12 Tempat Camping Bali Terbaik dan Paling Populer
camping Bali bukit cemara

12 Tempat Camping Bali Terbaik dan Paling Populer

Sedang mencari tempat camping Bali yang nyaman untuk dijadikan tujuan liburan bersama keluarga ketika weekend tiba?

Nah, buat kamu yang tertarik untuk camping di Bali, ada banyak rekomendasi tempat camping Bali yang cocok jadi tujuan liburan kamu bersama orang – orang tercinta. Kamu bisa bercengkrama, bersantai, menikmati suasana alam yang sejuk dan teduh, serta melakukan berbagai aktivitas seru ketika camping.

Sebagai rekomendasi tempat camping Bali buat kamu, berikut kami akan ulas informasi selengkapnya. So, let’s check these out!

Rekomendasi Tempat Camping Bali Terbaik

1. Pantai Kedungu

camping Bali Pantai kedungu
camping Bali – Pantai Kedungu

Alamat : Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kedungu, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang, belum termasuk biaya parkir

Ingin merasakan suasana camping Bali di pinggir pantai? Buat kamu yang ingin merasakan suasana camping di pinggir pantai Bali, bisa banget datang ke Pantai Kedungu.

Disana kamu bisa merasakan asri dan teduhnya suasana pantai khas Bali yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Suasana di Pantai Kedungu sangat berbeda dengan suasana pantai Kuta, Pantai Sanur dan yang lainnya. Pantai Kedungu tidak seramai Pantai Kuta dan Pantai Sanur.

Kalau kamu memang memutuskan untuk camping di Pantai Kedungu, kamu akan disambut dengan ombak pantai yang cukup besar namun bersahabat sesaat setelah memasuki kawasan pantai. Pemandangan tebing dengan air terjun kecil dan tumpukan bebatuan yang mengesankan juga ada di atasnya.

Di Pantai Kedungu, ada banyak aktivitas olahraga yang kamu bisa lakukan. Salah satunya kamu bisa berenang. Namun ingat, kalau berenang di Pantai Kedungu harus berhati – hati, jangan sampai terlalu ke tengah karena ombaknya cukup besar.

camping Bali

Dengan ombak yang cukup besar tersebut, pantai ini sering dijadikan lokasi surfing oleh para surfer khususnya mereka yang masih pemula. Selain berenang dan surfing, kamu juga bisa mengisi waktu camping Bali yang kamu lakukan dengan memancing.

Lumayan, ikan yang didapat bisa di bakar atau kalau kamu membawa alat barbeque, kamu bisa barbeque-an di pinggir pantai. Sangat menyenangkan bukan?

Selain Pantai Kedungu, Bali juga punya beberapa rekomendasi wisata pantai lainnya yang tak kalah menarik. Baca : 7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Wajib Dikunjungi

Untuk berwisata ke Bali, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa kamu gunakan jika kamu berasal dari luar pulau Bali. Kamu bisa naik pesawat yang membuat kamu sampai di Bali dengan cepat.

Jika kamu tertarik ke Bali naik pesawat dan ingin dapatkan tiket pesawat degan harga murah, baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

2. Camping Bali – Danau Buyan

camping Bali - Danau Buyan
camping Bali – Danau Buyan

Alamat : Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang, belum termasuk biaya parkir

Buat kamu yang tertarik untuk menikmati indahnya sunrise dan sunset, Danau Buyan Bali cocok untuk menjadi tempat camping seru buat kamu dan keluarga atau partner. Suasana danau yang tenang berpadu dengan alam yang indah akan membuat pengalaman liburan kamu tak terlupakan.

Pantai Pandawa, Bali camping Bali
camping Bali

BACA JUGA : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Sekarang ini Danau Buyan dengan keindahan alamnya yang menawan menjadi salah satu daerah camping Bali terbaik yang dikunjungi. Terlebih harga tiket masuk yang murah menjadi salah satu alasan banyak orang camping di tempat wisata yang satu ini.

Untuk kamu yang tertarik camping di Danau Buyan, trek untuk sampai di danau ini tidaklah sulit. Jadi siapa saja bisa banget datang ke danau yang satu ini untuk bersenang – senang.

