9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda
HeHa Sky View (camerawisata)

9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

Bukan hanya Pantai Parangtritis, Candi Borobudur atau pun Malioboro saja yang baik dijadikan tujuan wisata ketika jalan – jalan di Jogja. Sekarang, semakin banyak tempat wisata di Jogja yang harus masuk itinerary liburan kalau ke Jogja.

Sebagian tempat wisata tersebut merupakan spot wisata baru yang menghadirkan pengalaman traveling tak ada duanya bagi wisatawan. Suasana yang instagramable dan menyenangkan akan menjadikan perjalanan liburan kamu seru dan tak terlupakan.

Apa sajakah tempat wisata di Jogja yang recommended untuk menjadi pilihan wisata khususnya bagi kaula muda yang doyan traveling? Berikut ini daftarnya sobat!

Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

1. Upside Down World

wisata di Jogja - Upside Down World (metatrip)
Upside Down World (metatrip)

Alamat : Jl. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Dewasa Rp 80.000,00 per orang, anak – anak Rp 40.000,00

Buat kamu yang ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata di Jogja dengan sensasi yang berbeda, maka kamu wajib berkunjung ke Upside Down World. Tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan sebuah wisata dunia terbalik.

Di sini, kamu akan menemukan berbagai macam ruang seperti ruang dapur, kamar mandi, ruang tamu, ruang anak-anak, ruang mencuci baju, ruang makan serta kamar tidur yang ditata terbalik. Semua perabotan dan perlengkapan yang ditata di dalam ruang tersebut juga merupakan perabotan dan perlengkapan asli loh, unik bukan?

Pastinya hasil foto yang sangat keren akan kamu dapatkan dengan berfoto di tempat wisata unik Jogja ini. Selain disukai oleh anak muda, wisata di Jogja ini juga sangat disukai oleh anak – anak karena memberikan konsep wisata yang baru dan unik bagi mereka.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke sini, rute yang perlu kamu lalui cukup mudah. Perjalanan kamu bisa dimulai dari pusat kota Yogyakarta menuju Jalan Ringroad Utara dengan waktu tempuh sekitar 26 menit. Lokasi wisata di Jogja Upside Down World ini berada tepat di seberang Indomaret Casa Grande.

2. HeHa Sky View

wisata di Jogja - HeHa Sky View (camerawisata)
HeHa Sky View (camerawisata)

Alamat : Jl. Dlingo-Patuk Nomor 2, Patuk, Bukit, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 22.00 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah untuk tiket masuk pukul 10.00 – 16.30 WIB, 15 ribu rupiah pukul 16.30 – 22.00 WIB

Menghadirkan konsep resto sekaligus spot selfie yang keren menjadikan tempat wisata di Jogja yang satu ini sering diburu wisatawan yang berkunjung dari luar kota. Tak hanya siang hari, keindahan HeHa Sky View semakin menawan di malam hari dengan tatanan lampu yang bersinar terang.

Kamu yang ingin berwisata alam, mengisi perut sampai kenyang dan mencari tempat foto instagramable baik di siang hari atau di malam hari wajib banget datang ke HeHa Sky View. Untuk jajanan dan minuman yang tersedia dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai 5 ribu rupiah untuk makanan dan minuman nusantara dan di atas 100 ribu rupiah untuk makanan dan minuman luar negeri.

Oh ya, suasana bersahabat yang Jogja tawarkan tak hanya indah dinikmati dari Sky View saja loh. Banyak kaula muda yang suka menikmati suasana menyenangkan di Jogja dengan nongkrong di berbagai café unik yang membanderl harga menu makanan dan minuman murah meriah. Rekomendasinya, baca : 8 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jogja Untuk Anak Muda

3. De Mata Trick Eye Museum

wisata di Jogja - De Mata Trick Eye Museum (glints)
De Mata Trick Eye Museum (glints)

Alamat : XT Square, Jl. Veteran No. 150 – 151, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Senin sampai Jumat 120 ribu rupiah, hari sabtu, minggu dan hari libur 140 ribu rupiah.

Masih membahas tentang wisata unik dan hits di Jogja. Selanjutnya ada De Mata Trick Eye Museum yang nggak kalah menarik dari wisata Upside Down World yang telah kita bahas sebelumnya. Pada tempat wisata ini, mata kamu akan terpanah dengan tipuan ilusi yang ditampilkan.

De Mata Trick Eye Museum sendiri disebut sebagai salah satu wisata tipuan mata yang paling besar di dunia karena wisata yang menempati basement XT Square Yogyakarta ini menghadirkan sebanyak 120 gambar tiga dimensi. Jumlah gambar tiga dimensi tersebut bahkan jauh lebih banyak dibandingkan yang ada di luar negeri yaitu hanya 70 gambar saja.

Di sini berbagai macam tema dihadirkan mulai dari tema alam, olahraga, tokoh dunia, artis, binatang, super hero, romance, ornamen, sirkus dan beberapa objek wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta.

Selama berkeliling di De Mata Trick Eye Museum, kamu pun tidak akan merasa jenuh atau bosan karena penempatan gambar tiga dimensi yang menjadi ilusi optiknya dikonsep dengan model labirin yang unik dan menarik.

