Benteng Rotterdam – Objek Wisata Bersejarah di Makassar

Benteng Rotterdam – Objek Wisata Bersejarah di Makassar

Makassar tidak hanya menawarkan objek wisata alam yang memukau, melainkan kota ini juga memiliki objek wisata yang sarat akan sejarah. Salah satunya adalah Benteng Rotterdam Makassar . Berkunjung ke tempat ini kamu akan disuguhi bangunan benteng peninggalan zaman kolonial Belkamu yang berusia lebih dari tiga abad dan hingga detik ini masih berdiri kokoh.

Benteng Rotterdam Makassar
Benteng Rotterdam Makassar

Benteng Rotterdam menjadi saksi bisu mengenai perjuangan rakyat makassar dalam mengusir Penjajah. Ada ratusan bahkan ribuan pejuang yang gugur di Medan perang kala itu. Benteng Rotterdam atau biasa disebut juga dengan Benteng Ujung Pkamung dibangun pada tahun 1545. Gaya arsitektur dari bangunan ini juga kental dengan era abad ke-16.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, dimana saat ini Benteng Ujung Pkamung masih bediri kokoh dan dibuka untuk umum sebagai salah satu Objek Wisata di Makassar. Benteng ini juga berada tidak jauh dari Pantai Losari yang merupakan Landmark kota Makassar. Jarak dari Pantai Losari menuju Benteng Rotterdam kurang lebih 1 km. Bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga : 17 Tempat Wisata Wajib di Makassar yang Jarang Diketahui

Untuk sampai di lokasi Benteng Ujung Pkamung kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan rute Jalan Somba Opu. Akses jalan menuju lokawisata tersebut juga sudah sangat bagus. Bukan hanya itu, dalam perjalanan kamu juga akan disuguhi pemkamungan laut yang sangat indah. Objek Wisata ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan pada saat akhir pekan dan musim libur sekolah.

 Benteng Rotterdam Makassar
Benteng Rotterdam Makassar

Benteng Rotterdam Makassar : Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute Perjalanan dan Fasilitas yang Tersedia

Benteng Ujung Pkamung ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang tepat bagi kamu dan keluarga. Pasalnya, selain dapat menyaksikan bangunan bersejarah peninggalan Raja Gowa ke-9, di tempat ini kamu juga akan memperoleh informasi sejarah terkait perjuangan Kerajaan Gowa Tallo dalam melawan Penjajah.

Nah, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, alangkah baiknya kamu simak ulasan dibawah ini mengenai harga tiket masuk hingga fasilitas yang tersedia di Objek Wisata Benteng Rotterdam Makassar.

Baca juga : Air Terjun Takapala – Wisata Alam Makassar yang Menakjubkan

Harga Tiket Masuk

Akses Masuk Benteng Rotterdam
Akses Masuk Benteng Rotterdam

Setiap wisatawan yang memasuki lokawisata Benteng Rotterdam akan dikenai biaya sebesar 5.000 rupiah. Selain itu, mereka juga akan dikenai tarif parkir kendaraan mulai dari 3.000 sampai dengan 5.000 rupiah sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Namun jika kamu ingin memasuki beberapa wahana yang tersedia di sini, kamu akan dikenai biaya tambahan mulai dari 5.000 rupiah.

Baca juga : Berbagai Macam Makanan khas Makassar Yang Wajib Dicoba

Lokasi

Depan Benteng Rotterdam Makassar
Depan Benteng Rotterdam Makassar

Benteng Rotterdam berada di lokasi yang cukup strategis, yakni di pinggir Pantai. Nah, bagi kamu yang penasaran atau bahkan sudah tidak sabar ingin berkunjung ke tempat tersebut, kamu bisa menempuh perjalanan menuju barat kota Makassar, lebih tepatnya di Jalan Ujung Pkamung Nomor 1, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Akses jalan yang dilewati juga sudah sangat bagus karena masih berada di Kawasan Pusat Kota Makassar.

Rute Perjalanan

Rute Perjalanan Benteng rotterdam
Rute Perjalanan

Sedangkan untuk rute perjalanannya kamu bisa berangkat dari Pantai Losari. Dari situ kamu pilih arah menuju jalan Muchtar Lutfi melalui Jalan Somba Opu. Lurus terus sampai ke Jalan Ujung Pkamung. Sekitar 240 meter ke depan kamu akan menjumpai jalan putar balik, ikuti rambu tersebut kemudian kamu akan menemukan pintu masuk Objek Wisata Benteng Rotterdam.

Jarak tempuh dari Pantai Losari menuju Benteng Rotterdam kurang lebih 1,1 km dan bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 sampai 10 menit. Tergantung kondisi lalu lintas yang dilewati.

Baca juga : 19+ Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di Tahun Ini

Fasilitas yang Tersedia

Berbicara mengenai fasilitas, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Antara lain tempat parkir kendaraan, toilet umum, papan informasi, tempat istirahat, spot foto dan lain sebagainya.

Museum La Gali go

Kemudian di tempat ini kamu juga akan menjumpai wahana bernama Museum La Galigo. Di Museum tersebut menyimpan banyak barang-barang bersejarah yang berkaitan. Untuk memasuki museum tersebut kamu akan dikenai biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah.

Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro
Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro

Kemudian di objek wisata ini kamu juga bisa menyambangi ruang tahanan Pangeran Diponegoro. Di ruangan tersebut Pangeran Diponegoro di tahan, ruangan tersebut memiliki ukuran yang sangat sempit. Jadi, dengan mengunjungi tempat ini kamu semua bisa merasakan bagaimana penderitaan Pangeran Diponegoro di kala itu.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Benteng Rotterdam atau yang memiliki nama lain Benteng Ujung Pkamung merupakan bangunan bersejarah yang berusia lebih dari 300 tahun. Tempat ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan dikelola sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Makassar.

Berkunjung ke tempat ini kamu akan memperoleh banyak informasi sejarah, mulai dari bangunan, barang-barang peninggalan dari abad ke-16, hingga menjumpai ruangan sempit yang menjadi ruang tahanan Pangeran Diponegoro. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membawa serta keluarga berlibur di Benteng Rotterdam Makassar ?      

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!