Jadwal Kereta Bisa Kamu Cek Dengan Cara Mudah Ini!
Cara Cek Jadwal Kereta dan Tips Memesan Tiket Kereta Api Online Offline

Jadwal Kereta Bisa Kamu Cek Dengan Cara Mudah Ini!

Buat kamu yang akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan transportasi kereta api dan kebetulan ini adalah perjalanan pertama kamu dengan kereta api, tentu kamu ingin tahu Jadwal Kereta dan seperti apa cara pengecekan jadwal kereta api yang akan menjadi alat transportasi kamu.

Cara mengecek jadwal kereta api sangat mudah. Pengecekan jadwal kereta api ini diperlukan untuk dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk mencari tahu jam keberangkatan kereta yang tersedia sehingga kamu bisa menentukan jadwal kereta mana yang akan menjadi jadwal keberangkatan yang kamu pilih.

Jadwal Kereta

Tujuan Jadwal Kereta yang kedua adalah untuk memastikan kamu tidak tertinggal dengan kereta pilihan kamu yang sudah kamu booking sebelumnya. Informasi selengkapnya tentang pengecekan jadwal kereta dan tips pemesanannya akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Lets check these out!

Cara Cek Jadwal Kereta Api

Jadwal Kereta penting buat kamu yang akan bepergian dengan menggunakan alat transportasi kereta api dan ingin tahu jadwal keberangkatan kamu, kamu bisa cek jadwal kereta api dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Cara Cek Jadwal Kereta Api
  • Pertama – tama kamu langsung buka website kai.id atau download aplikasi KAI Access. Kamu bisa memilih salah satu dari dua alternatif tersebut. Kamu bisa memanfaatkan website atau download aplikasinya. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Setelah website terbuka atau aplikasi sudah didownload, kamu akan temukan interface yang sederhana dengan berbagai pilihan.
Jadwal Kereta
  • Di bagian atas (jika tampilan HP) atau bagian kiri (untuk tampilan laptop) kamu akan temukan sebuah form yang kamu bisa isi untuk keperluan cek jadwal kereta online.
Jadwal Kereta
  • Isi form “stasiun asal”. Stasiun asal merupakan nama stasiun keberangkatan kamu
  • Isi form “stasiun tujuan”. Stasiun tujuan merupakan nama stasiun yang kamu akan tuju
  • Isi form “tanggal berangkat”
  • Isi form jenis penumpang apakah dewasa atau anak – anak.
  • Klik pesan dan cari kereta sesuai informasi yang kamu ajukan didalam form

Jika kamu memang sudah memesan dan mencari kereta sementara pengecekannya hanya untuk mengetahui kereta yang kamu pesan, pilih dan klik “cek kode booking”. Masukkan kode booking yang kamu sudah dapatkan untuk mengetahui dimana lokasi atau posisi duduk kamu didalam kereta sehingga kamu tidak bingung ketika kereta berangkat.

Lalu mau kemana perjalanan wistaa kamu naik kereta kali ini? Jalan – jalan di Bandung? Banyak banget lho tempat wisata di Bandung yang kamu bisa datangi. Baca : 15 Tempat Wisata Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tips Memesan Tiket Kereta Api Offline dan Online

Ada dua cara pemesanan tiket kereta api yang kamu bisa terapkan yaitu pemesanan secara offline dan secara online. Untuk pemesanan secara offline, adalah pemesanan tiket kereta api yang selama ini sudah banyak dilakukan.

Kamu bisa langsung datang ke loket pembelian tiket dan secara langsung menanyakan tiket kereta api apa saja yang tersedia dan bisa kamu booking. Detail tentang cara pesan tiket kereta api offline langkah – langkahnya sebagai berikut :

Datangi stasiun yang paling dekat

Jadwal Kereta

Untuk pembelian atau pemesanan tiket kereta api secara offline, kamu harus datangi langsung stasiun terdekat di kota kamu. Pastikan stasiun terdekat tersebut memang melayani penjualan tiket kereta api.

Kamu bisa memesan tiket kereta api yang kamu butuhkan disana. Di stasiun tersebut, selain kamu bisa memesan tiket kamu juga bisa cek jadwal kereta api yang sedang beroperasi.

Datangi petugas loketnya

Untuk pembelian tiket secara offline, setelah kamu tiba di stasiun kamu bisa langsung menuju ke loket penjualan tiket kereta api. Kamu bisa ke loket dan meminta tolong untuk dilayani atas pembelian tiket kereta.

Sebutkan kepada petugas tentang stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang yang akan berangkat.

