5 Alasan Kamu Perlu Kunjungi Silancur Highland Sekarang!
Silancur Highland

5 Alasan Kamu Perlu Kunjungi Silancur Highland Sekarang!

Hampir semua orang pasti setuju dengan fakta bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu wisata terbaik dan paling terkenal di daerah Magelang. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya Magelang masih menyimpan satu tempat wisata unik lainya yang dikenal dengan Silancur Highland.

Ingin tahu lebih dalam mengenai mengapa kamu mesti mengunjungi tempat wisata ini? Ikuti artikel ini sampai selesai ya!

Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Lokasi dan Rute Menuju Silancur Highland

Magelang merupakan salah satu daerah di Tanah Air yang memang dikenal memiliki banyak lokasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata terkenal di daerah ini adalah Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha terbesar tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Saking indahnya, rasanya tidak afdol jika kamu sudah ke Magelang tapi belum berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

BACA JUGA: Berkunjung ke Magelang? Jangan Lupa Kunjungi Lokasi Wisata Ini!

Namun seiring perkembangan zaman dan juga dunia pariwisata, Magelang rupanya menawarkan banyak area wisata baru yang tidak kalah indah dari Candi Borobudur yakni Silancur Highland. Tempat wisata berbentuk gardu pandang ini menawarkan banyak pesona wisata yang mungkin tidak akan kamu temui di daerah lainnya.

Berada di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Mangli, Silancur Highland hanya berjarak sekitar 15 km saja dari pusat kota Magelang. Jika kamu menempuh perjalanan dari alun-alun Kota Magelang menuju Silancur Highland, maka perkiraan waktu yang dibutuhkan adalah setidaknya 30 menitan saja.

Silancur Highland – Wisata Magelang

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, kamu bisa memilih beberapa opsi mode transportasi, antara lain menggunakan kendaraan pribadi, tour / travel, hingga kendaraan umum. Namun, pastinya angkutan umum tidak bisa mengantarmu langsung hingga tepat di depan lokasi wisata. Untuk itu, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Satu informasi penting untuk kamu yang berencana berkunjun ke spot wisata ini adalah mengingat Silancur Highland adalah sebuah objek wisata kekinian di kaki gunung maka tidak heran jika rata-rata suhu di tempat wisata ini berada di kisaran angka 11 derajat celcius dan akan mungkin bisa lebih dingin di malam hari. Jadi, jangan lupa siapkan jaket tebal jika kamu berkunjung ke Silancur Highland, apalagi untuk kamu yang berencan untuk camping.

Daya Tarik Wisata Silancur Highland

Berbicara mengenai daya tarik wisata Silancur Highland tentu tidak bisa lepas dari landscape Kota Magelang. Pasalnya di area ini, kamu bisa banget nih menikmati keindahan segala penjuru Kota Magelang dari ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut.

Ada cukup banyak  alasan untuk singgah ke Silancur Highland. Selain karena lokasinya yang strategis dekat pusat kota dan daerahnya yang bersuhu sejuk, ada lima spot lokasi wisata yang bisa buat kamu terpana. Berikut diantaranya.

1. Panorama Indah 5 Gunung

Daya tarik wisata Silancur Highland yang pertama adalah 5 panorama gunung yang berdiri dengan kokoh di sekeliling tempat wisata ini. 5 gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan terakhir Gunung Andong. Kelima gunung tersebut seolah menjadi ‘pagar’ dari Silancur Highland.

Pikiran Rakyat

BACA JUGA: Bukan Cuma Candi Borobudur, Magelang Juga Punya Spot Wisata Ini

Sekedar informasi, dari kelima gunung kokoh tersebut Gunung Sumbing-lah yang berperan sebagai latar belakang utama dari keindahan panorama di Silancur Highland ini lho. Hal ini karena lokasi dari tempat wisata ini yang lebih dekat ke Gunung Sumbing dibandingkan ke gunung-gunung lainnya.

2. Pesona Golden Sunrise 

Mengingat lokasinya yang dekat dengan gunung dan nyaris tanpa obstacle apapun, wisata Silancur Highland juga menyajikan pesona golden sunrise yang bisa dibilang salah satu terbaik di Indonesia. Tentunya, pemandangan ini sangat diincar oleh mereka yang sunrise hunter.

Golden Sunrise – Pustakajc

Tidak hanya dimanjakan dengan keindahan pemandangan sunrise yang menakjubkan, kamu juga bisa mengabadikan momen meluncurnya mentari di sisi timur Silancur dari balik jajaran pegunungan Merbabu, Merapi, Telomoyo, dan Andong yang ada disana.

3. Rumah Hobbit Di Silancur Highland

Next, ada rumah hobbit. Meski landscape dan scale rumah hobbit di Silancur Highland tidak semegah dengan yang ada di Selandia Baru, kamu yang penggemar film The Lord of The Ring, pasti setidaknya akan terpuaskan dengan pemandangan area wisata ini.

