10 Destinasi Bulan Madu Terbaik Untuk Kamu & Dia
10+ Ide Destinasi Bulan Madu Terbaik di Dalam Negeri dan Luar Negeri

10 Destinasi Bulan Madu Terbaik Untuk Kamu & Dia

Bagi dua sejoli yang baru saja menikah, bulan madu menjadi alternatif cara menjalin keakraban satu sama lain yang sangat penting dilakukan.

Jika di antara kamu ada yang akan melaksanakan sesi bulan madu atau honeymoon dan kebetulan sedang mencari ide destinasi bulan madu terbaik nih, di sini kami akan bagikan rekomendasi destinasinya.

Yaps, di Indonesia banyak destinasi honeymoon / bulan madu yang cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan lho! Namun jika memang kamu merasa punya budget yang lebih banyak dan ingin merasakan bulan madu di luar negeri, juga banyak destinasi luar negeri yang cocok menjadi tempat honeymoon kamu.

Nah, inspirasi destinasinya akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Let’s check this out!

Destinasi Bulan Madu Terbaik di Dalam Negeri dan Luar Negeri

Dalam pembahasan tentang tempat keren untuk bulan madu kali ini, kami akan bagi pembahasannya dalam dua part. Part pertama akan membahas tentang destinasi bulan madu terbaik di dalam negeri dan part kedua akan membahas tentang destinasi bulan madu di luar negeri.

Ide Destinasi Bulan Madu Terbaik di Dalam Negeri dan Luar Negeri

Dimanapun pilihan bulan madu kamu baik itu di dalam negeri atau di luar negeri, yang paling penting sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya. Tempat bulan madu di dalam negeri juga banyak yang keren kok, bahkan tidak kalah dengan tempat bulan madu di luar negeri.

BACA JUGA : 11 Tempat wisata terbaik di Indonesia untuk dikunjungi

Beberapa rekomendasi tempat keren untuk honeymoon di dalam negeri yang cocok untuk kamu jadikan tujuan honeymoon atau bulan madu bersama pasangan terkasih di antaranya :

1. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun bulan madu

Alamat : Jl. Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Rekomendasi tempat terbaik untuk bulan madu yang pertama kami rekomendasikan buat kamu adalah Kampung Sampireun yang ada di kawasan Garut, Jawa Barat. Kampung Sampireun sendiri sebenarnya bukan merupakan tempat wisata, melainkan sebuah resort dan spa yang namanya sangat terkenal karena keindahan alam yang ditawarkan.

Kampung Sampireun merupakan resort dan spa yang luasnya sebesar 4 hektar. Kamar hotel yang nyaman, area spa yang bagus dan juga ada sebuah danau yang sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai dan menghabiskan waktu bersama pasangan. Abadikan setiap moment kamu di Kampung Sampireun.

Di Kampung Sampireun ini kamu akan menyaksikan kawasan wisata dengan nuansa Sunda yang sangat khas. Desain bungalow yang semakin menambah suasana khas Sunda turut menjadi pelengkap dari resort dan spa Kampung Sampireun ini. Jadi akan tenang banget kalau bulan madu disini.

Kampung Sampireun2

Banyak aktivitas wisata yang kamu bisa lakukan di sini. Di danau yang luas, kamu bisa bersantai sembari berfoto. Kamu juga dapat naik perahu di danau tersebut. Romantis banget deh pastinya!

Mengenai fasilitas dan akomodasi yang disediakan di Kampung Sampireun sangat banyak. Restoran Seruling Bambu, Boutique, Bale Putri Amantie, dan warung kopi kampung bisa menjadi teman perjalanan kamu di Kampung Sampireun ini.

Kamu dan pasangan pastinya akan menemukan kedamaian yang tak ada duanya ketika honeymoon di salah satu resort and spa di Garut ini. Jadi, tunggu apalagi?

Butuh tempat terbaik honeymoon di Jawa Barat? Langsung saja ke Kampung Sampireun!

