17 Wisata Jogja Terpopuler dengan Wisata Alam Eksotis
Bukit Panguk Kediwung

17 Wisata Jogja Terpopuler dengan Wisata Alam Eksotis

Selain Bali, Indonesia memiliki kota wisata lain yang juga populer dan harus dikunjungi walau sekali seumur hidup. Kota wisata yang dimaksud yaitu Jogja. Ada berbagai hal unik, menarik dan pastinya tak dapat terlupakan jika kamu berwisata di kota wisata Jogja.

Wisata Jogja berupa wisata alam yang sangat indah ini bisa menjadi wisata hitsnya bisa yang mudah kamu temukan di Jogjakarta. Tentunya berkunjung ke tempat wisata Jogja ini akan membuat kamu mendapatkan pengalaman yang sangat kaya.

Jadi khususnya buat kamu pecinta liburan, pastikan kamu siapkan budget untuk berkunjung ke tempat wisata Jogjakarta sedari sekarang. Berikut daftar wisata Jogja terpopuler dan wisata alam Jogja yang wajib jadi tujuan wisata kamu disana. Jangan lupa berlibur!

Daftar Wisata Jogja Terindah dan Terpopuler

Pecinta wisata alam harus tahu nih! Wisata Jogja tak kalah dengan Bali. Jogja juga punya surga wisata alam tersendiri. Beberapa wisata alam Jogja yang menghadirkan panorama terbaik dan wajib banget menjadi spot perburuan fotografi kamu diantaranya :

1. Tebing Breksi

Wisata alam Tebing Breksi
Wisata alam Tebing Breksi

Alamat : Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.
Map : Klik disini
Jam buka : –
Harga tiket masuk : Rp 5000,00 per orang

Jika kamu datang berwisata ke situs bersejarah Candi Ijo, kamu wajib banget nih datang ke wisata Tebing Breksi. Wisata alam yang satu ini masih berada di kawasan wisata Candi Ijo. Jadi kamu bisa berwisata sejarah sekaligus mampir untuk berwisata alam di Tebing Breksi.

Lokasi wisata Tebing Breksi ini terletak di Dusun Groyokan, Prambanan. Jika kamu berniat untuk berwisata disini, kamu bisa lewat arah Piyungan yang lokasinya berada di selatan wilayah Candi Prambanan.

Pesona pemandangan yang indah dengan berbagai spot foto menarik akan kamu temukan. Utamanya kalau kamu sampai di Tebing Breksi ketika matahari akan tenggelam, kamu akan dapatkan pengalaman wisata yang sangat sempurna.

Baca juga : 12 Tips berburu tiket pesawat murah untuk liburan

2. Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Wisata alam Bukit Panguk Kediwung
Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Alamat : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 2.000,00 per orang

Pernahkah kamu mendengar wisata negeri diatas awan yang ada di Jogja?

Ya, kamu bisa menemukan sebuah tempat wisata menarik yang ada di Jogja dengan pesona negeri diatas awan yang tak ada duanya. Tempat wisata tersebut adalah Bukit Panguk Kediwung. Untuk bisa ke tempat wisata tersebut, kamu bisa langsung datang ke Dusun Kediwung.

Di tempat tersebut, akan kamu temukan kabut yang luar biasa pekat. Uniknya, jika kamu berdiri di salah satu gardu pandang yang menjorok dengan tebing, kamu akan terlihat benar – benar seperti sedang berdiri diatas awan.

Terlebih jika kamu menikmati pemandangan di Bukit Panguk bersamaan dengan waktu matahari tenggelam, keindahan alam yang tak ada duanya akan benar – benar ada di pandangan mata kamu. Kamu bisa memotret semua keindahan yang ada. Berfoto ala foto siluet juga bisa kamu coba.

3. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon
Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Alamat : Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Setiap hari 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00 – Rp 5.000,00 per orang

Jika kamu saat ini sedang mencari tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan tumbuhan hijau menyegarkan dan cocok untuk menjadi tempat bersantai, maka kamu bisa datang berkunjung ke tempat wisata Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon ini.

Tempat ini sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1989 akan tetapi baru terkenal belakangan ini berkat kekuatan media sosial. Pohon – pohonnya disusun rapi berjajar dan berhiaskan jembatan bambu yang berfungsi sebagai alas untuk berjalan di hutan ini. Kesan yang sangat alami dan unik bisa dipastikan akan kamu rasakan ketika berwisata kemari.

Di wisata mangrove ini selain kamu bisa berfoto dan menikmati alam hijau yang indah, kamu pun bisa berolahraga berkat terdapatnya jogging track yang disediakan. Menarik dan menyenangkan pastinya olahraga sambil cuci mata disini.

Baca juga : 10 Tempat Kuliner di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi!

