10 Wisata Bedugul, Wajib Masuk Bucket List Kamu!
Bedugul

10 Wisata Bedugul, Wajib Masuk Bucket List Kamu!

Letak Bedugul yang berada di dataran tinggi Bali menyebabkan daerah ini memiliki udara yang sejuk. Tidak seperti di daerah Kuta yang membuat kamu bisa dengan mudah menemukan pantai. Di Bedugul, kamu tidak akan pernah menemukan wisata berupa pantai.

Danau, kebun botani besar dan kawasan pertanian akan menjadi pemandangan sehari – hari yang bisa ditemukan pada daerah dengan ketinggian sekitar 1300 – 1500 mdpl ini. Kalau kamu tertarik berwisata pada daerah dataran tinggi di Bali ini, berikut kami berikan rekomendasi tempat wisata menariknya yang layak kamu sambangi!

Tempat Wisata di Bedugul

1. The Blooms Garden

The Blooms Garden (wisatainfo)
The Blooms Garden (wisatainfo)

Alamat : Br. Batusesa, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Wisatawan domestik Rp 20.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 10.000,00 untuk anak – anak di atas usia 5 tahun. Wisatawan mancanegara Rp 40.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 20.000,00 untuk anak – anak di atas usia 5 tahun. Anak – anak di bawah usia 5 tahun gratis. Harga tiket masuk belum termasuk biaya naik wahana.

The Blooms Garden merupakan taman bunga luas yang kini menjadi salah satu wisata hits di Bali. Taman ini memiliki luas sekitar 5 hektar yang memiliki berbagai macam spot foto menarik. Suasana segar dengan pemandangan Gunung Agung yang megah pun akan hadir di depan mata.

Kalau kamu ingin berkeliling The Blooms Garden yang luas tanpa merasa capek, sudah ada fasilitas sepeda atau ATV yang bisa kamu sewa. Spot selfie di sini sangat banyak. Selain taman bunga luas yang bisa jadi spot selfie, juga ada spot lain seperti gerbang cinta, gedung kincir angin Belanda, spot burung merak yang bisa menyempurnakan pengalaman fotografi kamu.

Jika kurang bagus, kamu juga bisa membidik foto dengan hasil foto antimainstream dengan memanfaatkan fasilitas swing di tempat wisata Bedugul ini.

2. Danau Beratan dan Pura Ulun Danu

Bedugul - Danau Beratan dan Pura Ulun Danu (dreamstime)
Danau Beratan dan Pura Ulun Danu (dreamstime)

Alamat : Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 30.000,00 untuk orang dewasa, Rp 20.000,00 untuk anak – anak. Rp 50.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Danau Beratan merupakan danau terluas yang ada di Bali. Danau ini luasnya mencapai 375,6 hektar dan berada di ketinggian 1.230 mdpl. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, hal ini menjadikan Danau Beratan memiliki udara yang sejuk dan menjadi sebuah tempat terbaik untuk mendapatkan ketenangan.

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Kamu tidak hanya bisa berbelanja di shopping center atau pun berjalan – jalan di sekitar danau saja. Kamu juga bisa berfoto atau keliling danau dengan kano, perahu atau parasailing dan terakhir mampir ke Pura Ulun Danu.

Pura Ulun Danu ini merupakan sebuah kompleks candi besar yang ada di Bali dan berlokasi di tepian Danau Beratan. Jika air danau sedang pasang, pura yang terdapat di pinggiran danau ini akan digenangi oleh air. Inilah daya tarik pura ini yang menjadikannya spesial dan berbeda dari yang lain.

Bedugul

Kamu juga akan menemukan situs – situs bersejarah dari masa kerajaan Mengwi seperti artefak dan sarkofagus. Selain dijadikan objek wisata, sampai sekarang Pura Ulun Danu juga masih menjadi tempat untuk upacara persembahan bagi Dewi Danu.

Mengenai akomodasi tempat wisata di Bedugul ini pun sudah cukup lengkap. Kamu bisa menemukan vila yang bisa menjadi lokasi penginapan kalau kemalaman atau pun restoran di sekitar lokasi wisata.

