17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba
17+ Makanan Khas Bali Paling Recommended, Dijamin Nyata Lezatnya!

17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Bagi Anda yang melakukan perjalanan liburan di Bali, jangan hanya fokus untuk melakukan perjalanan wisata dengan berkunjung ke pantai, pura dan berbagai spot wisatanya saja. Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung menikmati aneka sajian kuliner di Bali. Ada berbagai macam makanan khas Bali yang paling direkomendasikan untuk Anda.

makanan khas Bali dengan cita rasa khas Bali yang sangat kental dipadukan aneka perpaduan rempah yang nyaris sempurna akan membuat Anda merasakan sensasi kenikmatan yang tak ada duanya.

Nah, bagi Anda yang liburan di Bali dan penasaran dengan apa saja makanan khas Bali yang direkomendasikan untuk para wisatawan, disini kami akan berikan ulasan informasinya untuk Anda. Cek dulu rekomendasinya dan masukkan ke dalam daftar kuliner Anda kalau berkunjung ke Bali!

Makanan Khas Bali Paling Recommended

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu makanan khas Bali

Nama tempat makan : Ayam Betutu Pak Sanur
Alamat : Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 14.00 – 18.00

Makanan khas Bali yang pertama ini sangat dikenal masyarakat di Bali. Kuliner khas Bali yang satu ini hadir dengan cita rasa Bali yang tak ada duanya. Bumbu khas Bali yang dikenal dengan nama base genep menjadi bumbu yang dijadikan olahan dalam kuliner ayam betutu ini.

Base genep adalah bumbu makanan khas Bali yang merupakan perpaduan antara bawang merah dan bawang putih, kemiri, serai, cabai, terasi, daun jeruk, daun salam, jahe, kunir, lengkuas, dan juga kencur yang dihaluskan kemudian baru ditumis.

Dalam pengelolaan kuliner khas Bali yang satu ini, perut ayam diberikan daun singkong kemudian dilumuri dengan base genep diatasnya. Akan tetapi sebelum diolah, ayam tersebut diikat dulu baru direbus selama beberapa jam dan pastikan sampai semua bumbu – bumbunya meresap sempurna.

Setelah direbus, kuliner ini dibakar supaya cita rasanya nikmat baru kemudian dihidangkan. Disantap bersama nasi putih hangat sangat nikmat. Namun bagi Anda yang sedang diet akan tetapi ingin mencicipi ayam betutu, Anda bisa menyantap ayam betutu bersama nasi merah.

2. Sate lilit

Sate lilit makanan khas Bali

Nama tempat makan : Warung Satelit (Sate Lilit)
Alamat : Jl. Pulau Buru No.10, Dauh Puri, Kecamatan Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka mulai pukul 06.30

Sate lilit merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sangat unik. Sate ini disajikan dengan dililitkan pada tusuk yang sudah dipipihkan. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sate lilit yaitu daging ikan tengiri atau daging ayam. Daging tersebut digiling sampai halus kemudian dicampur bumbu.

Untuk bumbunya, bumbu membuat sate lilit cukup sederhana. Anda hanya perlu siapkan jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih, serta beberapa bumbu pelengkap lainnya. Untuk satu porsi sate lilit, dibanderol dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah.

Baca juga : 19+ Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di Tahun Ini

3. Sate plecing

Sate plecing

Nama tempat makan : Sate Plecing Arjuna
Alamat : Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Selain terkenal dengan sate lilit, makanan khas Bali berupa sate yang juga terkenal lainnya adalah sate plecing. Sate plecing ini dibuat dengan daging ayam atau menggunakan daging babi bagi yang suka babi.

Namun bagi yang kurang suka kuliner daging babi, Anda bisa tanyakan dulu kepada penjual sate plecingnya menggunakan daging babi atau ada yang tersedia daging ayam juga.

Keunikan sate plecing ini terdapat pada bumbunya. Bumbu sate plecing diantaranya terdiri atas cabai, gula, garam, tomat, jeruk limau dan juga terasi. Jika Anda suka dengan cita rasa sate plecing, Anda bisa beli sate plecing dengan harga per porsi mulai dari 20 ribu rupiah sampai 25 ribu rupiah.

4. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Nama tempat makan : Warung Nasi Jinggo
Alamat : Jl. By Pass Dharma Giri No.8, Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Jika Anda ingin tahu makanan khas Bali yang dikonsumsi masyarakat Bali sehari – hari, makanan tersebut adalah salah satunya nasi jinggo. Nasi jinggo ini mirip dengan nasi rames. Dibuat dengan banyak menu tambahan sebagai campurannya.

Keunikan dari nasi jinggo adalah tata cara sajinya yang dibungkus dengan daun pisang. Hal ini menjadikan nasi jinggo memiliki ciri khas dan aroma yang berbeda dengan nasi pada umumnya. Biasanya nasi jinggo khas Bali dijual dengan menu tambahan seperti sayuran, orek tempe, mie, sambal, serta ayam suwir.

