Liburan Hits – Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam
Mercusuar Cafe (mercusuarcafe)

Liburan Hits – Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam

Bagi kalian yang punya rencana ke Bandung tapi bingung mau ke mana karena saking banyaknya tempat baru, pas banget nih. Di sini gw bakal bagiin itinerary Bandung dengan tempat-tempat hits rekomendasi dari gw.

Apabila kalian punya rencana ke area Bandung dan sekitarnya untuk 3 hari 2 malam saja bisa langsung pindah ke sini ya: Itinerary Bandung 3 Hari 2 Malam – Liburan Hits Ala Influencer

Itinerary ini merupakan itinerary yang cukup padet. Gw ada cantumin beberapa tempat yang menurut gw opsional, yang ga harus dikunjungin. Apalagi kalo macet dan itinerary kalian jadi ngaret, mending yang opsional dilewatin aja.

Oyah, disclaimer, sebelum lanjut, mau kasih tau kalo itinerary Bandung ini untuk 4 hari 3 malam. Berarti akan ada beberapa tempat yang ga akan ketampung di itinerary Bandung ini, karena durasi hari yang kurang panjang.

Catatan juga, keterangan lama perjalanan di setiap tujuan itu merupakan lama perjalanan dari tempat sebelumnya ke tempat tersebut. Karena ini merupakan itinerary, jadi poin-poinnya urut ya dari tempat yang pertama kali didatengin sampe akhir.

Itinerary Bandung Hari Pertama

Catatan: Sebelumnya dari Jakarta dan Malamnya Menginap di area Lembang

1. Stone Garden Citatah

Itinerary Bandung Hari Pertama - Stone Garden Geopark (parlanaditya)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Stone Garden Geopark (parlanaditya)

Lama Perjalanan: 2 jam 30 menit (dari Jakarta)
Disarankan Berangkat: pk. 07.00 WIB
Harga: 12,000/orang

Nah ini tujuan hits pertama kita. Tapi jangan lupa ya buat bawa kacamata hitam, karena sinar matahari di sini ga ditutupin sama pohon-pohon sekitaran. Cuma hal ini juga yang bikin foto-foto di sini jadi bagus, karena matahari ‘langsung’ jadi lighting alami buat foto kalian.

Areanya cukup luas, 2.5 hektar, jadi walaupun rame masih bisa foto-foto nyaman. Gw saranin juga kalo ke sini pake alas kaki yang cukup nyaman karena, ya tau sendiri, sesuai namanya, banyak bebatuan. Kalo pake sandal yang kurang nyaman malah kaki kalian sakit nanti.

2. Makan Pagi – Dusun Bambu

Itinerary Bandung Hari Pertama - Dusun Bambu Lembang (Penginapan)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Dusun Bambu Lembang (Penginapan)

Lama Perjalanan: 1 jam
Harga: 20,000/orang di weekdays, 25,000/orang di weekends

Wah ini nih tempat yang jadi favorit gw buat makan dan nyicipin banyak jajanan khas Jawa Barat kalo ke area Lembang. Selain nyobain makanan-makanannya yang enak, kalian juga bisa foto-foto karena arsitekturnya oke banget.

Tapi kalo ke sini, gw saranin buat makan di area sangkar burungnya. Makanannya lumayan sih, tapi ga sampe enak banget. Cuma, pengalaman yang didapet tuh unik banget, karena sambil makan dengan orang-orang terdekat yang sedang berlibur bareng kita, kita juga bisa nikmatin pemandangan alam yang bagus plus dapet juga angin ademnya.

3. Lembang Park and Zoo

Itinerary Bandung Hari Pertama - Lembang Park and Zoo (travelspromo)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Lembang Park and Zoo (travelspromo)

Lama Perjalanan: 15 menit
Harga: 40,000/orang saat weekdays dan 50,000/orang saat weekends

Abis makan pagi, enaknya kita liat-liat satwa sambil nurunin isi perut dulu kali ya. Walaupun Lembang Park and Zoo masih terbilang baru, baru dibuka tahun 2019 akhir, tapi ternyata koleksi satwanya banyak juga loh.

Selain satwa seperti, burung merak, binturong, beruang madu, meerkat, tenggalung hingga lutung budeng, Lembang Park and Zoo juga punya Bird Aviary. Bird aviary adalah area semi indoor di mana kalian bisa ketemu banyak burung dan beberapa di antaranya bisa juga diajak foto. Bocoran dikit nih, bahkan di Bird Aviary-nya Lembang Park and Zoo ada cendrawasih, cakep banget.

