13 Tempat Wisata Singapore yang Lagi Hits

13 Tempat Wisata Singapore yang Lagi Hits

Jenuh dan stres dengan segudang rutinitas yang seakan tiada habisnya? Jangan biarkan diri kamu tertekan. Cobalah melakukan perjalanan wisata agar kamu bisa lebih rileks. Salah satu negara yang bisa kamu kunjungi adalah Singapore. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata Singapore yang menarik, tentunya rasa jenuh yang kamu rasakan bakal hilang.

Mengunjungi berbagai tempat wisata Singapore dijamin bakal memberikan pengalaman tersendiri bagi kamu. Sebab, kamu bisa menyaksikan dan melakukan berbagai hal menarik yang mungkin belum pernah kamu lakukan seumur hidup kamu.

Singapore merupakan negara yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan penduduk yang ramah. Jadi, kamu bisa melakukan aktivitas wisata dengan aman dan nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak diinginkan menimpa kamu.

Ulasan Ringkas 13 Tempat Wisata Singapore yang Lagi Hits

1. Singapore Botanic Gardens

gambar singapore botanic gardens.png

Alamat : 1 Cluny Road, Singapore
Map : Klik Disini
Jam buka : 05.00 – 19.00
Harga tiket masuk : Gratis

Singapore Botanic Gardens tergolong obyek wisata tertua di Singapura karena sudah beroperasi sejak tahun 1859, dengan luas lahan sebesar 74 hektar. Obyek wisata Singapore ini berupa Taman Botani yang terdiri dari beberapa kebun.

Dari beberapa kebun yang ada di dalamnya, terdapat Kacob Ballas Children’s Garden yang merupakan kebun untuk anak-anak. Di kebun ini anak-anak bisa bermain sambil mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman maupun lingkungan.

Kebun-kebun yang terdapat di dalam Singapore Botanic Gardens bisa dikunjungi tanpa harus membayar sepeserpun alias gratis. Terkecuali jika ingin memasuki National Orchid Garden, diharuskan membayar tiket masuk sebesar S$1 untuk anak-anak dan sebesar S$5 untuk orang dewasa.

Selain berisikan berbagai jenis kebun, di dalam Singapore Botanic Gardens terdapat perpustakaan yang bernama Library of Botani and Horticulture. Perpustakaan tersebut  terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: The Reference Library dan Public Reference Centre.

Perpustakaan ini tidak hanya memajang koleksi buku saja, tapi juga buah-buahan yang telah dikeringkan serta segala sesuatu yang berkaitan dengan botani.

2. Dover Street Market Singapore

gambar Dover Street Market Singapore.png

Alamat : 18 Dempsey Rd, Singapore 249677
Map : Klik Disini
Jam buka : 11.00 – 20.00
Harga tiket masuk : Gratis

Bagi kamu yang hobi berbelanja, ternyata masih ada tempat perbelanjaan menarik yang bisa kamu kunjungi selain Orchard Road, yaitu Dover Street Market. Tempat wisata Singapore yang satu ini baru dibuka pada tahun 2017 lalu.

Dover Street Market sendiri merupakan fashion retail dari london yang menerapkan konsep edgy. Di tempat ini kamu bisa berbelanja berbagai barang-barang menarik produksi lokal maupun branded seperti Gucci x DMS, NikeLab, dan Comme des garcons.

Jika kamu hobi berbelanja barang-barang  branded untuk kebutuhan sendiri maupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, tentu kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat ini. Apalagi lokasinya sangat strategis dan dekat kafe, restoran, maupun toko gaya hidup terkenal, sehingga kamu bisa sekaligus menikmati suasana santai di tempat-tempat tersebut.

3. AJ Hackett International

gambar AJ Hackett International.png

Alamat : 30 Siloso Beach Walk, Singapura 099011
Map : Klik Disini
Jam buka : Sabtu-Senin 11.30 – 19.00, Kamis-Jumat 12.00 – 19.00, Selasa & Rabu Tutup
Harga tiket masuk : Gratis

Bosan dengan obyek wisata yang biasa-biasa saja dan kamu ingin yang bisa memicu adrenalin? Kalau iya, maka AJ Hackett International merupakan salah satu tempat yang cocok bagi kamu. Di tempat ini kamu bisa menguji mental kamu dengan melakukan Bungee Jumping setinggi 50m sambil menyaksikan langsung pemandangan indah Siloso Beach, Sentosa Island.

