Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam
Pantai Suluban (phinemo)

Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam

Bagi kamu yang kepengen pergi ke Bali, atau bahkan udah beli tiket ke Bali tapi masih belom tahu mau ke mana aja, udah bener banget untuk kepoin halaman ini. Karena di itinerary Bali ini gw akan bagiin rekomendasi ke tempat-tempat yang menurut gw asik banget buat dikunjungin.

Kalo kamu punya rencana untuk berlibur ke Bali dengan waktu yang lebih singkat, bisa langsung pindah ke itinerary ini: Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis yang Gak Akan Terlupakan

Oyah, disclaimer, sebelum lanjut, mau kasih tau kalo itinerary Bali ini untuk 4 hari 3 malam. Berarti akan ada beberapa tempat yang ga akan ketampung di itinerary Bali ini, karena durasi hari yang kurang panjang.

Catatan juga, keterangan lama perjalanan di setiap tujuan itu merupakan lama perjalanan dari tempat sebelumnya ke tempat tersebut. Karena ini merupakan itinerary, jadi poin-poinnya urut ya dari tempat yang pertama kali didatengin sampe akhir.

Itinerary Bali Hari Pertama

Catatan: Sebelumnya dan Malamnya Menginap di Canggu

1. Monsieur Spoon Batu Bolong

Itinerary Bali Hari Pertama - Monsieur Spoon (10travlr)
Itinerary Bali Hari Pertama – Monsieur Spoon (10travlr)

Lama Perjalanan: 15 menit (dari penginapan di Canggu)
Harga: 20,000/croissant

Monsieur Spoon itu merupakan salah satu tempat yang makanannya recommended. Buat yang suka dan bahkan yang ga suka croissant, harus banget coba croissant di sini. Menu andalan mereka dan favorit gw itu adalah Chocolatine. Beuh! Itu mantep banget coklatnya.

Kalo kamu mau ikutin itinerary ini, di sini kamu boleh aja foto-foto di restoran, tapi kalo bisa, takeaway aja, alias bawa pulang. Makanannya jangan dimakan di tempat. Karena next nya, bakal ada yang lebih oke lagi.

2. Pantai Batu Bolong

Itinerary Bali Hari Pertama - Pantai Batu Bolong Canggu (mavibalirentals)
Itinerary Bali Hari Pertama – Pantai Batu Bolong Canggu (mavibalirentals)

Lama Perjalanan: 15 menit (durasi berjalan kaki), 5 menit (durasi dengan kendaraan)
Harga Masuk: Gratis

Nah, pasti bingung kan, kenapa tadi gw kasih saran untuk takeaway atau bawa pulang? Ini nih penyebabnya.

Selagi di Bali, ga afdol kalo ga nikmatin pantai. Pantai Batu Bolong itu adalah salah satu pantai yang lumayan indah dan lumayan rame pengunjung, khususnya warga negara asing yang tinggal di Bali.

Tapi masa nikmatin pantai cuma duduk doang? Pasti kita butuh cemilan dong. Croissant yang tadi tuh enaknya dicemilin di sini nih.

3. Makan Pagi – Warung Bu Mi

Itinerary Bali Hari Pertama - Warung Bu Mi (wanderersandwarriors)
Itinerary Bali Hari Pertama – Warung Bu Mi (wanderersandwarriors)

Lama Perjalanan: 15 menit
Harga: ± 20,000/makanan

Setelah menikmati pantai dan cuma nyemil doang, pasti masih belom kenyang kan. Makan pagi di sini sabi sih. Liat aja tuh lauknya banyak macem gitu. Warung ini merupakan salah satu warung populer di area Canggu. Selain harganya yang murah, rasanya juga enak.

Jangan salah, saking enak dan murahnya banyak banget warga negara asing yang ke sini juga. Kalo mau lebih murah lagi, bawa botol minum sendiri. Tapi kalo kamu ga bawa pun gapapa, karena minumnya pun tergolong murah di sini.

4. Air Terjun Kanto Lampo

Itinerary Bali Hari Pertama - Air Terjun Kanto Lampo (Pinterest)
Itinerary Bali Hari Pertama – Air Terjun Kanto Lampo (Pinterest)

Lama Perjalanan: 1 jam 15 menit
Harga Masuk: 15,000/orang

Kanto Lampo tuh termasuk salah satu air terjun yang wajib dikunjungi kalo ke Bali. Selain biaya masuknya yang murah, pemandangannya juga bagus banget.

Bagi kamu atau keluargamu yang ga pernah ke air terjun, air terjun ini cukup ramah. Perjalanan masuk dan keluarnya tergolong singkat banget. Jadi ga secapek kalo ke air terjun-air terjun lainnya. Kira-kira 5 menit udah sampe ke air terjunnya.

