10 Tempat Wisata Kuala Lumpur yang Belum Banyak Dikenal Orang

10 Tempat Wisata Kuala Lumpur yang Belum Banyak Dikenal Orang

Apakah kamu berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri setelah pandemi ini berakhir? Kalau iya, sebaiknya tidak usah terlalu jauh dulu.

Masih banyak kok tempat-tempat wisata menarik di negeri tetangga yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya adalah tempat-tempat wisata Kuala Lumpur, Malaysia.

Mungkin kamu merasa tidak ada yang istimewa jika hanya mengunjungi tempat-tempat wisata Kuala Lumpur yang sudah terkenal di kalangan wisatawan selama ini, seperti Menara Kembar Petronas, Batu Caves, dan sebagainya. Tapi jangan salah, masih banyak kok tempat-tempat menarik lainnya yang justru belum begitu dikenal banyak orang.

Dijamin kamu bakalan merasakan sensasi tersendiri saat mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di sana yang belum banyak dikenal orang. Oleh karena itu, kali ini aku akan memfokuskan ulasan mengenai tempat-tempat wisata Kuala Lumpur yang belum banyak diketahui orang. Penasaran? Yuk, langsung saja baca kelanjutannya di bawah ini.

Ulasan Ringkas 10 Tempat Wisata Kuala Lumpur yang Belum Dikenal Banyak Orang

1. Rumah Penghulu Abu Seman

Rumah Penghulu Abu Seman – jomjalan.com.my

Alamat : 2, Jalan Stonor, Kuala Lumpur, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : Selasa – Sabtu 10:00-16:00
Harga tiket masuk : Gratis

Kamu ingin berwisata sembari napak tilas kebudayaan asli Melayu? Kalau iya, maka berkunjunglah ke Rumah Penghulu Abu Seman.  Tempat wisata Kuala Lumpur ini merupakan rumah panggung tradisional masyarakat Melayu yang di bagian halamannya berupa taman indah nan asri yang ditanami dengan aneka tanaman herbal dan tanaman asli Malaysia.

Meskipun tidak dikenakan biaya alias gratis saat memasuki kawasan Rumah Penghulu ini, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu agar Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang Rumah Penghulu dan gaya hidup masyarakat di masa itu. Untuk biaya pemandu dikenakan tarif RM10 per orang.

Di dekat Rumah Penghulu ini terdapat bangunan yang disebut Badan Warisan Heritage Center. Bangunan ini dibuat pada tahun 1925, dengan desain bangunan yang sangat arsitektual. Di dalamnya berisi toko souvenir, ruang pameran, serta ruang serbaguna. Pastikan kamu mengunjungi bangunan ini saat berwisata ke Rumah Penghulu Abu Seman.

2. Lake Gardens

Lake Gardens – Fcushtravel.com

Alamat : Kuala Lumpur, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Ingin menikmati indahnya taman kehijauan yang ditumbuhi aneka jenis bunga? Kalau iya, pastikan kamu mengunjungi Lake Gardens saat berada di Kuala Lumpur Malaysia. Sebab, di tempat wisata Kuala Lumpur yang satu ini kamu bisa menikmati keindahan alami dari taman yang memiliki luas sebesar 91 hektar ini.

Selain menikmati keindahan taman, tentu masih banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang juga bisa kamu lakukan, seperti jogging, jalan-jalan santai, mendayung perahu di danau buatan, atau sekedar bersepeda santai yang disediakan di lokasi tersebut dengan biaya sebesar RM3 selama setengah jam, dan aktivitas menyenangkan lainnya.

Jika kamu terlanjur datang ke Lake Gardens, jangan buru-buru pulang sebelum mengunjungi Bird Park dan Butterfly Park yang lokasinya tidak jauh dari situ. Sebab, di Bird Park kamu bisa menyaksikan 200 spesies burung lokal dan asing, yang jumlahnya berkisar 3000 ekor. Adapun di Butterfly Park, kamu bisa melihat 120 spesies kupu-kupu cantik dan menarik, yang jumlahnya berkisar 6000 ekor.

