Pantjoran Chinatown PIK, Pusat Kuliner China di Jakarta
Pantjoran Chinatown PIK (kompas)

Pantjoran Chinatown PIK, Pusat Kuliner China di Jakarta

Pantjoran Chinatown PIK atau yang juga sering dikenal dengan Pantjoran PIK adalah pusat kuliner khas Tiongkok yang bisa kamu temukan di PIK (Pantai Indah Kapuk). Beragam jajanan sampai dengan menu makanan mengenyangkan semuanya bisa kamu temukan di sini.

Bahkan di antara pedagang kuliner yang menjual makanannya di sini ada yang beroperasi sejak tahun 1925 lho! Kuliner turun temurun pun menjadi andalan menu yang mereka jual untuk pengunjung. Di sini, kamu akan merasa terbang ke China meski sebenarnya kamu masih berada di Jakarta. Tertarik datang berkunjung ke sini?

Pusat Kuliner Pantjoran Chinatown PIK

Pantjoran Chinatown PIK (manualjakarta)
Pantjoran Chinatown PIK (manualjakarta)

Alamat : Kamal Muara, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 23.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Pusat kuliner Pantjoran Chinatown PIK merupakan kawasan pecinan yang sangat kental dengan food court yang menjajakan aneka makanan khas Tionghoa. Kawasan pecinan ini dibangun di atas lahan seluas 5.300 meter persegi di bawah naungan Agung Sedayu Group dan Salim Group.

Selain kulinernya yang harus dicicipi, banyak spot foto keren juga yang ada di sini seperti :

1. Gapura

Gapura Pantjoran PIK (kaumrebahanid)
Gapura Pantjoran PIK (kaumrebahanid)

Ketika baru pertama kali menginjakkan kaki di Pantjoran Chinatown PIK, kamu akan menemukan sebuah gapura ikonik yang menggambarkan kesan dan nuansa China yang khas. Gapura ini identik dengan perpaduan warna merah, putih dan emas yang sempurna.

Biasanya gapura ini sering menjadi langganan background foto pengunjung yang berkunjung ke Pantjoran Chinatown PIK karena memang memberikan vibes China yang sangat lekat.

2. Diorama

Pantjoran Chinatown PIK (kompas)
Pantjoran Chinatown PIK (kompas)

Diorama hasil karya seniman Gladys Teo Simpson tersebar sebanyak 8 buah di area Pantjoran Chinatown ini. Diorama yang tersebar di sini semuanya mewakili cerita – cerita menarik yang berkaitan dengan budaya dan sejarah Pantjoran.

Dengan begitu pengunjung selain bisa berwisata kuliner dan berfoto di berbagai spot yang ada juga bisa sekaligus belajar sejarah dan berwisata budaya.

3. Tembok dengan lukisan mural

Mural Pantjoran Chinatown PIK (kompas)
Mural Pantjoran Chinatown PIK (kompas)

Tembok – tembok yang terbentang kokoh di kawasan Chinatown PIK ini tidak dibiarkan kosong begitu saja. Melainkan tembok – tembok tersebut dimanfaatkan sebagai wadah lukisan mural.

Lukisan mural yang menggambarkan tentang pertandingan kungfu, penampilan barongsai, tempat penempa pedang, aktivitas masyarakat China, pedagang, pemilik toko dengan gerobak, anak kecil dengan aktivitasnya, kedai teh, gapura, semuanya bisa kamu temukan tergambar di dinding – dinding tembok yang ada di Pantjoran Chinatown.

Selain dapat dinikmati sebagai objek visual yang menarik, kamu juga bisa menjadikannya sebagai background foto.

4. Terdapat 80 tenant makanan

Punggol nasi lemak (kumparan)
Punggol nasi lemak (kumparan)

Di dalam area Pantjoran PIK, terdapat tiga kelompok tenant yang memiliki total 80 tenant yang menjual aneka ragam makanan. Ada tenant utama yang terisi dengan restoran besar ternama, tenant kecil dan gerobakan yang terdapat di bagian belakangnya.

Jika kamu makan di area tenant kecil dan gerobakan, makanan yang kamu beli bisa dibawa ke beberapa tempat duduk di sekitar area tenant yang sudah disediakan. Mengenai makanan yang dijual, banyak tenant di Pantjoran Chinatown PIK yang memang menjual makanan non halal termasuk makanan yang diolah dari babi.

Akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukan tenant halal di sini. Ada beberapa tenant yang menjual makanan halal dan pastinya aman dikonsumsi kamu yang beragama muslim ketika kulineran di kawasan Chinatown PIK ini seperti tenant ponggol nasi lemak, dan kwetiau.

Tenant lain yang juga sangat populer di Chinatown PIK yaitu May Star, Holywings 24, Pin Grocery dan Wong Fu Kie. Sementara mengenai minumannya, kamu bisa menemukan banyak pilihan minuman dan dessert yang dijual di masing – masing tenant.

Kopi es tak kie (kompas)
Kopi es tak kie (kompas)

Es kopi susu, es krim, kopi es tak kie yang legendaris juga bisa kamu beli. Es serut segar dengan aneka ragam pilihan sirup dan topping pun bisa kamu pesan. Harganya pun sangat bervariasi untuk minuman dibanderol dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah, sementara untuk makanan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 25.000,00 sampai di atas Rp 60.000,00.

5. Ketahui cara memesan makanan

Pantjoran Chinatown PIK (republika)
Pantjoran Chinatown PIK (republika)

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mayoritas makanan yang ditawarkan di Pantjoran Chinatown PIK adalah makanan non halal seperti sate babi dan chinese food dengan olahan daging babi lainnya.

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang mencari kuliner halal ketika mencari makanan baiknya perhatikan tanda ‘no pork no lard’ di tenant yang akan kamu pilih. Selama tenant ada tulisan tersebut maka artinya kamu bisa memesan makanan halal di tenant tersebut.

6. Toko jajanan dan oleh – oleh

Pantjoran Chinatown PIK (indonesia.tripcanvas)
Pantjoran Chinatown PIK (indonesia.tripcanvas)

Di dalam area Pantjoran Chinatown yang sangat luas, beberapa toko oleh – oleh berjajar. Aneka ragam camilan, sampai dengan pernak – pernik khas China bisa kamu beli di sana dengan harga yang variatif. Ada yang dibanderol murah sekitar 20 ribuan rupiah sampai mahal bahkan 500 ribu rupiah. Kamu tinggal cari saja mana yang sesuai dengan budget yang kamu punya.

Selain menjual aneka ragam oleh – oleh, toko jajanan dan oleh – oleh yang ada di Pantjoran Chinatown ini memiliki bangunan yang memberikan nuansa China sangat khas. Oleh karena itu setelah atau sebelum berbelanja, jangan lupa sempatkan untuk mengabadikan moment dengan menjepret foto khususnya di luar bangunan toko.

7. Keliling Pantjoran Chinatown dengan bus

bus tour PIK (yahooberita)
Bus tour PIK (yahooberita)

Kawasan pecinan PIK ini sebagaimana yang kita tahu luasnya berhektar – hektar. Oleh sebab itu, untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan berkeliling kawasan wisata tanpa capek, tersedia bus yang bisa mengantarkan pengunjung.

Tarif untuk naik bus ini per orang sebesar Rp 20.000,00 saja. Sementara jika kamu datang ke tempat wisata ini di hari minggu atau bertepatan dengan hari besar China, tersedia aneka ragam hiburan mulai dari pertunjukan musik guzheng, tarian seribu tangan, pertunjukan barongsai sampai tai chi.

Selain bisa berkunjung ke Chinatown PIK, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Pasir Putih di PIK 2. Di sana pengalaman liburan dengan nuansa ala pantai yang menyenangkan akan kamu dapatkan. Cocok dijadikan sebagai tempat bersantai di pinggir pantai siang atau sore hari. Informasinya baca : Pantai Pasir Putih PIK 2 : Wisata Pantai Indah Terbaru di Jakarta Utara

Ada wisata apa lagi di Jakarta?

Selain Pantjoran Chinatown PIK, Jakarta masih menyimpan banyak potensi wisata yang bisa kamu kunjungi salah satunya Moja Museum yang super keren dan artistik. Baca : Moja Museum, Museum of Jakarta yang Instagramable

Tempat wisata yang murah – murah di Jakarta selain mall juga masih banyak kok. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menawarkan tiket masuk gratis meski lokasinya di ibu kota. Informasinya baca : Tempat Wisata di Jakarta yang Murah, Cocok Jadi Wisata Akhir Pekan

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, dan sedang mencari tempat wisata menarik yang cocok dikunjungi kapan saja bisa berkunjung ke Pantjoran Chinatown PIK. Karena buka hampir 24 jam dan memiliki banyak spot foto menarik sekaligus area food court yang ideal maka berkunjung kapan pun ke Pantjoran Chinatown PIK sangat dianjurkan.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!