Selain Bungee Jumping, kamu juga bisa memacu adrenalin kamu dengan berjalan di atas skybridge yang panjangnya 40 meter atau bermain Duo Giant Swing dengan kecepatan 100 km/jam dari ketinggian 40 meter.

Baca juga : Wisata Kuala Lumpur yang Paling Populer

4. Parkview Museum

gambar Parkview Museum.png

Alamat : 600 North Bridge Rd, Level 3 Parkview Square, Singapore 188778
Map : Klik Disini
Jam buka : Senin-Sabtu 12.00-19.00
Harga tiket masuk : Gratis

Parkview Museum termasuk salah satu tempat wisata Singapore yang dibuka pada tahun 2017 lalu. Sejak pertama kali dibuka, museum ini banyak dikunjungi turis yang ingin menyaksikan koleksi benda-benda kuno yang dikumpulkan sejak 50 tahun yang lalu, misalnya koleksi batu seni imperial Cina yang bernilai tinggi, beberapa karya seni dari maestro seni barat, dan lain sebagainya.

Selain menikmati beragam koleksi barang-barang kuno, para pengunjung juga bisa menyaksikan desain bangunannya yang bakal membuat takjub siapapun yang memandangnya. Apalagi lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau karena terletak di pusat distrik Bugis.

5. Kampong Glam Singapore

gambar kampong glam singapore.png

Alamat : Kampong Glam Arab Street, Singapore
Map : Klik Disini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Kampong Glam merupakan salah satu obyek wisata Singapore yang menawarkan nuansa keislaman di sepanjang area wisata. Tidak perlu heran dengan fenomena tersebut, karena Kampong Glam memang merupakan kawasan muslim yang ada di Singapore. Itulah sebabnya mengapa lokasi wisata yang satu ini menjadi favorit para turis yang datang dari Indonesia dan Malaysia. Apalagi, di lokasi ini pengunjung muslim mudah menemukan makanan halal.

Banyak obyek wisata menarik yang bisa kamu saksikan saat berkunjung ke Kampong Glam, seperti Istana Kampong Glam yang di dalamnya terdapat warisan budaya melayu yang dikategorikan sebagai salah satu monumen nasional Singapura, Masjid Sultan nan megah yang beratapkan emas mengkilap dan mampu menampung 5.000 jamaah, dan Jalan Arab (Arab Street) yang memungkinkan pengunjung untuk berbelanja aneka pernak-pernik rumah bergaya Timur Tengah.

Selain itu, terdapat juga wisata kuliner yang dipenuhi dengan beragam makanan halal, Haji Lane yang merupakan pusat belanja fashion bernuansa hipster, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6.Merlion Park

Alamat : 1 Fullerton Rd, Singapore
Map : Klik Disini
Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk : Gratis

Merlion Park termasuk salah satu tempat wisata Singapore yang bisa kamu kunjungi.  Di lokasi wisata ini kamu bisa melihat maskot Singapore dalam bentuk patung kepala Singa dengan tubuh bagian bawah berupa ekor ikan. Sebenarnya dari bentuk patung inilah diambil nama Merlion, karena kata ‘Merlion’ merupakan gabungan dua suka kata yaitu ‘Mermaid’ dan ‘Lion’.

Merlion Park selalu diramaikan oleh para turis yang berkunjung ke sana untuk berfoto dengan latar belakang maskot Singapore tersebut. Mereka beranggapan kalau hal itu merupakan ‘legalitas’ dan ‘bukti’ sudah berkunjung ke Singapore.

7. Universal Studio Singapore

gambar universal studio.png

Alamat : 8 Sentosa Gateway, Singapore
Map : Klik Disini
Jam buka : 10.00 – 19.00
Harga tiket masuk : Anak-anak S$54, Dewasa S$74

Universal Studios Singapore menyuguhkan berbagai jenis hiburan menarik yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Karena selalu dipadati pengunjung khususnya pada hari-hari libur, sebaiknya kamu mendatangi tempat wisata yang satu ini di pagi hari agar tidak terjebak dengan panjangnya antrian masuk yang sering kali terjadi di siang hari.

