Pantai Losari – Pesona Pantai Ektosis Makassar

Pantai Losari – Pesona Pantai Ektosis Makassar

Pantai Losari tentu sudah tidak asing lagi, terutama bagi warga Makassar dan sekitarnya. Pantai yang berlokasi di sebelah barat kota Makassar ini sudah menjadi ikon dari Makassar dan merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang paling populer.

Pantai Losari tidak hanya menjadi ikon tempat kota Makassar, melainkan juga menjadi destinasi wisata favorit bagi keluarga di makassar dan sekitarnya. Selain itu, Pantai Losari Makassar juga menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Kemudian, bagi kamu yang ingin berswafoto, pihak pengelola tempat wisata ini juga telah menyediakan berbagai spot foto yang unik.

Panorama Pantai Losari
Panorama Pantai Losari

Kemudian di tempat ini juga memiliki Masjib bernama Amirul Mukminin, masjid ini sepintas tampak seperti mengapung diatas perairan Pantai Losari Makassar. Masjid tersebut juga kerap dijadikan sebagai spot foto dalam mengabadikan momen liburan keluarga. Kemegahan Masjib Amirul Mukminin menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki tempat wisata ini.

Bagi kamu yang mungkin berminat menyambangi keindahan alam Pantai Losari atau megahnya Masjid Amirul Mukiminin, kamu bisa datang ke sebelah Barat kota Makassar. Jarak objek wisata ini dari pusat kota cukup dekat, kurang lebih 21 km dan bisa kamu tempuh dalam waktu 30 menit. Lokasi tersebut juga berada cukup dekat dengan Taman Rekreasi Trans Studio Makassar yang sangat terkenal.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Terbaik di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata Pantai ini menawarkan panorama alam yang begitu indah pada saat sore hari, bahkan tempat ini juga menjadi spot favorit untuk menikmati keindahan Sunset. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi bagi kamu yang penasaran kamu bisa datang kapanpun kamu mau. Oiya, pihak pengelola Pantai juga telah menyediakan beragam fasilitas yang cukup memadai.

Pantai Losari

Pantai Losari Makassar : Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute Perjalanan, Hidangan dan Wisata , dan Fasilitas yang Tersedia

Semakin penasaran dengan tempat ini ? atau bahkan sudah tidak sabar ingin berlibur di Pantai Losari ? jika demikian, ada baiknya kamu simak informasi yang kami sajikan dibawah ini meliputi harga tiket masuk, lokasi, rute perjalanan hingga fasilitas serta daya tarik yang dimiliki Pantai eksotis di Makassar ini.

Harga Tiket Masuk

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Losari Makassar tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Akan tetapi pengunjung tetap harus membayar ongkos parkir sebesar 3.000 sampai dengan 10.000 rupiah, sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Sedangkan untuk jam operasionalnya, tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Pantai Losari

Lokasi

Berlokasi di sebelah barat Kota Makassar, lebih tepatnya di Jalan Metro Tanjung Bunga, Desa Maloku, Kecamatan Ujung Pkamung, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi tersebut juga strategis dan mudah ditemukan. Selain itu, tidak jauh dari lokasi Pantai Losari juga terdapat beberapa objek wisata lainnya, seperti Benteng Rotterdam dan Trans Studio Makassar.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Rute Perjalanan Pantai Losari

Untuk sampai di lokawisata Pantai Losari, kamu bisa berangkat dari pusat Kota Makassar. Lalu arahkan kendaraan kamu ke barat menuju Jalan Metro Tanjung Bunga melewati jalan tol. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam tergantung kondisi lalu lintas. Akses jalan menuju Pantai Losari juga sudah mengalami banyak perbaikan, sehingga mudah dilintasi berbagai jenis kendaraan.

Rute perjalanan Pantai Losari
Rute Perjalanan

Hidangan dan Wisata

warung Pantai Losari
warung Pantai Losari

Pantai Losari yang terkenal dengan matahari tenggelamnya ini dulunya dijuluki sebagai pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia. Kenapa dijuluki sebagai pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia? Di sepanjang Pantai ini dulunya terdapat warung-warung tenda yang menyambung satu sama lainnya sepanjang kurang lebih 1 KM.

