Nusa Lembongan, Pulau Wisata di Bali yang Penuh Daya Tarik
Nusa Lembongan image

Nusa Lembongan, Pulau Wisata di Bali yang Penuh Daya Tarik

Salah satu hal yang menarik untuk dibicarakan tentang Bali adalah wisata baharinya. Buat kamu yang sedang atau memiliki rencana untuk jalan – jalan ke Bali dan mencari pulau wisata di Bali yang memiliki keindahan alam tak ada duanya, kamu bisa berkunjung ke Nusa Lembongan.

Untuk sampai di Nusa Lembongan, kamu memang perlu menyeberang dengan menggunakan perahu atau kapal pesiar. Dana yang perlu kamu keluarkan pun bukanlah dana yang kecil. Akan tetapi semua pengorbanan tersebut tidak akan sia – sia mengingat akan banyak daya tarik yang bisa kamu temukan selama berpelesir di Nusa Lembongan.

Apa sajakah daya tarik wisata Nusa Lembongan dan apa saja kegiatan wisata yang kamu bisa lakukan di sana? Cek informasi review lengkapnya berikut ini!

Daya Tarik Wisata Nusa Lembongan Bali

Alamat : Pulau Nusa Lembongan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Tidak dikenai biaya masuk, hanya dikenai tiket kendaraan ke Nusa Lembongan. Kamu bisa naik beberapa alternatif kendaraan yaitu :

  • Kapal pesiar atau cruise dengan harga 500 ribu rupiah sekali jalan.
  • Fast cruise dengan harga 300 ribu rupiah sekali jalan
  • Public speed boat 175 ribu rupiah sekali jalan
  • Public boat 100 ribu rupiah sekali jalan
Nusa Lembongan (thecrazytourist)
Nusa Lembongan (thecrazytourist)

Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil di Bali. Lokasi pulau ini berada di bagian tenggara pulau Bali dan masuk di kawasan wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, Bali.

Di sekitar kawasan Lembongan ini sebenarnya tidak hanya ada pulau Lembongan saja, melainkan ada beberapa pulau lain yang terletak tidak jauh dari Lembongan yaitu Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Antara pulau Bali dengan ketiga pulau tersebut dipisahkan oleh sebuah selat yang bernama Selat Badung.

Nusa Lembongan seringkali menjadi pilihan traveling para wisatawan baik wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara karena berbagai alasan di antaranya karena air lautnya yang sangat jernih, terumbu karangnya yang menggugah gairah untuk snorkeling, pesona biota laut yang indah, tempatnya yang asri serta lokasi pulau yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Semua itu rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Lembongan.

Selain memiliki daya tarik tersebut, Nusa Lembongan juga memiliki daya tarik lainnya yaitu :

1. Berfoto di Yellow Bridge atau jembatan kuning

Yellow Bridge (jonistravelling)
Yellow Bridge (jonistravelling)

Yellow Bridge atau jembatan kuning yang terkenal di Nusa Lembongan merupakan sebuah jembatan yang dibangun pada akhir bulan Oktober 2016. Kini jembatan legendaris yang sudah menjadi icon wisata bagi Nusa lembongan ini dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta.

Sampai saat ini Jembatan Cinta ini selalu menjadi langganan objek foto bagi kebanyakan wisatawan. Bahkan banyak pasangan yang melakukan sesi foto prewedding di Jembatan Cinta yang dikenal bernuansa romantis ini.

Selain menjadi spot foto yang keren ketika berwisata di Nusa Lembongan, Yellow Bridge atau jembatan cinta ini memiliki fungsi lain. Fungsinya adalah sebagai jembatan penghubung antara wisata Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan.

2. Snorkeling

snorkeling (birdmi)
snorkeling (birdmi)

Buat kamu yang hobi snorkeling, Nusa Lembongan akan menjadi tempat terbaik untuk memuaskan hasrat snorkeling kamu. Kamu bisa berpuas diri melakukan aktivitas snorkeling di pulau indah dengan terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya.

Jika kamu sedang beruntung dan berada di spot-spot yang tepat ketika snorkeling di kawasan pulau Lembongan ini, kamu pun bisa melihat ikan mola – mola atau ikan manta yang sedang berenang bahkan bisa berfoto bersama mereka.

3. Berkunjung ke spot wisata andalan Nusa Lembongan

Untuk spot wisata yang kamu bisa akses selama di Nusa Lembongan tentunya banyak banget, di antaranya sebagai berikut :

I. Devil’s Tears

Devil’s Tears (Travel Kompas)
Devil’s Tears (Travel Kompas)

Spot wisata andalan di Nusa Lembongan ini terletak di tepian tebing dengan pemandangan laut lepas yang sangat indah. Tebing yang menjulang kokoh tersebut sesekali akan dihantam ombak besar dan menyebabkan air laut berhamburan ke sana ke mari.