Rumah Hobbit Silancur Highland – Blogspot

Well, setidaknya kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat rumah para manusia kerdil ini. Cukup datang saja ke Silancur Highland, maka kamu sudah bisa menyaksikan rumah kecil khas milik hobbit dengan pemandangan alam indah.

BACA JUGA: Jakarta Punya Cerita, 25 Tempat Wisata Ibukota Paling Underrated!

4. Area Berkemah

Alasan selanjutnya untuk berkunjung ke Gardu Pandang Silancur adalah area camping ground-nya. Bagi kamu yang hobi berkemah alias camping, maka tempat wisata di Silancur ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Silancur memiliki lahan lapang untuk berkemah yang juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona golden sunrise di Silancur Highland.

Silancur Highland
Area Berkemah – Detik

5. Kebun Bunga

Terakhir, daya tarik wisata dari Silancur Highland adalah kebun bunga. Tidak hanya menikmati keindahan matahari terbit dan panorama 5 gunung, kamu juga bisa berfoto dan menikmati keindahan kebun bunga yang yang ada di kawasan Desa Mangli. Instagramable lho!

Silancur Highland
Taman Bunga Silancur Highland

Meski tergolong baru, area Silancur Highland telah punya dukungan banyak fasilitas seperti mushola, area parkir, toilet, hingga tempat beristirahat yang banyak diisi para penjual makanan yang membuka warung dagangan mereka. Selain itu, tiket masuknya yang hanya sebesar Rp 15.000 juga sangat ramah di kantong.

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Oh iya, Gardu Pandang Silancur ini terbuka untuk umum sselama 24 jam setiap harinya. Jadinya kamu yang cuma punya waktu luang bisa singgah ke lokasi ini kapan pun kamu mau.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Silancur Highland

Untuk kamu yang cuma mau menikmati indahnya pemandangan Silancur Highland dengan bersantai dan tidur-tiduran, silahkan. Tapi untuk kamu yang suka aktif dan ingin eksplor semua keindahan area wisata yang satu ini, kamu bisa coba untuk beberapa kegiatan menarik di bawah ini.

Hunting Foto

Pertama, kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan di Gardu Pandang Silancur adalah hunting foto. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di area ini. Beberapa diantaranya adalah kebun bunga, rumah hobbit, dan beberapa titik di area pendakian lainnya. Bahkan jika kamu cukup rajin untuk datang sebelum waktu subuh, kamu bisa hunting foto golden sunrise yang terkenal itu lho.

Hunting Foto – IDN Times

Masih belum puas? Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang menarik dari panorama 5 gunung besar nan kokoh yang ada di area Silancur. Pepohonan hijau nan rindang di kejauhan hingga pemandangan hijau dari tetumbuhan yang ada di tempat wisata ini juga sayang jika tidak diabadikan melalui lensa kamera kamu.

Camping

Seperti yang sudah dibahas di atas, menikmati matahari terbit di Silancur Highland akan lebih pas dilakukan jika kamu berkemah dulu. Tidak perlu cemas karena pihak pengelola tempat wisata sudah menyiapkan camping ground berupa tanah lapang yang luas dengan pemandangan yang langsung menghadap ke sisi timur matahari terbit dengan latar 5 pegunungan cantik nan kokoh disana.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia untuk Dikunjungi

Kamu juga tidak perlu membawa banyak peralatan camping. Pasalnya, pihak pengelola juga sudah menyediakan matras, tenda, hingga termos dan lainnya. Cukup sewa saja di tempat yang sudah disediakan dan kamu hanya perlu membawa baju ganti saja dari rumah. Mudah dan ringkas, bukan?

Piknik

Jika kamu tidak ada waktu untuk menginap semalam di Gardu Pandang Silancur, maka kamu bisa memanfaatkan waktu beberapa jam liburan dengan berpiknik bersama orang tersayang di tempat ini. Bawalah bekal dari rumah dan makan bersama di lokasi wisata. Tidak lupa, beli juga makanan dan minuman yang sudah disediakan di warung yang ada di area wisata ini agar suasana liburan menjadi lebih terasa.

Silancur Highland
Piknik di Silancur Highland – IDN Times

Melihat Pemandangan

Terakhir, kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah berdiam diri menyaksikan pemandangan rupawan di area ini. Kamu hanya perlu duduk manis di salah satu spot yang ada disana dan nikmati hamparan pemandangan cantik bak luksan dari ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut tersebut.

Panorama Silancur Highland – Kompas.com

Kala malam tiba, pemandangan di area bahkan menjadi lebih menarik lagi. Pasalnya, Silancur Highland seolah dihiasi dengan kerlip bintang di awan dan kerlip lampu-lampu kota Magelang yang di bawahnya. Untuk kamu yang ingin merasakan nuansa sendu tanpa kericuhan perkotaan, aktivitas ini adalah yang paling tepat untuk dilakukan.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Gimana? Sudah ready untuk menjajal keindahan yang satu ini? Tunggu apa lagi, pack barang kebutuhanmu dan jadwalkan waktu liburan di area yang punya sejuta pesona memikat yang luar biasa.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!