Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung
Grafika Cikole

Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung

Grafika Cikole merupakan sebuah wisata alam di Lembang Bandung yang terletak di dataran tinggi sehingga menyebabkan suasananya menjadi sejuk. Tempat wisata di Bandung ini awalnya hanya berupa penginapan saja.

Akan tetapi lama kelamaan berubah menjadi destinasi wisata alam yang hadir dengan sarana outbound lengkap sehingga cocok menjadi tempat untuk wisata keluarga atau tujuan gathering. Informasi selengkapnya tentang tempat wisata Grafika Cikole, bisa kamu simak dalam review di bawah ini!

Grafika Cikole – Review Wisata Alam di Lembang

Terminal Wisata Grafika Cikole (alampriangan)
Terminal Wisata Grafika Cikole (alampriangan)

Grafika Cikole atau yang juga disebut sebagai Terminal Wisata Grafika merupakan resort dengan sarana wisata lengkap yang awalnya hanya difungsikan sebagai penginapan namun kini sudah dibuka untuk umum sebagai tempat liburan keluarga.

Lahan Terminal Wisata Grafika sangat luas. Berada di tengah hutan pinus, Grafika Cikole memiliki lahan seluas 9 hektar yang di dalamnya terdapat fasilitas wisata lengkap. Dengan suasana alam yang indah, Terminal Wisata Grafika kini sudah menjadi lokasi langganan untuk prewedding, pemotretan, pembuatan video iklan, bahkan menjadi tempat melangsungkan acara pernikahan, ataupun lamaran.

Rute dan Lokasi Grafika Cikole

Alamat : Jalan Tangkuban Perahu KM. 8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Map : Klik di sini

Jam Buka dan Harga Tiket Grafika Cikole

Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,-

Harga tiket di atas baru harga tiket masuk ya. Untuk biaya outbound kamu dapat melihat di bagian fasilitas outbound, sedangkan untuk harga penginapan kamu dapat melihatnya bersama dengan gambar dari tipe penginapan tersebut pada pembahasan penginapan di bawah.

Fasilitas Grafika Cikole

Beberapa fasilitas wisata yang bisa kamu temukan di Grafika Cikole terdiri atas :

1. Fasilitas outbound

outbound Grafika Cikole (viskrenus)
outbound Grafika Cikole (viskrenus)

Untuk kamu yang gathering dengan teman kantor atau liburan keluarga, kamu bisa memilih dua jenis paket outbound yang disediakan yaitu reguler outbound ataupun classified outbound. Paket reguler outbound adalah paket outbound untuk pengunjung perorangan.

Sementara paket classified outbound merupakan paket outbound yang diperuntukkan bagi pengunjung yang datang berombongan. Jumlah peserta minimum pada paket classified outbound adalah sebesar 20 orang. Jadi jika anggota rombongan tidak lebih dari 20 orang maka tidak bisa memilih paket classified outbound ini dan akan diarahkan untuk memilih paket reguler outbound.

Di Terminal Wisata Grafika, ada banyak aktivitas outbound yang bisa kamu lakukan mulai dari menikmati permainan paint ball, ATV, flying fox, turun tebing, jaring laba – laba, jembatan tali dua, petik strawberry dan strawberry games, team game, fun game, personal game serta masih banyak lagi lainnya.

Biaya yang perlu kamu keluarkan adalah sebagai berikut:

AktivitasHarga
Flying Fox 1 lineRp. 15.000,-/orang
Flying Fox PPRp. 25.000,-/orang
Paket TerusanRp. 50.000,-/orang
PaintballRp. 85.000,-/orang
ArcheryRp. 85.000,-/orang
Rumah PohonRp. 50.000,-/orang
Kebun StrawberryRp. 10.000,-/orang
Harga Reguler Outbound Grafika Cikole

Untuk harga classified outbound memiliki harga yang cukup variatif. Untuk dewasa, paket dapat dibeli dengan harga Rp. 85.000,- per orang hingga Rp. 125.000,- per orang. Tergantung dari aktivitas yang dipilih. Sedangkan untuk anak-anak paket outbound memiliki biaya mulai dari Rp. 25.000,- per orang hingga Rp. 75.000,- per orang.