3. Camping Bali -Bukit Asah Bug – Bug

bukit asah bug bug camping Bali
camping Bali

Alamat : Bukit Asah, Sengkidu, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 2.000,00

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan pantai dari atas bukit di Bali, langsung saja datang ke Bukit Asah Bug – Bug. Suasana alam yang menyenangkan akan kamu temukan di Bukit Asah Bug – Bug. Di Bukit Asah Bug – Bug, kamu juga dapat melakukan aktivitas camping.

Nah, kalau kamu camping Bali di bukit yang satu ini, kamu akan menyaksikan pesona alam yang indah di waktu sunset atau pun sunrise. Kamu akan menyaksikan pemandangan jingga di langit biru yang sangat menentramkan.

Untuk menuju Bukit Asah Karangasem, butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Denpasar atau sekitar 3 jam perjalanan dari Singaraja. Perjalanan yang kamu tempuh dari Denpasar sampai ke Desa Bug Bug, melalui sebuah jembatan di jalan raya Karangasem – Klungkung. Kemudian setelah melewati jembatan, kurang lebih sekitar 200 meter dari jembatan akan kamu temukan pertigaan.

Pada pertigaan tersebut, kamu ambil jalur kanan dan ikuti saja jalan tersebut. Kurang lebih setelah 15 menit perjalanan, kamu bisa sampai di Bukit Asah Bug – Bug. Kamu bisa menikmati alamnya yang sangat indah sesampainya di Bukit Asah Bug – Bug.

Buat kamu yang ingin camping di Bukit Asah Bug – Bug namun tidak membawa peralatan kemah sendiri, maka kamu bisa menyewa peralatan kemah dengan harga sewa sebesar Rp 80.000,00 per malam.

4. Danau Tamblingan

danau tamblingan camping Bali
camping Bali – Danau Tamblingan

Alamat : Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang, belum termasuk tiket parkir

Tak jauh dari lokasi wisata Danau Buyan, terdapat sebuah danau lain yang juga cocok menjadi rekomendasi tempat camping Bali. Danau tersebut bernama Danau Tamblingan.

Danau Tamblingan sampai saat ini tidak diarahkan menjadi wisata modern oleh pemerintah setempat. Semua itu demi menjaga kelestarian alam dan suasana ‘perawan’ yang Danau Tamblingan punya. Suasana asri yang Danau Tamblingan punya ditunjang dengan suara kicauan burung yang sangat merdu. Sepanjang hari kamu akan merasakan kicauan burung yang merdu selama berwisata di Danau Tamblingan.

Kamu bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu jika memang berkenan. Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa pura yang terletak di sekitar kawasan danau seperti Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Tirta Mengening dan masih banyak lagi lainnya.

Pesona alam yang indah dan belum terjamah sampai saat ini, hal tersebut menjadikan Danau Tamblingan menjadi salah satu spot untuk foto prewedding banyak pasangan pengantin. Mungkin kamu juga berkenan untuk melakukan sesi foto prewedding di Danau Tamblingan? Recommended banget pastinya!

5. Camping Bali – Bukit Cemara

bukit cemara camping Bali
camping Bali – Bukit Cemara

Alamat : Jungutan, Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang

Pemandangan yang menawan akan kamu temukan di Bukit Cemara ini, terlebih jika perjalanan wisata kamu dilakukan pada bulan September sampai dengan November. View yang sangat spesial yaitu view gunung Agung yang berselimut kabut akan kamu saksikan pada rentang waktu tersebut.

View inilah yang membuat kamu dapat merasakan sensasi seperti sedang berlibur di negeri atas awan ketika berkunjung ke Bukit Cemara pada bulan September sampai dengan November. Kamu bisa berlama – lama duduk dan bersantai. Kalau kamu punya peralatan barbeque, kamu juga bisa nih barbequean di Bukit Cemara.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam juga sangat cantik berhiaskan Gunung Agung yang megah dan menawan. Kamu bisa membawa HP dengan kamera fotografi yang mumpuni atau membawa kamera profesional untuk mengabadikan setiap moment indah di Bukit Cemara. Pengalaman wisata yang tak ada duanya akan kamu temukan di sini.