Petugas akan memproses pesanan sesuai data – data dan informasi yang kamu sebutkan tersebut.

Petugas akan memberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan

petugas cek Jadwal Kereta

Selanjutnya, petugas akan menyampaikan daftar harga dan jadwal keberangkatan kamu. Kamu akan mendapatkan informasi tentang tiket kereta api ekonomi dan tiket kereta api bisnis. Kamu bisa memilih mana yang harganya sesuai dengan budget kamu.

Kalau kamu ingin tiket yang murah, kamu bisa pilih tiket ekonomi. Namun jika kamu butuh kenyamanan selama di perjalanan, kamu bisa memilih tiket bisnis.

Pilih tiket sesuai jadwal yang kamu inginkan

Kamu tinggal pilih saja kereta api yang sesuai kebutuhan kamu. Pilih juga jadwal sesuai yang kamu inginkan. Upayakan agar kamu menyiapkan semuanya sebelum kamu menuju loket pembelian tiket supaya kamu tidak berlama – lama memilih jadwal.

Lakukan pembayaran atas tiket yang kamu beli

Jadwal Kereta

Kalau kamu sudah memilih jadwal dan jenis tiket yang kamu pilih, kamu juga sudah diberikan informasi tentang harganya dan deal, maka langkah terakhir adalah membayar. Kamu harus membayar sejumlah harga tiket yang disebutkan oleh petugas.

Upayakan agar kamu membayar dengan uang pas agar tidak berlama – lama menunggu uang kembalian. Nantinya kamu juga akan mendapatkan bukti pembayaran dan kode booking dari petugas.

Terakhir, sama seperti ketika kamu membeli tiket secara online maka kamu akan segera mendapatkan kode booking yang nantinya akan segera dicetak di hari keberangkatan. Kamu bisa cek kode booking tersebut untuk mengecek tempat kamu duduk didalam kereta api nantinya.

BACA JUGA: 20 Hidangan Khas Wisata Kuliner Indonesia yang Bikin Kangen

Selain kamu dapat melakukan pemesanan tiket secara offline langsung, kamu juga bisa pesan tiket jauh – jauh hari secara online. Caranya seperti apa?

Mudah banget kok cara pesan tiket online. Ada beberapa tahapan yang kamu bisa lakukan untuk memesan tiket kereta api secara online. Langkah – langkah pemesanan tiket kereta api online sebagai berikut :

Transaksi pembelian melalui aplikasi KAI Access

Bagi masing – masing pengguna jasa kereta api, dianjurkan agar kamu melakukan pembelian tiket kereta api secara online melalui KAI Access. KAI Access ini merupakan sebuah aplikasi resmi dari PT. KAI yang kamu bisa download di Play Store atau App Store.

Aplikasi bernama KAI Access ini merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan cara refund dan reschedule tiket. Cara aksesnya cukup mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di Google Play Store atau melalui Google App Store yang ada di smartphone android kamu. Kemudian, daftarkan segera diri kamu dengan membuat akun di aplikasi tersebut.

Pastikan dalam akun yang kamu daftarkan, data diri kamu di input secara benar. Input juga nomor telepon yang masih dalam kondisi aktif. Ikuti semua prosedurnya sampai tuntas.

17+ Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di Traveler, Download Sekarang Juga!

Transaksi pembelian tiket melalui website resmi KAI

Untuk melakukan pembelian tiket kereta api secara online, kamu juga bisa membeli melalui halaman resmi PT. KAI di kai.id. Buka situs kai.id di website atau browser kamu. Di bagian sebelah kiri terdapat menu pemesanan tiket.

Kamu dapat mengatur pemesanan tiket mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, sampai dengan jumlah penumpang disana. Kemudian kalau sudah kamu atur pemesanan tiket sesuai kebutuhan, klik pesan dan cari kereta. Kemudian kamu akan menemukan kereta sesuai tujuan dan mendapat informasi harganya sekaligus.

Melalui laman resmi kai.id, kamu juga bisa cek jadwal kereta dan mengecek keberangkatan setelah kamu memesan kereta.

Memesan tiket melalui kontak center 121

Jika kamu adalah orang yang malas ribet dan ingin segera terima beres, kamu bisa coba memesan tiket kereta api dengan menghubungi nomor kontak center 121. Nantinya kamu akan segera tersambung dengan petugas dan petugas akan segera melayani pesanan kamu.

Jangan lupa juga agar kamu siapkan e-KTP dan semua keperluan pemesanan tiket. Setelah telepon kamu tersambung dan petugas melayani kamu, kamu akan mendapatkan kode booking atau kode bayar yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM.