Selain Kampung Sampireun, Garut juga punya banyak wisata menarik lain, Baca : 15 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

2. Pulau Ora, Bulan madu di Maluku

Pulau Ora, Maluku

Alamat : Desa Sawai dan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Pantai Ora merupakan sebuah kawasan pantai yang ada di antara dua desa, Desa Sawai dan Desa Saleman. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang memiliki air laut jernih dan bersih, dengan taman bawah laut yang juga sangat indah. Keindahan taman bawah laut pantai ini menjadikan banyak orang yang menyebut kalau Pantai Ora mirip seperti pantai di Maladewa atau Maldives.

Wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini dapat melihat keindahan terumbu karang di Pantai Ora tanpa perlu menyelam terlalu dalam, karena hanya dengan menyelam kurang lebih sekitar 2 sampai dengan 3 meter, wisatawan sudah bisa melihat pesona alam bawah lautnya dengan sangat jelas.

Pantai Ora ini cocok untuk kamu yang sedang honeymoon karena di tengah laut terdapat sebuah bungalow yang bisa kamu jadikan tempat bermalam syahdu bersama pasangan. Bagi kalian pasangan baru, di mana lagi dapat merasakan sensasi menginap di tengah laut?

BACA JUGA : 19 Tempat wisata paling trending tahun ini di indonesia

Selain terdapat laut dan pantai, pulau ini juga punya berbagai macam keindahan alam yang sangat keren untuk dinikmati. Tebing dan pegunungan yang ada di sekitar juga bisa kamu jelajahi.

3. Bulan Madu di Gunung Bromo

Gunung Bromo
Bulan Madu di Bromo

Alamat : Probolinggo, Jawa Timur
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 WIB
Harga tiket masuk : 25 ribu rupiah per orang

Wisata Gunung Bromo sebenarnya merupakan sebuah wisata di Jawa Timur yang masuk ke empat daerah sekaligus. Gunung Bromo masuk ke daerah Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang. Namun memang yang paling terkenal, akses ke Gunung Bromo adalah dari Probolinggo, Jawa Timur.

Ketika kamu berkunjung ke Gunung Bromo, keindahan alam khas Pegunungan akan kamu temukan. Kamu dapat melihat perbukitan berwarna hijau dengan rumput savanna yang mengelilingi lautan pasir.

Kamu juga dapat menikmati sunrise dari puncak gunung yang sangat menakjubkan pesonanya. Bromo punya banyak spot menarik yang kamu bisa sambangi. Nggak hanya bisa ke Kawah Bromo saja, melainkan kamu juga bisa datang ke berbagai spot ikonik lainnya seperti :

  • Pasir Berisik
  • Bukit Teletubbies
  • Padang rumput savanna
  • Pura Luhur Poten
  • B29 Argosari
  • Bukit Mentigen
  • Bukit Cinta
  • Bukit Kingkong
  • Penanjakan 1
  • Penanjakan 2

Kamu bisa naik jeep dan naik kuda untuk berkeliling di kawasan Bromo. Banyak jasa tour guide yang kamu bisa gunakan selama berwisata di Bromo.

4. Kawasan Malioboro, Jogja

Kawasan Malioboro, Jogja bulan madu
Bulan Madu Di Jogja

Alamat : Jl. Malioboro, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Sebagai jantung kota Jogja, Malioboro merupakan kawasan yang menjadi tujuan pertama bagi orang – orang yang berwisata di Jogja termasuk mereka yang akan honeymoon. Di Malioboro, kamu dan pasangan bisa jalan – jalan dan mencari berbagai macam oleh – oleh khas Jogja, berbelanja baju batik murah dan berbelanja makanan khas Jogja.