3. Pasar Karat

Pasar Karat – Fliandamarta.com

Alamat : Federal Territory of Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin – Minggu 06.00-22.00
Harga tiket masuk : Gratis

Ingin merasakan sensasi berburu barang-barang bekas? Kalau iya, pastikan kamu tidak lupa untuk mengunjungi Pasar Karat yang lokasinya dekat dari Pataling Street. Meskipun yang tersedia di pasar ini adalah barang-barang bekas, namun jika beruntung kamu bisa mendapati barang yang masih bagus dengan harga murah.

Kalau bisa, sebaiknya kamu datang ke pasar ini pada hari minggu karena biasanya pedagangnya lebih banyak. Jadi, kamu bisa berburu banyak barang bekas yang masih bagus. Beragam barang bekas bisa didapati di sini, mulai dari tas, kaos, sepatu, peralatan dapur, sampai barang-barang elektronik. Pokoknya lengkap deh!

4. Flea Market Amcorp Mall

Flea Market Amcorp Mall – yinteing.com

Alamat : LG, 172, Persiaran Barat, Pjs 52, Petaling Jaya, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : Sabtu & Minggu 10.00-17.00
Harga tiket masuk : Gratis

Jika kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi barang-barang unik dan antik, pastikan kamu tidak melewatkan kunjungan ke Flea Market Amcorp Mall. Pasar yang sudah dibuka sejak tahun 1997 ini memang tidak dikenal oleh para turis umum, hanya di kalangan para penggemar barang-barang kuno dan antik saja.

Tempat wisata Kuala Lumpur yang satu ini ibarat gudang ‘harta karun’ bagi para penggemar barang-barang unik dan antik. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa menemukan dokumen antik, seterika tembaga, tembikar kuno dan lain-lain.

Bahkan jika beruntung, kamu bisa menemukan yang barang-barang antik dan kuno yang berharga seperti kamera analog, jam kuno, hingga aksesori klasik model victoria. Jika mau bersabar dalam memilih, kamu bisa menemukan barang-barang yang kondisinya 90% masih baik.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Hokkaido yang Wajib Dikunjungi

5. KL Forest Eco Park

KL Forest Eco Park – abidinfais.com

Alamat : Lot 240, Jalan Raja Chulan, Bukit Kewangan, Kuala Lumpur, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00-17.30
Harga tiket masuk : Dewasa Lokal RM10, Turis Mancanegara RM40

Berwisata di kawasan hutan tropis di tengah kota merupakan hal yang pastinya sangat menyenangkan. Untuk itu, kamu bisa mengunjungi KL Forest Eco Park. Lokasinya yang strategis dan masuk dalam area Menara Kuala Lumpur, menjadikan tempat wisata Kuala Lumpur ini mudah diakses.

Saat ini KL Forest Eco Park merupakan satu-satunya hujan tropis yang masih ada di tengah kota Kuala Lumpur. Luas arenya berkisar 9,3 hektar dan menjadi rumah bagi 12 mamalia, 223 spesies tumbuhan, serta 25 spesies burung dari 18 keluarga. Dengan area seluas ini, dijamin kamu bakalan puas menjelajahi hutan ini sembari menikmati suasananya yang masih alami.

Menariknya, di kawasan hutan ini terdapat jembatan gantung setinggi 5-18 meter dengan sembilan menara perhentian. Setiap pengunjung diperbolehkan untuk berjalan di atasnya sembari menikmati hamparan hutan yang hijau berlatarkan gedung-gedung yang tinggi menjulang di Kuala Lumpur Malaysia.

6. Bukit Broga

Bukit Broga – tripadvisor.co.id

Alamat : Selangor, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Bukit Broga juga termasuk salah satu tempat wisata Kuala Lumpur yang sebaiknya dikunjungi oleh kamu yang ingin menikmati nuansa perbukitan yang asri, dengan pemandangan alam sekelilingnya yang indah dan memukau. Posisi tempat wisata ini sebenarnya tidak persis di Kuala Lumpur, karena lokasi tepatnya di Selangor. Butuh berkendara kurang lebih 45 menit untuk sampai di sini.

