15 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Paling Dicari Saat Berkunjung Ke Sini
oleh - oleh khas Kebumen

15 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Paling Dicari Saat Berkunjung Ke Sini

Sedang jalan – jalan di Kebumen yang punya alam indah, sejuk dan asri? Buat kamu yang punya kesempatan untuk jalan – jalan di Kebumen jangan lupa untuk menyempatkan diri mencari oleh-oleh khas Kebumen yang terkenal banget di sana.

Banyak lho oleh-oleh khas Kebumen yang wajib untuk kamu bawa pulang dan wajib kamu bagikan untuk keluarga tercinta di rumah yang menanti kepulangan kamu. Apa sajakah oleh-oleh khas Kebumen yang wajib banget kamu bawa pulang? Berikut daftarnya!

Daftar Oleh-Oleh Khas Kebumen Paling Dicari

Informasi tentang oleh-oleh khas Kebumen kali ini akan kami bagikan dalam dua kategori oleh-oleh yaitu oleh-oleh berupa makanan dan oleh-oleh yang berupa kerajinan tangan. Untuk oleh-oleh yang berupa makanan, kamu bisa bawa pulang beberapa jenis makanan khas Kebumen berikut ini :

1. Lanting

Lanting (wikipedia)
Lanting (wikipedia)

Oleh-oleh khas Kebumen berupa makanan yang pertama direkomendasikan untuk kamu bawa pulang adalah lanting. Lanting merupakan camilan asli dari kabupaten Kebumen yang terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Makanan ringan yang satu ini memiliki bentuk seperti angka delapan dengan warna putih sebagai ciri khasnya.

Pada awal kemunculannya dulu, makanan tradisional khas Kebumen ini hanya diproduksi dalam dua varian saja yaitu lanting original dan lanting bawang goreng. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya industri kuliner, kini lanting sudah diproduksi dalam berbagai varian rasa.

Ada lanting yang memiliki cita rasa balado, barbeque, sampai dengan varian rasa keju. Harganya pun bervariasi tergantung ukuran dan beratnya. Lanting bisa kamu beli dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah per kantong.

2. Olahan Yutuk

yutuk
Yutuk (bag-in)

Namanya mungkin masih asing di telinga kamu, utamanya kalau kamu memang bukan asli orang Jawa Tengah. Jadi, yutuk sebenarnya merupakan hewan laut yang dapat kamu temukan di wilayah pesisir pantai Kebumen.

Yutuk memiliki bentuk cangkang yang sangat mirip dengan undur – undur (hewan yang terkenal sangat kecil di Jawa). Masyarakat kota kebumen biasanya menjadikan yutuk sebagai rempeyek. Cita rasa yang dihasilkan olahan laut ini cenderung asin dan gurih.

Karena cita rasanya yang asin dan gurih tersebut, kebanyakan orang menjadikan olahan yutuk sebagai pelengkap hidangan yang disantap bersama nasi putih hangat. Kalau kamu kebetulan suka makan nasi pakai yang gurih – gurih, wajib banget nih membeli olahan yutuk kalau ke Kebumen. Pastinya oleh-oleh khas Kebumen yang satu ini wajib juga kamu bawa pulang!

3. Golak

Golak (bosmeal)
Golak (bosmeal)

Oleh-oleh khas Kebumen berupa makanan yang juga wajib diincar kalau jalan – jalan di kota Kebumen adalah golak. Golak ini bukan kolak ya tentunya. Walau namanya hampir sama, namun keduanya adalah produk kuliner Indonesia yang berbeda.

Buah tangan ini tidak berbentuk makanan berkuah, melainkan merupakan makanan padat yang berbentuk bulat seperti cincin. Golak terbuat dari singkong dan biasanya dijual kalau ada pertunjukan tertentu seperti kuda lumping atau reog, jadi menemukan kuliner asli Kebumen ini cukup sulit.

Camilan yang satu ini sangat nikmat kalau dikonsumsi dalam keadaan hangat. Harganya pun sangat terjangkau. Satu bungkus golak dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja.