Kalo ke sini, agar mempermudah hidup, jangan pakai sepatu, kalo bisa pakai sandal. Jadi bisa dipakai terus sampe ke bawah, area air terjun, tanpa perlu melepas alas kaki yang dipake.

Buat kamu yang kurang suka air terjun, gw juga ada nih rekomendasi, pilih salah satu aja ya kalo mau terus ikutin itinerary-nya: 10 Tempat Wisata di Ubud yang Wajib Dikunjungi

5. Pura Saraswati

Itinerary Bali Hari Pertama - Pura Saraswati
Itinerary Bali Hari Pertama – Pura Saraswati

Lama Perjalanan: 40 menit ke tempat parkir, lalu 5 menit dari tempat parkir ke tempat wisata
Harga Masuk: gratis, untuk parkir dihitung per jam

Pura cantik, masuknya gratis, gimana ga kuy? Emang si tempat parkirnya agak jauh, tapi tenang, selama dari tempat parkir ke area pura, ada banyak toko-toko kecil di kiri kanan jalan. Jadi ga berasa jalannya.

Untuk masuk ke area ini, kalau jalan dari lokasi tempat parkir, adanya persis setelah Starbucks. Selain bisa foto-foto di kawasan Pura Saraswati, berhubung lokasinya ada di deket jalan raya Ubud, kamu juga bisa jalan-jalan di area sekitar.

Banyak banget toko-toko hits di kanan kiri jalan. Ada juga beberapa toko oleh-oleh. Tapi kalo kamu mau ikutin itinerary Bali rekomendasi gw ini, mending untuk oleh-oleh ditahan sampe hari keempat. Nanti akan ada waktunya untuk beli oleh-oleh.

6. Makan Siang – Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Itinerary Bali Hari Pertama – Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Kedewatan, Ubud

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: 25,000/porsi

Abis jalan kaki terbitlah makan yang banyak. Bukan begitu? Nah tempat makan legendaris ini menu andalannya itu nasi ayam. Di sini, kalian harus parkir di pinggir jalan, karena, restorannya ga punya tempat parkir sendiri.

Rasa nasi ayam ini tergolong agak pedas dan gurih yang enak banget, seperti makanan khas Bali pada kebanyakan. Selain makanannya yang enak, tempatnya juga bagus banget. Tradisional Bali gitu. Wajib nih foto-foto di sini, atau seenggaknya story lah boleh. Tapi ngomong-ngomong story, boleh juga loh tag ig kita @atwisata. Biar gw makin semangat gitu postingnya.

7. Starbucks Reserve Dewata

Starbucks Reserve Dewata (cariajablog)
Itinerary Bali Hari Pertama – Starbucks Reserve Dewata (cariajablog)

Lama Perjalanan: 1 jam 15 menit
Harga: ± 35,000/minuman

Eits apa? Jauh-jauh ke Bali ke Starbucks lagi? Jangan salah, tempat ini tuh merupakan Starbucks terbesar se Asia Tenggara! Tapi emang worth it banget ke sana.

Selain banyak tempat foto, buat kamu penyuka kopi, kamu bisa liat cara pembuatan kopi lewat instalasi interaktif. Ada mini museumnya juga di sana. Kayaknya kalo kamu di sana, kamu bakal ngabisin kebanyakan waktumu buat liat-liat ketimbang duduk doang. Dijamin ga nyesel deh ke sana.

8. Makan Malam – Beachwalk, Kuta

Beachwalk Mall Bali (bigbalitours)
Itinerary Bali Hari Pertama – Beachwalk Mall Bali (bigbalitours)

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga Parkir: Dihitung per jam

Next, kita ke mall nih. Walau kamu berasal dari kota yang banyak mall, dijamin ga ada nih mall yang model gini. Gimana enggak, mallnya langsung bisa akses ke pantai loh! Dan kebanyakan area mallnya outdoor.

Banyak juga tempat makan di sini yang pemandangannya pantai. Biasa gw kalo ke sini, makan di Raa Cha, selain harganya yang ga terlalu mahal, pemandangannya langsung pantai cuy. Enak kan rebus-rebus sama bakar-bakar sambil ngeliat pantai.

Bukan promosi Raa Cha loh, karena sebenernya masih ada beberapa resto di mall ini yang memiliki pemandangan pantai juga: Sushi Tei, Bebek Tepi Sawah sama food court Eat and Eat. Tapi jangan salah, karena mall ini ada di area Kuta, kamu juga bebas banget buat turun jalan ke jalanannya. Banyak makanan juga di sana.

Akhir Hari Pertama

Abis dari Beachwalk dan keliling-keliling Kuta, kamu bisa langsung pulang ke penginapan yang kamu udah book sebelumnya ya. Buat yang masih mau kelayapan juga boleh banget. Kulineran juga boleh. Gw ada juga nih beberapa tempat kuliner recommended khusus di area Bali: 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Rangkuman hari pertama dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya.

1 2 3 4
Join the discussion

2 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!