Ranca Upas, Wisata Alam di Bandung Paling Asyik
Ranca Upas (hirroharry)

Ranca Upas, Wisata Alam di Bandung Paling Asyik

Salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal sebagai tempat wisata paling asyik untuk berkumpul bersama keluarga, bersantai, menikmati hari libur dan bahkan camping adalah Kampung Cai Ranca Upas. Atau biasa disebut juga sebagai Ranca Upas.

Kebun teh yang luas, taman yang indah, banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan dan pastinya udara khas Bandung yang sejuk dan segar menjadi pengalaman wisata tak terlupakan yang bisa dirasakan di Ranca Upas.

Buat kamu yang ingin berwisata di kawasan wisata alam di Bandung yang berada pada ketinggian 1700 mdpl, berikut review selengkapnya!

Harga Tiket dan Lokasi Ranca Upas

Ranca Upas (hargatiket)
Ranca Upas (hargatiket)

Alamat : Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00 per orang, belum termasuk tiket wahana. Untuk harga detil outbound tertera pada segmen outbound di bawah.

Ranca Upas – Review Wisata Alam di Bandung

Berada pada ketinggian 1700 mdpl, tempat wisata Ranca Upas menjadi tempat terbaik untuk melepas penat. Suhu udara yang dingin mencapai 17 derajat sampai 20 derajat akan menjadi teman pelepas penat yang kamu rasakan.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah lengkap dengan kebun teh yang luas, masih banyak fasilitas wisata lain yang bisa kamu temukan di antaranya :

1. Penangkaran rusa

Penangkaran rusa (pinterest)
Penangkaran rusa (pinterest)

Ratusan rusa yang hidup di alam bebas dengan habitat menyerupai aslinya, dan bahkan diperbolehkan berinteraksi langsung dengan pengunjung akan kamu temukan. Kalau kamu berkenan, rusa – rusa yang diperbolehkan berinteraksi dengan pengunjung tersebut bisa kamu beri makan.

Jika tidak membawa makanan untuk diberikan kepada rusa, terdapat pusat pembelian bahan makanan rusa yang tersedia di area wisata. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 15.000,00 untuk membeli makanan rusa yang berupa wortel dan kangkung tersebut.

Aktivitas wisata ini tentunya sangat menyenangkan bagi pengunjung, utamanya anak – anak. Mereka akan mendapatkan pengalaman wisata lain sekaligus edukasi tentang hewan rusa jika berkunjung ke sini.

Hanya saja memang di Ranca Upas, hewan yang dilindungi tidak banyak. Jika kamu ingin mengajak anak menyaksikan berbagai macam jenis hewan kamu juga bisa datang ke Lembang Park and Zoo. Informasinya, baca : Lembang Park and Zoo, Wisata Edukasi Bandung yang Menawan

2. Pemandian air panas dan kolam renang

Ranca Upas - Pemandian air panas dan waterboom (idntimes)
Pemandian air panas dan waterboom (idntimes)

Jika sudah puas bermain – main dengan rusa dan merasa lelah, kamu bisa meredakan lelahmu dengan mandi air panas. Air panas yang mengandung belerang selain dapat membuat otot yang tegang menjadi rileks sehingga dapat menghilangkan lelah, juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Dengan semua manfaat tersebut, banyak orang yang berkunjung ke Ranca Upas tak melewatkan kesempatan berendam di kolam air panas Ranca Upas.

Kalau anak – anak ingin mandi dan basah – basahan, tersedia fasilitas kolam renang dan waterboom yang bisa dimanfaatkan. Lokasinya menyatu dengan kolam pemandian air panas. Waterboom ini dilengkapi papan seluncur cukup tinggi.

Kamu bisa mengeluarkan dana sebesar Rp 15.000,00 untuk menikmati fasilitas kolam renang dan waterboom serta kolam pemandian air panas di Ranca Upas.

3. Fun adventure, games & outbound

Paintball, Bandung (explorer)
Paintball Ranca Upas, Bandung (explorer)

Ranca Upas memiliki berbagai macam wahana outbound yang bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu buat kamu yang mencari lokasi terbaik untuk gathering bisa banget memilih wisata Bandung ini sebagai pilihannya. Beberapa wahana fun adventure, games & outbound yang bisa kamu temukan di Ranca Upas meliputi :

  • Flying fox dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,00
  • Paint ball dengan harga tiket sebesar Rp 90.000,00
  • Fun games dengan harga tiket sebesar Rp 75.000,00
  • Team building dengan harga tiket sebesar Rp 150.000,00
  • Jembatan goyang dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,00
  • Buggle trampoline dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,00
  • Elvis Bridge dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,00
  • Burma V dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,00
  • Kid zone dengan harga tiket sebesar Rp 10.000,00

Kamu juga bisa seru – seruan melakukan aktivitas panahan, berkuda dan bersepeda. Jika ingin berkeliling Ranca Upas menggunakan mobil land rover juga bisa banget. Trek atau jalur lintasan yang cukup panjang bisa kamu lewati.