Wifi travel Aneka tempat wisata Jadwal Kereta

Namun, pastikan pembayaran yang kamu lakukan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan dimana batas waktu yang ditentukan yaitu selama 1 jam lamanya.

Membeli tiket di kanal penjualan lainnya

Selain bisa membeli tiket di beberapa metode pembelian tiket diatas, kamu juga bisa membeli tiket kereta api di kanal penjualan lainnya. PT KAI sekarang ini bekerjasama dengan beberapa kanal penjualan tiket yang lainnya seperti Alfamart atau Indomaret.

Selain itu, juga sudah banyak e-commerce yang diciptakan untuk bekerjasama dalam penjualan tiket transportasi. Kamu pun bisa membeli tiket kereta api di berbagai macam e-commerce tersebut. Lantas e-commerce apa sajakah yang menjadi mitra KAI dan dapat menjadi alat pemesanan tiket kamu secara online selain melalui website resmi atau aplikasi KAI?

Beberapa e-commerce yang menyediakan pembelian tiket kereta api secara online diantaranya :

1. Tiket.com

Jadwal Kereta tiket.com

Ketika mendekati weekend atau musim libur panjang tiba, pemesanan tiket kereta api melalui situs resmi PT KAI akan sangat membludak. Dari sekian banyak pelanggan yang mengakses pembelian tiket kereta melalui situs resmi PT KAI, kita bisa temukan kurang lebih sekitar setengahnya yang akan mengalami kegagalan dalam pembelian tiket.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut terdapat berbagai macam pihak yang pada akhirnya menggunakan jasa pihak ketiga untuk mendapatkan tiket kereta api secara online. Salah satunya adalah kamu bisa membeli tiket kereta api dengan harga yang sangat terjangkau melalui tiket.com.

Situs ini seringkali menawarkan promo tiket kereta api murah yang bisa kamu pesan. Kamu yang merasa butuh pesan tiket kereta api dan ingin mendapatkan diskon bisa langsung cek tiket.com untuk mendapatkan tiket yang kamu inginkan.

2. Bukalapak

Jadwal Kereta bukalapak

Perkembangan dan persaingan e-commerce yang ada di Indonesia selama ini menjadikan masing – masing platform hadir dengan berbagai macam keunggulan yang berbeda. Misalkan seperti Bukalapak yang tidak hanya menjadi tempat belanja baju dan berbagai macam keperluan, melainkan juga menjadi tempat untuk berbelanja tiket.

Kamu bisa dapatkan tiket pesawat sampai dengan tiket kereta api melalui e-commerce Bukalapak. Dari fitur pembelian tiket kereta api di e-commerce Bukalapak, kamu bisa melakukan pemesanan tiket kapan pun dan dimana pun. Harganya pun bervariasi.

Pastinya banderol harga tiket di Bukalapak juga sangat terjangkau. Melalui Bukalapak pesan apapun termasuk tiket pesawat dan kereta api akan jauh lebih mudah. Kamu nggak perlu kemana – mana, tinggal tap dan siapkan e-banking untuk melakukan transfer. Sangat mudah bukan?

3. Traveloka

Buat kamu yang suka traveling dengan apapun moda transportasinya, Traveloka tentu menjadi pilihan utama kamu. Situs perjalanan yang satu ini pastinya siap membantu semua orang untuk mendapatkan akomodasi yang mudah.

Melalui Traveloka, kamu nggak hanya dapat memesan tiket kereta api secara online saja melainkan kamu juga bisa memesan berbagai kebutuhan akomodasi liburan mulai dari hotel sampai dengan tempat makan dan tiket wisata.

Jika kita mencoba membandingkan Traveloka dengan e-commerce yang lain, Traveloka menyediakan berbagai macam fitur pemesanan tiket yang luar biasa mudah. Mulai dari inventarisnya yang super lengkap dan interfacenya yang mudah, semuanya bisa kamu rasakan hanya dengan memesan segala kebutuhan melalui Traveloka. Termasuk kebutuhan memesan tiket pesawat dan kereta api.

Ada banyak promo menarik juga yang dihadirkan. Ketika kamu memesan tiket apapun itu dengan memanfaatkan promo – promo menariknya bisa dipastikan kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan yang kamu tidak dapat temukan di tempat pesan tiket online lainnya.

