Orchid Forest Cikole Lembang, Taman Anggrek di Lembang
Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole Lembang, Taman Anggrek di Lembang

Bandung memang sebuah kota yang menyenangkan untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur. Ada banyak tempat wisata di Bandung yang sangat menarik dikunjungi. Salah satunya adalah taman anggrek terbesar di Bandung yaitu Orchid Forest Cikole.

Selain hadir sebagai taman wisata, Orchid Forest Cikole atau yang juga dikenal sebagai Orchid Forest Lembang ini juga menyediakan spot untuk camping. Mau tahu review selengkapnya seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Review Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole (iklantravel)
Orchid Forest Cikole (iklantravel)

Alamat : Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Map : Klik di sini

Orchid Forest Cikole merupakan sebuah taman wisata anggrek terbesar di Bandung yang memiliki luas lahan sebesar 12 hektar. Di lahan seluas itu, kamu akan menemukan lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan.

Spot khusus anggrek yang terdapat di Orchid Forest bernama Orchid House. Bibit bunga anggreknya sendiri berasal dari berbagai negara. Selain terdapat bunga anggrek asli Indonesia pastinya, juga terdapat bibit bunga anggrek yang berasal dari Venezuela, Amerika Serikat sampai dengan Peru.

Coraknya yang khas akan membuat pecinta anggrek takjub dengan semua tanaman yang dibudidayakan di sini. Beberapa jenis bunga anggrek bahkan termasuk kategori bunga anggrek yang sangat langka loh!

Orchid Forest Cikole (kompaslifestyle)
Orchid Forest Cikole (kompaslifestyle)

Menariknya lagi beragam jenis bunga anggrek yang dibudidayakan di Orchid House juga bisa kamu beli. Jadi jika setelah jalan – jalan kemudian kamu naksir salah satu bunganya, kamu bisa membawanya pulang.

Harganya bervariasi, ada yang dijual ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Siapkan saja uang untuk meminang salah satu jenis bunga anggrek yang kamu suka.

Taman wisata yang hadir dengan konsep ecotourism ini juga menyediakan berbagai macam spot fotografi yang bisa dimanfaatkan untuk membidik foto keren seperti halnya tempat wisata Farm House Lembang yang lokasinya juga tak jauh dari Orchid Forest Cikole.

Buat kamu yang ingin berwisata di Farm House, Baca : Farm House Susu Lembang, Wisata Terbaik di Bandung

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang

Jam buka : 09.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 30.000,00 per orang, jika membawa kamera DSLR biaya masuknya sebesar Rp 50.000,00

Fasilitas yang Tersedia

Untuk kamu yang berwisata di Orchid Forest, tentu saja akan ada banyak hal seru yang bisa kamu temukan. Selain bisa menikmati indahnya tanaman bunga anggrek yang dibudidayakan, beberapa hal seru yang juga bisa kamu temukan selama berlibur di Orchid Forest Cikole Lembang, di antaranya :

1. Spot-spot foto unik

Orchid Forest Cikole (orchidflowercarewater)
Orchid Forest Cikole (orchidflowercarewater)

Kalau bicara soal spot foto, hampir setiap sudut Orchid Forest merupakan spot foto terbaik. Namun memang pihak pengelola tempat wisata sudah merancang spot khusus tersendiri yang keren banget untuk membidik foto, di antaranya :

  • Area hutan pinus yang dilengkapi dengan jalur trekking sehingga pengunjung tak perlu ragu sepatunya kotor ketika jalan – jalan di Orchid Forest
  • Jembatan gantung kayu atau sky bridge dengan dilengkapi lampu sehingga ketika menjelang malam suasananya semakin cantik
  • Wooden bridge yang cocok untuk mereka yang hobi foto bertema rustic
  • Jalur tangga yang unik. Suasana malam di area ini semakin menarik dengan kehadiran lampu – lampu penghias yang menyala pada spot ini.
  • Teras paphio yang merupakan amphiteater di Orchid Forest. Spot ini tidak hanya dijadikan tempat pertunjukan musik atau teater, dengan hadirnya kursi kayu yang berjejer juga seringkali menjadi spot foto instagenik bagi wisatawan yang hadir
  • Spot foto payung dengan payung aneka warna digantung di atas
  • Spot foto bola pingpong
  • Spot terowongan segi lima
  • Spot sangkar burung
  • Serta masih banyak spot foto lain yang juga akan dibangun di Orchid Forest Cikole kedepannya.

2. Spot outbound

Spot Outbound (wisatabandung)
Orchid Forest Cikole (wisatabandung)

Orchid Forest juga selama ini terkenal sebagai tempat wisata terbaik untuk tujuan gathering perusahaan karena wahana wisata ini juga dilengkapi spot outbound yang lengkap. Terdapat area family gathering, character building, dan fun games.

