10 Tempat Wisata di Hanoi Terpopuler
Tempat Wisata di Hanoi

10 Tempat Wisata di Hanoi Terpopuler

Hanoi merupakan pusat wisata Vietnam Utara yang sekarang ini sedang gencar – gencarnya mempromosikan potensi wisata yang mereka miliki ke mancanegara. Buat kamu yang punya rencana liburan ke luar negeri dan mencari wisata keren dengan budget liburan murah meriah, wajib banget memasukan tempat wisata di Hanoi dalam itinerary liburan kamu.

Pasalnya, liburan di Hanoi memang nggak perlu terlalu banyak mengeluarkan dana. Tidak seperti ketika kamu berlibur ke benua Eropa atau bahkan ke sebagian besar negara lain di Asia. Beragam potensi wisata pun bisa kamu sambangi mulai dari wisata sejarah sampai dengan tempat wisata di Hanoi yang berupa wisata alam.

Bisa dipastikan selama di Hanoi, pengalaman wisata yang menyenangkan dan tak ada bandingnya akan kamu dapatkan. So, informasi tempat wisata di Hanoi yang direkomendasikan untuk kamu jelajahi bisa kamu simak dalam list berikut ini!

Tempat Wisata di Hanoi Wajib Dikunjungi

1. Pagoda Tran Quoc

Tempat Wisata di Hanoi - Pagoda Tran Quoc (en.nhandan)
Pagoda Tran Quoc (en.nhandan)

Alamat : Đ. Thanh Niên, Yên Phụ, Tây Hồ, Hà Nội 100000, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Pagoda Tran Quoc merupakan sebuah kuil Budha tertua yang ada di Hanoi. Pagoda ini dibangun pada abad ke-6 di masa pemerintahan kaisar Ly Nam De. Kini usia pagoda ini sudah lebih dari 1.500 tahun. Namun walau berdiri sudah lama, bangunan pagoda dan kuil tempat wisata di Hanoi ini masih terkesan sangat gagah, cantik dan terawat.

Pagoda Tran Quoc sendiri merupakan sebuah pagoda yang memiliki 11 lantai dengan desain arsitektur khas Tiongkok yang sangat kental. Batu bata merah menjadi komponen utama bangunan Pagoda sementara warna kuning menjadi warna bangunan kuil.

Setiap lantai pagoda dihiasi patung Budha yang duduk di atas bunga teratai. Patung Budha tersebut dibuat bukan tanpa makna. Makna dari patung Budha yang duduk di atas bunga teratai adalah kesucian dan pencerahan batin untuk setiap umat Budha.

2. Pantai Nha Trang

Pantai Nha Trang (hotelscombined)
Pantai Nha Trang (hotelscombined)

Alamat : Nha Trang, Khanh Hoa Province 650000, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 249.000 untuk paket liburan dari jam 08.00 – 13.00 waktu setempat

Pantai Nha Trang merupakan surga terbaik untuk pecinta snorkeling karena di sini kamu bisa snorkeling sepuasnya dan menyaksikan indahnya biota laut yang belum terjamah. Pasir putih kekuningan yang terbentang menjadi tempat paling nyaman untuk kamu yang suka jalan – jalan tanpa alas kaki.

Sesekali kamu bisa bermain – main dengan ombak tenang di pantai ini. Setelah puas bermain – main dengan air, tempat wisata di Hanoi yang satu ini juga cocok menjadi tempat bersantai sembari makan bekal karena terdapat pepohonan rindang di sekitar pantai. Kamu bisa berteduh di sana. Memasang hammock dan menikmati semilir angin yang hilir mudik juga menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di Pantai Nha Trang.

Perjalanan menuju Pantai Nha Trang melalui Ho Chi Minh City butuh waktu sekitar 9 jam menggunakan sleeper bus dengan merogoh kocek sebesar VND 159.000. Kamu pun bisa beristirahat selama di perjalanan. Sementara jika kamu ingin perjalanan yang jauh lebih singkat, kamu bisa naik kereta dengan lama waktu tempuh sekitar 5 – 6 jam saja.