Untuk menikmati keindahan pemandangan alam sekitarnya, sebaiknya kamu naik ke atas bukit ini. Hanya saja, untuk naik ke puncak bukitnya butuh sedikit perjuangan disebabkan kecuraman jalurnya di beberapa bagian.

Meskipun cukup melelahkan untuk sampai ke puncaknya, namun semua rasa lelah akan terbayar begitu kamu tiba di sana. Sebab, dari atas kamu bisa menyaksikan pemandangan kota, desa, perkebunan sawit, dan yang lainnya.

7. Sekeping Serendah

Sekeping Serendah – hotels.com

Alamat : SERENDAH FS, 43300, 48200, Selangor, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Sekeping Serendah merupakan salah satu tempat wisata Kuala Lumpur yang sampai saat ini belum begitu dikenal orang. Lokasinya pun tidak begitu jauh, hanya sekitar 1 jam dari Kuala Lumpur. Di tempat ini kamu bisa merasakan pengalaman menginap dalam rimba di tengah kota.

Tempat wisata yang satu ini sebenarnya merupakan villa yang menggunakan konsep penginapan hutan tropis. Eits jangan salah, meskipun di tengah hutan, fasilitas villa ini tergolong modern dan classy loh. Selain menginap, tentu saja banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, seperti menikmati pemandangan alam sekitarnya yang terlihat asri, memancing di danau, dan lain-lain.

Selain melakukan hal-hal menyenangkan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk mengunjungi berbagai obyek wisata menarik yang dekat dari Sekeping Serendah. Misalnya saja, kamu bisa mengunjungi lokasi air terjun hutan hujan Kanching yang berjarak hanya 16 km dari Sekeping Serendah, atau menaiki kereta kabel Genting Skyway yang lokasinya hanya berjarak 15,3 km dari Sekeping Serendah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Pulau Ketam

Pulau Ketam – backpackingmalaysia.com

Alamat : Pulau Ketam, Selangor, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Pernahkah kamu berfikir untuk menjelajahi pulau dan menikmati suasana serta hal-hal menarik di dalamnya? Kalau iya, sebaiknya kamu menyempatkan kunjungan ke tempat wisata Kuala Lumpur Malaysia yang bernama Pulau Ketam.

Sebenarnya sih Pulau Ketam ini tidak persis berada di Kuala Lumpur, karena lokasinya tepatnya berada di Selangor. Hanya saja jaraknya tidak terlalu jauh dari Kuala Lumpur, hanya berkisar 50,2 km dari Kuala Lumpur. Dengan jarak segitu, tentu kamu rugi kalau tidak memaksakan kunjungan ke sana.

Pulau Ketam sudah berdiri sejak tahun tahun 1880 dan merupakan kawasan bakau. Hanya 20% saja yang dihuni, sisanya merupakan kawasan hutan bakau.  Rumah-rumah penduduk berupa rumah panggung yang dibangun di atas rawa bakau, sehingga terlihat unik dan menarik. Uniknya lagi, dermaga pulau ini bukan berupa pantai berlaut biru, tetapi kawasan lumpur berwarna kelabu.

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini, misalnya berkeliling kampung menyaksikan aktivitas masyarakat setempat, mengunjungi tempat pengolahan ikan dan udang, menyantap kuliner di restoran-restoran lokal yang menyajikan makanan hasil olahan ikan, kepiting, dan udang.

Selain aktivitas menarik di atas, kamu juga bisa berburu oleh-oleh berupa pernak-pernik hasil kerajin lokal seperti anting-anting, gelang, dan kalung. Semua pernak-pernik tersebut terbuat dari kerang. Pokoknya, dijamin kamu tidak bakalan rugi dan menyesal berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Singapore yang Lagi Hits

9. Sunway Lagoon

Sunway Lagoon – wego.co.id

Alamat : 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, Petailing Jaya, Selangor, Malaysia
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin-Minggu 10.00-18.00
Harga tiket masuk : Dewasa 120RM, Anak-Anak 90RM

Setelah puas berkeliling ke tempat-tempat wisata Kuala Lumpur, alangkah baiknya jika kamu meluangkan waktu untuk berkunjung ke Sunway Lagoon yang terletak di Selangor, Malaysia. Apalagi jarak tempat wisata tersebut tidak terlalu jauh dari Kuala Lumpur, hanya berkisar 14 menit saja.