4. Hutan Pinus Mangunan

Wisata alam Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Alamat : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Setiap hari pukul 06.00 – 17.30 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Tempat wisata alam Bantul ini merupakan salah satu wisata Jogja terbaik yang cocok jadi tujuan wisata dan foto prewedding. Namun kalau kamu berniat foto prewedding disini, kamu harus siapkan budget khusus sebesar Rp 50.000,00.

Wisata Jogja yang terletak di kecamatan Dlingo ini cocok banget menjadi spot foto kamu baik kamu yang tertarik untuk berfoto selfie, wefie atau bahkan foto prewedding. Karena itu tempat ini selalu jadi langganan orang – orang untuk mengabadikan berbagai moment.

Di Hutan Pinus Mangunan, kamu akan menyaksikan ada banyak pohon pinus berjajar dan tersusun rapi dengan berhiaskan bangku – bangku kayu alami yang mengesankan. Dijamin kamu akan berasa seperti berada di serial drama Korea kalau berfoto dan berwisata disini.

Jika kamu tertarik, segeralah kunjungi wisata alam ini. Rutenya bisa kamu ambil Jalan Imogiri Timur. Kemudian kalau sudah kamu temukan Makam Raja di Imogiri, langsung saja kamu ambil arah pertigaan menuju ke Hutan Mangunan.

5. Wisata alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru
Kalibiru

Alamat : Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo
Map : Klik disini
Jam buka : Setiap hari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang

Jika kamu mencari wisata Jogja murah, datang langsung saja ke wisata Jogja yang satu ini. Dengan budget 10 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati eksotisme alam Jogja dari atas ketinggian.

Wisata alam yang satu ini unik karena terdapat banyak spot foto yang tersedia. Kamu juga bisa menikmati alam yang indah dari atas pohon pinus tinggi yang telah diberi papan. Selain bisa bersantai kamu pun bisa berfoto diatas sana.

Dari atas menara pandang tersebut, kamu dapat menikmati indahnya Pegunungan Menoreh atau beningnya Waduk Sermo. Belum lagi pesona alam ketika sunset hadir akan kamu bisa temukan.

Untuk spot foto panggung dan foto bundar di Kalibiru, jika kamu ingin mengabadikan moment disana dikenakan biaya tambahan masing – masing sebesar Rp 15.000,00. Sementara untuk high rope game dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 35.000,00.

6. Wisata alam Bukit Nglanggeran

Wisata Bukit Nglanggeran
Bukit Nglanggeran

Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Buka selama 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang

Indahnya bukit dengan pesona danau yang indah bisa kamu saksikan di Bukit Nglanggeran ini. Di Bukit Nglanggeran ini kamu akan temukan pesona pemandangan alam yang luar biasa indah. Kamu bisa menikmati beberapa hal ini disana, diantaranya :

  • Danau romantis yang semakin malam pesona romantismenya semakin mengesankan. Danau tersebut adalah sebuah danau buatan diatas bukit yang konon dibuat untuk menampung jika ada air hujan.
  • Selain bisa menikmati pesona danau yang indah, kamu juga akan disuguhi dengan pesona Gunung Api Purba Nglanggeran yang memanjakan mata
  • Menikmati Gunung Bongos dan Gunung Kelir dari kejauhan
  • Citylight yang sangat menawan di malam hari.

Namun untuk bisa menikmati semua pemandangan alam yang indah di Bukit Nglanggeran, kamu harus berjuang dulu. Kamu harus naik tangga cukup banyak baru bisa sampai di Bukit Nglanggeran dan nikmati semua eksotisme yang ditawarkan.

7. Pantai Wohkudu

Wisata alam Pantai Wohkudu
Pantai Wohkudu

Alamat : Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Buat pecinta wisata pantai, Jogja tidak hanya punya Pantai Parangtritis saja lho. Masih banyak wisata Jogja berupa wisata alam lain yang kamu bisa temukan. Salah satunya wisata Pantai Wohkudu ini.

Jika kamu menginginkan wisata pantai yang memberikan keindahan alam yang sangat terjaga maka kamu bisa berwisata kemari. Pasir putih yang masih sangat bersih tanpa banyak sampah yang mengganggu, air laut yang jernih, dan alam yang indah menjadi pemandangan eksotis yang kamu harus nikmati.

Untuk menempuh perjalanan ke Pantai Wohkudu ini, kamu perlu menggunakan perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Jogja. Pantai ini pun berdekatan dengan Pantai Kesirat sehingga kamu bisa berkeliling sejumlah pantai di area ini.

Kamu yang hobi mancing, terdapat spot memancing disini. Kamu bisa melakukan aktivitas memancing. Kamu yang ingin camping pun untuk menikmati eksotisme sunrise esok harinya bisa banget camping di area yang disediakan pada wisata Jogja yang satu ini.