Nasi jinggo per porsi dibanderol mulai dari 5 ribu rupiah namun untuk harga lauk yang Anda pilih sebagai tambahan pelengkap nasi biasanya harganya akan ditambahkan kemudian.

5. Serombotan

Serombotan

Nama tempat makan : Serombotan Klungkung
Alamat : Jl. Tunjung Tutur No.27, Peguyangan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 11.00

Makanan khas Bali yang bernama serombotan ini merupakan kuliner murah meriah di Bali. Makanan ini disajikan secara sederhana dengan menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sayur yang digunakan diantaranya tauge, kangkung, pare dan kacang panjang.

Untuk bumbu yang digunakan dalam membuat makanan ini sangat sederhana. Anda hanya butuh bahan diantaranya cabai merah, bawang merah dan juga bawang putih. Serombotan sendiri disajikan bersama dengan parutan kelapa yang sudah disangrai sehingga memberikan aroma gurih yang sangat khas.

Dalam menikmati kuliner ini biasanya masyarakat memakannya bersama nasi atau bersama dengan ketupat. Saat ini serombotan banyak ditemui di daerah sekitar Bali dengan banderol harga mulai dari 3 ribu rupiah setiap porsinya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Wajib Dikunjungi

6. Tipat blayag

Tipat blayag

Nama tempat makan : Tipat Blayag Bu Agus
Alamat : Jalan Tukad Yeh Aya No. 44, Panjer, Denpasar Selatan, Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Selanjutnya ada tipat blayag yang bentuknya sekilas mirip dengan pecel atau gado – gado. Hanya saja yang membedakannya, tipat blayag ini tidak menggunakan bumbu kacang sebagai kuahnya.

Bumbu yang digunakan pada makanan ini pun diantaranya bawang merah, serai, kunyit, kaldu ayam untuk kuah, serta berbagai macam sayuran seperti tauge, kangkung, dan suwiran ayam sebagai isiannya. Untuk harga tipat blayag ini sangat terjangkau.

Anda bisa beli satu porsi tipat blayag hanya dengan harga 8 ribu rupiah saja. Tertarik untuk mencoba?

7. Tipat cantok

Tipat cantok makanan khas Bali

Nama tempat makan : Warung Tipat Cantok
Alamat : jalan raya samu singapadu ubud gianyar singapadu kaler sukawati 80571, Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
Maps : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Kuliner selanjutnya adalah tipat cantok. Tipat cantok ini merupakan salah satu makanan khas Bali yang berupa campuran sayuran rebus kemudian disajikan bersama dengan ketupat dan kuah bumbu kacang. Sekilas memang mirip dengan pecel dan juga gado – gado.

Akan tetapi yang khas dari tipat cantok ini adalah proses mengaduknya yang dilakukan diatas ulegan atau cantok. Kuliner yang satu ini dapat dengan mudah Anda temui di Bali dan dibanderol dengan harga per porsi mulai dari 7000 rupiah saja.

Bagi Anda yang butuh kuliner mengenyangkan dan dibanderol dengan harga murah bisa mengonsumsi tipat cantok ini. Selamat berwisata kuliner di Bali!

8. Bubur mengguh

Bubur mengguh makanan khas Bali

Nama tempat makan : Warung Mengguh
Alamat : Unnamed Road, Les, Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Bubur mengguh ini merupakan bubur khas Bali yang terbuat dari santan serta beras yang dimasak sampai tercampur halus. Bubur mengguh disajikan dengan kuah kaldu ayam yang kental bersama tambahan suwiran ayam dan urap sayur yang disajikan secara terpisah.

Hasil dari perpaduan kaldunya akan menghasilkan cita rasa komplit. Anda yang butuh sarapan pagi dengan gizi penuh dan cara penyajiannya cepat bisa membeli bubur ini dengan harga per porsi mulai dari 8 ribu rupiah saja.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

9. Nasi campur

Nasi campur makanan khas Bali

Nama tempat makan : Warung Nasi Campur Bu Ayu
Alamat : Sanding, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Ya, Bali juga punya kuliner nasi campur lho! Nasi campur khas Bali ini merupakan campuran beberapa makanan seperti ayam suwir, telur pindang, kelapa parut dan urap sayur. Ciri khas dari nasi campur adalah terdapatnya kuah kaldu yang ditambahkan pada nasi yang telah dicampur dengan beberapa campuran menu makanan diatas.

Perpaduannya sangat sempurna. Anda bisa menikmati nasi campur yang sangat gurih pedas ini dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah tergantung lauk yang Anda pilih.