Namun pemandangan yang seperti ini adalah nilai plus dari Devil’s Tears dan seringkali menjadi spot fotografi kebanyakan fotografer profesional. Kamu pun dapat berfoto estetik dengan background tebing yang indah di Devil’s Tears. Akan tetapi pastikan apapun kegiatan kamu di sini, kamu wajib berhati – hati.

Kalau kamu sedang jalan – jalan di kawasan Lembongan dan tertarik mengunjungi spot Devil’s Tears ini, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah sore hari. Pesona Devil’s Tears akan semakin memukau ketika sunset akan tiba. Perpaduan ombak biru dengan tebing menjulang dan suasana orange di langit luas akan membuat kamu terpanah.

II. Dream Beach

Dream Beach (booking.com)
Dream Beach (booking.com)

Dream Beach merupakan bagian dari Lembongan yang memiliki air sangat jernih, pasir putih yang bersih dan terumbu karang yang indah. Di Dream Beach, kamu dapat bersantai sembari menikmati semilir angin yang berhembus atau mengabadikan moment dengan membidik foto atau video.

Pesona Dream Beach memang sangat memukau. Akan tetapi akan jauh lebih memukau ketika mentari hendak tenggelam. Utamanya kalau kamu menikmati pesona sunset di Dream Beach dengan bersantai di infinity pool yang terdapat pada salah satu restoran yang terdapat di atas pantai Dream Beach, suasana yang sangat estetik akan kamu dapatkan.

III. Pantai Jungut Batu

Pantai Jungut Batu (Penidaexpress)
Pantai Jungut Batu (Penidaexpress)

Pantai Jungut Batu merupakan tempat berlabuhnya kapal dan perahu. Saat kamu berada di Pantai Jungut Batu, bagian selatan pantai ini dihiasi dengan banyak kapal dan perahu yang berlabuh. Kamu pun bisa membidik foto instagramable dengan latar belakang kapal dan perahu.

Kemudian di sisi sebelah utara pantai ini, suasana yang terlihat sangatlah sepi. Di sana aktivitas snorkeling dan scuba diving bisa dilakukan. Kalau kamu suka snorkeling atau scuba diving, pastikan kamu bawa peralatan yang lengkap atau kamu bisa menyewa di tempat penyewaan alat snorkeling dan scuba sebelum berangkat menyeberang ke Nusa Lembongan.

Ngomong – ngomong soal wisata kuliner Bali, banyak banget wisata kuliner di Bali yang kamu bisa kunjungi. Rekomendasinya baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

IV. Pantai Mushroom

Pantai Mushroom

Pantai ini sebenarnya tidak asli bernama Mushroom. Akan tetapi nama asli pantai ini adalah Pantai Tanjung Sanghyang akan tetapi lebih dikenal dengan sebutan Mushroom. Pantai Mushroom memiliki ciri khas sebagai pantai rindang dengan banyak pohon hijau yang tumbuh di sekitarnya.

Kalau kamu mencari pantai yang cocok untuk tempat bersantai, maka pantai Mushroom ini bisa menjadi pilihanmu. Selain memiliki pepohonan hijau yang menghias, perairan laut pantai ini juga sangat tenang sehingga kamu tidak akan terganggu dengan suara berisik ombak.

V. Mengeksplorasi hutan mangrove

Pantai Mangrove Nusa Lembongan (kintamani.id)
Pantai Mangrove Nusa Lembongan (kintamani.id)

Di Nusa Lembongan terdapat sebuah pantai Mangrove yang lokasinya memang agak terpencil. Untuk sampai ke sini, kamu perlu menggunakan sepeda motor. Jadi di kawasan Lembongan, ada tempat penyewaan sepeda motor yang bisa kamu manfaatkan untuk di sewa dan membawa kamu ke hutan mangrove yang ada di Pantai Mangrove Lembongan.

Selain dapat menyaksikan pesona hutan mangrove yang indah, kamu juga dapat melakukan tour mangrove di sini. Kamu bisa berkeliling hutan mangrove menggunakan kendaraan yang disediakan dengan tarif 100 ribu rupiah per orang untuk durasi 25 menit. Dari Pantai Mangrove ini juga pesona Gunung Agung Bali yang megah dan gagah dapat kamu saksikan.

Dengan semua daya tarik tersebut, sudahkah kamu tertarik untuk berkeliling di Nusa Lembongan ketika ada kesempatan untuk jalan – jalan di Pulau Bali?