3. Danau Hoan Kiem

Tempat Wisata di Hanoi - Danau Hoan Kiem (asiapaths)
Danau Hoan Kiem (asiapaths)

Alamat : Hang Trong, Hoàn Kiếm, Hanoi, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 20.000

Danau Hoan Kiem merupakan sebuah tempat wisata di Hanoi berupa danau yang memiliki jembatan kayu berwarna merah, sebagai jembatan penghubung antara danau dengan kuil di atas sebuah pulau. Selain bisa menjadi jembatan yang mengantarkan ke kuil kecil tersebut, jembatan kayu ini juga menjadi spot fotografi yang sangat ikonik.

Suasana yang sangat tenang bisa kamu temukan ketika berwisata di danau ini. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang mengatakan kalau Danau Hoan Kiem merupakan tempat terbaik di Hanoi untuk mendapatkan ketenangan.

4. Imperial City

Tempat Wisata di Hanoi - Imperial City (authentiktravel)
Imperial City (authentiktravel)

Alamat : Thành phố Huế, Thua Thien Hue, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.30 waktu setempat
Harga tiket masuk : VND 150.000 untuk orang dewasa, VND 30.000 untuk anak – anak

Imperial City merupakan sebuah kompleks kerajaan yang dikelilingi tembok tinggi dan parit seluas 10 meter di bagian depan. Tempat wisata ini dulunya merupakan pusat pemerintahan dinasti Nguyen.

Imperial City memiliki sebuah tempat bernama Forbidden Purple City yang sejatinya adalah tempat tinggal kaisar dan para selirnya. Sampai saat ini hanya orang tertentu saja yang diberi akses masuk ke Forbidden Purple City sementara mereka yang masuk tanpa izin akan dihukum mati.

Kembali ke Imperial City, tempat wisata ini sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai World Heritage Site. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling di Imperial City dan berfoto dengan royal theater, kuil, taman atau area perkantoran yang ada pada kawasan tempat wisata di Hanoi ini.

5. Danau Ho Tay

Tempat Wisata di Hanoi - Danau Ho Tay (pinterest)
Danau Ho Tay (pinterest)

Alamat : Tây Hồ, Hanoi, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Sebagai sebuah kawasan di Vietnam yang dijuluki kota 1.000 danau, tempat wisata di Hanoi yang pertama akan kita bahas adalah wisata danau yang bernama Danau Ho Tay. Danau Ho Tay merupakan danau terbesar di Hanoi yang memiliki luas 5,3 km persegi dan memiliki panjang pesisir 17 km.

Danau ini memiliki jarak tempuh sekitar 300 meter dari Istana Kepresidenan Vietnam. Dari pusat kota Hanoi, untuk menuju Danau Ho Tay, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Suasana yang ditawarkan oleh Danau Ho Tay sangat berbeda dengan wisata danau yang lain.

Selain pemandangan alam yang indah, jalan setapak dengan pagar yang bisa jadi spot selfie, corak air yang selalu berubah mengikuti pergantian musim pun menjadi hal menarik tersendiri yang kamu bisa dapatkan ketika berkunjung ke tempat wisata di Hanoi ini.

Untuk pecinta senja, jangan lupa mengabadikan momen cahaya emas pada pukul 6 sore karena pada saat itu, pesona Danau Ho Tay yang berubah warna menjadi kuning keemasan karena cahaya matahari berpadu sinar lampu jalan menambah eksotisme kawasan danau ini. Berfoto siluet pun pada momen seperti ini sangat direkomendasikan.

6. Ha Long Bay

Tempat Wisata di Hanoi -Ha Long Bay
Ha Long Bay

Alamat : Thành phố Hạ Long, Provinsi Quang Ninh, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : VND 150.000

Ha Long Bay merupakan sebuah teluk yang memiliki luas 43.400 hektar. Teluk ini sejak tahun 1962 telah dinobatkan sebagai situs nasional oleh pemerintah Vietnam yang kemudian selanjutnya menjadi bagian dari Situs Nasional Landscape yang berada di bawah naungan warisan hukum dan budaya pemerintah setempat.

Kalau kamu datang ke sini, keindahan Ha Long Bay yang kamu saksikan tidak hanya berasal dari pegunungan kapur dan tebing – tebing indahnya saja. Lengkungan dan pesona goa – goa yang terbentuk karena erosi dan abrasi di sekitar destinasi wisata Ha Long Bay ini juga turut menambah keindahan yang ditawarkan.