6. Pulau Serangan

pulau serangan
camping Bali – Pulau Serangan

Alamat : Serangan, Kecamatan Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 07.00 WITA
Harga tiket masuk : Tidak dikenai tiket masuk

Pulau Serangan yang berada di kawasan Denpasar merupakan sebuah pulau kecil yang lokasinya terdapat sekitar 500 meter dari pusat kota Denpasar. Pulau yang satu ini berukuran panjang 2,9 km dan lebar 1 km saja.

Kalau kamu berwisata di Pulau Serangan, ada banyak aktivitas wisata menarik yang kamu bisa lakukan diantaranya :

7. Wisata bahari

pulau serangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan di Pulau Serangan adalah bermain air. Kamu bisa berenang, snorkeling atau diving jika memang membawa peralatan lengkap. Kamu juga bisa menikmati aktivitas olahraga air seperti para sailing atau jet ski selama di Pulau Serangan.

8. Jalan – jalan di Kampung Nelayan Etnis Bugis

Kampung Nelayan Etnis Bugis camping Bali
camping Bali – Jalan ke Kampung nelayan

Selain bisa jalan – jalan, di Kampung Nelayan Etnis Bugis yang ada di Pulau Serangan kamu juga bisa berinteraksi dengan masyarakat kampung setempat. Sesuai dengan nama kampungnya, sebagian besar masyarakat di kampung tersebut adalah masyarakat etnis bugis yang berprofesi sebagai nelayan.

Mungkin ada diantara kamu yang bertanya – tanya, mengapa etnis Bugis bisa menduduki wilayah kampung di Pulau Serangan, Bali?

Menurut kisah turun temurun yang beredar di masyarakat setempat, penduduk yang mendiami Kampung Nelayan Etnis Bugis di Pulau Serangan ini adalah pengungsi dari Makassar yang beretnis Bugis. Mereka datang ke Pulau Serangan pada zaman kerajaan karena suatu hal dan pada akhirnya memutuskan untuk menetap.

Wisata Alquran dan Makam Kuno di Masjid Assyuhada

Masjid Assyuhada camping Bali

Aktivitas di Pulau Serangan yang berikutnya bisa kamu lakukan adalah berkunjung ke Masjid Assyuhada. Masjid ini lokasinya tidak jauh dari Kampung Nelayan Bugis. Keberadaan masjid ini menjadi identitas utama penduduk yang ada di Pulau Serangan. Ya, sebagian besar penduduk di Pulau Serangan adalah pemeluk agama Islam.

Masjid Assyuhada merupakan sebuah masjid tua yang sudah berdiri sejak abad ke-17. Masjid ini diketahui merupakan sebuah bangunan ibadah yang pembangunannya digagas oleh ulama besar Makassar yang bernama Syeikh Haji Mu’min.

Di waktu yang sama, kalau kamu berwisata religi di Masjid Assyuhada, kamu juga akan menemukan keberadaan makam kuno dan keberadaan alquran kuno yang sangat unik.

9. Berkunjung ke Turtle Park

turtle park pulau serangan camping Bali
camping Bali – Turtle Park

Kalau kamu ingin tahu seperti apa kehidupan penyu, kamu bisa berkunjung ke Turtle Park Pulau Serangan. Di sana, kamu dapat melihat seperti apa proses penyu bertelur, menetas dan keberadaan penyu dewasa yang siap kawin.

10. Pura Sakenan

pura sakenan bali camping Bali
camping Bali – Pura Sakenan

Spot wisata lain di Pulau Serangan yang bisa kamu masukkan ke alternatif tujuan wisata kamu di Pulau Serangan adalah Pura Sakenan. Pulau yang satu ini merupakan sebuah pura suci bagi umat beragama Hindu. Pura Sakenan merupakan sebuah pura dengan nilai sejarah yang tinggi.

Pura ini juga dibangun pada masa kerajaan, tepatnya pada abad yang ke-10. Pura Sakenan dibangun oleh seorang empu bernama Empu Kuturan atau yang juga dikenal dengan nama Empu Rajakretha. Kamu pun bisa berfoto dengan latar belakang pura kuno yang unik selama berwisata di Pulau Serangan.

