Jatim Park 3 Malang, Ini Reviewnya!
Jatim Park 3 (travelspromo)

Jatim Park 3 Malang, Ini Reviewnya!

Untuk kamu yang suka terbayang – bayang dengan suasana dunia dinosaurus di film Jurassic Park, sekarang kamu bisa merasakannya sendiri di Malang. Ya, semua hal yang kamu saksikan di Jurassic Park bisa kamu temukan dengan mengunjungi sebuah tempat wisata bernama Jatim Park 3 yang ada di kota Batu, Malang.

Selain memiliki beragam wahana bertema dunia dinosaurus, di Jatim Park 3 ini juga terdapat banyak spot foto cantik seperti spot Korea, Jepang sekaligus terdapat museum edukasi yang bisa kamu jelajahi.

Jika kamu tertarik liburan di Jatim Park 3 Batu, Malang, berikut review selengkapnya yang perlu kamu tahu. Let’s check these out!

Review Wisata Jatim Park 3 Malang

Alamat : Jl. Ir Sukarno Nomor 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka :12.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk : Zona Dino Park dan The Legend Star di Jatim Park 3 dibanderol dengan harga masing – masing Rp 100.000,00. Sementara tiket combo (Dino Park + The Legend Star dibanderol Rp 170.000,00) per orang.

Jatim Park 3 merupakan sebuah taman hiburan di Malang yang didirikan di atas lahan seluas 16 hektar. Taman hiburan yang sangat luas ini bukan satu – satunya taman hiburan dengan berbagai zona terbaik yang ada di Malang. Ada Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 yang lebih dulu di bangun sebelum Jatim Park 3.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke Jatim Park 2, baca : Jatim Park 2, Wisata Keluarga di Malang dengan Beragam Wahana

Jatim Park 3 (rangkaianabjad)
Jatim Park 3 (rangkaianabjad)

Terdapat dua zona utama yang bisa dijelajahi yaitu Dino Park dan The Legend Star. Masing – masing zona tersebut terbagi ke dalam berbagai macam wahana menarik yang bisa kamu jelajahi. Nah, kali ini kami akan bagikan untuk kamu beragam wahana menarik di zona utama yang ada di Jatim Park 3.

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke wisata utama Jatim Park 3 yaitu zona Dino Park, di sana kamu akan menemukan aneka ragam wahana dinosaurus yang sangat lengkap. Bahkan kabarnya taman dinosaurus yang ada di Dino Park Jatim Park 3 ini merupakan taman dinosaurus terlengkap yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Mau tahu konsep zona Dino Park seperti apa?

1. Berkeliling 5 Zaman Dinosaurus di Dino Park

Cretaceous park (blog.tiket)
Cretaceous park (blog.tiket)

Di zona Dino Park ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai bentuk dinosaurus yang hidup pada lima zaman yaitu zaman Permian, zaman Triassic, zaman Jurassic, zaman Cretaceous, dan zaman ice age. Di sini pengunjung juga akan menyaksikan film yang mengulik tentang kehidupan dinosaurus pada masing – masing zaman.

Pengunjung juga bisa tahu bagaimana cara dinosaurus berinteraksi dengan dinosaurus lain pada zaman tersebut. Selain pengetahuan tentang dinosaurus yang ditampilkan, kamu juga akan diajak berkeliling area Dino Park yang luas dengan sebuah kereta.

Terdapat dua buah kereta raksasa dengan kapasitas 48 penumpang yang siap mengajak kamu berkeliling dan mengenali dinosaurus dari zaman Permian, zaman Triassic, zaman Jurassic, zaman Cretaceous, sampai zaman ice age. Pokoknya, pengetahuan tentang dinosaurus dan pengalaman kamu akan semakin banyak setelah berkeliling zona ini.

2. Museum Dinosaurus

Jatim Park 3 - Museum Dinosaurus (tribunnewswiki)
Museum Dinosaurus (tribunnewswiki)

Museum Dinosaurus menyimpan pajangan dinosaurus dalam bentuk utuh dan tulang dinosaurus raksasa yang ukurannya berkali – kali lipat lebih besar dari ukuran sebuah truk. Beberapa kerangka dinosaurus yang bisa ditemukan di sini di antaranya yaitu Triceratops, Angkilosaurus, Tiranosaurus dan Apatosaurus.