4. Jogja Bay Pirates Adventure Park

wisata di Jogja - Jogja Bay Pirates Adventure Park (klook)
Jogja Bay Pirates Adventure Park (klook)

Alamat : Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : 90 ribu rupiah per orang. Lansia 25 ribu rupiah per orang, bayi usia 0 – 2 tahun gratis

Jogja Bay Pirates Adventure Park merupakan sebuah taman bermain yang berisikan aneka ragam wahana permainan air yang dibuka sejak tanggal 20 Desember 2015 lalu. Kamu yang sedang mencari wisata di Jogja dan cocok dikunjungi bersama anak – anak bisa banget datang ke sini karena konsep wisata yang unik, menarik dan menyenangkan dihadirkan.

Terdapat sekitar 17 wahana yang mengusung tema bajak laut dan semua wahana tersebut mengacu pada water park and water boom yang ada di Orlando, Amerika Serikat. Jadi buat kamu yang ingin mengajak anak liburan di water park and water boom yang ada di Orlando, sebelum jauh – jauh ke luar negeri lebih baik datang ke wisata di Jogja ini terlebih dahulu.

wisata di Jogja - Jogja Bay Pirates Adventure Park (widyalokawisata)
Jogja Bay Pirates Adventure Park (widyalokawisata)

Ke-17 wahana yang bisa kamu jadikan wahana bermain bersama sang buah hati tercinta ketika berlibur di taman bermain yang dibangun di atas lahan seluas 7,7 hektar ini di antaranya :

  • Memo racer : tempat seluncur air yang terdiri atas 8 papan luncur aneka warna
  • Bekti adventure : tempat seluncur air yang meliuk – liuk seperti ular raksasa cocok buat kamu yang ingin mendapatkan pengalaman seru di wahana air ini
  • Volcano roaster : buat kamu yang suka wahana wisata yang memacu adrenalin bisa banget mencoba wahana ini
  • Timo – timo rider : wahana ini akan membuat kamu seolah sedang meluncur di lautan lepas. Kamu akan meluncur menggunakan ban dalam mengelilingi tiga kali putaran
  • Jolie raft river : kalau kamu ingin merasakan sensasi timo – timo rider yang ombaknya lebih lembut dengan lintasan yang tidak begitu ekstrim, bisa memilih jolie raft river ini.
  • Brando boomeranggo : rasakan sensasi putaran bumerang di sini
  • Ziggi giant barrel : Perosotan pendek yang aman sebagai tempat bermain anak – anak
  • Mimi family : wahana air yang cocok dijadikan tempat berkumpul dan bermain bersama anak
  • Hip playground : wahana air dengan air mancur pendek untuk anak
  • South beach : wahana air dengan sapuan ombak selayaknya sedang bermain di tepian laut
  • Donte wild river : kalau kamu rindu suasana bermain di sungai, kamu bisa bermain di wahana ini
  • Kula playpool : kolam renang dengan gazebo yang kedalamannya 1 – 1,7 meter
  • Program mimi bermain : program edukasi yang terdiri atas cooking class, natural batik, dan garden tour
  • Drama musical : cerita tentang Story of Jogja Bay akan dipentaskan setiap hari sabtu dan minggu
  • Flying jose : wahana flying fox yang seru
  • Holidayfest : permainan berhadiah yang diadakan pada Desember sampai Januari
  • Museum air : wahana edukasi yang mengusung tema pentingnya air dalam kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan

5. Taman Pelangi

Taman Pelangi (jayakartanews)
Taman Pelangi (jayakartanews)

Alamat : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin sampai jumat 16.30 – 22.00 WIB, sabtu dan minggu 16.30 – 23.00 WIB
Harga tiket masuk : 15 ribu rupiah di hari biasa, 20 ribu rupiah di akhir pekan

Buat kamu yang sedang mencari wisata di Jogja untuk malam hari, kamu bisa datangi wisata Taman Pelangi. Di sini, kamu akan menyaksikan eksotismenya malam Jogja dengan pesona lampion aneka warna.

Berbagai jenis lampion dihadirkan dengan desain indah. Beberapa lampion yang menjadi langganan background foto pengunjung di antaranya yaitu lampion bunga sakura, lampion burung merak dan burung unta, lampion naga, lampion tokoh kartun, lampion beruang, lampion wajah tokoh nasional, dan berbagai desain lampion menarik lainnya.

Selain memiliki lampion dengan berbagai desain unik, berbagai permainan juga disediakan seperti speed boat, junior jet, safari train, ATV, bola air dan becak mini. Kamu yang kelaparan dan mencari street food murah juga bisa mendapatkannya di sini.

6. Embung Nglanggeran

wisata di Jogja - Embung Nglanggeran (pegipegi)
Embung Nglanggeran (pegipegi)

Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah, belum termasuk tiket parkir

Kalau kamu mencari sebuah tempat wisata alam di Jogja, kamu bisa menjelajah Embung Nglanggeran yang ada di Gunung Kidul, Jogja. Tempat wisata di Jogja yang satu ini menyuguhkan pesona telaga buatan dengan air berwarna biru jernih yang dikelilingi tebing dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Telaga buatan ini sendiri sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, melainkan memiliki fungsi utama untuk mengaliri kebun buah yang ada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Suasana yang sejuk akan kamu rasakan selama berwisata di tempat wisata yang satu ini.

