10 Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Populer
Telaga Biru (risma_sumyati)

10 Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Populer

Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik di dalamnya. Tidak hanya pantai, masih banyak tempat wisata di Gunung Kidul lainnya yang populer dan dapat menjadi tujuan kunjungan wisata setiap pelancong.

Keunikan sekaligus view yang ditawarkan pasti akan memberikan pengalaman tersendiri untuk menemani setiap kunjungan kamu ke Gunung Kidul. Berikut berbagai rekomendasi tempat wisata di Gunung Kidul paling menarik yang wajib masuk dalam list kunjungan wisata kamu selama di sana. Yuk cek dulu!

Tempat Wisata di Gunung Kidul Terpopuler

1. Taman Bunga Nawari

Wisata di Gunung Kidul - Taman Bunga Nawari (campatour)
Taman Bunga Nawari (campatour)

Alamat : Grogol I, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.30 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 6.000,00

Taman Bunga Nawari adalah sebuah spot foto instagenic bertema kebun bunga matahari yang luasnya mencapai ½ hektar. Taman ini dibuka pertama kali pada tahun 2018.

Di antara hamparan tanaman bunga matahari tersebut, kamu akan menemukan lorong – lorong seperti koridor yang menyediakan spot foto juga. Disediakan juga tempat penyewaan kostum kimono yang membuat kamu bisa berfoto dengan vibes ala Jepang di sini.

2. Pantai Kukup

Wisata di Gunung Kidul - Pantai Kukup (mytrip123)
Pantai Kukup (mytrip123)

Alamat : Jalan Pantai Selatan Jawa, Ngepung, kemadang, Tanjung sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Pantai Kukup merupakan sebuah tempat wisata di Gunung Kidul berupa pantai yang memiliki daya tarik utama berupa pulau karang yang indah. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga Pantai Kukup menjadi pantai yang sangat aman untuk berenang.

Kamu bisa bermain air sepuasnya di sini. Di sekitar pantai juga terdapat warung – warung yang bisa menjadi spot berburu kuliner ketika lapar atau dahaga.

3. Goa Pindul

Goa Pindul (jogjatourwisata)
Goa Pindul (jogjatourwisata)

Alamat : Gelaran 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 35.000,00

Pecinta café tubing wajib berkunjung ke Goa Pindul karena di sini kamu akan melakukan perjalanan tubing adventure yang seru. Kamu akan diajak menyusuri sungai dan goa dengan perahu karet selama 45 menit sampai 60 menit.

Aliran air sungainya tenang sehingga kegiatan ini pun aman dilakukan semua kalangan tidak hanya orang dewasa, melainkan juga anak – anak. Perjalanan di Goa Pindul pun akan dipandu dengan pemandu wisata sehingga kamu tak perlu khawatir soal keselamatannya.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk (tempatwisata.pro)
Air Terjun Sri Gethuk (tempatwisata.pro)

Alamat : Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00, naik rakit Rp 10.000,00

Air Terjun Sri Gethuk merupakan sebuah air terjun di wilayah Sungai Oyo yang harus didatangi dengan menggunakan rakit melewati sungai tersebut. Tebing yang menjadi aliran air terjun ini berdiri setinggi 25 meter.

Di sini, kamu bisa berenang atau pun bermain air. Pastikan bawa baju ganti kalau memang berniat basah – basahan. Kalau ke sini, jangan lupa mampir di Goa Rancang Kencono yang berada satu lokasi dengan air terjun ini.

5. Pantai Jogan

Wisata di Gunung Kidul - Pantai Jogan (nativeindonesia)
Pantai Jogan (nativeindonesia)

Alamat : Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Pantai Jogan juga merupakan salah satu wisata pantai di Jogja yang sangat unik. Di sini kamu tidak hanya akan menyaksikan pemandangan pantai dengan air laut biru yang memanjakan mata, melainkan kamu dapat menyaksikan air terjun juga dalam satu tempat sekaligus.

Air terjun tersebut terdapat di bibir pantai dan aliran airnya langsung mengarah ke laut. Dibalut dengan pemandangan bukit karst, tebing dan lautan membuat pengalaman fotografi kamu di sini tak ada duanya.