3. Kolam Elasmo Saurus

Kolam Elasmo Saurus (nahwatravel)
Kolam Elasmo Saurus (nahwatravel)

Jika selama ini kamu beranggapan bahwa dinosaurus hanya hidup di daratan saja, maka kolam elasmo saurus ini akan mematahkan anggapan kamu tersebut. Ya, ternyata dinosaurus tidak hidup di daratan saja melainkan ada yang hidup di air.

Spesies dinosaurus yang satu ini memiliki leher yang sangat panjang dan hidup di zaman kapur pada 80,5 juta tahun yang lalu. Panjangnya sekitar 14 meter dengan berat 2,2 ton yang memiliki kaki dan tangan menyerupai sirip sehingga membuatnya tidak kesusahan untuk berenang walau tubuhnya sangat berat.

4. The Rimba

Jatim Park 3 - The Rimba (macigo)
The Rimba (macigo)

Di The Rimba, pengunjung akan dibawa menyusuri hutan dengan makhluk prasejarah yang ada di kanan dan kiri. Kamu akan merasakan sensasi seperti sedang berada di zaman prasejarah dengan hewan – hewan yang tampak seperti nyata selama berjalan – jalan di wahana ini.

5. Jembatan Akar

Jatim Park 3 - Jembatan Akar (nativeindonesia)
Jembatan Akar (nativeindonesia)

Jembatan akar di Dino Park bukan jembatan biasa. Di jembatan ini pengunjung akan menyaksikan aneka ragam dinosaurus dari ketinggian. Namun bukan berarti kamu akan menjadi yang tertinggi. Kamu akan menyaksikan betapa besarnya elasmosaurus dengan leher panjang yang bahkan ketinggiannya melebihi bangunan di jembatan akar itu sendiri. Melewati jembatan ini itu artinya kamu akan dibawa menuju ke wahana lain yang tak kalah seru.

6. Life with Dino

Jatim Park 3 - Life with Dino (dakatour)
Life with Dino (dakatour)

Area ini didesain dengan suasana seperti negeri 1001 malam. Kamu dapat menyaksikan bangunan dan ornamen yang dibuat sangat mirip seperti bangunan – bangunan yang ada dalam film Aladin. Suasana khas timur tengah membuat tempat ini sangat cocok juga menjadi spot foto – foto ketika berkunjung.

Kemudian pada masing – masing sudut Life with Dino, kamu akan menemukan berbagai macam spot cantik yang bisa kamu abadikan dalam sebuah foto. Terdapat labirin yang seru untuk dipecahkan, dan sebuah danau buatan yang dipenuhi dinosaurus. Aktivitas jelajah kamu bisa dipastikan sangat seru di area yang satu ini.

Sementara di zona The Legend Star, area ini lebih cenderung menjadi spot di Jatim Park 3 yang fokus utama areanya dijadikan tempat foto – foto cantik. Ada berbagai macam spot foto di The Legend Star Jatim Park 3, di antaranya :

7. Spot Jepang dan Korea

(desimegasari)
Jatim Park 3 (desimegasari)

Kalau kamu berkunjung ke spot Jepang dan Korea di Jatim Park 3, kamu bisa berfoto dengan latar belakang bangunan Jepang dan Korea yang sangat khas.

Di spot Jepang, kamu bisa meminjam pakaian tradisional Jepang dan berfoto dengan latar belakang bangunan kuil, pagoda, dan rumah tradisional Jepang dengan aksen kayu.

Area Jepang di Jatim Park 3 (desimegasari)
Area Jepang di Jatim Park 3 (desimegasari)

Sementara di spot Korea yang ada di Jatim Park 3, kamu bisa menikmati arsitektur kastil dengan rumah tradisional Korea yang khas. Sama halnya di spot Jepang, di spot ini pun kamu bisa meminjam pakaian tradisional yang disewakan.

8. Spot Amsterdam

Jatim Park 3 - Spot Amsterdam (melisalalala)
Spot Amsterdam (melisalalala)

Kalau kamu ingin liburan ke Belanda namun belum punya cukup budget untuk ke sana, kamu bisa berfoto dengan pemandangan khas Belanda di Jatim Park 3 Malang saja. Di sini, kamu bisa berpose di depan bangunan dengan arsitektur Belanda lengkap dengan bangunan bandara Schippol.

