Gunung Pancar – Wisata Alam Asri Terbaik di Bogor!
cafe gunung pancar

Gunung Pancar – Wisata Alam Asri Terbaik di Bogor!

Buat kamu yang sedang ada di Bogor dan sedang mencari wisata alam di Bogor, kamu bisa datang ke Gunung Pancar. Kamu akan merasakan keindahan alam yang tak ada duanya di salah satu wisata gunung di Jawa Barat ini.

Pengalaman wisata yang tak ada duanya akan kamu dapatkan. Alam yang masih sangat asri ditunjang suasana sejuknya akan membuat kamu merasa betah berlama – lama berwisata di Gunung Pancar. Sepanjang perjalanan, mata kamu akan dimanjakan dengan pesona alam indah yang terlihat.

Jangan lupa kalau berwisata ke wisata alam Gunung Pancar, kamu harus membawa kamera atau minimal ponsel dengan kualitas kamera yang oke agar kamu bisa berfoto – foto seru dan mengabadikan semua moment yang kamu rasakan selama di gunung Pancar. Dijamin deh, nggak bakal nyesel kalau wisata ke Gunung Pancar. Mau tahu review lengkapnya seperti apa? Let’s check these out!

Review Gunung Pancar, Wisata Alam di Bogor Terbaik

Gunung Pancar - Puncak, Bogor
Gunung Pancar – Puncak, Bogor

Alamat : Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu – 10 ribu per orang untuk warga negara Indonesia, 100 ribu rupiah untuk warga negara asing. Belum termasuk biaya parkir.

Gunung yang berlokasi di kawasan Sentul, Bogor ini memang menjadi salah satu wisata alam yang diminati masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengunjung yang selalu datang memadati salah satu wisata di Sentul ini.

Tidak hanya di waktu weekend saja, Gunung Pancar selalu ramai juga dengan kunjungan wisatawan di hari – hari biasa. Aktivitas outbound seringkali dilakukan. Banyak juga orang yang memutuskan untuk melakukan camping di Gunung Pancar.

Mungkin kamu juga tertarik untuk camping di Gunung Pancar?

Kalau kamu memang berniat untuk camping di Gunung Pancar, pastikan kamu harus bawa berbagai macam peralatan camping. Baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

Namun bagi kamu yang ingin merasakan nikmatnya camping di Gunung Pancar, kamu harus menyiapkan dana karena camping di tempat wisata yang satu ini nggak gratis. Kamu akan dikenai biaya senilai 80 ribu rupiah sampai dengan 200 ribu rupiah untuk camping di sana. Namun tenang saja karena dengan biaya yang kamu keluarkan tersebut, bisa dipastikan fasiliitas yang kamu dapatkan lengkap. Jadi kamu nggak perlu takut akan kekurangan apapun selama camping di wisata gunung yang satu ini.

Gunung Pancar – Eksplorasi Alam Asri di Bogor

Gunung Pancar
Gunung Pancar

Gunung Pancar juga merupakan sebuah kawasan yang sangat menarik. Dikelilingi oleh hutan pinus yang indah menjadikan udaranya sangat sejuk. Kamu yang gemar berwisata di tempat – tempat wisata yang memiliki kesejukan udara tak ada duanya sangat cocok untuk berwisata di tempat wisata ini.

Sampai sekarang ini, Gunung Pancar bahkan menjadi salah satu tempat wisata di Sentul yang seringkali dijadikan tujuan orang yang ingin melakukan sesi pemotretan atau prewedding. Hal tersebut karena keindahan alamnya yang dihadirkan.

BACA JUGA : 25 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib untuk dikunjungi

Kalau kamu berwisata di Gunung Pancar, pastinya banyak kegiatan wisata yang kamu bisa lakukan di tempat wisata yang satu ini. Selain kamu bisa bersantai – santai menikmati pemandangan alam yang dihadirkan dengan suasana sejuk yang tercipta, aktivitas wisata lain yang kamu bisa lakukan ketika berwisata di salah satu wisata gunung di Jawa Barat ini diantaranya :

Bersantai di hammock

Bersantai di hammock

Hal pertama yang akan terlintas di kepala kamu ketika pertama kali datang ke Gunung Pancar adalah bersantai di hammock. Sembari menikmati alam yang indah di bawah rerimbunan pepohonan pinus, aktivitas bersantai di hammock akan menjadi sebuah aktivitas wisata yang sangat menarik untuk kamu lakukan.