4. Café Ranca Upas

Ranca Upas Cafe (hargaticket)
Ranca Upas Cafe (hargaticket)

Kalau setelah jalan – jalan dan bermain di berbagai wahana outbound membuat kamu merasa lapar, kamu bisa langsung ke Café Ranca Upas yang lokasinya berada di pinggir jalan utama di kawasan wisata ini. Gerbang masuk yang ikonik menjadikannya spot yang wajib menjadi latar foto kekinianmu.

Café ini hadir dengan konsep semi outdoor yang memiliki bangunan beratap rumbia dengan meja kursi kayu yang khas. Terdapat area taman hijau dengan bunga – bunga cantik juga di kawasan café ini. Kamu yang ingin menyantap hidangan mie kuah hangat sembari minum kopi sambil bersantai, wajib banget menikmatinya di café ini.

Mengenai harga makanan dan minuman yang dijual di café ini sangat terjangkau. Untuk makanan dibanderol mulai dari Rp 15.000,00, sementara untuk minumannya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10.000,00.

5. Smart Camp Adventure

Smart Camp Adventure (travel.kompas)
Smart Camp Adventure (travel.kompas)

Kalau kamu mencari tempat wisata di Bandung yang cocok dibuat camping, wisata ini cocok juga jadi pilihan. Ranca Upas memiliki area camping yang luas dan dapat digunakan untuk camping sampai kapasitas 1.000 orang.

Meski begitu, jika kamu membawa peserta camping lebih dari 40 orang, dianjurkan untuk booking areal camping ground terlebih dahulu. Harga bookingnya sebesar 500 ribu rupiah. Namun biaya booking ini belum termasuk tenda atau extra bed yang disewakan secara terpisah.

Di sekitar area camping ground terdapat taman selfie yang cukup luas. Hasil foto yang ciamik pun bisa kamu dapatkan untuk diupload di sosial media.

Lokasi taman selfie yang ada di Ranca Upas ini terdapat tepat sebelum kamu masuk ke area perkemahan. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 untuk berpuas – puas selfie di taman selfie ini.

Selain Ranca Upas, Bandung juga punya banyak tempat terbaik lainnya untuk camping, salah satunya Grafika Cikole. Informasi tentang wisata Grafika Cikole, baca : Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung

Baca juga : Ciwidey Valley Resort, Informasi Lengkapnya

Banyaknya fasilitas wisata yang dihadirkan beserta pemandangan alam yang menawan menjadikan Ranca Upas selain dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, juga sering dijadikan sebagai tempat membuat foto atau video prewedding.

Pemandangan gunung, kebun teh yang terhampar luas, rerumputan hijau yang indah, taman selfie yang ditata rapi sedemikian rupa semuanya akan menjadi latar foto terbaik kamu.

Selain wisata yang satu ini, Bandung juga masih punya banyak objek wisata lain yang bisa jadi tempat terbaik kamu membidik foto atau video prewedding. Salah satunya adalah The Great Asia Bandung. Baca : Keliling Dunia di The Great Asia Afrika Bandung

Ada wisata apalagi di Bandung?

Kalau bicara soal tempat wisata tak akan ada habisnya. Banyak referensi wisata dengan pemandangan indah dan menawarkan fasilitas lengkap yang bisa kamu temukan. Beberapa rekomendasinya baca : 35 Tempat Wisata di Bandung Lembang yang Hits dan Populer

Baca juga : 44 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Atau kamu ingin liburan namun masih belum punya itinerary untuk pergi ke mana saja? Tenang, kamu bisa menyiapkan itinerary terbaik kamu selama berada di Bandung dengan baca : Liburan Hits Ala Influencer – Itinerary Bandung 3 Hari 2 Malam Gratis

Buat kamu yang ada di Bandung, itulah sedikit review tentang wisata alam Ranca Upas yang bisa jadi alternatif tujuan wisata kamu. Dapatkan pengalaman wisata terbaik di sana, happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!