Oyah selain satwa, Lembang Park and Zoo juga punya aktivitas outdoor lain, seperti, naik kano di danau buatannya, berkeliling area wisata dengan scooter hingga berkuda ada di Lembang Park and Zoo.

4. Makan Siang – Floating Market

Floating Market (orangpinggiran)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Floating Market (orangpinggiran)

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga: 30,000/orang (termasuk welcome drink)

Tadi abis muter-muter di Lembang Park and Zoo, pasti udah laper lagi dong. Abis itu kita ke Floating Market-nya Lembang. Di sini itu konsepnya kayak floating market yang ada di Thailand, di mana pedagang akan menjual dagangannya dari atas kapal.

Banyak banget jenis makanan yang bisa kalian cobain. Ini semacam surganya orang yang demen kulineran. Karena saking banyaknya, gw kalo ke sana udah pasti ga cuma nyobain satu makanan, pasti dua atau lebih. Belom lagi jajanannya yang macem-macem juga!

5. The Great Asia Afrika

Itinerary Bandung Hari Pertama - The Great Asia Afrika (indrasutantoo)
Itinerary Bandung Hari Pertama – The Great Asia Afrika (indrasutantoo)

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: 65,000/orang

Biasa, abis makan, kita gas jalan lagi. The Great Asia Africa itu kawasan yang gabungin edukasi dan artistik. Gimana enggak, jadi di sini tuh dibagi menjadi beberapa area berdasarkan representasi negaranya.

Nah di setiap area, selain bangunan-bangunannya dirancang sesuai dengan negaranya, kalian juga bisa mencicipi kuliner khas tiap negara, bahkan bisa pakai baju tradisional dari masing-masing negara tersebut.

Tiap area dari The Great Asia Afrika juga sering ngadain acara kebudayaan sesuai dengan negara yang mereka representasikan. Pasti penasaran kan negara apa aja yang ada di sana? Mereka itu punya area: Korea, Jepang, India, Indonesia dan Afrika. Selain itu mereka juga punya animal park kecil mereka sendiri.

6. Farm House Lembang (opsional)

Itinerary Bandung Hari Pertama - Farm House Lembang (tempatasik)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Farm House Lembang (tempatasik)

Lama Perjalanan: 5 menit
Harga: 30,000/orang

Kalo kalian masih belum laper sama masih punya waktu, ga ada salahnya buat mampir ke sini. Apalagi kalo kalian penggemar The Lord of The Rings, wajib banget ke sini. Farmhouse Lembang punya beberapa area: rumah Hobbit, permukiman dengan gaya Eropa, gembok cinta, sama berinteraksi dengan hewan ternak.

Di sini juga disediain penyewaan baju tradisional Belanda, yang harganya 75,000/jam. Buat kalian yang pengen berfoto ala Belanda, harus tuh sewa bajunya, soalnya latarnya juga udah bergaya Eropa banget.

7. Makan Malam – Mercusuar Cafe and Resto

Mercusuar Cafe (mercusuarcafe)
Itinerary Bandung Hari Pertama – Mercusuar Cafe and Resto (mercusuarcafe)

Lama Perjalanan: 30 menit
Harga: 20,000/orang di weekdays dan 25,000/orang di weekends

Wah keren sih, area Lembang sama Bandung kayak ga ada habisnya, ada aja tempat baru yang bagus. Ini salah satunya. Pemandangannya oke, dan bangunannya itu loh, keren banget, ngambil tema abad pertengahan.

Buat kalian yang mau foto-foto, beli dulu tiketnya di lantai dasar, nanti naik ke lantai 6, biar dapetin spot-spot foto kayak yang ada di gambar atas. Selain kastil, ada juga mercusuar yang harus juga masuk ke daftar foto kalian kalo ke sini nih.

Lantai dasarnya sendiri tuh bakery, sedangkan selain lantai 6 sama lantai dasar, ada tempat duduk-duduk untuk menyantap hidangan restoran dan cafenya.

Jangan lupa juga kalo ke sini, sempetin ke lantai 3, karena ada satu spot foto yang sayang banget buat dilewatin. Spotnya itu tuh berupa lambung badan kapal. Kalian bisa pura-pura jadi nahkoda kapalnya di sana.

Akhir Hari Pertama

Nah ini akhir dari itinerary Bandung hari pertama. Buat kalian yang masih mau kelayapan, ini nih pilihan tempat-tempat yang bisa kalian datengin: Tempat Wisata di Lembang – 30 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

Rangkuman hari pertama dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya.

1 2 3 4
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!