12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah
tiket pesawat murah

12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

tiket pesawat murah penting banget apalagi buat Rencana liburan sudah disusun sedemikian matang. Rencana liburan bisa kacau dan bikin bingung jika harga tiket pesawat masih saja mahal. Karena tidak mendapatkan tiket pesawat murah, akhirnya agenda pelesiran pun ditunda sampai entah kapan. Siapa yang mengalami hal serupa?

Tiket pesawat memang biasanya memakan biaya besar, apalagi jika tujuanmu adalah luar negeri. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak menyenangkan diri dan orang-orang kesayangan, ya. Dengan tips berikut, kamu bisa lho dapat tiket murah untuk liburan.

1. Booking Pukul 11 Malam

tiket pesawat murah
naijaloaded.com.ng

Jika kamu ingin mendapat tiket pesawat murah, lakukan pemesanan pada pukul 11.00 malam. HS Head of Operation Departement sebuah online travel agent mengungkapkan bahwa tiap maskapai memiliki sistem seat control untuk membatalkan daftar booking yang belum dibayar pemesannya.

Biasanya pukul 23.00 adalah waktu yang dipilih maskapai untuk membatalkan reservasi yang tidak aktif, lalu menjualnya kembali dengan tarif yang lebih rendah. Begadang sedikit untuk dapatkan tiket murah, nggak masalah, kan?

Baca juga : Punya rencana traveling ? Cek dulu hari liburnya

2. Gunakan Mode Incognito

Makin sering kamu mencari informasi tentang harga pesawat di internet, makin naik pula harganya. Yup, tiap maskapai atau online travel agent punya sistem khusus yang bisa “merekam” aktivitas pencarianmu di website-nya.

Untuk menghindari jebakan tiket mahal karena kebiasaan browsing, gunakan selalu mode penyamaran atau incognito di browser saat memesan tiket pesawat. Jendela pencarian rahasia ini tidak akan mengetahui histori jelajahmu. Jadi, kesempatanmu untuk mendapat harga tiket pesawat murah juga makin besar.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

3. Perhatikan ke Mana Tujuanmu

tiket pesawat murah
terasjakarta.id

Tujuan wisata juga menentukan mahal murahnya tiket pesawatmu, lho. Misalnya untuk rute yang banyak didatangi wisatawan (Jakarta, Bali, Jogja), harganya cenderung fluktuatif. Jadi, jika kamu menemukan harga tiket yang menurutmu murah, segeralah booking saat itu juga.

Berbeda kalau tujuan liburanmu adalah rute-rute yang tidak padat wisatawan, seperti Balikpapan, Tanjung Pinang, atau Banjarmasin. Kapan pun kamu membeli tiketnya (baik setahun, sebulan, atau seminggu sebelum keberangkatan), harganya tetap sama. Ketentuan ini berlaku menurut sistem year-round fare, yakni harga tiket pesawat cenderung sama sepanjang tahun, kecuali pada musim liburan.

4. LCC atau Full Service?

Anekatempatwisata.com
Anekatempatwisata.com

Berbeda dengan maskapai full-service yang menerapkan sistem year-round fare, Low Cost Carrier (LCC) alias maskapai berbiaya rendah biasanya menetapkan harga tiket yang murah jika dipesan sejak jauh-jauh hari.

Nah, karena kamu sedang dalam rangka berhemat, usahakan melakukan pemesanan tiket pesawat beberapa bulan sebelum tanggal keberangkatan. Itulah mengapa kamu wajib menetapkan tanggal liburan secara jelas, bukan cuma perkiraan.

5. Perhatikan Periode Perjalanan

tiket pesawat murah
phinemo.com

Kalau kamu ingin menekan bujet tiket pesawat, cek kembali periode perjalanan liburanmu—pulang dan pergi. Sebaiknya hindari waktu-waktu high season ketika harga tiket sedang tinggi-tingginya, misalnya saat akhir pekan, long weekend, musim liburan sekolah, Natal dan tahun baru. Bila memungkinkan, pergilah saat weekdays karena harga tiket pesawat pasti lebih murah.