11. Pantai Tegal Wangi

pantai ttegal wangi camping Bali
camping Bali – Pantai Tegal Wangi

Alamat : Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 07.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 – Rp 15.000,00

Pantai Tegal Wangi merupakan lokasi camping Bali terbaik buat kamu yang suka ketenangan dan ingin melakukan berbagai aktivitas wisata sekaligus. Tidak hanya bisa bersantai, camping dan berenang saja melainkan di Pantai Tegal Wangi kamu juga bisa datang ke pura dan puri yang memang lokasinya berada di kawasan Pantai Tegal Wangi.

Mengenai pura yang berlokasi di Pantai Tegal Wangi adalah Pura Segara. Berkat panorama lautnya yang sangat indah, banyak wisatawan yang hadir ke Pantai Tegal Wangi selalu memuji pemandangan yang ditawarkan. Satu kesatuan antara laut, alam dan bangunan pura yang sangat megah dihadirkan.

Saking indahnya pemandangan laut yang ada, Pantai Tegal Wangi sampai direkomendasikan sebagai salah satu kawasan pantai di Bali tersembunyi yang sangat cocok untuk bulan madu.

Pura Segara di Pantai Tegal Wangi merupakan starting point sebelum wisatawan turun ke pantai. Suasana pura tersebut sangat teduh karena ditanami banyak pepohonan rindang. Kamu yang ingin bersantai dan sejenak melepas penat selama satu minggu penuh bekerja, bisa banget merileksasi diri kamu di Pantai Tegal Wangi ini.

Baik wisata solo traveling, atau wisata rame – rame semuanya akan menjadi perjalanan wisata seru yang bisa dilakukan di Pantai Tegal Wangi.Selain terdapat sebuah pura, di Pantai Tegal Wangi juga ada sebuah puri bernama Puri Bhagawan.

Puri Bhagawan ini merupakan sebuah puri yang berada di atas bukit dan kamu perlu trekking untuk sampai di sana. Puri Bhagawan merupakan sebuah rumah adat berbentuk bangunan joglo yang biasanya menjadi tempat diadakan upacara pernikahan khas Bali di sana. Arsitektur khas yang mempesona juga akan membuat kamu terkesima kalau mengunjungi puri ini.

Oh ya, Bali nggak hanya punya banyak tempat wisata. Bali juga punya banyak tempat wisata kuliner menarik. Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Selain berburu wisata kuliner, jangan lupa juga cari oleh- oleh. Baca : 10 Oleh – Oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

12. Toya Devasya

toya devasya

Alamat : Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Maps : Klik disini
Jam buka : 09.00 WITA
Harga tiket masuk : Mulai Rp 400.000,00

Last but not least, kalau kamu nggak mau merasakan camping Bali yang murahan, kamu bisa merasakan camping mewah di Toya Devasya. Istilah trennya saat ini adalah glamping. Ya, Toya Devasya merupakan tempat glamping di Bali yang menyajikan fasilitas mewah dan cocok banget nih buat kamu yang mau camping namun maunya diberi fasilitas mewah.

toya devasya

Fasilitas camping yang kamu akan dapatkan di Toya Devasya diantaranya yaitu :

  • Sleeping bag standard atau executive (kamu bisa pilih sesuai budget yang kamu punya karena sleeping bag standard dan executive harganya berbeda)
  • Tenda (kapasitas tenda 2 – 8 orang pada masing – masing tenda)
  • Api unggun
  • Handuk
  • Camping dinner and breakfast
  • Semua fasilitas yang ada di Toya Devasya meliputi waterboom dan kolam air panas

Kamu yang ingin merasakan sensasi camping dengan panorama alam berupa pegunungan dan danau, maka kamu bisa memilih camping mewah di Toya Devasya. Di sana kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti hiking, outbound, bersepeda sampai bermain kano. Pengalaman yang tak ada gantinya akan kamu dapatkan di Toya Devasya.

Oh ya, untuk menunjang kegiatan camping kamu janga lupa bawa peralatan camping yang memadai. Agar tak ada yang tertinggal, baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

Itulah rekomendasi tempat camping Bali terbaik dan terpopuler yang wajib kamu jadikan pilihan berlibur. Pengalaman camping yang seru akan kamu rasakan. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!