Tak ada salahnya berfoto dengan replika negara Belanda dulu di Jatim Park 3 sebelum punya budget untuk pergi ke negeri Belanda sungguhan? Sementara nanti kalau budget liburan ke Belanda sudah terkumpul, banyak banget wisata di Belanda yang sangat menarik dan wajib kamu kunjungi. Baca : 10 Tempat Wisata di Belanda yang Wajib Dikunjungi

9. Spot Kerajaan Majapahit

Spot Majapahit (keralapool)
Spot Majapahit (keralapool)

Sepenasaran apa pun kamu dengan spot foto luar negeri yang ada di Jatim Park 3, jangan lupa untuk berkeliling di spot negara sendiri. Kamu juga harus menghabiskan waktu di spot kerajaan majapahit karena di sini kamu akan menyaksikan seperti apa replika bangunan peninggalan zaman majapahit dahulu.

Candi Tikus, Gapura Wringin Lawang serta rumah tradisional di era majapahit bisa jadi landscape foto kamu selama di spot kerajaan majapahit ini.

Di The Legend Star ini juga hadir beberapa museum seperti museum patung lilin dan museum musik yang sangat terkenal. Review dari museum tersebut sebagai berikut :

10. Museum Lilin

Jatim Park 3 - Museum Lilin (travelkompas)
Museum Lilin (travelkompas)

Kalau kamu belum punya kesempatan berkunjung ke museum lilin Madame Tussauds yang ada di Bangkok, lebih baik kamu berkunjung ke museum lilin yang ada di Jatim Park 3 terlebih dahulu. Di sini, kamu bisa berfoto bersama patung lilin Presiden Obama, Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Michael Jordan, Abraham Lincoln bahkan Yuni Shara serta berbagai patung lilin artis Indonesia dan masih banyak lagi.

Kamu bisa berkeliling dan berfoto bersama patung – patung lilin tersebut. Suasana yang diberikan nggak kalah menarik dari museum lilin Madame Tussauds Bangkok. Tapi kalau kamu tetap ingin tahu seperti apa museum lilin Madame Tussauds Bangkok yang sangat terkenal, reviewnya bisa kamu baca : 9 Tempat Wisata Bangkok Terbaru Sedikit penjelasan tentang museum lilin Madame Tussauds bisa kamu temukan di sana.

11. Museum Musik Dunia

Jatim Park 3 - Museum Musik Dunia (malang.merdeka)
Museum Musik Dunia (malang.merdeka)

Kalau kamu merupakan seorang pecinta musik, jangan pernah lewatkan untuk mengunjungi museum musik dunia yang ada zona di The Legend Star ini. Di sini kamu akan tahu dan mengenal berbagai macam alat musik dari alat musik tradisional sampai dengan alat musik modern yang datang dari berbagai negara.

Gedung museum musik di Jatim Park 3 terdiri atas 3 lantai. Pada lantai pertama, kamu akan menemukan berbagai macam alat musik dari berbagai benua. Di lantai 2, kamu akan mengenal berbagai genre musik, memorabilia musik dan audio sample masing – masing musisi. Sementara di lantai 3, kamu akan dibuat takjub dengan koleksi alat musik klasik dari puluhan tahun lalu.

Kemudian kalau capek berkeliling di Jatim Park 3 Malang, bagaimana solusinya?

Kalau capek, sewa e-bike atau sepeda listrik

Jatim Park 3 - e-bike station (mayarumi)
e-bike station (mayarumi)

Tenang saja sobat! Untuk kamu yang merasa capek berkeliling di Jatim Park 3 Malang sementara kamu masih tertarik berkeliling baik di zona Dino Park atau di The Legend Star, kamu bisa menyewa e-bike atau sepeda listrik.

Jadi ada tempat khusus penyewaan sepeda listrik atau e-bike di Jatim Park 3 yang dibanderol dengan harga sewa 150 ribu rupiah untuk 3 jam. Dengan sepeda listrik ini pastinya kamu bisa berkeliling sepuasnya di berbagai wahana yang ada di Jatim Park 3 tanpa perlu merasa terlalu capek.

Selain Jatim Park 3, Malang juga punya banyak tempat wisata menarik yang kamu dapat kunjungi. Referensinya baca : 12 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

Sementara khusus tempat wisata di kota Batu, baca : 10 Tempat Wisata di Batu Malang yang Sayang Dilewatkan

Nah, buat kamu yang berlibur di Malang bisa langsung datang ke berbagai rekomendasi tempat wisata di Malang yang kami sudah sebutkan di atas, salah satunya jangan lupa berkunjung ke Jatim Park 3 Malang. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!