Bbanyak rekomendasi hotel yang kamu bisa sambangi di Jogja. Beberapa hotel di kawasan Malioboro yang kamu bisa sambangi di antaranya :

  • Hotel Neo Malioboro
  • Grand Inna Malioboro
  • POP! Hotel Malioboro
  • Hotel Ibis Malioboro

BACA JUGA : 12 Tips berburu tiket pesawat murah untuk liburan

Dari semuanya, yang paling sering menjadi hotel pilihan untuk mereka yang berbulan madu adalah Hotel Ibis dan Grand Inna Malioboro. Kamu pun bisa pinned hotel tersebut sebagai hotel terbaik di Jogja untuk menjadi tempat honeymoon kamu dan pasangan.

Setelah puas jalan – jalan di Malioboro dan mencari berbagai oleh – oleh, kamu pun bisa datang berwisata ke berbagai tempat wisata di Jogja mulai dari wisata candi sampai dengan pantainya.

Kamu dapat membaca rekomendasi oleh – oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

5. Raja Ampat

Raja Ampat
Bulan madu di Raja Ampat

Alamat : pantai – pantai di Raja Ampat
Map : Klik di sini
Jam buka : Sesuai ketentuan masing – masing pantai
Harga tiket masuk : –

Raja Ampat memang surganya wisata laut. Jika kamu dan pasangan sama – sama pecinta pantai, maka datang berwisata ke Raja Ampat sangat dianjurkan.Karena banyak pantai yang kamu bisa kunjungi di Raja Ampat.

Semua pantai yang ada memiliki air laut yang jernih, pasir pantai yang berwarna putih, taman bawah laut dengan terumbu karang yang sangat indah dan penuh pesona. Kamu bisa mengabadikan segala momen seru kamu selama berada di Raja Ampat.

Destinasi wisata apa saja yang kamu bisa kunjungi selama di Raja Ampat, cek di bawah ini ya :

  • Pulau Misool. Kamu akan merasakan sensasi seperti berada di pulau pribadi ketika berwisata di Pulau Misool yang punya air laut jernih dan tebing indah.
  • Star Lagoon. Pemandangan laguna nan indah bisa kamu temukan di Star Lagoon.
  • Batu Pensil. Kamu dapat berfoto dengan karang ikonik di Batu Pensil.
  • Pulau Wayag. Pulau Wayag ini adalah iconnya Raja Ampat. Kamu bisa berfoto dengan background batu – batu berjejer berwarna hijau yang sangat indah. Kesannya menyatu dengan alam laut di Pulau Wayag.
  • Desa Arborek. Kamu bisa berkenalan dengan warga yang ramah di desa ini.
  • Desa Sawinggrai, desa tempat kamu bisa menyaksikan banyak burung cendrawasih.
  • Pasir Timbul yang punya keindahan pasir yang indah.
  • Desa Wisata Sauwandarek. Beragam spot asyik dengan terumbu karang yang indah dapat kamu temukan disini.
  • Pianemo. Tempat terbaik menikmati alam Raja Ampat dari atas ketinggian.
  • Air Terjun Batanta. Kamu bisa merasakan sensasi lain dari Raja Ampat disini. Air Terjun Batanta juga sekaligus menjadi bukti bahwa Raja Ampat nggak hanya punya wisata berupa pantai saja, melainkan juga punya wisata air terjun yang sejuk dan indah.

Selain beberapa tempat wisata di atas yang cocok menjadi rekomendasi destinasi bulan madu kamu dan pasangan, kamu juga bisa honeymoon ke luar negeri jika memang memungkinkan. Beberapa rekomendasi tempat honeymoon di luar negeri yang cocok banget untuk warga Indonesia yang berminat honeymoon di luar negeri di antaranya :

6. Halong Bay, Vietnam

Halong Bay, Vietnam

Alamat : Ha Long, Quang Ning, Vietnam
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : –

Halong Bay merupakan sebuah wisata danau yang sangat luas di Vietnam. Luasnya mencapai 43.400 hektar. Kamu yang ingin berwisata dengan pasangan dan mendapatkan pengalaman bulan madu yang berbeda bisa banget datang ke Halong Bay, Vietnam.