4. Kue Satru

Kue Satru (wikipedia)
Kue Satru (wikipedia)

Satru dalam bahasa Jawa artinya bertengkar. Eits, tapi jangan berburuk sangka dulu dengan kue ini. Walau namanya satru, kamu nggak bakal bertengkar kok kalau makan kue ini. Kue ini sangat nikmat dengan cita rasa legit manis yang menggoda.

Oleh-oleh khas Kebumen ini dibuat dari bahan dasar kacang hijau dan gula pasir yang ditumbuk sampai benar – benar halus. Setelah kedua bahan tersebut halus, kemudian dibentuk menjadi bentuk bulat ataupun persegi.

Kue satru sekarang ini hadir dijual dalam kemasan toples. Biasanya satu toples kue satru dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20.000,00 sampai dengan Rp 25.000,00. Selain sering menjadi pilihan oleh-oleh khas Kebumen untuk orang – orang yang berwisata di Kebumen, kue ini juga sering dijadikan sebagai suguhan di waktu lebaran.

5. Jipang Kacang

Oleh-oleh Khas Kebumen - Jipang Kacang (tokopedia)
Jipang Kacang (tokopedia)

Jipang kacang merupakan oleh-oleh khas Kebumen yang dibuat dari campuran beberapa bahan, di antaranya kacang, gula jawa dan minyak sayur. Ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu dan dijadikan olahan jipang. Cita rasa unik yang sangat khas bisa kamu temukan dari oleh-oleh khas Kebumen yang sangat fenomenal ini.

Sampai detik ini pecinta jipang kacang datang dari berbagai kalangan lho! Tidak hanya orang dewasa, anak – anak juga sangat suka makanan tradisional Kebumen ini karena cita rasa manis legitnya yang menggoda. Ketika digigit, jipang kacang akan terasa lengket di gigi. Namun tak masalah, justru sensasi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri ketika mengonsumsi jipang kacang.

Harganya pun sangat bervariasi. Biasanya jipang kacang dijual dengan berbagai ukuran. Ada yang dibungkus dalam ukuran kecil dan ukuran besar. Untuk ukuran kecil, satu bungkusnya dibanderol sekitar Rp 5.000,00 sampai dengan Rp 8.000,00. Sementara untuk ukuran besar dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15.000,00 per bungkus.

6. Jenang Sabun

Oleh-oleh Khas Kebumen - Jenang Sabun (kurio)
Jenang Sabun (kurio)

Ada yang tahu oleh-oleh khas Kebumen yang satu ini?

Eits, buat yang belum tahu jangan salah persepsi ya! Jenang sabun ini pastinya bukan sabun yang dibuat adonan jenang. Jadi soal keamanannya nggak perlu diragukan lagi, aman kok untuk dimakan!

Jadi, buat kamu yang masih sangat awam dengan kuliner yang satu ini, jenang sabun adalah oleh-oleh khas Kebumen yang terbuat dari sadapan bunga kelapa yang belum mekar. Cita rasa gurih, legit dan kenyal ketika digigit akan kamu dapatkan.

Kudapan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang karena jenang sabun merupakan oleh-oleh khas Kebumen yang sangat tahan lama. Satu paket jenang sabun biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000,00.

7. Emping Mendem

Oleh-oleh Khas Kebumen - Emping Mendem (pesonanusantara)
Emping Mendem (pesonanusantara)

Emping mendem sebenarnya hampir sama dengan emping – emping pada umumnya. Namun untuk bentuknya, dibandingkan dengan emping pada umumnya, emping ini dicetak dalam ukuran kecil dan teksturnya sangat padat.

Emping ini biasanya dijual 1 kg per bungkus yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20.000,00. Oleh-oleh khas Kebumen ini sangat mudah ditemukan kalau kamu sedang berwisata ke berbagai tempat wisata di Kebumen karena banyak toko oleh-oleh khas Kebumen yang menjualnya.

Oh ya, emping mendem kini tidak hanya hadir dalam varian original saja melainkan juga memiliki berbagai varian rasa lain yang bisa dipilih, di antaranya yaitu emping mendem rasa pedas, manis, asin, balado, sampai dengan rasa keju.