7. Pule Payung

Pule Payung (visitingjogja)
Pule Payung (visitingjogja)

Alamat : Soropati RT 007/ RW 003, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin sampai jumat 09.00 – 16.00, sabtu, minggu dan hari libur 09.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Kalau pesona alam Embung Nglanggeran masih belum bisa membuat kamu puas, perjalanan menyaksikan keindahan danau yang menawan bisa kamu lanjutkan dengan berwisata di Pule Payung. Di sini pemandangan Waduk Sermo dari atas ketinggian bisa kamu nikmati sembari bersantai dan berfoto – foto.

Wisata di Jogja ini berada dalam satu kawasan wisata Waduk Sermo sehingga untuk sampai di tempat wisata ini ada dua retribusi yang perlu kamu bayar yaitu retribusi sebagai tiket masuk ke Waduk Sermo dan retribusi ke Pule Payung. Memang tidak gratis sih, namun akan sebanding dengan pemandangan yang ditawarkan.

Selain menawarkan pemandangan keren yang cocok dijadikan area membidik foto, Pule Payung juga memiliki beberapa wahana bermain seperti sepeda langit dan flying fox.

8. Teras Kaca Pantai Nguluran

wisata di Jogja - Teras Kaca Pantai Nguluran (wisatakaka)
Teras Kaca Pantai Nguluran (wisatakaka)

Alamat : Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Senin sampai jumat 5 ribu rupiah, sabtu, minggu dan hari libur 10 ribu rupiah

Tak lengkap rasanya kalau liburan ke Jogja enggak mampir di tempat wisata pantai. Ada banyak loh wisata pantai di Jogja yang bisa kamu sambangi selain Parangtritis. Salah satunya adalah Pantai Nguluran dengan pesona teras kaca super mewah yang harus menjadi spot foto kamu.

Teras kaca Pantai Nguluran memang masih baru saja dibangun dan sejak dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang melakukan pemotretan di Teras kaca Pantai Nguluran ini. Bahkan banyak yang melakukan sesi foto prewedding atau post wedding di sini.

Untuk bisa sampai ke teras kaca Pantai Nguluran, kamu hanya perlu ikuti rute jalan menuju ke Pantai Gesing. Kemudian selanjutnya perjalanan yang perlu dilalui hanya sekitar 300 meter ke arah barat, barulah kamu akan tiba di pantai yang lagi ngehits ini.

Selain Pantai Nguluran dengan panorama indah laut kebiruan dan teras kacanya yang instagenic, banyak wisata pantai lain di Jogja yang juga cocok jadi tujuan wisata kamu. Salah satunya adalah Pantai Timang, terkenal dengan gondola yang bisa membawa wisatawan sampai di Pulau Timang. Seperti apa tempat wisata yang satu ini? Baca : Pantai Timang, Wisata Pantai di Jogja Terkeren

Rekomendasi wisata pantai lainnya, baca : 10 Pantai di Gunung Kidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

9. Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta (dolanyok)
Hutan Mangrove Wana Tirta (dolanyok)

Alamat : Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah

Last but not least, ada wisata Hutan Mangrove Wana Tirta yang bisa kamu sambangi. Tak kalah indah dari teras kaca Pantai Nguluran, di tempat wisata ini pun kamu akan merasakan sensasi wisata yang menyenangkan.

Mengapa? Sama halnya dengan teras kaca Pantai Nguluran yang sering dijadikan spot foto prewedding dan post wedding, wisata di Jogja ini juga seringkali menjadi langganan. Bahkan banyak aktivitas shooting juga di sini.

Ketika berada di Hutan Mangrove Wana Tirta, kamu bisa berfoto dengan latar belakang vegetasi hutan bakau yang memukau dilengkapi jembatan kayu yang indah. Terdapat juga saung – saung yang bisa kamu gunakan untuk bersantai setelah puas menyusuri wisata dan berfoto – foto.

Ada Apa Lagi di Jogja?

Selain tempat – tempat wisata baru di atas, tempat wisata apalagi yang bisa dikunjungi di Jogja?

Baca : 28 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Jangan lupa juga untuk berwisata kuliner kalau berada di Jogja karena ada banyak tempat kuliner dengan sajian menu yang lezat di Jogja. Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Setelah puas jalan – jalan dan mengunjungi berbagai wisata di Jogja, jangan lupa pulangnya membeli oleh – oleh untuk keluarga dan sanak saudara di rumah. Banyak loh oleh – oleh murah yang bisa kamu beli di Jogja, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

Itulah rekomendasi lengkap wisata di Jogja yang paling hits dan cocok banget dikunjungi kaula muda. Jangan lupa bawa peralatan fotografi kamu dan bidik semua foto keren ketika berwisata di Jogja. Jangan sampai ketinggalan ya!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!