Selain Pura Ulun Danu, wisata pura lain di Bali yang wajib kamu kunjungi yaitu Pura Besakih. Jadi setelah puas liburan di Bedugul, kamu bisa langsung banting setir ke Pura Besakih. Informasinya baca : Pura Besakih, Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi

3. Kebun Raya Bedugul

Bedugul - Kebun Raya Bedugul (befreetour)
Kebun Raya Bedugul (befreetour)

Alamat : Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 9.000,00 per orang

Kebun Raya Bedugul merupakan spot wisata di Bedugul yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan lokal atau mancanegara. Kebun yang memiliki nama lain Eka Karya ini berada di ketinggian 1.250 mdpl – 1.450 mdpl.

Dibangun pada tahun 1959, Kebun Raya Bedugul memiliki banyak tanaman tropis. Koleksi yang mereka miliki adalah berbagai jenis anggrek, begonia, tanaman paku hingga kaktus bisa kamu temukan di sini.

Kebun Raya Bedugul saat ini bahkan juga menjadi kawasan konservasi untuk tanaman pegunungan tropika yang ada di kawasan Timur Indonesia. Terdapat sekitar 580 jenis tanaman yang ditanam di sini. Jadi bagi kamu penyuka tumbuh-tumbuhan tunggu apa lagi, langsung datang ke sini untuk melihat koleksinya secara langsung.

4. Danau Tamblingan

Bedugul - Danau Tamblingan (backpackerjakarta)
Danau Tamblingan (backpackerjakarta)

Alamat : Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Danau Tamblingan adalah tempat terbaik untuk berburu sunset. Danau ini memiliki luas sekitar 160 hektar dengan kedalaman 23 meter. Suasana religi berkat keberadaan banyak pura sekaligus suasana tenang dengan hiasan pepohonan yang menjulang menjadi pemandangan indah di Danau Tamblingan.

Beberapa pura yang terletak di sekitar kawasan Danau Tamblingan di antaranya :

  • Pura Dalem Tamblingan
  • Pura Sang Hyang Kawuh
  • Pura Gubug
  • Pura Naga Loka
  • Pura Terta Mengening
  • Pura Tukang timbang
  • Pura Embang
  • Pura Endek
  • Pura Pengukiran
  • Pura Batulepang

Selain spot foto yang banyak sehingga memuaskan hasrat fotografi dan videografi kamu, di Danau Tamblingan ini kamu juga bisa berkeliling danau dengan naik sampan atau perahu yang bisa kamu sewa.

5. Bali Strawberry Farm and Restaurant

Bedugul - Bali Strawberry Farm and Restaurant (travelkompas)
Bali Strawberry Farm and Restaurant (travelkompas)

Alamat : Jl. Raya Baturiti, Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu pecinta strawberry, wajib mampir di Bali Strawberry Farm and Restaurant atau yang juga dikenal sebagai Kebun Strawberry ini. Bali Strawberry Farm and Restaurant merupakan kebun yang sangat luas. Luasnya mencapai 157,5 hektar.

Selain bisa berkeliling sambil berfoto di lahan strawberry yang luas, kamu juga bisa memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya. Kemudian buah strawberry yang sudah dipetik bisa kamu makan langsung atau dibungkus untuk dibawa pulang.

Kamu juga bisa memesan segala jenis makanan dan minuman dengan cita rasa strawberry di restonya. Tersedia menu nasi goreng strawberry, pizza rasa strawberry, smoothies strawberry, kue strawberry dan masih banyak lagi menu lainnya yang bisa kamu pesan.

6. Air Terjun Banyu Wana Amertha

Bedugul - Air Terjun Banyu Wana Amertha (gotravelly)
Air Terjun Banyu Wana Amertha (gotravelly)

Alamat : Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Wisatawan domestik Rp 10.000,00, wisatawan mancanegara Rp 20.000,00

Air Terjun Banyu Wana Amertha merupakan kompleks wisata alam yang memiliki empat coban atau empat air terjun dalam satu lokasi. Jarak antara satu air terjun dengan air terjun lain juga sangat dekat dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Selain bisa bermain – main air, mandi di bawah guyuran air terjun yang airnya sangat jernih, berendam di kolam, kamu juga bisa berfoto dengan background pemandangan alam bernuansa hijau yang indah di air terjun ini.