Halong Bay bisa kamu datangi dengan perjalanan dimulai dari kota Hanoi. Jarak tempuh dari kota Hanoi ke Halong Bay hanya sejauh kurang lebih 3 sampai dengan 4 jam saja.

Perjalanannya memang tidak mudah. Namun kamu akan merasakan kesenangan ketika sampai di Halong Bay karena di sepanjang pantai tebing yang indah, gagah dan cocok menjadi landscape fotografi akan kamu temukan.

Mengenai moda transportasi apa yang kamu bisa gunakan tak perlu dikhawatirkan lagi. Banyak akses transportasi umum yang kamu bisa manfaatkan dan semuanya aman.

7. Palawan, Filipina

Palawan, Filiphina
Bulan madu di Filipina

Alamat : Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : –

Palawan merupakan nama sebuah provinsi yang punya banyak tempat wisata menarik di Filipina. Buat kamu yang hobi banget melakukan perjalanan wisata alam dan ingin honeymoon atau bulan madu ke berbagai tempat wisata menarik dan romantis di Filipina bisa langsung datang ke Palawan.

Beberapa tempat wisata yang kamu bisa sambangi di antaranya seperti Danau Kayangan yang punya laguna super keren, Puerto Princesa Subterranean Park yang menjadi bagian dari cagar budaya UNESCO sejak tahun 1999, El Nido sebuah kawasan wisata pantai yang punya segudang keindahan. Cocok banget buat bulan madu kamu

Juga ada wisata lain di Palawan seperti Calauit Safari Park yang menyimpan berbagai fauna, serta Tabon Caves yang merupakan kumpulan goa indah di Filipina. Semuanya memberikan pengalaman wisata bulan madu tersendiri buat kamu yang datang.

8. Phuket, Thailand

Phuket, Thailand bulan madu
Bulan madu di Thailand

Alamat : Thailand
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : –

Phuket merupakan sebuah provinsi di Thailand yang punya segudang wisata pantai yang indah. Pantai – pantai dengan pasir putih bersih dan air laut sangat jernih bisa kamu temukan di Thailand dengan berkunjung ke Phuket.

Sampai saat ini Phuket masih menjadi idola tujuan wisata para turis yang datang ke Thailand. Oleh sebab itu, wajar jika Phuket didaulat menjadi satu dari 10 destinasi wisata terbaik di dunia dalam 2019 Traveler’s Choice Award yang diselenggarakan pada 2019 lalu.

BACA JUGA: 20 Hidangan Khas Wisata Kuliner Indonesia yang Bikin Kangen

Di Phuket, untuk bulan madu kamu bisa menginap di kawasan Phuket Town dimana di sana terdapat berbagai macam tempat penginapan murah meriah. Kamu yang datang ke Thailand bersama pasangan dan sama – sama ingin backpackeran bisa banget cari berbagai tempat penginapan murah di kawasan Phuket Town.

Setelah menginap di Phuket Town, paginya kamu bisa sambangi pantai bernama Patong Beach yang cocok banget untuk menjadi tempat liburan yang aksesnya dekat dengan banyak penginapan.

Selain di Phuket Town, kamu juga bisa menginap di area pantai seperti Patong Beach. Bisa dibilang, pantai satu ini jadi area paling ramai di Phuket.

9. Bagan, Myanmar

Bagan, Myanmar bulan madu
Bulan madu di Myanmar

Alamat : Myanmar
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : –

Bagan yang sebelumnya dikenal dengan nama Pagan merupakan sebuah kota kuno di Divisi Mandalay, Myanmar. Sebelumnya pada abad ke-9 sampai dengan abad ke-13, Pagan mendapat julukan sebagai Arimaddanapura atau Arimaddana yang juga disebut sebagai Tambadipa atau Tassadessa.

Di Bagan, kamu bisa jalan – jalan pada area bekas kerajaan Myanmar. Banyak candi – candi yang sangat indah dan bernuansa antik yang kamu bisa temukan di Bagan. Naik balon udara juga dapat menjadi aktivitas honeymoon yang menyenangkan bersama si dia.

