Istana Bogor, Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor
Istana Bogor

Istana Bogor, Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor

Menjadi bagian panjang dari sejarah Indonesia, menjadikan Istana Bogor sebagai salah satu destinasi wisata di Bogor yang harus disinggahi. Ada banyak hal yang bisa didapatkan pengunjung ketika singgah di Istana Bogor ini.

Pengunjung tak hanya akan menyaksikan kemegahan dan keindahan bangunan. Melainkan habitat flora dan fauna yang beragam sampai lokasinya yang bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor menjadi hal menarik tersendiri yang bisa ditemukan dengan berkunjung ke salah satu wisata edukasi dan wisata sejarah di Bogor ini.

Untuk kamu yang tertarik singgah di salah satu dari enam istana kepresidenan Republik Indonesia ini, berikut informasi menarik tentang Istana Bogor yang perlu kamu tahu!

Daya Tarik Istana Bogor

Istana Bogor (liputan6)
Istana Bogor (liputan6)

Alamat : Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin sampai kamis buka pukul 09.00 – 14.00 WIB, jumat buka pukul 09.00 – 11.00 WIB dan 14.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Minimum sekali seumur hidup, masyarakat Indonesia memang harus singgah di istana kepresidenan yang dibangun dengan gaya aristektur neoklasik dan indische empire yaitu Istana Bogor ini. Istana kepresidenan ini mulai dibangun pada tahun 1744 dan baru resmi digunakan sebagai istana Kepresidenan tahun 1950 setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.

Istana yang dibangun pada lahan seluas 28,4 hektar dan memiliki bangunan seluas 14.892 meter persegi ini pada awalnya dijadikan sebagai tempat istirahat bagi para gubernur jenderal Hindia Belanda. Sampai pada akhirnya setelah Indonesia resmi merdeka dan kedaulatan Indonesia secara resmi diakui oleh Belanda menjadi milik bangsa Indonesia, istana ini beralih fungsi sebagai istana kepresidenan.

Kini, salah satu istana kepresidenan yang terletak bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor ini sudah dibuka untuk umum dan dapat menjadi wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia. Untuk kamu yang tertarik melakukan kunjungan ke Istana kepresidenan Bogor, ada beberapa hal menarik yang perlu kamu tahu tentang wisata edukasi di Bogor ini, yaitu :

1. Bangunan Istana Bogor

Istana Bogor (mbtech)
Istana Bogor (mbtech)

Istana kepresidenan di Bogor ini memiliki bangunan berbentuk tiga tingkat yang terdiri atas bangunan induk, bangunan di sayap kiri dan bangunan di sayap kanan. Bangunan induk pada istana kepresidenan ini dimanfaatkan untuk menggelar berbagai penyelenggaraan acara kenegaraan secara resmi, menggelar acara pertemuan dengan orang – orang penting serta menggelar upacara tertentu.

Pada bangunan sayap kiri, terdapat enam kamar tidur yang biasa digunakan menjamu tamu negara asing. Sementara pada bangunan sayap kanan, terdapat empat kamar tidur khusus yang disediakan untuk kunjungan kepala negara.

Istana ini juga memiliki sebuah bangunan khusus yang disediakan sebagai ruang peristirahatan Presiden dan keluarganya yang dibangun pada tahun 1964. Bangunan khusus ini diberi nama Dyah Bayurini.

Sementara ruangan lain yang ada di istana ini merupakan ruang kantor pribadi Kepala Negara, ruang perpustakaan untuk menyimpan buku dan karya, ruang makan, ruang sidang untuk para menteri, ruang pemutaran film, ruang garuda sebagai tempat upacara resmi kenegaraan dan ruang teratai yang menjadi tempat menerima tamu.

2. Menyimpan berbagai macam karya seni

karya seni Istana kepresidenan Bogor (kumparan)
karya seni Istana kepresidenan Bogor (kumparan)

Selain desain eksterior yang megah dan khas, istana kepresidenan di Bogor ini juga memiliki keindahan dari sisi objek-objek kesenian yang dipajang. Tercatat terdapat lebih dari 448 lukisan yang merupakan hasil karya para maestro lukisan dari dalam negeri dan juga maestro lukisan luar negeri.

Semua karya tersebut memenuhi dinding bangunan Istana kepresidenan Bogor. Beberapa karya yang terpampang pada dinding bangunan di antaranya karya lukisan dari pelukis Indonesia bernama Basuki Abdullah, dan lukisan karya pelukis Rusia yaitu Ernest Dezentje dan lukisan Makowsli.

Selain terdapat lukisan, Istana kepresidenan Bogor juga memiliki sebanyak 360 patung yang menjadikan setiap sudut ruang di istana terlihat semakin artistik, unik dan menawan. Kamu juga akan menemukan tengkorak harimau berlapiskan perak yang sejatinya merupakan hadiah dari Perdana Menteri Thailand yang didapatkan oleh Indonesia pada tahun 1958.