Pastikan kamu bawa baju ganti juga agar pulang tidak dengan baju kotor dan tidak sampai kedinginan. Jika perlu bawa bekal agar kamu tidak merasa lapar saat perjalanan pulang.

7. Bali TreeTop Adventure Park

Bali TreeTop Adventure Park (travellink-indonesia)
Bali TreeTop Adventure Park (travellink-indonesia)

Alamat : Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.30 – 18.30 WITA
Harga tiket masuk : Anak – anak Rp 105.000,00, dewasa Rp 195.000,00, Paket keluarga Rp 500.000,00

Buat kamu yang suka berpetualang di alam terbuka, kamu bisa datang berkunjung ke Bali TreeTop Adventure Park. Di sini beragam wahana bisa kamu temukan, seperti :

  • Terdapat 7 adventure circuit dengan ketinggian 2 meter sampai 20 meter
  • Terdapat berbagai wahana high rope seru seperti Spider Netx, Tarzan Jumps, Flying Swings, Suspended bridges dan berbagai macam wahana lain.
  • Flying fox yang dimiliki Bali TreeTop Adventure Park sepanjang 160 meter dan merupakan wisata dengan wahana flying fox terpanjang di Bali.

Selain cocok sebagai tempat wisata keluarga di Bali, Bali TreeTop Adventure Park yang ada di Bedugul ini juga menjadi lokasi wisata yang sangat cocok untuk kegiatan perusahaan. Aktivitas team building untuk membangkitkan kekompakan setiap karyawan yang bertugas bisa dibentuk di sini.

8. Jatiluwih

Jatiluwih (itrip)
Wisata Bedugul – Jatiluwih (itrip)

Alamat : Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Jatiluwih merupakan desa wisata yang terletak di ketinggian 700 mdpl. Desa wisata ini menghadirkan pesona pemandangan areal persawahan yang indah.

Saking indahnya, areal persawahan di Jatiluwih bahkan sudah diakui oleh UNESCO World Heritage sebagai manifestasi dari filosofi Tri Hita Karana serta menjadi areal percontohan untuk sistem irigasi subak.

Di sini kamu bisa jalan – jalan, bersepeda keliling desa wisata, berfoto dengan landscape areal persawahan, makan – makanan lezat di resto yang sudah banyak beredar dan melakukan berbagai aktivitas wisata lainnya.

Selengkapnya tentang wisata Jatiluwih, baca : Jatiluwih – Wisata Bali dengan Panorama Alam yang Indah

9. Danau Buyan

Danau Buyan (travelbiz)
Wisata Bedugul – Danau Buyan (travelbiz)

Alamat : Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Danau Buyan adalah satu dari tiga danau kembar yang lokasinya berdekatan. Danau yang lokasinya berada di ketinggian 1.350 mdpl ini merupakan danau yang terbentuk dari sebuah kaldera besar. Berada di dataran tinggi, hal tersebut menyebabkan udara di Danau Buyan sangat sejuk dan memiliki pemandangan pegunungan yang indah.

Sebagai danau kembar, danau ini diapit oleh dua danau lainnya yaitu Danau Beratan di sisi sebelah timur dan Danau Tamblingan yang terdapat di sisi sebelah barat. Suasana yang sepi dan jauh dari keramaian menjadikan danau ini sebagai tempat terbaik mencari ketenangan.

10. Pasar Candi Kuning

Bedugul - Pasar Candi Kuning (thedamai)
Wisata Bedugul – Pasar Candi Kuning (thedamai)

Alamat : Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Gratis

Setelah puas jalan – jalan di berbagai tempat wisata yang ada di Bedugul, jangan lupa sempatkan waktu untuk berburu oleh – oleh di pasar tradisional Candi Kuning. Pasar Candi Kuning ini merupakan sebuah pasar tradisional dengan sistem belanja yang masih menggunakan proses tawar menawar.