Baca juga : 10 Oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal

8. Pantai Sinden dan Jembatan Pulau Kalong

Wisata alam Pantai Sinden dan Jembatan Pulau Kalong
Pantai Sinden dan Jembatan Pulau Kalong

Alamat : Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map :

Jam buka :

  • Pantai Sinden : Buka pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • Jembatan Pulau Kalong : Tutup pukul 17.00 WIB

Harga tiket masuk :

  • Pantai Sinden : Rp 6.000,00
  • Jembatan Pulau Kalong : Rp 25.000,00

Bagi kamu traveler yang punya nyali besar datang berwisata di Jembatan Pulau Kalong dan Pantai Sinden wajib hukumnya. Selain landscape pantai yang sangat indah, Pantai Sinden juga memiliki spot wisata berupa Jembatan Pulau Kalong yang eksotis. Pantai Sinden patut masuk kedalam 10 Daftar pantai Gunung Kidul terindah yang wajib dikunjungi

Jika kamu sebelumnya pernah datang ke Pantai Timang dengan jembatan diatas lautnya, kamu juga bisa merasakan sensasi semacam itu di Jembatan Pulau Kalong. Dibelakangnya, eksotisme Pulau Kalong yang menawan akan menjadi background fotografi terbaik kamu ketika berwisata di tempat wisata Jogja ini.

9. Pantai Nguluran

Wisata Pantai Nguluran
Pantai Nguluran

Alamat : Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 18.00 WIB
Harga tiket masuk : –

Jika wisata pantai diatas masih dirasa kurang memenuhi hasrat liburan kamu di Jogja, wisata Jogja lain yaitu wisata Pantai Nguluran ini bisa kamu datangi. Selain landscape birunya laut yang indah sejauh mata memandang, kamu juga bisa temukan teras kaca yang indah dan eksotis disini.

Kamu bisa berfoto di teras kaca tersebut dengan background laut biru yang sangat indah. Selain terdapat teras kaca, kamu juga bisa berfoto di glass boat serta beberapa icon wisata yang lain. Berbagai spot yang ada di Pantai Nguluran memang sangat indah dan instagramable. Karena itu banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati semua hal yang keren tersebut.

Pantai ini juga menjadi langganan banyak orang untuk melakukan aktivitas foto prewedding. Jadi kalau kamu berwisata kemari dan menemukan orang – orang prewedding, hal itu sudah menjadi pemandangan umum disini.

Baca juga : 8 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Yogja untuk anak muda

10. Curug Luweng Sampang

Wisata Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Alamat : Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Luweng dalam bahasa Jawa artinya lubang. Ya, kamu memang akan menikmati eksotisme aliran air terjun yang diapit oleh batuan cadas indah berbentuk seperti lubang menganga yang artistic. Batuan tersebut memberikan tekstur bergaris – garis karena tergerus erosi air sungai.

Airnya jatuh ke sungai yang tidak seberapa dalam sehingga akan sangat nyaman jika dibuat berenang atau pun bermain air. Ketika musim hujan tiba, air sungainya melimpah. Namun ketika musim kemarau tiba, debit airnya menjadi sangat minim.

Kamu akan merasakan gemericik air yang sangat meneduhkan dengan udara sejuk yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke wisata curug Jogja ini. Dijamin berbagai koleksi foto menarik akan kamu temukan di tempat ini.

11. Wisata alam Grojongan Lepo Dlingo

Wisata alam Grojongan Lepo Dlingo
Grojongan Lepo Dlingo

Alamat : Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : Pukul 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Hanya dikenakan biaya parkir

Grojongan Lepo Dlingo merupakan sebuah air terjun yang sangat ciamik. Air terjun yang satu ini memberikan pesona alam yang sangat indah dan mengesankan. Kamu akan merasakan seperti apa sensasi alam yang mendamaikan dan sempurna disini.

Terdapat sebanyak empat tingkatan air terjun di air terjun ini. Kamu bisa berendam di bawah terjunan air. Hari libur kamu pasti akan sangat sempurna disini. Setelah asyik berendam dan kamu merasa lapar, kamu bisa membeli berbagai macam makanan dan minuman di warung – warung yang berada dekat lokasinya dengan wisata Jogja ini.

12. Kali Oyo

Wisata alam Kali Oyo
Kali Oyo

Alamat : Desa Gunungan, Kecamatan Mayaran, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah
Map : Klik disini
Jam buka : –
Harga tiket masuk : Rp 45.000,00 termasuk biaya rafting

Wisata Kali Oyo juga dikenal dengan sebutan Sungai Oya. Selain pemandangan alam yang kamu bisa temukan, di Kali Oyo ini kamu juga bisa melakukan aktivitas rafting yang sangat seru. Kamu bisa mengelilingi Sungai Oya yang panjang dengan sensasi rafting yang pastinya akan memacu adrenalin kamu.