2. Penginapan Grafika Cikole

Jika kamu berniat menginap di Terminal Wisata Grafika, ada beberapa jenis penginapan yang bisa kamu pilih. Kebanyakan wisatawan yang menginap di Terminal Wisata Grafika adalah wisatawan yang memang berasal dari luar kota dan butuh penginapan, atau wisatawan yang memang sengaja camping atau menginap di penginapan Grafika ini.

Beberapa jenis penginapan yang tersedia dan disewakan untuk pengunjung di antaranya :

A. Pondok Wisata

Grafika Cikole - Pondok Wisata (pergidulu)
Pondok Wisata (pergidulu)

Pondok Wisata merupakan penginapan yang terletak di atas bukit dengan hamparan rumput yang terletak di sela – sela pepohonan pinus ditemani oleh udara sejuk. Pondok Wisata memiliki tiga jenis kamar yaitu pondok damar, pondok pinus dan pondok cemara.

Suasana khas pedesaan dengan interior bernuansa kayu akan menemani kamu menginap di sini. Untuk kamar mandinya, kamar mandi yang disediakan sangat bersih dilengkapi pancuran air panas yang bisa dimanfaatkan.

Jika tertarik bermalam di Grafika dengan memilih penginapan Pondok Wisata, kamu bisa menyediakan budget Rp 1.265.000,- per malam untuk kapasitas 6 orang tiap pondok.

B. Rumah Panggung Terminal Wisata Grafika

Grafika Cikole - Rumah Panggung (hargatiket)
Rumah Panggung (hargatiket)

Untuk jenis penginapan rumah panggung, sampai saat ini masih tersedia satu unit saja. Untuk bermalam di kamar dengan kapasitas 2 orang ini kamu harus mengeluarkan biaya 850 ribu rupiah per malam. Biasanya kamar ini disewa untuk pasangan yang ingin bulan madu.

C. Urban Camp

Grafika Cikole - Urban Camp (tempatasik)
Urban Camp (tempatasik)

Kalau kamu ingin menikmati suasana glamping di Bandung, kamu bisa menginap di Grafika dan memilih jenis penginapan urban camp. Kamu akan menikmati glamping yang seru di sini.

Harga per malam untuk bermalam pada jenis penginapan Urban Camp di Grafika Cikole sebesar Rp 1,4 juta rupiah untuk kapasitas 4 orang. Terdapat 20 unit Urban Camp yang disediakan dengan fasilitas TV, breakfast, mineral water, api unggun, kamar mandi dalam dan air panas.

D. Camping ground

Camping Ground (zonaoffroadbandung)
Camping Ground (zonaoffroadbandung)

Camping ground di Grafika Cikole hadir dalam dua alternatif pilihan yaitu camping ground dengan tenda pleton dan tenda VIP. Tersedia camping ground keluarga dan camping ground massal yang disewakan. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari tenda anti air, api unggun, fasilitas listrik, matras dan juga sleeping bag.

Selain Terminal Wisata Grafika, ada resort lain yang juga memiliki taman hiburan yaitu Ciwidey Valley Resort. Informasi tentang Ciwidey Valley Resort, baca : Ciwidey Valley Resort, Informasi Lengkapnya

3. Tempat makan di Grafika Cikole

Pada kompleks Terminal Wisata Grafika, terdapat beberapa rumah makan yang disediakan untuk pengunjung dengan berbagai konsep, di antaranya :

A. Rumah makan Sunda Buana

Rumah Makan Sunda Buana (grafikacikole)
Rumah Makan Sunda Buana (grafikacikole)

Rumah makan Sunda Buana merupakan sebuah tempat makan yang terletak di lokasi paling depan setelah pintu masuk objek wisata Grafika Cikole. Sunda Buana menyajikan menu kuliner khas Bandung seperti pepes ikan nila, sayur asem, karedok sampai dengan soto Bandung.

Namun di antara semua menu tersebut, menu paling disukai di Rumah makan Sunda Buana adalah karedoknya. Bangunan ini mampu menampung 200 orang dengan lokasi parkir yang luas.

B. Restoran Sangkuriang

Rumah Makan Sangkuriang (makanmakan)
Rumah Makan Sangkuriang (makanmakan)

Restoran Sangkuriang yang ada di kawasan Terminal Wisata Grafika merupakan sebuah restoran modern yang menyediakan aneka menu khas Sunda dan oriental. Selain sajian masakan yang lezat dan arsitektur bertema Bali yang estetik, restoran ini juga memberikan hiburan berupa pentas kesenian tradisional bagi pengunjung.

Kamu bisa menyaksikan penari dengan tarian jaipong yang khas bersama iringan musik angklung yang dimainkan. Tempat makan ini pun mampu menampung pengunjung sampai 120 orang.

C. Aula Dayang Sumbi

Aula Dayang Sumbi
Aula Dayang Sumbi

Aula Dayang Sumbi adalah sebuah rumah makan dengan konsep sederhana bernuansa bangunan bambu yang dilengkapi furniture terbuat dari kayu. Makanan khas Sunda, nasi goreng atau sup bisa kamu pesan di sini. Mengenai harga makanannya sendiri cukup murah karena dapat dibanderol mulai harga Rp 12.500,- per porsi.

D. Rumah Makan Saung Lesehan

Grafika Cikole - Rumah Makan Saung Lesehan (flickr)
Rumah Makan Saung Lesehan (flickr)

Rumah Makan Saung Lesehan merupakan rumah makan pondok terbuka yang dibangun dengan konsep menyerupai saung di areal persawahan. Lantainya menggunakan kayu dengan pagar setinggi betis dan atapnya menggunakan atap rumbia.

Terdapat 18 saung berukuran besar dan kecil di kompleks ini. Untuk saung kecil dapat menampung sampai 4 orang. Sementara saung besar dapat menampung sampai dengan 20 orang. Tentunya ada banyak menu yang kamu bisa pesan, mulai dari masakan ayam, olahan ikan, sup, minuman tradisional, jajanan pasar, sampai dengan paket kambing guling juga ada.

Kebanyakan pengunjung yang datang bersama rombongan, memilih paket kambing guling yang disediakan di rumah makan Saung Lesehan ini.

E. Pendopo Hutan

Grafika Cikole - Pendopo Hutan (grafikacikole)
Pendopo Hutan (grafikacikole)

Pendopo Hutan merupakan area tempat makan yang dibangun pada area terbuka di Grafika Cikole. Di sini kamu bisa menikmati hidangan sambil menghirup udara segar dan menatap pepohonan pinus yang berdiri kokoh. Biasanya pengunjung yang datang ke Restoran Pendopo Hutan lebih suka memesan minum dibandingkan memesan makanan berat. Teh dan kopi menjadi minuman terbaik yang dapat dipesan.

Ada wisata apalagi di Lembang?

Selain Grafika Cikole, masih banyak spot wisata lain yang bisa ditemukan di Lembang. Beberapa di antaranya adalah Lembang Park and Zoo, Farm House Susu Lembang, De Ranch dan masih banyak lagi.

Informasi wisata Lembang Park and Zoo, baca : Lembang Park and Zoo, Wisata Edukasi Bandung yang Menawan

Untuk review wisata dengan konsep peternakan dan taman wisata Farm House Susu Lembang, baca : Farm House Susu Lembang, Wisata Terbaik di Bandung

Kalau ingin berkuda ala Koboi dan tertarik ke De Ranch Lembang, baca : De Ranch Lembang – Wisata Populer Bandung

Tempat wisata lain di Lembang, baca : 35 Tempat Wisata di Bandung Lembang yang Hits dan Populer

Buat kamu yang bingung karena terlalu banyaknya tempat wisata di Bandung dan Lembang, kami memiliki itinerary Bandung dan Lembang GRATIS buat kamu. Itinerary Bandung Ala Influencer.

yang jalan – jalan di Lembang dan mencari tempat wisata menarik yang berkonsep wisata alam, Grafika Cikole dan beberapa tempat wisata yang kami sebutkan di atas dapat menjadi alternatif liburan Anda. Selamat berlibur!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!