pantai Krakal

Pantai di Gunungkidul - Pantai Krakal
Pantai Krakal

Selain Pantai Baron, Pantai Krakal adalah salah satu tempat wisata pantai yang terkenal di Gunungkidul. Pantai Krakal memiliki pasir putih yang indah dan batuan karang yang membingkai bibir pantai. Untuk merilekskan pikiran, kamu bisa berjalan menyusuri pantai bertelanjang kaki sambil menikmati deburan ombak yang merdu.

Batuan karang yang membingkai bibir Pantai Krakal adalah rumah bagi para biota laut seperti Ikan damselfish, butterfly fish, bintang laut, dan ikan-ikan lainnya. Bagi kamu yang gemar menaklukan ombak dapat mencoba berselancar di Pantai Krakal, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang dengan spot selancar yang cukup beragam.

Selain Gunungkidul, Anyer juga memiliki 9 pantai loh. Baca juga: 9 Pantai di Anyer yang Wajib Dikunjungi

12. Pantai Indrayanti

Pantai di Gunungkidul - Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti

Sebenarnya saat ini Pantai Indrayanti lebih dikenal dengan nama Pantai Pulsa atau Pulang Sawal. Hal ini karena nama Indrayanti sendiri sebelumnya telah menuai kontroversi. Pantai Indrayanti tampak lebih bersih dan terawat, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar kota Jogja.

Bagi kamu pecinta olahraga air dapat mencoba permainan jet ski yang telah disediakan di sana, sedangkan bagi kamu yang ingin suasana lebih santai dapat menikmati senja di gazebo pantai ini, atau berjalan menyusuri bukit karang untuk menyaksikan keindahan Samudra Hindia.

13. Pantai Glagah

Pantai di Gunungkidul - Pantai Glagah
Pantai Glagah

Dibandingkan dengan pantai di Jogja lainnya, Pantai Glagah terbilang unik karena memiliki permukaan tanah yang cukup datar dan landai. Selain hamparan pasir putih yang cantik, kamu juga bakal dimanjakan dengan indahnya bukit karang yang berdiri kokoh di daerah pesisir.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu da lakukan di Pantai Glagah, seperti misalnya wisata air dan tentu saja yang utama adalah menikmati pemandangan alami yang tersedia di tempat wisata ini. Salah satu keunikan pantai ini yang tersohor adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai Glagah tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jawa Tengah.

Pantai Gunungkidul Buat Camping

Pantai Sanglen Gunung Kidul (tonnykuswoyo)
Pantai Sanglen Gunungkidul (tonnykuswoyo)

Untuk kamu yang tidak hanya tertarik untuk berkunjung ke pantai-pantai ini saja, tetapi juga ingin menghabiskan malam di pantai-pantai Gunungkidul, Berikut list rekomendasi pantai untuk camping:

  • Pantai Greweng
  • Pantai Sarangan
  • Pantai Sedahan
  • Pantai Ngrumput
  • Pantai Butuh
  • Pantai Sanglen
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Jungwok

Loh kok list-nya berbeda dengan yang sebelumnya? Tentu saja, pantai-pantai ini menjadi pilihan para pencinta camping karena sangat sedikit pengunjung yang mengunjungi pantai-pantai ini. Menjadikan kegiatan campingmu lebih tenang.

Ke Mana Lagi Ya?

Rasanya sayang kalau ke Jogja hanya ke pantai-pantai ini. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu sambangi saat ke Jogja:

Join the discussion

1 comment

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!