Kamu yang suka berinteraksi dengan pedagang dan suka kegiatan tawar menawar pastinya akan lihai memainkan peran di sini. Berbagai oleh – oleh khas Bali seperti pakaian, cenderamata, makanan khas sampai dengan buah – buahan bisa kamu beli untuk dibawa pulang.

Buat kamu yang masih belum punya list oleh – oleh untuk dibawa pulang, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

Rekomendasi Tempat Kuliner di Bedugul

Selain wisatanya, yang tak boleh terlewatkan dari Bedugul adalah kulinernya. Banyak banget kuliner memanjakan lidah yang bisa ditemukan di kawasan Bedugul. Beberapa tempat makan enak yang bisa jadi alternatif kunjungan kamu, di antaranya :

1. Warung Nyoman

Bedugul - Warung Nyoman (kintamani)
Warung Nyoman (kintamani)

Alamat : Jalan Raya Pacung, Baturiti, Tabanan, Baturiti, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WITA
Menu : Ayam betutu dan makanan lain

Buat kamu yang suka dengan sajian ayam betutu khas Bali bisa datang ke Warung Nyoman ini. Ada ayam betutu lawar dan ayam betutu sambal matah yang bisa jadi pilihan. Pelayanan dari staf yang ramah ditambah lokasi tempat usaha yang bersih dan luas menjadi nilai plus Warung Nyoman ini.

Selain tersedia menu ayam betutu, ada juga menu lain yang bisa dipesan seperti nasi goreng, mie goreng, makanan yang terbuat dari babi (bagi yang suka), steak, pizza dan ramen.

2. Café Tahu

Bedugul - Cafe Tahu (kintamani)
Cafe Tahu (kintamani)

Alamat : Km. 37, Bedugul, Jl. Raya Denpasar, Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 8
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 19.00 WITA
Menu : Aneka olahan tahu

Sesuai namanya, Café tahu merupakan sebuah tempat makan yang menyediakan aneka olahan tahu. Terdapat sampai dengan 34 menu olahan tahu yang disediakan mulai dari tahu goreng, tahu godog sampai dengan aneka kreasi olahan tahu lainnya.

Kalau kamu ingin mencari tempat yang nyaman untuk kumpul keluarga dengan gazebo beratap jerami dan taman yang luas, wajib datang ke Café tahu. Tempat parkirnya pun cukup luas sehingga kamu tidak perlu bingung akan parkir kendaraan di mana.

3. Rumah Makan Saras

Bedugul - Rumah Makan Saras (booking-bali-villas)
Rumah Makan Saras (booking-bali-villas)

Alamat : Jl. Baturiti Bedugul No. 7, Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 21.00 WITA
Menu : Aneka masakan nusantara dan camilan

Rumah Makan Saras adalah rumah makan yang menyediakan aneka masakan khas Bali yang lezat. Pemandangan alam yang indah berupa areal persawahan Bedugul akan memanjakan mata kamu. Rumah Makan Saras juga memiliki penginapan yang bisa dijadikan pilihan tempat menginap bagi wisatawan.

Beberapa menu yang disediakan di Rumah Makan Saras di antaranya :

  • Nasi goreng vegetarian
  • Ayam betutu
  • Plecing kangkung
  • Pisang goreng
  • Banana Van Cake
  • Cap cay kuah dan cap cay goreng

Menu masakan terbaik yang menjadi best seller di Rumah Makan Saras adalah cap caynya. Kamu wajib coba!

Rekomendasi tempat wisata kuliner lainnya, Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Ada wisata apalagi di Bali?

Selain kawasan Bedugul yang menarik dikunjungi, hampir setiap daerah di Bali punya keindahan tersendiri yang layak menjadi alasan kunjungan. Baca : 41 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Sementara buat kamu yang masih belum punya itinerary wisata nih, buat sedari sekarang. Referensi itinerary yang bisa kamu buat, baca : Liburan Tak Terlupakan – Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis

Bagaimana? Sudah punya gambaran akan berwisata ke mana saja? Atau ingin berkunjung ke semua tempat wisata yang sudah disebutkan di atas? Boleh banget! Pastikan kamu sudah menyiapkan semua peralatan lengkap sebelum memutuskan liburan di Bedugul dan daerah Bali lainnya. Selamat bersenang – senang!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!