Banyak wahana menarik yang bisa dinikmati di Universal Studios Singapore, di antaranya adalah Transformer the ride 3D, roller coaster setan yang bernama Revenge of the Mummy, arung jeram yang bernama Jurassic Park Rapid Adventure, Sesame Street Spaghetti Space Chase, Canopy Flyer, Sherk 4D, dan beragam wahana menarik lainnya.

8.Orchard Road

gambar Orchard Road.png

Alamat : 437 Orchard Road, Singapore
Map : Klik Disini
Jam buka : 10.00 – 22.00
Harga tiket masuk : Gratis

Tempat wisata Singapura yang satu ini sebenarnya merupakan nama sebuah jalan, yaitu Orchard Road. Kalau di Indonesia mirip Malioboro yang ada di Jogja. Jika kamu gemar berbelanja, maka tempat wisata yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan untuk berkunjung ke sana.

Banyak para turis yang mengunjungi tempat wisata yang satu ini karena ingin berbelanja oleh-oleh, untuk berfoto ria, atau sekedar menikmati kondisi Orchard Road yang memang unik dan menarik. Selain berbelanja oleh-oleh, kamu juga bisa menikmati aneka kuliner yang dijajakan di sepanjang Orchard Road.

9. Chinatown Singapore

chinatown singapore.png

Alamat : 133 New Bridge Road
Map : Klik Disini
Jam buka : 10.00 – 22.00
Harga tiket masuk : Gratis

Chinatown merupakan salah satu obyek wisata Singapore yang sangat menarik untuk kamu kunjungi saat berwisata ke sana. Meskipun namanya Chinatown, bukan berarti sama dengan yang terdapat pada negara-negara lainnya. Sebab, saat ini Singapura sudah didominasi oleh etnik China, sehingga penamaan Chinatown hanyalah upaya mengenang dan melestarikan sejarah.

Nama Chinatown sebenarnya diberikan orang Inggris sewaktu menjajah negeri ini. Adapun penduduknya lebih senang menamakannya dengan Niu Chu Shui.

Chinatown Singapura memiliki 5 distrik, yaitu Teluk Ayer yang memiliki toko-toko serta cafe-cafe unik, Bukit Pasoh yang merupakan tempat bersejarah, Tanjung Pagar yang berisikan bangunan komersial dan apartemen. Adapun 2 distrik lainnya yaitu Kreta Ayer yang dikenal sebagai jantung Chinatown Singapore sekaligus pusat jajanan dan perbelanjaan tradisional, serta Ann Siang Hill yang merupakan pusat bisnis dan modernisasi yang seringkali dijadikan tempat hang out kawula muda Singapore.

Baca juga : Beragam Tempat di Vietnam yang Kamu Perlu Tahu

10. National Museum Of Singapore

gambar national museum singapore.png

Alamat : 93 Stamford Road
Map : Klik Disini
Jam buka : 10.00 – 20.00
Harga tiket masuk : Gratis kecuali masuk ke tempat dan program tertentu seperti Galeri, Eksibisi, dan lain sebagainya harus membayar sebesar S$10 untuk dewasa, S$5 untuk anak-anak, serta S$30 untuk kelompok (maksimal 5 orang).

Bagi kamu yang senang dengan hal-hal yang berbau sejarah, maka National Museum Of Singapore merupakan tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Sebab, di museum yang sudah beroperasi sejak tahun 1849 ini kamu bisa menyaksikan beragam koleksi bersejarah yang masih berkaitan dengan Singapura.

Di antara koleksi yang terdapat di museum tersebut adalah 11 benda kuno bernilai tinggi semisal Singapore Stone, Golds Ornaments of the Sacred Hill, foto tertua di Singapura yang bernama Dagguerreotype of Singapore Town, Lukisan Flora dan Fauna karya William Farquhar, dan yang lainnya.

Selain beragam koleksi menarik yang terdapat di dalamnya, daya tarik lain dari National Museum Of Singapore terletak pada model bangunannya yang menggunakan perpaduan gaya Renaissance dengan Neo-Palladian. Perpaduan gaya arsiterktur kuno dengan modern tersebut berhasil menciptakan sebuah bangunan yang terlihat elegan dan anggun.