Emping mendem merupakan camilan khas kota Kebumen yang tahan lama sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Sale Pisang

Oleh-oleh Khas Kebumen - Sale Pisang (omiyago)
Sale Pisang (omiyago)

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini terbuat dari buah pisang. Buah pisang yang akan dijadikan sale kemudian diiris tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Kalau buah pisang sudah kering, kemudian buah pisang kering tersebut akan diolah dengan tepung dan gula.

Sale pisang khas Kebumen biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000,00 per bungkusnya. Oleh-oleh yang satu ini termasuk oleh-oleh khas Kebumen yang tahan lama. Sale pisang dapat bertahan sampai dengan 3 minggu bahkan 1 bulan kalau di simpan dalam wadah kedap udara.

9. Gula Merah

Oleh-oleh Khas Kebumen - Gula Merah (makanabis)
Gula Merah (makanabis)

Karena Kebumen merupakan daerah yang berada di wilayah dekat Pesisir pulau Jawa, oleh karena itu menemukan tanaman kelapa sangatlah mudah. Nah, tanaman kelapa tersebut oleh masyarakat setempat diolah menjadi gula merah.

Sampai saat ini masih banyak warga Kebumen yang berprofesi sebagai pengambil air nira dari pohon kelapa untuk dibuat menjadi gula merah. Nira diambil dari bunga pohon kelapa yang belum mekar. Untuk mengambil air nira ini, warga harus memanjat pohon kelapa setinggi 5 meter sambil membawa wadah nira yang terbuat dari batang bambu.

Proses pembuatan gula merah memang sangat lama dan butuh perjuangan berat. Hanya saja, harga gula merah tidak begitu menjanjikan. Dengan proses pembuatan yang sangat sulit dan penuh perjuangan tersebut, satu kg gula merah hanya dihargai sebesar Rp 25.000,00 saja.

10. Sagon Kelapa

Oleh-oleh Khas Kebumen - Sagon Kelapa (makanabis)
Sagon Kelapa (makanabis)

Kue sagon kelapa ini nggak kalah populer dengan kue – kue khas Kebumen lain yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Cita rasa adonan kelapa yang unik akan kamu rasakan. Sagon kelapa biasanya ditemui dengan mudah ketika lebaran.

Namun kalau kebetulan kamu jalan – jalan ke Kebumen meskipun nggak lebaran, kamu bisa menikmati kue legit dari kelapa ini. Satu kotak kue sagon kelapa biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30.000,00 saja. Murah dong pastinya! Kalau kamu pecinta kue – kue tradisional wajib coba kue yang satu ini pastinya kalau ke Kebumen!

Bagaimana? Ada salah satu makanan khas Kebumen di atas yang kamu suka? Atau membayangkan makan oleh-oleh khas Kebumen di atas malah membuat kamu ingin jalan – jalan di Jawa Tengah sesegera mungkin?

Banyak lho alternatif tujuan wisata di Jawa Tengah yang kamu bisa sambangi, baca : 15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 17 Wisata Jogja Terpopuler dengan Wisata Alam Eksotis

Nah, kalau kamu kebetulan berasal dari luar kota atau luar provinsi nih, agar bisa terbang ke Jawa Tengah mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, baca dulu tipsnya ya! Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Selain naik pesawat, kamu juga bisa naik kereta api. Untuk pengecekan jadwalnya baca : Jadwal Kereta Bisa Kamu Cek dengan Cara Mudah Ini!

Oke, balik lagi ke topik pembahasannya tentang oleh-oleh khas Kebumen. Kebumen selain punya oleh-oleh makanan khas, juga punya oleh-oleh berupa kerajinan yang tentunya tahan lama dan awet banget. Beberapa oleh-oleh kerajinan khas Kebumen yang bisa kamu bawa pulang di antaranya :

11. Kerajinan Batok Kelapa

Oleh-oleh Khas Kebumen - Kerajinan Batok Kelapa (tasidola)
Kerajinan Batok Kelapa (tasidola)

Sesuai dengan namanya, kerajinan tangan yang satu ini dibuat dari batok kelapa yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Batok kelapa dikikir, kemudian dikeringkan dan dicat. Batok kelapa biasanya disulap menjadi asbak (tempat rokok), cangkir, mangkuk, dan berbagai kerajinan lainnya.