10. Nasi ayam kedewatan

Nasi ayam kedewatan makanan khas Bali

Nama tempat makan : Nasi ayam kedewatan Bu Mangku
Alamat : Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00

Untuk nasi ayam kedewatan, yang paling terkenal di Bali adalah kuliner Nasi ayam kedewatan Bu Mangku. Tempat makan tersebut berada di wilayah Gianyar dan alamatnya sudah kami cantumkan dalam maps diatas.

Karena masyarakat Bali kebanyakan suka makanan pedas, disediakan juga sambal matah yang dibuat dari irisan cabai kecil – kecil ditambah dengan jumputan bawang dan garam. Bagi Anda yang datang ke Bali, kuliner khas Bali ini tak boleh Anda lewatkan. Anda harus mencicipinya.

Terlebih harga per porsinya sangat murah. Untuk menikmati satu porsi nasi ayam kedewatan bu Mangku Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 12 ribu rupiah saja. Sangat ramah di kantong bukan?

11. Rujak kuah pindang

Rujak kuah pindang makanan khas Bali

Nama tempat makan : Depot Rujak Kuah Pindang VIP
Alamat : Jalan Raya Kuta 109 B, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Hampir sama dengan rujak yang lain, rujak ini merupakan kuliner rujak yang dibuat dengan menggunakan kombinasi atau campuran dari berbagai buah segar ditambah dengan kuah kental. Buah – buahan tersebut dikupas dan kemudian dipotong kecil – kecil dalam tata cara sajinya.

Yang khas dari rujak ini adalah penggunaan bumbu pelengkap yaitu kaldu kental yang terbuat dari ikan laut ditambah garam dan terasi serta cabai. Nah, semua bahan tersebut kemudian dicampur dan selanjutnya ditumbuk sampai benar – benar lembut.

Rujak ini memiliki cita rasa pedas yang segar dan memiliki cita rasa asin yang sangat khas. Kuliner ini bisa kita temukan dengan mudah di Bali dengan harga mulai dari 6 ribu rupiah setiap porsinya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

12. Ikan asap sambal matah

Ikan asap sambal matah

Nama tempat makan : –
Alamat : –
Map : –
Jam buka : –

Sesuai namanya, kuliner berbahan dasar ikan ini diolah dengan cara diasap sampai benar – benar matang. Proses pengasapannya berlangsung cukup lama sehingga ikan memiliki rasa yang enak dan empuk dengan aroma ikan bakar yang khas.

Mengenai jenis ikan yang digunakan pada ikan asap sambal matah ini tidak boleh ikan sembarangan. Ikan yang digunakan pada ikan asap sambal matah ini diantaranya seperti ikan tuna, ikan tongkol dan juga ikan cakalang.

Sekarang ini ikan asap sambal matah banyak dijual di daerah sekitar wilayah Bali. Harganya per porsi bervariasi. Ada yang dibanderol per porsinya mulai dari 25 ribu rupiah.

13. Jukut ares

Jukut ares

Nama tempat makan : Warung Nadelia (Lawar ayam & Jukut ares)
Alamat : Jl. Tukad Balian No.166, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 19.00

Jukut ares ini merupakan makanan khas Bali yang unik karena terbuat dari olahan batang pisang muda. Ya, ares artinya batang pisang muda. Ares atau batang pisang muda tersebut kemudian diiris tipis dan dimasak dengan Base Gede atau bumbu lengkap dari Pulau Bali.

Untuk daging campurannya sendiri bermacam – macam. Ada yang dicampur dengan daging ayam, daging entog, daging empal dan bahkan ada yang dicampur dengan daging babi. Namun untuk umat Islam yang tidak boleh makan daging babi, dianjurkan ketika membeli jukut ares Anda tanyakan dulu daging apa yang digunakan dalam mengelola jukut aresnya apakah daging halal atau daging non halal.

14. Entil

Entil makanan khas Bali

Nama tempat makan : Entil Pupuan Ibu Sunadi
Alamat : Jl. Raya Pupuan, Pujungan, Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 20.00

Cara membuat entil sekilas memang mirip dengan ketupat. Akan tetapi tetap saja antara entil dan ketupat memiliki perbedaan jika kita teliti betul. Entil memiliki bentuk yang lebih pipih dibandingkan ketupat dan memiliki warna yang lebih kehijau – hijauan.

Dalam tata cara penyajian entil, beras dan santan yang telah dimasukkan ke dalam daun telengidi dan sudah matang akan ditelanjangi dari daun penutupnya. Kemudian setelah diletakkan diatas piring, akan ditambahkan bayam, kacang panjang, kecambah, sambal goreng dan sambal kelapa diatasnya.

Untuk melengkapi cita rasa entil, kuah santan dilumurkan diatasnya. Walau lumuran kuah santan tidak banyak, rasa entil semakin gurih bercampur pedas sambal yang nikmat akan menggugah selera Anda ketika memakannya.