Sunway Lagoon termasuk salah satu tempat wisata keluarga terbaik. Beragam wahana tersedia di sana, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk anak-anak yang tinggi badannya di bawah 110 cm, di Sunway Lagoon terdapat beberapa wahana yang cocok dan bisa dinikmati oleh mereka. Di antaranya adalah Splish Splash di Nickelodeon Lost Lagoon, yaitu kolam warna-warni bertemakan kartun-kartun dari Nickelodeon yang memungkinkan bagi mereka untuk bermain air sepuasnya. Selain itu anak-anak juga bisa menikmati sensasi berjalan di atas jembatan gantung yang terdapat di Explorers Trail

Selain kedua wahana di atas, tentu saja masih ada wahana lain yang juga bisa dinikmati oleh mereka, seperti naik kereta di Lagoon Express, melihat beragam satwa liar di Wildlife Park, menyaksikan hiburan yang ditampilkan oleh SpongeBob, Dora dan Boots, serta Patrick Star di Podium Lost Lagoon, dan lain sebagainya.

Untuk anak-anak yang tinggi badannya di atas 110 cm, di Sunway Lagoon disediakan beberapa wahana yang juga cocok dan bisa dinikmati oleh mereka. Di antara wahana tersebut adalah Vuvuzela Ride, yaitu seluncur pusaran air berwarna-warni dan meliuk-liuk. Untuk menikmatinya, anak-anak tinggal menaiki ban besar berkapasitas 4-6  orang, lalu meluncur turun.

Selain itu ada juga Flow Ride, yaitu tempat berseluncur yang memungkinkan anak-anak berselancar dengan beragam gaya di lintasan yang airnya berarus.

Selain kedua wahana tersebut, tentu saja masih ada wahana lainnya yang juga bisa dinikmati oleh anak-anak yang tinggi badannya sudah melebihi 110 cm.

Lantas bagaimana dengan remaja dan orang dewasa? Jangan khawatir, karena tersedia beragam wahana yang cocok bagi mereka. Di antaranya adalah Flying Fox, yaitu permainan yang memicu adrenalin. Dengan bermain Flying Fox, kamu bisa merasakan sensasi melintasi ketinggian seluruh Kawasan theme park sepanjang 206 meter.

Selain wahana tersebut, tentu saja masih ada wahana lainnya yang juga bisa dinikmati oleh remaja dan orang dewasa, seperti Pirates Revenge, Scream Coaster, dan lain sebagainya.

10. Royal Selangor Visitor Centre

Royal Selangor Visitor Centre – travel.dream.co.id

Alamat : Jln.Usahawan 6, Setapak Jaya, Kuala Lumpur
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin-Minggu 10.00-18.00
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu suka hal-hal yang berkaitan dengan kerajinan, sebaiknya kamu tidak melewatkan kunjungan ke Royal Selangor Visitor Centre yang berlokasi di Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Usahawan 6.

Lokasi ini terbuka bagi pengunjung mulai pukul 10.00-18.00, dan tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. Di tempat wisata Kuala Lumpur yang satu ini, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan pewter, yaitu kerajinan yang bahan bakunya merupakan campuran timah putih dan timah hitam.

Malaysia memang dikenal sebagai salah satu penghasil pewter terbesar di dunia saat ini. Sehingga, berkunjung ke Royal Selangor Visitor Centre tentu memberikan sensasi tersendiri. Apalagi, desain arsitektur bangunan yang dimiliki oleh Royal Selangor Visitor Centre sangat menarik, sehingga bakal memanjakan mata kamu.

Demikianlah ulasan mengenai tempat-tempat wisata Kuala Lumpur yang belum banyak dikenal orang pada artikel kali ini. Semoga kamu bisa mendapatkan gambaran besar mengenai tempat-tempat tersebut dan bisa menjadi referensi tempat yang bakal kamu kunjungi saat hendak berwisata ke Malaysia.

Selain Malaysia, Thailand juga bisa menjadi alternatif tempat wisata di Asia yang bisa kamu kunjungi. Untuk lengkapnya, silahkan baca : 10 Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!