12. Jenitri

Oleh-oleh Khas Kebumen - Jenitri (lazada)
Jenitri (lazada)

Jenitri merupakan sebuah oleh-oleh khas Kebumen, yaitu kerajinan tangan yang dibuat dari bahan biji jenitri. Biasanya biji jenitri disulap menjadi tasbih untuk keperluan ibadah, kalung, gelang, atau berbagai kreasi kerajinan tangan lainnya.

Banyak wisatawan dari luar daerah atau luar negeri yang menjadikan jenitri sebagai oleh-oleh kalau berwisata di Kebumen. Harga kerajinan tangan dari jenitri juga sangat murah meriah. Kamu bisa membeli satu buah tasbih jenitri dengan harga mulai dari Rp 10.000,00 saja.

Kalau kamu butuh oleh-oleh khas Kebumen berupa kerajinan tangan dan mencari yang harganya murah, oleh-oleh jenitri ini wajib menjadi pilihanmu.

13. Guci dan Gerabah

Oleh-oleh Khas Kebumen - Guci dan Gerabah (rumahumkm)
Guci dan Gerabah (rumahumkm)

Gerabah atau guci merupakan salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang dibuat dengan mengandalkan berbagai macam desain unik dan bermotif. Untuk membuat guci dan gerabah, proses pembuatannya memang cukup panjang.

Pertama – tama, tanah liat yang akan dicetak menjadi guci dan gerabah dibentuk terlebih dahulu. Setelah dibentuk, tanah liat yang sudah dicetak menjadi guci dan gerabah akan dikeringkan. Setelah gerabah mengering, pengrajin akan memberikan berbagai macam motif ke permukaan gerabah dan guci secara manual dan di warnai sesuai kreativitas pengrajin.

Harga gerabah dan guci berbeda – beda. Gerabah dan guci ini dijual sesuai dengan model dan ukurannya. Semakin besar ukurannya tentu harga yang dibanderol pun semakin mahal. Untuk guci dan gerabah dalam ukuran paling kecil, harganya dibanderol sebesar Rp 100.000 ribu rupiah. Sementara harga termahal ada yang sampai 1 juta rupiah.

14. Kerajinan Anyaman Bambu

Oleh-oleh Khas Kebumen - Kerajinan Anyaman Bambu (javatravel)
Kerajinan Anyaman Bambu (javatravel)

Bambu yang dianyam, oleh warga Kebumen disulap menjadi aneka ragam produk kerajinan tangan seperti tas, keranjang, tikar, topi, dan masih banyak lagi. Di Kebumen, ada banyak toko kerajinan anyaman bambu yang kamu bisa temukan dan menjual kerajinan ini dengan harga mulai dari Rp 50.000,00 saja.

15. Batik Khas Kebumen

Oleh-oleh Khas Kebumen - Batik Kebumen (batikwaletsekarjagad)
Batik Kebumen (batikwaletsekarjagad)

Walau batik identik dengan Jogja, namun warga Kebumen juga punya banyak pengrajin batik. Batik Kebumen memiliki motif yang sangat unik. Corak dan motif batik Kebumen umumnya memiliki suatu falsafah tersendiri. Kain batik khas Kebumen sendiri bisa dibeli mulai harga Rp 100.000,00.

Oh ya, selain Kebumen, kota – kota lain di Indonesia wajib kamu eksplorasi juga. Salah satunya Tangerang. Tak banyak orang yang tahu kalau di Tangerang potensi wisatanya juga bagus. Baca : 15 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Itulah beberapa oleh-oleh khas Kebumen yang wajib banget kamu bawa pulang setelah jalan – jalan di Kebumen. Beli untuk keluarga tercinta di rumah ya! Jangan sampai lupa!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!