Promo tiket hotel di Traveloka juga ada lho. Buat kamu yang liburan di Bandung namun masih bingung mau menginap dimana, baca : 10 Hotel Bintang 5 di Bandung yang Terbaik

Kalau bugdet kamu nggak cukup untuk booking tiket hotel bintang 5, kamu juga boleh banget booking hotel bintang 3. Kalau belum punya referensi hotel bintang 3 terbaik di Bandung, baca : 10 Rekomendasi Hotel Bintang 3 di Bandung yang Terbaik

4. PegiPegi

Selain Traveloka, masih ada juga aplikasi tiket perjalanan dan cek jadwal kereta atau pesawat yang bisa diakses yaitu PegiPegi. Banyak traveler yang memanfaatkan PegiPegi untuk memesan tiket karena kemudahan pemesanan dan banyaknya promo menarik yang dihadirkan.

Khusus untuk pembelian tiket kereta api, tersedia pilihan khusus yang mudah dijalankan. Kamu hanya perlu mengisi nama dan juga beberapa identitas yang diperlukan lainnya. Kemudian isi kota asal dan tujuan kamu. Melalui PegiPegi, paperless tanpa kamu perlu cetak tiket dan boarding passnya.

PegiPegi juga menyediakan fitur ganti kursi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Keren bukan?

5. Blibli.com

E-commerce lain yang juga kini tengah mengerjakan pasar penjualan tiket kereta api adalah Blibli.com. Situs belanja yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda dan ibu muda untuk berbelanja berbagai macam produk.

Melalui Blibli.com, kamu akan menemukan suatu fitur khusus untuk membantu kamu yang membutuhkan suatu tiket perjalanan kereta sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Cara pesannya pun sangat mudah dan cepat.

Pada akhirnya tak akan ada biaya admin yang menjadikan harga tiketnya lebih mahal. Nantinya kamu hanya tinggal masukkan kota tujuan dan asal. Nantinya akan muncul suatu rekomendasi keberangkatan sampai harga tiketnya.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Kalau semua kolom draft yang perlu diisi sudah terisi secara lengkap, kamu hanya perlu menuntaskan pembayaran sesuai yang telah kamu sepakati. Selebihnya, tiket sudah dapat kamu pakai untuk menemani perjalanan jauh kamu.

6. Fastpay

Jadwal Kereta fastpay

Untuk mendapatkan tiket kereta api yang membantu memudahkan perjalanan kamu, kamu juga dapat memanfaatkan Fastpay. Aplikasi ini memang terbaru namun recommended banget karena didalamnya kamu juga akan menemukan berbagai kemudahan.

Sisi interface yang praktis dan harga tiket yang murah menjadikan Fastpay mudah dikenal. Fastpay merupakan sebuah layanan yang berada di bawah naungan grup PT Bimasakti. Lebih tepatnya Fastpay merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang pembayaran.

Tak hanya dapat digunakan sebagai tempat membeli tiket termasuk tiket kereta api, melainkan Fastpay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, tagihan PDAM dan yang lainnya.

Kereta Bandara di Indonesia

Jika dulu transportasi yang dapat digunakan mengantar penumpang pesawat ke bandara atau dari bandara hanya mobil pribadi, motor, mobil sewaan atau ojek saja, maka sekarang sudah ada bandara – bandara yang telah dilengkapi dengan kereta bandara.

Jadwal Kereta

Kamu pun bisa cek jadwal kereta bandara seperti pengecekan kereta api pada umumnya. Dengan adanya kereta bandara ini, kamu yang akan menuju ke suatu bandara atau berpulang dari bandara dan menggunakan moda transportasi kereta tidak perlu bingung lagi memesan kendaraan lain dari bandara.

Kamu yang datang atau menuju bandara dengan menggunakan kereta api bisa langsung terkoneksi dengan lokasi bandara. Lantas, dimana saja bandara di Indonesia yang sudah terkoneksi dengan kereta bandara?

Terdapat beberapa bandara di Indonesia yang sudah terkoneksi dengan kereta bandara, diantaranya :

1. Kereta Bandara Adi Soemarmo

Jadwal Kereta

Kereta Bandara Adi Soemarmo merupakan sebuah kereta bandara yang menghubungkan stasiun balapan yang ada di kota Surakarta dengan bandara Adi Soemarmo yang masuk ke dalam wilayah Boyolali.

Lintasan kereta bandara ini panjangnya sejauh 12,9 km dan memiliki waktu tempuh rata – rata selama 20 menit. Kereta bandara ini selain terhubung dengan kereta reguler yang ada di stasiun Balapan, juga terkoneksi secara langsung dengan angkutan umum dan angkutan bus lain yang ada di wilayah Terminal Tirtonadi, Surakarta.