Berbeda dengan candi – candi yang ada di kawasan Asia candi – candi yang ada di Bagan terdiri dari 2 warna yaitu berwarna putih dan berwarna merah bata. Putih melambangkan kesucian karena candi ini memang disakralkan. Sementara merah bata melambangkan kejayaan dan kemegahan bagi warga sekitar.

Atas dasar literature sejarah yang ada, Bagan mulai dibangun sebelum abad ke-10 Masehi di masa kekuasaan kerajaan Pagan. Nah, kerajaan ini adalah asal mula bangsa Burma, yang merupakan suku bangsa yang paling besar yang ada di Myanmar.

Banyak sejarah Myanmar dan pesona Myanmar zaman dulu yang masih bisa kamu saksikan di Bagan. Suasana yang tentu akan membuat kamu merasakan Myanmar dengan teropong waktu yang berbeda.

10. Penang, Malaysia

Penang, Malaysia bulan madu

Alamat : Pulau Pinang, Semenanjung Barat Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : –

Penang atau yang juga dikenal dengan Pulau Pinang merupakan bagian dari negara Malaysia yang menyimpan banyak keindahan wisata. Kawasan ini memiliki ibu kota bernama George Town dan berada di semenanjung barat, Malaysia.

Buat kamu yang ingin liburan di Penang, perjalanan yang kamu bisa tempuh menuju Penang dapat ditempuh melalui jalur darat atau jalur udara. Dari Kuala Lumpur, kamu butuh waktu kurang lebih sekitar 5 sampai dengan 6 jam dengan kendaraan bus atau mobil.

Sementara jika kamu ingin naik kereta api ETS (Electric Train Service) yang memang menjadi transportasi umum Malaysia, kamu butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Kamu juga bisa sampai di Penang dalam tempo yang sangat cepat yaitu selama 30 menit dengan naik pesawat dari KLIA atau KLIA2.

Ada banyak kegiatan wisata yang kamu bisa lakukan selama di Penang. Salah satunya kamu bisa berfoto di Penang Brigde atau Jembatan Penang. Penang Bridge sendiri memiliki dua jembatan di mana jembatan yang pertama memiliki panjang 13,5 km. Sementara jembatan yang kedua memiliki panjang 23,5 km.

Penang
Penang

Jembatan yang kedua bernama Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah yang merupakan nama kepala negara Malaysia dan menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara sekaligus menjadi icon wisata Penang.

Di Penang, kamu juga bisa jalan – jalan ke George Town. Banyak bangunan tua berwarna putih yang cocok menjadi landmark fotografi kamu. Suasana yang sangat indah dan antik akan kamu rasakan. Kamu pun bisa menikmati street painting pada jalan – jalan yang berada di George Town.

Jangan lupa untuk mampir ke Penang Hill. Penang Hill ini merupakan tempat bulan madu yang cocok untuk menikmati Malaysia dari atas ketinggian. Penang Hill sendiri merupakan dataran paling tinggi di Penang. Untuk ke Penang Hill, kamu bisa naik funicular train dari Railway Lower Station yang ada di Ayer Itam menuju ke Railway Upper Station. Kamu hanya perlu membayar sebesar RM 30 untuk sampai ke Penang Hill.

Last but not least, kamu juga dapat berburu makanan khas Malaysia pada banyak pedagang kaki lima di sana. Makanannya enak banget dan pastinya murah meriah gengs! Semakin membuat bulan madumu menyenangkan

Oh ya, buat kamu yang baru pertama kali bepergian ke mancanegara dan sedang mencari tiket pesawat murah, Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Tunggu apalagi? Ingin liburan dan bulan madu seru bersama pasangan? Kamu bisa pilih satu dari 10 destinasi bulan madu terbaik di atas sebagai spot keren untuk bermesraan dan melukis cerita indah bersama pasangan. Siapkan budget sekarang juga ya!

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!