Kamu juga bisa mengabadikan moment bersantai kamu di hammock ketika berwisata ke wisata alam Jawa Barat yang satu ini.

Berfoto di semua spot yang ada

Gunung-Pancar prewedding

Ada banyak spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan moment seru ketika berwisata di salah satu wisata Gunung Jawa Barat ini. Kamu bisa berfoto di jajaran pepohonan pinus yang ada, berfoto di hammock, dan di berbagai spot lain.

Keunggulan wisata gunung yang satu ini adalah sinar matahari yang tidak bisa masuk karena pepohonan pinus yang sangat lebat. Akan tetapi inilah yang menjadikan wisata ini sangat epic. Utamanya kamu yang suka berfoto dengan nuansa syahdu dan sejuk, maka di sinilah tempat terbaik untuk menghasilkan foto epic bisa kamu dapatkan.

Saking foto genicnya tempat wisata ini sampai – sampai Gunung Pancar menjadi salah satu tempat terbaik untuk foto prewedding di Jawa Barat.
Sebenarnya di Jawa Barat juga punya banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Selain di kawasan Bogor, kawasan Tangerang juga punya banyak tempat wisata. Baca : 15 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Jalan – jalan

teman perjalanan wisata

Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang beranggapan kalau liburan ke hutan itu sangat membosankan. Padahal faktanya, nggak semua hutan itu membosankan lho. Ada Gunung Pancar yang sama sekali nggak membosankan.

Kamu yang datang jalan – jalan ke salah satu tempat wisata di Bogor ini bisa jalan – jalan seru menelusuri hutan pinus yang rimbun. Iringan cuitan burung dan suara kumbang akan membuat pikiran kamu jadi jauh lebih tenang.

Belum lagi udara khas pegunungan yang nggak pernah bikin bosan akan kamu rasakan ketika datang ke salah satu tempat wisata di Bogor ini.

BACA JUGA : 15 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Kamu Coba

Melakukan aktivitas outbound

Epic Outbound

Kalau kebetulan kamu datang ke Gunung Pancar nggak berdua doang melainkan ramai – ramai, kamu juga bisa banget melakukan aktivitas outbound yang super seru bersama semua anggota rombongan kamu.

Berbagai macam permainan bisa kamu temukan mulai dari yang namanya paint ball, flying fox dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua wahana permainan yang tersedia memiliki tingkat keamanan dan keseruan yang sangat terjamin.

Berendam di wahana pemandian air panas “Giritirta”

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Nah, di salah satu gunung keren dengan rimbunnya hutan pinus ini kamu juga akan menemukan wahana pemandian air panas yang kamu bisa manfaatkan. Kalau kamu sudah lelah outbound, bersepeda atau sudah puas jalan – jalannya, kamu bisa langsung berendam di pemandian air panas yang bernama Giritirta ini.

Pemandian Giritirta sendiri merupakan sebuah kolam pemandian air panas yang sangat menarik. Kamu bisa memilih akan berendam dimana karena di pemandian Giritirta akan kamu temukan dua buah kolam yang bisa kamu pilih untuk berendam.

BACA JUGA : Wisata Bogor – Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Ada kolam pribadi dan kolam umum. Terserah deh kamu mau berendam beramai – ramai atau sendirian saja. Kamu juga harus tahu kalau air di pemandian air panas yang ada di kolam Giritirta ini memiliki tingkat relaksasi yang tinggi.

Pegal – pegal dan rasa lelah kamu juga akan hilang kalau sudah berendam di sini. Untuk menikmati pemandian ini, kamu perlu merogoh kocek hanya sebesar 25 ribu rupiah saja.