Selain menjajakan berbagai macam hidangan laut di malam hari, warung-warung tersebut juga menjajakan berbagai macam makanan khas Makassar, yang paling terkenal adalah pisang epe. Pisang epe adalah pisang yang dibakar, kemudian dipipihkan dan diberi air gula merah, sangat nikmat bila dimakan pada saat masih hangat. Saat ini, warung-warung tersebut telah dipindahkan, tidak lagi di sepanjang Pantai melainkan berada di sekitar sebaran Pantai, tepatnya di depan rumah Walikota Makassar.

pisang epe
pisang epe

Lokasi wisata ini paling ramai dikunjungi oleh muda-mudi yang berkumpul pada jam 3 sore sampai dengan jam 9 malam. Biasanya mereka kumpul-kumpul sambil menunggu dan menikmati keindahan matahari tenggelam, kemudian berlanjut ke warung hidangan laut yang enak dan murah. Selain dapat menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas internet di sepanjang pantai ini. Ini merupakan salah satu keunikan dari Pantai Losari, sebuah pantai yang mempunyai fasilitas hotspot internet gratis.

Baca juga : 19+ Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di Tahun Ini

Tempat ini juga sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk berolahraga. Banyak sekali orang yang datang ke pantai ini untuk lari pagi karena udara yang sejuk dan angin yang sepoi-sepoi. Pantai Losari adalah tempat wisata alam yang jarang ditemui di kota lain, karena jarang sekali ada tempat wisata alam di tengah kota.

Pantai Losari

Pantai Losari tidak mempunyai pasir seperti di pantai-pantai lain, sehingga anda tidak dapat bermain pasir di pantai ini. Selain itu anda juga tidak boleh berenang di sini karena airnya sangat dalam sehingga berbahaya untuk kegiatan renang. Sebagai gantinya, di pantai ini terdapat wahana permainan air seperti perahu, sepeda air, dan banana boat. Walaupun tidak memiliki pasir, di sepanjang pantai ini dibuat tanggul beton untuk menahan ombak, di tanggul beton inilah biasanya banyak orang yang memancing ikan.

Wahana Air Pantai Losari
Wahana Air Pantai Losari

Berlokasi di Jalan Penghibur, banyak sekali penginapan dan fasilitas di sekitar pantai ini sehingga anda dapat memilih penginapan yang cocok dengan anda. Karena berada di pusat kota,maka sangat mudah sekali dicapai dengan menggunakan kendaraan umum. Selain itu, untuk memasuki kawasan wisata ini tidak dipungut biaya sedikitpun.

Baca juga : Menikmati Teh Hijau di Malino Highlands Makassar yang Sejuk

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di Objek wisata ini sebenarnya cukup lengkap, antara lain toilet umum, musholla, rumah makan, tempat sampah, papan informasi, dan area parkir. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan berbagai spot foto unik yang sayang jika dilewatkan. Kemudian di tempat ini juga tersedia beberapa wahana permainan air, seperti perahu bebek, sepeda air, banana boat, dan lain sebagainya.

Penginapan Pantai Losari
Penginapan Pantai Losari

Bahkan di sekitar Pantai Losari kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti memancing, menikmati indahnya Sunset di sore hari, hingga bermain futsal di lapangan yang tersedia. Atau kamu ingin mendatangi masjid Amirul Mukminin ? jika demikian, kamu bisa menyewa perahu untuk menuju ke sana, karena lokasi Masjid tersebut berada di sebesarang Pantai Losari Makassar.

Masjid Amirul Mukminin
Masjid Amirul Mukminin

Di kawasan pantai ini terdapat sebuah masjid yang unik dan menarik. Masjid yang memiliki 2 menara dan 2 kubah ini sangat unik karena merupakan sebuah masjid terapung. Masjid bernama Masjid Amirul Mukminin yang mampu menampung sekitar 400 jamaah ini dipancang di atas lautan Pantai.

Kurang lebih seperti itu informasi yang bisa kami sajikan mengenai Pantai Losari Makassar. Objek wisata pantai ini memang berbeda dengan pantai pada umumnya, pasalnya Pantai Losari ini tidak memiliki hamparan pasir putih yang lembut, melainkan bebatuan sebagai pemecah ombak.

Untuk menarik banyak wisatawan, pihak pengelola membuat anjungan di tepi pantai lengkap dengan beragam fasilitas serta spot foto yang menarik. Bagaimana, tertarik untuk berlibur di Pantai Losari ?

Baca juga : 12 Tips Penting Mencari Tiket Pesawat Murah!

Join the discussion

2 comments

Instagram @Atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!