5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Maribaya Bandung
Share ke teman kamu

Sudah tidak aneh lagi bila kota Bandung dipenuhi oleh kendaraan bernomor polisi Jakarta pada akhir pekan. Kota berudara sejuk ini telah menjadi tempat tujuan wisata akhir pekan favorit bagi warga Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan, Bandung memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi?

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih terletak di Ciwidey, sebuah daerah di sebelah selatan Bandung. Berjarak sekitar 50 KM dari pusat kota Bandung, Kawah Putih dapat dicapai dengan mudah karena sudah ada jalan yang memadai untuk pengendara kendaraan pribadi, serta tersedia juga kendaraan umum bagi mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kawah Putih menawarkan sebuah pengalaman menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tiada duanya. Dengan udara yang dingin dilengkapi dengan pemandangan kawah bertanah putih, Kawah Putih Ciwidey tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Selain itu, warna air yang ada di Kawah Putih juga dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan cuaca dan suhu. Suasana unik juga dapat tercipta dari ketebalan kabut yang berubah-ubah setiap beberapa menit.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling ramai pengunjung. Alasan dibalik ramainya tempat wisata alam ini adalah karena keindahan yang ditawarkannya, serta kemudahan untuk mencapai lokasi. Berlokasi hanya sekitar 20 KM di sebelah utara Bandung, Tangkuban Perahu adalah salah satu penyebab kemacetan di Lembang.

Gunung Tangkuban Perahu juga mempunyai sebuah legenda menarik yang menceritakan tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang berusaha menikah dengan ibu kandungnya sendiri. Mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya sendiri, sang ibu yang bernama Dayang Sumbi segera membuat syarat yang berat untuk menikah. Syarat yang dimaksud adalah bahwa Sangkuriang harus membuat sebuah danau dan perahu dalam 1 malam.

Singkat cerita, Sangkuriang gagal menyelesaikan danau dan perahu yang diinginkan sehingga ia menjadi murka dan menendang perahu yang telah dibuatnya. Perahu tersebut kemudian jatuh terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Bila dilihat dari jauh, Anda akan menyadari bahwa bentuk Gunung Tangkuban Perahu benar-benar serupa dengan bentuk perahu yang terbalik.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang terkenal, terutama bagi para pecinta danau. Asal nama danau Situ Patenggang adalah dari bahasa Sunda yang berarti ‘saling mencari’. Kata ‘saling mencari’ ini bukanlah kata sembarangan karena ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa dulunya ada sepasang kekasih yang terpisah. Mereka saling mencari sampai akhirnya bertemu di tempat ini.

Menariknya, di Situ Patenggang terdapat sebuah pulau dengan bentuk hati. Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Asmara, atau sering disebut juga dengan nama Pulau Sasaka. Selain itu, di danau ini juga terdapat sebuah batu yang disebut sebagai batu cinta.

Danau Situ Patenggang berlokasi di sebelah selatan Bandung, tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, yaitu Kawah Putih Ciwidey. Karena lokasinya yang berdekatan, biasanya pengunjung akan mengunjungi kedua tempat wisata alam ini sekaligus dalam 1 hari.

4. Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit Moko

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui keberadaan Bukit Moko. Walau jarang diketahui warga Jakarta, Bukit Moko sebenarnya adalah tempat terbaik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan di Bandung. Tempat wisata alam yang disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di Bandung ini selalu ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya setiap akhir pekan.

Di tempat ini, terdapat sebuah warung yang cukup terkenal dengan sebutan Warung Daweung. Warung ini bukan sembarang warung karena menawarkan pemandangan kota Bandung dari atas, dilengkapi dengan udara sejuk dan minuman hangat sehingga dengan cepat menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.

Untuk dapat mencapai Bukit Moko yang berlokasi di Desa Cimenyan, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di daerah ini. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati berkendara di jalur ini terutama pada saat hujan, karena jalan yang akan Anda lalui terjal dan berkelok-kelok.

5. Maribaya

Maribaya Bandung

Maribaya Bandung

Maribaya yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 22 KM dari pusat kota Bandung, adalah sebuah tempat wisata alam yang terkenal dengan sumber mata air panas belerang. Seperti di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas belerang di tempat wisata ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat membuat kulit menjadi mulus.

Selain terkenal dengan mata air panasnya, Maribaya juga disukai karena menawarkan wisata alam lain berupa air terjun dan taman. Salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya selain berendam air panas alami adalah trekking.

5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi
4.74 (94.84%) 31 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

6 thoughts on “5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

  1. waduh masih banyak yg perlu di kunjungi, hanya baru berkunjung ke danau setu patenggang itu juga acara gathering kantor..wajib emang harus di kunjungin kalo kebandung.

  2. Wah, banyak juga ya wisata di Bandung, jadi pengin ke Bandung lagi. Terimakasih referensi wisatanya.

  3. Saya senang bisa mengunjungi tempat2 yg ada di bandung.
    Jka aq masih hidup aq pengin kesitu lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *