Rawa Pening, Wisata Semarang Segudang Daya Tarik
Wahana wisata Rawa Pening (sikidang)

Rawa Pening, Wisata Semarang Segudang Daya Tarik

Ada banyak tempat wisata di Semarang menarik yang bisa menjadi tujuan kunjungan ketika hari libur tiba. Salah satunya adalah tempat wisata Rawa Pening. Danau ini merupakan sebuah danau alami luas yang ada di Semarang.

Panorama alam yang memikat lengkap dengan latar belakang pesona pegunungan yang indah akan kamu temukan di sini. Kalau kamu tertarik berwisata di Rawa Pening, berikut review selengkapnya untuk kamu sobat traveler. Let’s check these out!

Daya Tarik Rawa Pening

Rawa Pening (kabarwisata)
Rawa Pening (kabarwisata)

Alamat : Waduk Rawapening, Semarang, Jawa Tengah
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 2.500,00 di hari biasa dan Rp 5.000,00 di hari libur. Harga tersebut belum termasuk tarif parkir

Danau seluas 2.670 hektar ini menempati empat wilayah sekaligus yaitu kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Dikelilingi oleh sekaligus tiga pegunungan yaitu Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran menjadikan tempat wisata ini semakin memiliki suasana alam yang sulit dilupakan.

Beberapa hal yang kamu bisa lakukan jika berwisata di sini yaitu :

1. Keliling danau dengan perahu dan berfoto

Keliling danau dan naik perahu (travel.okezone)
Keliling danau dan naik perahu (travel.okezone)

Kalau berkunjung ke salah satu wisata alam di Semarang ini belum afdhal rasanya jika kamu belum keliling danau dengan perahu dan berfoto di atas perahu. Disertai dengan background pegunungan dan pemandangan birunya air rawa yang mempesona.

Berfoto di atas perahu ketika sunset tiba juga sangat disarankan lho! Bahkan memang banyak fotografer mengincar moment sunset di danau ini ketika melakukan sesi pemotretan. Hasil bidikan yang keren bisa kamu dapatkan.

Kamu yang ingin berfoto prewedding dengan pasangan di Rawa Pening juga diperbolehkan, asalkan sudah izin terhadap pengelola terlebih dahulu. Biasanya pihak pengelola juga akan memberikan informasi kapan jadwal waktu Rawa Pening tidak terlalu ramai sehingga aktivitas foto bisa dimaksimalkan.

2. Memiliki beberapa wahana wisata

Wahana wisata Rawa Pening (sikidang)
Wahana wisata Rawa Pening (sikidang)

Wahana wisata yang dimaksud adalah ketersediaan fasilitas atau atraksi wisata yang bisa dinikmati pengunjung dalam paket seharga Rp 90.000,00 atau Rp 100.000,00 per orang. Jika membayar paket tersebut, pengunjung bisa menikmati wahana wisata berikut sekaligus :

  • JetSky
  • Perahu karet
  • Perahu motor
  • Bebek air
  • Becak air
  • Becak mini bendi
  • ATV

Atau jika ingin menikmati salah satunya saja bisa dengan membayar Rp 15.000,00 per item wahana, kecuali ATV harganya berbeda yaitu Rp 30.000,00 untuk 15 menit.

Kalau fasilitas wisata di sini masih kurang lengkap untuk menemani liburan kamu, kamu bisa ke Dusun Semilir yang memberikan jauh lebih banyak wahana dan spot fotografi karena memang dirancang sebagai wisata modern. Informasinya baca : Dusun Semilir, Wisata Ekologi dengan Wahana Seru di Semarang

3. Punya banyak spot wisata

Ya, Rawa Pening adalah sebuah tempat wisata alam di Semarang yang punya banyak spot wisata sebagai daya tariknya. Beberapa spot di Rawa Pening yaitu :

A. Mengunjungi Bukit Cinta

Bukit Cinta (kataomed)
Bukit Cinta (kataomed)

Bukit Cinta merupakan sebuah spot yang berada di pintu masuk utama menuju Rawa Pening. Bukit Cinta ini memiliki spot gembok cinta yang sering menjadi background foto sekaligus terdapat jembatan instagramable yang menjadi tanda bahwa kamu sudah tiba di kawasan wisata Rawa Pening.