Ha Long Bay (eventaa)
Ha Long Bay (eventaa)

Untuk kamu yang memutuskan datang ke salah satu tempat wisata di Hanoi dengan pemandangan terindah ini, baiknya kamu bermalam di Ha Long Bay. Kamu bisa menyewa resort di sekitar Ha Long Bay atau mendirikan tenda camping di pesisir Ha Long Bay dan dapatkan pesona sunrise terbaik di sini.

Perjalanan wisata yang harus kamu tempuh menuju Ha Long Bay dimulai dari pelabuhan kapal yang memakan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan, kamu akan menyaksikan proses regresi dan transgresi lautan sehingga menghasilkan pemandangan luar biasa seperti yang bisa kamu saksikan di sana. Beragam spesies flora dan fauna pun akan menjadi teman perjalanan kamu selama berlibur pada tempat wisata di Hanoi ini.

Kalau bicara soal wisata danau, sebenarnya tidak hanya tempat wisata di Hanoi saja yang punya banyak wisata berupa danau. Di seluruh penjuru Indonesia pun tersebar berbagai potensi wisata danau yang bisa dijelajahi. Salah satunya, kamu bisa berkunjung ke Danau Kelimutu di Flores, Danau Singkarak di Sumatera Barat, atau Danau Toba di Sumatera Utara.

Untuk informasi review Danau Kelimutu, baca : Wisata Pulau Flores – Danau Kelimutu

Baca juga : Wisata Sumatera Barat – Danau Singkarak

Review wisata Danau Toba, baca : Wisata Sumatera Utara – Danau Toba

7. Temple of Literature

Tempat Wisata di Hanoi - Temple of Literature (indochinavoyages)
Temple of Literature (indochinavoyages)

Alamat : 58 Quốc Tử Giám, Văn Miếu, Đống Đa, Hà Nội 100000, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.30 waktu setempat
Harga tiket masuk : VND 20.000

Temple of Literature merupakan sebuah tempat wisata di Hanoi yang dibangun pada tahun 1070 oleh Kaisar Ly Thanh Tong. Temple of Literature juga sekaligus merupakan tempat yang menjadi tuan rumah Akademi Kekaisaran universitas nasional pertama di Vietnam.

Kini tempat yang juga disebut sebagai Imperial College ini menjadi universitas tertua dan universitas pertama yang ada di Vietnam. Selain mahasiswa yang menuntut ilmu di sana, wisatawan yang ingin belajar tentang sejarah pendidikan di Vietnam juga bisa berkunjung ke sini.

Selama berjalan – jalan di Temple of Literature, suasana seni pada setiap sudut bangunan akan kamu rasakan. Sebuah contoh literatur langka dan arsitektur tradisional ada di dalam kuil ini. Bagi kamu yang berkunjung ke Vietnam namun belum membeli oleh – oleh, kamu pun bisa membelinya di sini.

Terdapat deretan toko souvenir yang menjual aneka ragam souvenir seperti pembatas buku, kalung dan berbagai pernak – pernik khas Vietnam dengan harga yang bervariasi.

8. Sa Pa Terraces

Sa Pa Terraces (bisnismudaid)
Sa Pa Terraces (bisnismudaid)

Alamat : Sa Pa, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Sa Pa Terraces merupakan areal persawahan berundak yang memberikan nuansa alam seperti wisata Jatiluwih, Bali. Jadi untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam dengan berkunjung ke area persawahan berundak dan belum punya cukup dana untuk ke Sa Pa Terraces, kamu bisa kunjungi dulu versi Indonesianya yaitu wisata Jatiluwih, Bali. Informasinya baca : Jatiluwih – Wisata Bali Dengan Panorama Alam yang Indah

Kawasan areal persawahan berundak Sa Pa Terraces berada di sebuah kota kecil yang terletak pada perbatasan barat daya Vietnam yang bernama kota Sa Pa, Provinsi Lao Cai. Jaraknya dari kota Hanoi sekitar 350 km dan dapat kamu tempuh dengan lama perjalanan sekitar 8 sampai dengan 9 jam.

Suasananya sejuk dengan suhu udara rata – rata 15 – 18 derajad celcius. Selain pemandangan areal persawahan berundak yang indah, pesona Gunung Fansipan yang megah juga akan kamu saksikan di sini. Belum lagi pemandangan hutan bambu yang dapat menjadi landscape fotografi kamu tentu dapat membuat pengalaman wisata di sini semakin tak terlupakan. Kamu pun bisa membidik aneka ragam pose foto menarik, indah dan unik selama mengunjungi tempat wisata di Hanoi ini.