Anda yang tertarik mencoba entil, Anda bisa beli satu porsi entil dengan harga mulai dari 12 ribu rupiah saja. Pastikan kalau liburan di Bali, Anda tidak lupakan mencicipinya ya!

Baca juga : 11 Tempat wisata terbaik di Indonesia untuk dikunjungi

15. Sate penyu

Sate penyu makanan khas Bali

Nama tempat makan : Sate Penyu Pak Rudi
Alamat : Jl. Raya Kuta No.14, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Ketika pertama kali mendengar nama sate penyu, kesan pertama yang tergambar di otak kebanyakan orang tentu sate dari penyu. Namun ternyata, sate penyu bukanlah sate dari daging penyu. Melainkan sate penyu ternyata dibuat dari daging babi. Anda yang merupakan warga muslim atau umat Islam tidak dianjurkan mengonsumsi kuliner ini ya.

Lantas, mengapa sate babi disebut dengan sate penyu?

Penggunaan nama penyu menurut cerita secara turun temurun didapatkan dari tempat penjualan sate. Dulunya penjual sate penyu mondar – mandir seperti penyu dalam melayani pelanggan karena itu disebut dengan istilah sate penyu.

Akan tetapi lama kelamaan penjualan sate di sekitar pantai tidak diperbolehkan lagi karena merusak estetika pantai. Kini sate penyu bisa Anda dapatkan di warung – warung pinggir jalan di berbagai pelosok Bali.

Dalam satu tusukan satenya, hanya terdapat 2 sampai dengan 4 potongan daging saja. Akan tetapi walau porsi tusukannya kecil, harga per porsinya juga murah. Anda bisa beli satu porsi sate penyu sekitar 8 ribu rupiah saja. Disajikan paling tidak 6 tusuk sate dengan ketupat sebagai pelengkapnya untuk satu porsi sate penyu.

16. Timbungan

Timbungan makanan khas Bali

Nama tempat makan : Warung Nasi Timbungan
Alamat : Jl. Debes, Delod Peken, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Dalam pembuatan Timbungan, bambu dengan ukuran relatif besar akan dilubangi untuk kemudian diisi dengan berbagai daging dan sayur. Daging – daging seperti ikan, babi dan ayam merupakan daging yang paling sering dipakai bersama campuran sayur seperti daun sela.

Sebelum daging pilihan masuk ke dalam wadah bambu, terlebih dahulu daging akan dibumbui supaya memiliki cita rasa yang enak dan nikmat ketika dikonsumsi. Untuk bumbu yang digunakan membumbui daging bisa menggunakan base genep dengan tambahan minyak kelapa.

Kalau sudah lengkap, bumbu akan dipanggang atau didekatkan pada tungku perapian sampai matang. Kalau sudah matang, timbungan bisa disajikan dengan nasi atau lontong.

Biasanya makanan khas Bali ini seringkali disajikan di waktu hari raya Kuningan dan Galungan walau di rumah makan sering disajikan sebagai menu makan.

17. LakLak Bali

LakLak Bali makanan khas Bali

Nama tempat makan : LakLak Bali
Alamat : Jln Padma Penatih, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Denpasar Utara, Bali
Maps : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 20.00

Terakhir ada LakLak Bali yang merupakan salah satu kuliner Bali yang dibuat dengan cara unik. LakLak dibuat dengan menggunakan tepung beras, santan, garam, air daun suji, serta air daun pandan untuk dijadikan sebagai adonan.

Penggunaan air dari daun pandan dan daun suji tersebut ternyata bukan tanpa tujuan. Tujuannya olahan LakLak diberikan daun pandan dan suji adalah untuk memberikan warna hijau alami dan aroma pandan alami pada LakLak.

Adonan LakLak yang sudah jadi nantinya akan dimasukkan segera ke dalam cetakan loyang berbentuk setengah bola untuk dipanaskan kembali. Sampai disini sebenarnya LakLak sudah bisa dikonsumsi akan tetapi rasanya gurih dan teksturnya lembut saja tanpa adanya pemanis tambahan.

Untuk menambah pemanis tambahan, LakLak yang sudah diangkat nantinya ditaburi diatasnya dengan gula aren yang telah direbus bersama parutan kelapa diatasnya.

Cara membuatnya memang terkesan mudah, akan tetapi dalam pembuatan LakLak harus telaten karena kalau tidak telaten bisa – bisa adonan LakLak tidak akan mengembang.

Bagi Anda yang berada di Bali dan kebetulan mencari destinasi wisata di Bali, Baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib untuk Dikunjungi

Itulah aneka ragam makanan khas Bali yang paling direkomendasikan untuk Anda cicipi ketika liburan di Bali. Jangan lewatkan satu pun kuliner diatas ya ketika liburan di Bali. Selamat berlibur!

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!