Wahana bermain seperti highrope, flying fox pun ada. Terdapat juga wahana bermain zipline dan pinball yang menawarkan sensasi meluncur dari atas ketinggian dengan memanfaatkan line yang berkelok – kelok sepanjang 430 meter. Jika kamu ingin mencoba permainan zipline dan pinball ini, kamu harus memenuhi syarat berat badan di bawah batas maksimalnya yaitu 60 – 65 kg.

3. Wahana bermain anak

Orchid Castle (pinterest)
Orchid Castle (pinterest)

Ada banyak wahana bermain anak yang ada di Orchid Forest Cikole. Salah satunya adalah Orchid Castle. Di dalamnya terdapat banyak permainan mulai dari papan seluncur, terowongan, flying fox mini, sampai dengan sepeda mini.

Belum lagi terdapat rabbit forest yang merupakan tempat anak – anak agar bisa bermain bersama kelinci. Juga terdapat Put – Put Golf yang merupakan mini golf sebagai tempat anak – anak bermain golf. Dijamin deh anak – anak pasti bakal betah liburan di Orchid Forest.

4. Tempat makan dan ngopi/ngeteh

Food Court (traveloka)
Food Court Orchid Forest (traveloka)

Untuk kamu pecinta kopi dan teh, kamu bisa minum kopi di coffee corner atau minum teh di tea house corner yang ada di Orchid Forest. Di sana kamu bisa menghangatkan tubuh dengan secangkir kopi atau teh sembari bersantai menikmati alam Orchid Forest yang indah.

Kemudian jika kamu merasa lapar, kamu nggak perlu takut kelaparan karena terdapat area food court yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau seperti dapur ibu, Pine kitchen, ayam penyet dan soto bogor.

Berbagai macam menu makanan khas Indonesia seperti masakan ayam dan soto atau pun menu makanan mancanegara seperti roti sandwich bisa kamu pesan di sini.

5. Menginap di camping ground Orchid Forest

Camping Ground Orchid Forest (eljohnnews)
Camping Ground Orchid Forest (eljohnnews)

Buat kamu yang datang dari luar kota nggak perlu khawatir kemalaman atau tidak menemukan penginapan karena Orchid Forest Cikole juga menyediakan camping ground yang bisa dimanfaatkan.

Kalau menginap di camping ground Orchid Forest, suasana malam ditemani dengan pepohonan pinus yang indah, bunga anggrek yang mempesona dan langit bertabur bintang akan kamu rasakan. Fasilitas berupa api unggun pun disediakan.

Semua fasilitas yang diberikan dengan pemandangan alam khas Bandung terbaik di Orchid Forest bisa kamu nikmati dengan menyisihkan dana sebesar Rp 450.000,00 untuk 4 orang per malam dan sebesar Rp 950.000,00 untuk 9 orang per malam. Dengan harga tersebut, kamu juga akan mendapatkan fasilitas sarapan di pagi hari.

Untuk melakukan reservasi tak perlu khawatir tutup karena reservasi di Orchid Forest bisa dilakukan kapan pun. Hal ini karena jam operasional camping ground Orchid Forest tersedia selama 24 jam penuh tidak seperti jam operasional untuk Orchid Forest sebagai sebuah taman hiburan yang hanya beroperasi sampai pukul 18.00 WIB saja.

Akan tetapi kalau kamu kurang suka dengan konsep camping yang ditawarkan dan lebih ingin mencari tempat menginap yang berupa resort, tak jauh dari Orchid Forest terdapat resort yang juga memiliki spot foto dan taman bermain.

Resort yang juga punya spot foto dan taman bermain tersebut adalah Grafika Cikole. Informasinya, baca : Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung

Ada wisata apa lagi di dekat Orchid Forest?

Kalau bicara soal tempat wisata di dekat Orchid Forest, masih banyak tempat wisata lain yang masih satu kabupaten bisa kamu jelajahi. Salah satunya adalah Lembang Park and Zoo yang bisa menjadi tempat bermain sekaligus belajar.

Untuk wisatawan yang membawa anak dan ingin berlibur sambil memberikan pembelajaran tentang dunia hewan kepada buah hati tercinta bisa banget mampir ke sini. Informasinya baca : Lembang Park and Zoo, Wisata Edukasi Bandung yang Menawan

Atau ingin berwisata ke peternakan kuda dan naik kuda ala koboi Amerika? Kamu bisa datang ke De Ranch Lembang. Baca : De Ranch Lembang – Wisata Populer Bandung

Selain tempat wisata tersebut, rekomendasi wisata di Lembang lainnya baca : 35 Tempat Wisata di Bandung Lembang yang Hits dan Populer

Itulah review tentang Orchid Forest Cikole Lembang. Buat kamu yang berada di Lembang, jangan lupa mampir ya! Akan banyak cerita, foto dan pengalaman seru selama kamu di sana. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!