Sedikit tips buat wisatawan mancanegara yang berniat mengunjungi Sa Pa Terraces, ada baiknya kamu datang ke sini pada saat momen padi sedang menghijau atau di momen – momen padi berwarna kuning sebelum dipanen karena setelah musim panen tiba sawah indah berundak hanya akan menjadi lahan kosong saja.

9. Ho Chi Minh Mausoleum

Tempat Wisata di Hanoi - Ho Chi Minh Mausoleum (evivatour)
Ho Chi Minh Mausoleum (evivatour)

Alamat : 2 Hùng Vương, Điện Bàn, Ba Đình, Hà Nội 100000, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 11.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Ho Chi Minh Mausoleum merupakan sebuah monumen makam Ho Chi Minh yang didirikan oleh bangsa Perancis pada tahun 1962. Bangunan monumen makam ini memiliki bagian atas yang bertuliskan Presiden Ho Chi Minh dengan lebar 41,2 meter dan tinggi 21,6 meter. Tulisan tersebut dipahat dengan batu crimson dari Cao Bang.

Buat kamu yang belum mengenal sosok Presiden Ho Chi Minh, jadi presiden ini bukan presiden sembarangan. Presiden Ho Chi Minh merupakan presiden yang sangat berpengaruh di Vietnam. Beliau merupakan orang yang berjasa dalam membebaskan Vietnam di era penjajahan dan kolonialisme. Ruangan di mana tempat jasad presiden Ho Chi Minh ini berada dijaga sangat ketat oleh penjaga museum yang menggunakan pakaian putih – putih. Di area ini, tidak diperbolehkan mengambil gambar apapun.

Pada bagian depan dan belakang Ho Chi Minh Mausoleum terdapat 79 pohon viva yang melambangkan 79 tahun umur presiden Ho Chi Minh ketika beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Kamu juga akan melihat dan mengetahui seperti apa perkembangan Vietnam sejak zaman neolitikum, zaman perunggu sampai sekarang ketika berkunjung ke sini. Beberapa barang kuno dan antik seperti drum perunggu atau kepala panah yang ditemukan oleh Co Loa Citadel juga bisa kamu lihat pada tempat wisata di Hanoi bersejarah ini.

10. Hanoi Military Museum

Hanoi Military Museum (arokis)
Hanoi Military Museum (arokis)

Alamat : 28A Dien Bien Phu, Ba Dinh District Hanoi, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 11.30, 13.00 – 16.30 waktu setempat
Harga tiket masuk : VND 30.000 ditambah biaya tambahan VND 20.000 jika membawa kamera

Hanoi Military Museum merupakan sebuah museum sejarah militer Vietnam yang didirikan secara resmi pada tanggal 17 Juli 1956. Museum ini adalah satu dari tujuh museum nasional di Vietnam yang memiliki luas keseluruhan 130 meter dan tinggi 31 meter.

Hanoi Military Museum terletak di pusat kota Hanoi dan menjadi salah satu tempat wisata di Hanoi paling bersejarah. Lokasinya persis berada di seberang Taman Lenin dan dekat dengan Ho Chi Minh Mausoleum. Jadi buat kamu yang berkunjung ke Ho Chi Minh Mausoleum, jangan lupa berkunjung juga ke Hanoi Military Museum ini.

Kisah perjuangan panjang warga Hanoi bersama para tenaga militer untuk meraih kemerdekaan akan kamu saksikan di sini. Berbagai macam peralatan perang beserta senjata yang digunakan selama pertempuran melawan penjajah pun diabadikan di Hanoi Military Museum ini. Kamu seakan dibawa kembali ke masa lalu selama berjalan – jalan di sini.

Ada Wisata Apa Lagi?

Sebagai bagian dari Vietnam Utara, Hanoi memang punya banyak tempat wisata menarik. Selain beberapa tempat wisata di Hanoi yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata lain yang tersebar di berbagai penjuru Vietnam.

Rekomendasi tempat wisata lain yang ada di wilayah Vietnam bisa juga dibaca di: 7 Wisata Vietnam Terpopuler untuk Wisata Tahun Ini

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

Dapatkan pengalaman liburan menarik dan tak terlupakan selama di Hanoi, Vietnam. Jangan lupa bawa kamera dan memory card yang berkapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan fotografi kamu selama di Hanoi, Vietnam. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!