BACA JUGA : 10 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Pada tahap awal, kereta bandara ini dibuka dengan rute Bandara Adi Soemarmo menuju ke stasiun Solo Balapan (PP) dengan jarak tempuh sejauh 12,9 km. Kereta bandara tersebut dengan lintasan dari stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Sumarmo atau sebaliknya membutuhkan waktu tempuh selama 20 menit.

Kabarnya, ke depannya akan dibuka dua rute tambahan yaitu rute Bandara Adi Soemarmo menuju ke Yogyakarta dan Kutoharjo.

2. Kereta Bandara Minangkabau

Pembangunan kereta bandara Minangkabau sebenarnya sudah direncanakan sejak 2006 silam ketika Sumatera Barat masih dipimpin oleh Gubernur Gamawan Fauzi. Lintasan kereta bandara yang dibangun di Minangkabau sebenarnya bukan kereta berjarak panjang.

Inisiasi pembangunan tersebut dicanangkan bukan tanpa alasan melainkan lantaran telah terdapat sebuah rel eksisting yang dibangun oleh Belanda dari Stasiun Padang ke Duku dengan panjang 18,8 km. Proyek kereta ini beberapa kali mengalami kemacetan, padahal sebenarnya proses pembebasan lahannya telah dilakukan sejak 2011 silam.

Namun pada akhirnya kereta bandara yang menghubungkan pusat kota Padang menuju BIM dan melalui sebanyak empat stasiun ini selesai dibangun kemudian diberi nama Minangkabau Ekspress. Empat stasiun yang dilalui kereta bandara ini diantaranya adalah stasiun Padang di Simpang Haru, Stasiun Duku, Stasiun Tabing dan Stasiun BIM dengan total panjang 22,8 km.

Untuk tarifnya sendiri sangat mudah. PT KAI membanderol tarif sebesar 10 ribu rupiah untuk lintasan jarak jauh dari pusat kota menuju bandara atau pun sebaliknya.

3. Kereta Bandara Kualanamu

Khusus kereta bandara ini sebenarnya merupakan kereta bandara yang pertama kalinya beroperasi di Indonesia. Jadi sebelum ada kereta bandara lainnya, kereta bandara Kualanamu pertama kali muncul. Kereta bandara Kualanamu sendiri mulai beroperasi sejak 2013 dan membanderol tarif sebesar 100 ribu rupiah.

Selain menjadi inspirasi kereta bandara pertama, kereta yang berangkat dari stasiun besar Medan ini juga menjadi kereta bandara pertama di Indonesia yang hadir memanfaatkan jalur layang. Panjang jalur layangnya sendiri mencapai 10,8 km, jalur daratnya sebesar 22 km dan memiliki jalur ganda.

Dengan adanya jalur ganda tersebut, waktu tempuhnya semakin lama semakin pendek dan pada akhirnya kereta tidak perlu saling tunggu di stasiun untuk bergantian arah lintasan. Dengan demikian pengoperasian jalan layang kereta api ini menjadikan alternatif jam keberangkatan penumpang juga semakin banyak.

4. Kereta Bandara Soekarno Hatta

Jadwal Kereta

Kereta bandara ini sempat beberapa kali tertunda pembangunannya karena terdapatnya masalah pembebasan lahan. Kereta bandara Soekarno Hatta yang juga sering disebut sebagai kereta bandara Soetta ini beroperasi sejak bulan November 2018.

Mengenai rutenya, kereta bandara Soetta memiliki rute dimulai dari stasiun Sudirman Baru sebelum pada akhirnya dipindahkan menuju Stasiun Manggarai. Kereta ini melalui lima stasiun yaitu stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Cepet dan juga Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta tentunya.

Jika kamu merasa menggunakan Kereta tidak efisien atau cepat, kamu bisa memilih opsi travel menggunakan pesawat. Tim ATW pernah memberikan artikel 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Dalam satu hari, jadwal kereta bandara ini memiliki frekuensi perjalanan kurang lebih sebanyak 80 kali perjalanan dimana waktu penjemputannya terjadi setiap 15 menit dan 30 menit sekali. Tarifnya sendiri dari stasiun Sudirman Baru menuju Bandara Internasional Soetta dibanderol sebesar 70 ribu rupiah. Sementara bagi penumpang yang naik dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soetta dibanderol sebesar 35 ribu rupiah.

Kamu yang butuh kereta bandara bisa mencari tahu informasinya. Cek jadwal kereta kamu, jangan sampai ketinggalan!

BACA JUGA : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Join the discussion

Instagram @Atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!