Ketika rafting menyusuri sungai ini, kamu pun akan mendapatkan kejutan adanya air terjun dengan ketinggian mencapai 2 sampai dengan 4 meter. Air terjun tersebut merupakan terjunan air yang berasal dari Goa Pindul yang lokasinya tidak jauh dari Kali Oyo.

Kamu yang datang ke Goa Pindul pun bisa beli tiket terusan untuk menikmati rafting di Sungai Oya atau Kali Oyo juga.

Daftar Wisata Jogja yang Hits

Selain berbagai wisata alam menarik yang bisa dikunjungi di Jogja, wisata hits di Jogja yang sangat digandrungi anak muda juga banyak banget. Apa saja pilihannya?

13. Upside Down World

Upside Down World
Upside Down World

Alamat : Jl. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Anak – anak Rp 25.000,00, pelajar Rp 40.000,00, orang dewasa Rp 80.000,00

Upside Down World selain memiliki berbagai macam spot wisata yang unik dan antimainstream, kamu juga bisa menikmati fasilitas pengarah dan penata gaya serta fotografer yang bisa memberikan hasil foto ciamik buat kamu. Kamu bisa menyewa jasa mereka dan temukan hasil foto terbaik ketika kamu berwisata di Upside Down World.

14. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum

Alamat : XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 10.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 120.000,00 pada hari senin sampai jumat dan Rp 140.000,00 pada hari sabtu dan minggu

De Mata Trick Eye Museum merupakan suatu museum ilusi yang menjadi museum ilusi pertama dan satu – satunya yang ada di Jogja. Kehadiran De Mata Trick Eye Museum tentu menjadi sesuatu yang unik, baru dan sangat spektakuler.

De Mata Trick Eye Museum menghadirkan aneka ragam gambar dengan tema alam, tokoh binatang, olahraga, roman, super hero, sirkus, ornamen, dan banyak objek wisata Jogja juga ditampilkan. Kamu bisa berfoto dengan aneka ragam landmark yang terpajang disini tanpa terkecuali.

De Mata Trick Eye Museum menempati area basement XT Square. Penempatan gambar tiga dimensi pun dikonsep dengan model labirin yang menjadikan pengunjung tidak akan mudah jenuh ketika berlibur dan berputar – putar di De Mata Trick Eye Museum.

Baca juga : 25 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

15. Romantic Garden

Romantic Garden
Romantic Garden

Alamat : Jl. Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 8.000,00 per orang

Di wisata Jogja yang luasnya kurang lebih sekitar 1 hektar ini kamu dapat menikmati setidaknya 17 warna bunga yang berbeda – beda. Pesona yang indah semakin terekam jelas ketika kamu mengabadikan setiap moment dengan jepretan kamera. Hasilnya super ciamik dan instagramable.

Ada banyak spot yang kamu bisa buru ketika berada di Taman Bunga Matahari. Kamu bisa berfoto di spot ayunan, lorong, kursi ruang tamu, sangkar burung dan pastinya di hamparan bunga yang sangat indah dan aneka warna.

16. Puri Mataram

Puri Mataram
Puri Mataram

Alamat : Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang

Puri Mataram ini merupakan sebuah wisata outdoor yang memiliki berbagai macam spot wisata menarik dan unik. Selain terdapat spot foto yang menarik perhatian, objek wisata ini juga menjadi salah satu wisata hits di Jogja yang hadir dengan nuansa khas budaya kerajaan Mataram.

Disana kamu bisa menikmati nuansa tradisional yang sangat kental. Wisata ini sangat sarat dengan nilai budaya dan historinya. Selain terdapatnya banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan, di Puri Mataram kamu bisa merasakan bagaimana bertransaksi dengan uang pandel.

Apa itu uang pandel? Uang pandel merupakan suatu alat transaksi khusus yang terbuat dari bahan kayu. Kamu bisa mendapatkannya dengan menukar uang tunai dengan uang pandel sesuai jumlah nominalnya.

17. Taman Sari

Taman Sari
Taman Sari

Alamat : Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000,00 untuk wisatawan mancanegara

Jika kamu ingin berfoto dengan background kerajaan dan memberikan kesan sejarah yang padat, maka kamu bisa datang ke wisata Taman Sari. Bangunan tempo dulu yang sangat khas akan menjadi background foto kamu. Detail tempat wisata Taman Sari ini dapat kamu baca di Wisata Jogja – Istana Air Taman Sari

Jika berbagai rekomendasi wisata Jogja diatas masih belum cukup memuaskan hasrat liburan kamu, baca : 19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di 2020

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!

Follow Instagram