Juga terdapat sebuah tempat penyangga lilin Kristal dengan gaya bohemian serta sebuah karpet langka yang berasal dari Persia. Marmer yang secara langsung didatangkan dari Italia, lampu Kristal dari Cekoslowakia dan berbagai piranti perabotan kayu dari Jepara pun memenuhi ruangan di Istana Bogor ini.

3. Terletak bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor

 (lapisbogor)
Kebun Raya Bogor (lapisbogor)

Lokasi Istana Bogor memang sangat strategis karena berada di pusat kota. Salah satu objek wisata lain yang bersebelahan dengan Istana kepresidenan Republik Indonesia ini adalah Kebun Raya Bogor.

Sebagaimana yang selama ini kita tahu bahwa Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani terbesar di Bogor, Indonesia yang luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki lebih dari 15.000 jenis koleksi pohon serta tumbuhan.

Jadi sepulang dari berkunjung di Istana kepresidenan Bogor, kamu bisa langsung liburan di Kebun Raya Bogor juga dan dapatkan banyak hal menarik di sana.

4. Larangan di Istana Bogor

Istana kepresidenan Bogor (kids.grid)
Istana kepresidenan Bogor (kids.grid)

Untuk pengunjung yang sudah diperbolehkan masuk ke dalam istana oleh petugas bisa masuk dengan memenuhi beberapa syarat dan aturan yang sudah ditetapkan. Adapun beberapa syarat yang dimaksud di antaranya :

  • Tidak boleh memotret di dalam istana
  • Tidak boleh membuat gaduh
  • Tidak boleh membawa kamera
  • Tidak boleh membawa makanan atau minuman ke dalam area istana
  • Tidak boleh membawa barang bawaan kecuali dompet
  • Tidak boleh menyentuh atau memegang benda – benda koleksi atau lukisan dan patung di dalam istana
  • Tidak boleh merusak tanaman dan mengganggu binatang peliharaan yang ada di kompleks atau lingkungan istana

Dalam setiap rombongan hanya diperbolehkan satu juru foto untuk membawa kamera dan melakukan pemotretan di beberapa tempat yang telah ditentukan. Pengambilan gambar atau video itu pun harus dilatarbelakangi dengan tujuan yang jelas dan harus sudah mendapatkan izin dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Pengunjung yang datang ke Istana kepresidenan ini harus menggunakan pakaian rapi dan sopan seperti kemeja atau batik. Tidak diperkenankan menggunakan kaos dan semacamnya. Kunjungan yang dilakukan juga harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

5. Tata cara melakukan kunjungan

 (pinterest)
Istana Bogor (pinterest)

Secara harian, istana kepresidenan yang berlokasi di Bogor ini dapat dilihat dari area kebun Raya Bogor yang lokasinya memang berdampingan. Akan tetapi setiap hari ulang tahun kota Bogor tepat di bulan Juni, Istana Bogor dibuka untuk umum dengan cara mendaftar ke kantor Wali Kota Bogor atau jika memang ada kunjungan edukasi atau acara tertentu pendaftaran bisa dilakukan di Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Tata cara pendaftaran kunjungan ke Istana Bogor sebagai berikut :

  • Membuat permohonan izin kunjungan kepada Kepala Rumah Tangga Kepresidenan atau Kepala Istana
  • Surat permohonan izin yang diajukan harus mencantumkan beberapa hal di antaranya tujuan kunjungan, hari dan tanggal kunjungan, jumlah pengunjung dan daftar nama, alamat lengkap pemohon, nama dan nomor telepon pemohon.
  • Surat permohonan izin kunjungan bisa diantarkan secara langsung ke alamat Istana atau dikirim melalui kantor pos atau faximile ke nomor (0251) 8328172.
  • Surat permohonan izin kunjungan harus sudah diterima selambat – lambatnya 5 hari kerja sebelum jadwal atau hari kunjungan yang diagendakan.

Ada Wisata Apa Lagi di Bogor?

Selain punya tempat wisata edukasi dan sejarah, Bogor juga punya berbagai macam tempat wisata menarik lain yang wajib jadi tujuan kunjungan kamu. Salah satunya kamu bisa berkunjung ke wisata alam yang ada di Bogor seperti wisata alam Gunung Pancar Sentul. Informasinya tentang wisata alam ini, baca : Gunung Pancar Sentul – Wisata Alam Asri Terbaik di Bogor

Selain Gunung Pancar Sentul, masih banyak wisata alam lain yang bisa kamu kunjungi di Bogor. Rekomendasinya bisa kamu baca : 11 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 31 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi Tahun 2021

Setelah puas melakukan perjalanan liburan di Bogor, kamu juga harus mencicipi kekayaan kuliner Bogor. Banyak banget lho wisata kuliner di Bogor yang dapat memanjakan perut dan lidah kamu. Rekomendasinya, baca : 25 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dicoba

Baca juga : 15 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Nah, buat kamu yang punya agenda liburan di Bogor wajib banget datang melakukan kunjungan ke Istana kepresidenan ini kemudian lanjutkan perjalanan wisata kamu dengan mengunjungi beragam wisata alam dan kuliner yang ada di sana. Pengalaman liburan yang komplit dan seru akan kamu dapatkan di sana.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!