6. Berburu Promo

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Tiap maskapai biasanya gencar memberikan tiket pesawat murah atay tiket promo ke berbagai tujuan wisata. Jangan lewatkan kesempatan ini. Mulailah dengan mengikuti media sosial maskapai, berlangganan newsletter-nya, dan menghadiri travel fair yang mereka selenggarakan. Biasanya informasi seputar promosi dan diskon tiket pesawat disebarkan di ketiga kanal tersebut.

Baca juga : Tidak Sempat Urus Paspor? Layanan Paspor Online Aja!

7. Manfaatkan Poin dan Miles

tiket pesawat murah
rewerdexpert.com

Kalau kamu sering terbang dengan maskapai tertentu, mendaftarlah sebagai anggota frequent flyer. Dengan status keanggotaan ini, kamu akan memperoleh poin dan miles yang nanti bisa ditukar dengan Tiket pesawat murah bahkan tiket pesawat gratis. Yang menarik, poin dan miles nggak cuma didapat dari sering-sering terbang, tapi juga dari transaksi kartu kredit bank tertentu. Menarik banget, kan?

8. Gunakan Google Flights

anekatempatwisata.com
Anekatempatwisata.com

Google Flights adalah layanan canggih yang akan menampilkan daftar destinasi wisata dengan harga tiket pesawat yang murah di indonesia maupun luar negeri. Hasil yang ditampilkan mungkin saja tidak sesuai dengan tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi. Tapi cara ini bisa jadi alternatif buat kamu yang sudah kebelet ingin liburan.

Yup, kalau kamu tak bisa fleksibel dengan jadwal keberangkatan, cobalah fleksibel soal destinasinya. Di Google Flights, klik peta, lalu ketikkan bandara keberangkatan di kolom pencarian. Selanjutnya Google akan menampilkan daftar kota yang harga tiket pesawatnya murah. Yuk, coba!

Baca juga : Museum MACAN: Wisata Seni yang Menarik di Kota Jakarta

9. Aktifkan Price Alerts

tiket pesawat murah
crm4sure.com

Beberapa situs online booking menyediakan notifikasi tambahan berupa “price alerts”. Fitur ini secara otomatis akan menampilkan pemberitahuan berupa harga tiket pesawat atau hotel dan tanggal keberangkatan yang paling sesuai dengan bujet yang kamu siapkan. Jangan lupa aktifkan fitur ini untuk dapatkan harga terbaik, ya.

10. Jangan Memborong Tiket

Pesawat murah
Anekatempatwisata.com

Jika kamu berencana untuk pergi liburan dengan teman-teman atau keluarga, hindari memesan tiket secara bersamaan dalam sekali waktu. Ini karena sistem maskapai akan mendeteksi aktivitas browsing-mu, lalu secara otomatis harga tiket pesawat akan lebih mahal dibandingkan saat kamu memesan untuk diri sendiri.

Solusinya, buka website maskapai di beberapa window browser sesuai jumlah rombongan yang akan berangkat. Lalu lakukan pemesanan secara terpisah. Dengan cara ini, mahalnya harga tiket pun bisa ditekan. Semakin gampang kan mendapatkan Tiket pesawat murah ?

11. Pilih Bandara Sekunder

tiket pesawat murah
wtop.com

Selain bandara utama, beberapa kota besar biasanya memiliki bandara sekunder. Nah, maskapai yang mendarat di bandara sekunder (bandara kecil) akan mengeluarkan biaya penerbangan yang lebih sedikit. Ini berdampak pada harga tiket pesawat yang lebih murah pula.

Baca juga : Daftar Kuliner Yang Dapat Kamu Coba Saat Weekend

12. Hindari Direct Flight

Anekatempatwisata.com

Terkadang penerbangan dengan connecting flight bisa lebih murah dibandingkan yang nonstop flight. Kalau kamu punya banyak waktu untuk liburan, manfaatkan tips yang satu ini. Gunakan search engine untuk memfilter maskapai mana yang menerapkan penerbangan langsung, sekali transit, atau dua kali transit, lalu bandingkan harganya.

Nah, dengan cara-cara tersebut, mencari tiket pesawat murah bukan lagi hal yang sulit. Asal mau berusaha, agenda liburanmu dijamin takkan tertunda. Semoga tips di atas bermanfaat ya. Selamat berlibur!

Baca juga : 19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending Tahun Ini

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!