Selain pantai – pantai di atas, ada pantai lain di Gunung Kidul yang menarik dengan gondola timangnya. Pantai tersebut adalah Pantai Timang. Informasinya baca : Pantai Timang, Wisata Pantai di Jogja Terkeren

Baca juga : Pantai Siung, Pesona Pantai di Yogyakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

6. Kebun Bunga Amarilis

Wisata di Gunung Kidul - Kebun Bunga Amarilis (jogjapolitan)
Kebun Bunga Amarilis (jogjapolitan)

Alamat : Ngasemayu, Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Ada sebuah kebun bunga yang kamu bisa kunjungi di Gunung Kidul yaitu Kebun Bunga Amarilis. Kebun bunga ini ditanami dengan 500 bibit bunga dan memiliki lahan seluas 2,3 hektar.

Bunga Amarilis yang ditanam di sini mekar pada bulan September sampai Desember ketika curah hujan sedang tinggi. Oleh sebab itu buat kamu yang ingin mendapatkan suasana terbaik di Kebun Bunga Amarilis dianjurkan datang pada bulan – bulan tersebut, namun pastikan tetap jaga sikap ya jangan sampai menginjak bunga – bunga yang di tanam di sini hanya untuk kepentingan fotografi.

7. Telaga Biru

Telaga Biru (risma_sumyati)
Telaga Biru (risma_sumyati)

Alamat : Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Telaga Biru adalah salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih. Berada di lahan seluas 10 hektar, lubang bekas aktivitas tambang tersebut kini berubah menjadi sekumpulan embung kecil dengan air berwarna biru yang indah.

Selain pesona embung biru yang indah, tebing bebatuan juga akan memanjakan mata sejauh mata memandang. Kamu bisa mengabadikan berbagai foto dengan landscape alam luar biasa di sini.

8. Pantai Gesing

Wisata di Gunung Kidul - Pantai Gesing (travelspromo)
Pantai Gesing (travelspromo)

Alamat : Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Jembatan cinta dan berbagai spot foto yang ditawarkan membuat Pantai Gesing menjadi salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik di hari libur atau hari biasa.

Selain berfoto, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan wisata di sini. Kamu bisa berenang, memancing ikan dengan menyewa perahu nelayan atau melakukan scuba diving dengan menyewa peralatan.

Kalau sehari di Pantai Gesing belum cukup memuaskan kamu, kamu juga bisa camping di sini dan saksikan pesona sunrise yang sangat indah di pagi hari.

9. Waduk Beton Indah

Waduk Beton Indah (wisatakeyogyakarta)
Waduk Beton Indah (wisatakeyogyakarta)

Alamat : Waduk beton, Sangrahan, Umbulrejo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Waduk Beton Indah merupakan sebuah danau dengan mata air jernih yang berasal dari kawasan pegunungan Seribu. Pemandangan pepohonan hijau akan memanjakan mata. Kamu pun bisa berkeliling waduk dengan menyewa sampan yang tersedia.

Tempat wisata di Gunung Kidul ini selain menawarkan keindahan alam juga memiliki fasilitas rekreasi yang lengkap. Sarana pendukung kegiatan outbound seperti flying fox, big net, jembatan goyang dan beberapa game lain tersedia.

Di sini juga tersedia kolam pemancingan dan penelusuran goa dengan track seru yang akan menemani perjalanan wisata kamu.

10. Bukit Bintang

Wisata di Gunung Kidul - Bukit Bintang (wsrentaljogja)
Bukit Bintang (wsrentaljogja)

Alamat : Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 16.00 – 03.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau siang hari di Gunung Kidul belum mampu memuaskan kamu, kamu juga bisa wisata malam di Bukit Bintang. Di sini, suguhan pemandangan kota dari atas ketinggian dengan cahaya lampu temaram yang indah akan memanjakan mata.

Kamu pun bisa nongkrong sembari memesan berbagai minuman hangat atau mie rebus yang populer di warung – warung yang dibangun di sekitar Bukit Bintang ini. Oh ya, buat kamu yang hobi kulineran, masih banyak kok wisata kuliner lain di Jogja yang bisa kamu datangi. Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Ada wisata apalagi di Gunung Kidul?

Kalau soal wisata alam, Gunung Kidul memang rajanya. Selain wisata pantai yang sudah kami sebutkan di atas, masih ada banyak deretan wisata pantai lain di Gunung Kidul. Baca : 21 Pantai di Gunung Kidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Buat kamu yang berada di Gunung Kidul dan sekitarnya, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang kamu bisa kunjungi. Dapatkan berbagai pengalaman seru dan mengesankan di sana!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!