11. Ethnobotany Garden

gambar Ethnobotany Garden.png

Alamat : 1 Cluny Rd, Singapore 259569
Map : Klik Disini
Jam buka : 05.00-00.00
Harga tiket masuk : Gratis

Ethnobotany Gardens merupakan salah satu tempat wisata Singapore yang berlokasi di dalam Kebun Botani Singapura. Obyek wisata yang satu ini sengaja dibangun sebagai tempat penampungan beragam tanaman yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Asia Tenggara. Tidak heran jika koleksinya tanamannya cukup bervariasi, mulai dari pohon karet hingga tanaman obat-obatan.

Saat berkunjung ke Ethnobotany Gardens, kamu tidak saja bisa menyaksikan berbagai jenis tanaman di atas, tetapi juga nunasa alamnya yang sangat indah mempesona. Ditambah lagi dengan adanya sungai dan kolam buatan yang semakin menambah keasrian dan keindahan obyek wisata yang satu ini. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama di dalamnya.

12. Floral Fantasy

gambar Floral Fantasy.png

Alamat : Gardens by the Bay, Singapore 018953
Map : Klik Disini
Jam buka : 09.00-21.00
Harga tiket masuk : S$20 untuk dewasa, S$12 untuk anak-anak

Kehadiran tempat wisata Singapore yang baru dan menarik seakan tiada habisnya. Salah satu buktinya adalah Floral Fantasy yang dibuka pada tahun 2019 dan berlokasi di kawasan taman raksasa Gardens by the Bay. Sesuai dengan namanya, di lokasi wisata ini terdapat aneka bunga warna-warni yang indah dan menarik dipandang mata.

Saat kamu berkunjung ke Floral Fantasy, bukan berarti kamu akan disuguhi dengan taman bunga yang terkesan monoton. Bahkan, taman bunga yang terdapat di sana sengaja dibuat dalam 4 tema yang unik dan menarik. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama di dalamnya.

Keempat tema tersebut adalah Dance Garden yang di dalamnya terdapat 15.000 bunga bermekaran. Mayoritas bunga-bunga tersebut tergantung di langit-langit dengan desain instalasi khusus. Tema kedua adalah Float Garden yang di dalamnya terdapat aneka bunga yang tumbuh dalam bentuk bola-bola. Terkadang aneka bunga dalam beragam warna disatukan dalam satu bola, sehingga bola tersebut tampak indah dan kaya warna.

Selain kedua tema di atas, ada juga tema Waltz Garden yang berisi aneka bunga eksotis dan tema Drift Garden yang didominasi tembok batu yang ditumbuhi aneka teratai di sela-selanya.

13. Changi Experience Studio

gambar Changi Experience Studio.png

Alamat : Jewel Changi Airport, 78 Airport Blvd, Singapore 819666
Map : Klik Disini
Jam buka : 11.00–20.00
Harga tiket masuk : S$25 untuk dewasa dan S$17 untuk anak-anak

Ingin menyaksikan masa lalu, masa kini, serta masa depan Bandara Changi yang dikemas dalam bingkai virtual yang canggih? Kalau iya, maka sebaiknya kamu mengunjungi Changi Experience Studio yang berlokasi di Jewel Changi Airport, Singapore.

Di Changi Experience Studio kamu bisa menikmati 20 titik layar sentuh interaktif pada 10 zona atau lebih yang menyuguhkan pameran interaktif, pertunjukan yang menakjubkan, serta permainan yang menyenangkan. Kamu bisa mempelajari sejarah dan perkembangan Changi melalui operasional di balik layar dan bermain simulasi bandara menggunakan teknologi canggih.

Demikianlah informasi seputar tempat wisata Singapore yang lagi hits saat ini. Bagi kamu yang berkeinginan untuk berkunjung ke Singapore setelah wabah ini selesai, kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai salah satu acuan untuk menentukan tempat-tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi selama di berada Singapura.

Selain Singapura, negara tetangga Indonesia yang juga bisa menjadi alternatif tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Malaysia. Untuk detailnya kamu bisa baca di sini : Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!