Olahraga di gunung dengan udara yang sejuk

olahraga gunung pancar

Kalau kamu berwisata di kawasan wisata Gunung Pancar, jangan pernah lupa untuk olahraga. Kamu bisa menyewa sepeda untuk dibawa berkeliling gunung dan hutan. Namun jika kamu enggan menyewa sepeda, kamu juga bisa kok jogging seru di hutan ini. Aman banget.

Dengan udara yang sejuk, aktivitas olahraga kamu juga akan lebih menyenangkan. Pastinya berbeda dengan suasana olahraga yang biasanya kamu lakukan di kota yang banyak polusi udaranya.

Ziarah ke makam dan menikmati pagelaran seni

makam di gunung pancar

Di wisata gunung yang satu ini nyatanya ada banyak banget makam tokoh keagamaan yang namanya sudah ternama seperti makam Raden laluwung, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih sampai dengan Kalijaga.

Nah, kamu bisa berwisata sembari berwisata religi dengan ziarah ke makam – makam tersebut. Kamu bisa kirim doa ke arwah mereka dan pastikan selama berziarah, kamu tetap selalu menjaga norma kesopanan ya.

Pada beberapa waktu, di tempat ini juga ditampilkan berbagai pagelaran seni. Kalau kamu sedang beruntung, kamu juga bisa menikmati pagelaran seni yang diadakan oleh para seniman di Gunung Pancar ini.

Saat berkunjung ke Bogor, kamu juga bisa menikmati 25 Pilihan Kuliner Khas Bogor yang Menarik Untuk Dicoba

Menikmati makanan lezat di café instagramable

cafe gunung pancar

Selain punya banyak aktivitas wisata yang kamu bisa lakukan, di Gunung Pancar kamu juga bisa merasakan sensasi menyantap makanan super lezat. Makanan super lezat tersebut sangat cocok kamu nikmati kalau perut sudah terasa lapar.

Sajian cokelat hangat atau teh panas juga bisa kamu pesan. Kalau merasa kedinginan dan butuh kehangatan, kamu bisa memesannya. Belum lagi suasana alam yang sangat instagramable di café tersebut akan kamu rasakan.

Kamu bisa berfoto selfie atau berfoto wefie dan bergaya di café instagramable yang ada di wisata tersebut. Dijamin deh, banyak foto keren yang akan kamu dapatkan selama berwisata. Kamu nggak bakal nyesel kalau berwisata di wisata yang satu ini.

Kalau kamu merasa belum puas berada di café Gunung Pancar yang instagramable, kamu juga bisa datang ke tempat makan lezat lain yang banyak bertebaran di Jakarta. Baca : 18 Restoran Murah Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dicoba

Kebun Raya Bogor

Untuk kamu yang akan berwisata di salah satu wisata gunung di Jawa Barat ini, jarak yang kamu harus tempuh dari Jakarta kurang lebih 45 km. Kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu ke daerah Cawang menuju Tol Jagorawi, kemudian langsung masuk jalan tol ke arah Bogor.

Nah, dari arah tol Jagorawi tersebut kamu bisa ambil jalur kanan menuju ke arah jalan sentul raya, km 8. Darisana kamu akan bertemu dengan Bundaran yang hanya setengahnya saja kemudian perjalanan bisa kamu lanjutkan ke arah Babakan Madang.

Nantinya kamu akan segera menemukan sebuah papan petunjuk yang bertuliskan “kawasan Gunung Pancar”. Kalau kebetulan kamu dari luar kota, kamu bisa pesan transportasi untuk mengantarkan kamu ke Gunung Pancar. Banyak jasa travel Jakarta yang akan melayani kamu.

Untuk mengantarkan kamu pulang, kamu nggak perlu khawatir. Kalau kamu perlu tiket pesawat murah, kamu juga bisa mendapatkannya asal kamu tahu tips dan triknya seperti apa. Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Nah, kamu yang ingin liburan di Jawa Barat dan masih belum tahu mau kemana, langsung datang saja ke Gunung Pancar. Pastinya pengalaman wisata menarik akan kamu dapatkan di sana. Happy weekend sobat manis!

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!