Selain Lembongan, sebenarnya banyak tempat wisata di Bali yang kamu bisa kunjungi. Alternatif tempat wisata di Bali lainnya, baca : 7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 35 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Akses Kendaraan Menuju Nusa Lembongan

Jika tertarik menuju ke Nusa Lembongan, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa kamu manfaatkan untuk sampai di sana. Kalau perjalanan dimulai dari Pantai Sanur, kamu bisa memilih kendaraan berikut ini :

  • Naik The Marlin Cruises dengan jam keberangkatan pukul 10.00, 13.00 dan 16.00 WITA
  • Naik Mushroom Lembongan Paradise dengan jam keberangkatan pukul 09.30, 13.00 dan 16.30 WITA
  • Naik Sea Horse Lembongan dengan jam keberangkatan pukul 08.00 dan 15.00 WITA
  • Naik Blue Beach Boat dengan jam keberangkatan pada pukul 08.30, 12.30 dan 15.30 WITA

Sementara jika perjalanan kamu dari Pelabuhan Serangan menuju ke Nusa Lembongan, kamu dapat menggunakan perahu cepat Marina Srikandi yang berangkat pada pukul 08.30 WITA. Akses kendaraan yang paling banyak digunakan adalah dari pelabuhan Tanjung Benoa ke Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan
Nusa Lembongan

Dari Tanjung Benoa, kamu bisa menggunakan pilihan kendaraan berikut :

  • Bounty Cruises yang berangkat pada pukul 09.00 WITA
  • Island Explorer Cruises yang berangkat pada pukul 10.30 WITA
  • Lembongan Fast Boat yang berangkat pada pukul 10.30 dan 15.30 WITA

Terakhir, perjalanan ke Lembongan juga bisa diakses dari Nusa Penida. Kalau dari Nusa Penida, kamu bisa menggunakan perahu umum yang harga per orangnya lebih murah dari Toyapakeh dan Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida Utara. Perahu ini berangkat mulai dari pukul 06.00 WITA.

Untuk kamu yang sedang berlibur di kawasan Lembongan, sebenarnya kamu bisa camping di pulau ini. Namun pastikan kamu sudah izin kepada petugas dan membawa peralatan camping yang memadai. Baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki! Agar lebih mudah sebenarnya kamu dapat mencari jasa camping di Nusa Lembongan di internet.

Namun kalau kamu merasa enggan untuk camping dan kebetulan mencari tempat penginapan di sekitar Lembongan, terdapat beberapa pilihan tempat menginap yang bisa kamu pilih dengan rentang harga yang bervariasi.

Sebagian besar penginapan di sekitar Lembongan dibanderol dengan harga di bawah 1 juta rupiah saja kok. Pilihan penginapannya sebagai berikut :

1. Sadeg Lembongan

Sadeg Lembongan
Sadeg Lembongan

Alamat : Mushroom Bay, Nusa Lembongan, Jungutbatu, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali
Maps : Klik di sini
Harga per malam : Mulai 900 ribu rupiah

Hotel Sadeg Lembongan merupakan sebuah hotel dengan infinity pool menghadap ke laut yang viewnya super keren dan perfect. Pemandangan dari restoran pun sangat mengesankan. Kamu yang ingin bulan madu di Lembongan, cocok banget kalau memilih Sadeg Lembongan sebagai tempat bermalam kamu dan pasangan.

2. The Cubang Hut’s Lembongan

The Cubang Hut’s Lembongan (booking.com)
The Cubang Hut’s Lembongan (booking.com)

Alamat : Jalan Rimbit Klod, Lembongan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Maps : Klik di sini
Harga per malam : Mulai 400 ribu rupiah per malam

Sama halnya dengan Sadeg Lembongan yang memberikan pemandangan laut yang indah, bermalam di The Cubang Hut’s Lembongan juga akan membuat kamu rileks dengan pesona laut yang mengesankan. Unit di The Cubang Hut’s Lembongan cukup luas dengan fasilitas lengkap. Nilai plusnya lagi, penginapan ini merupakan hotel dengan lokasi yang strategis sehingga dari penginapan kamu bisa pergi ke berbagai spot di Lembongan dengan mudah.

3. The Ocean Sunset Villas Ceningan

The Ocean Sunset Villas Ceningan (Booking.com)
The Ocean Sunset Villas Ceningan (Booking.com)

Alamat : Pulau Ceningan, Lembongan, Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Harga per malam : Mulai 300 ribu rupiah per malam

Untuk kamu yang ingin bermalam di hotel yang memberikan suasana sunset mengagumkan namun membanderol harga per malam murah meriah, maka The Ocean Sunset Villas Ceningan jawabannya.

The Ocean Sunset Villas Ceningan merupakan sebuah hotel yang berdiri dengan bangunan bernuansa tradisional. Kalau kamu ingin merasakan suasana tradisional khas Bali dengan atap kayu yang khas bisa banget bermalam di sini.

Apabila kamu masih kurang sreg dengan hotel-hotel di atas, kamu juga dapat melihat aplikasi jasa penyedia penginapan lainnya, seperti Airbnb. Banyak juga penginapan di Nusa Lembongan yang sudah didaftarkan di aplikasi tersebut.

Selain punya hotel dengan harga murah, Indonesia juga punya hotel dengan harga super mahal. Baca : 12 Hotel Termahal di Indonesia Beserta Tarifnya

Itulah sekilas informasi tentang wisata di Nusa Lembongan yang bisa kamu kunjungi sebagai spot menarik untuk mengisi moment liburan kamu. Happy holiday! Jadikan liburan kamu mengesankan dengan jalan – jalan di Pulau Bali.


Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!