Dulunya spot ini seringkali dikaitkan dengan mitos bahwa pasangan yang bukan muhrim datang ke sini maka hubungannya akan segera berakhir. Akan tetapi jangan khawatir karena itu hanyalah mitos yang berkembang di tengah masyarakat karena zaman dahulu disebarkan beritanya dengan tujuan agar tidak ada anak muda yang bermaksiat di kawasan Rawa Pening.

B. Sabana Rawa Pening

Sabana Rawa Pening (travel.okezone)
Sabana Rawa Pening (travel.okezone)

Ketika air danau di rawa sedang mengering, pesona yang dihadirkan menjadi berbeda dari biasanya. Tidak akan kamu temukan birunya air sebagaimana danau semestinya. Ketika danau di Rawa Pening ini mengering, terbentuk suatu kawasan wisata baru yang dikenal dengan sebutan sabana Rawa Pening.

Sabana yang satu ini memberikan pesona rerumputan hijau seperti areal persawahan bercampur pesona warna kekuningan yang cukup menarik. Lokasinya kurang lebih 100 meter dari danau Rawa Pening. Akan tetapi jika kamu ke Rawa Pening di musim penghujan tidak akan menemukan spot ini karena terendam air.

C. Spot Menara Eiffel

Menara Eiffel Rawa Pening (merdeka)
Menara Eiffel Rawa Pening (merdeka)

Kalau kamu ingin berfoto dengan background menara Eiffel, sekarang tak perlu jauh – jauh karena di Rawa Pening juga ada spot wisata berupa Menara Eiffel yang bisa jadi background foto kamu.

Menara Eiffel di sini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terbuat dari bahan bambu. Terdapat tangga yang bisa digunakan naik ke atas menara.

Selain berfungsi sebagai spot foto, Menara Eiffel juga difungsikan sebagai gardu pandang agar wisatawan dapat menyaksikan eksotisme rawa dari atas ketinggian.

D. Museum Ikan

Museum Ikan (kelloggsync)
Museum Ikan (kelloggsync)

Museum Ikan merupakan sebuah museum di kawasan tempat wisata yang memiliki sebuah akuarium besar dan di sana dipelihara berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan tawar sampai dengan ikan hias dirawat di sini. Selain bisa memandanginya, juga terdapat tempat pembelian ikan yang dibudidayakan seperti ikan hias, ikan cupang, ikan albino sampai ikan patin, ikan nila dan sebagainya.

Jadi selain bisa menyaksikan berbagai ikan yang dibudidayakan, kamu juga bisa mencari buah tangan untuk keluarga di rumah. Oleh karena itu biasanya pengunjung yang tertarik membeli oleh – oleh untuk keluarga di rumah akan berkunjung ke spot Museum Rawa Pening ini hanya ketika akan pulang.

Atau kalau oleh – oleh ikan belum cukup, masih banyak loh oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu beli. Rekomendasi oleh – olehnya baca : 11 Oleh – Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

4. Kulineran di warung apung dan pondok

Kulineran di warung apung dan pondok (hollywood-cerise.blogspot)
Kulineran di warung apung dan pondok (hollywood-cerise.blogspot)

Setelah puas menjelajah berbagai spot wisata yang ada di Rawa Pening dan berkeliling danau, kalau perut sudah terasa lapar kamu bisa langsung ke warung apung atau pondok yang disediakan. Warung apung merupakan tempat yang disediakan untuk pengunjung yang ingin makan dengan jumlah orang sedikit karena tempatnya agak sempit.

Sementara untuk pondok apungnya bisa menampung kapasitas yang lebih besar yaitu 25 orang sampai 100 orang. Berkonsep seperti rumah joglo di pinggir danau menjadikan pondok apung Rawa Pening seringkali disewa untuk berbagai acara seperti lamaran, gathering, rapat dan sebagainya.

Baik warung apung dan pondok apungnya sama – sama memiliki sajian masakan spesial bertemakan masakan laut seperti seafood, olahan ikan bakar untuk pengunjung. Olahan ikan nila, gurame, tongkol, ikan peda, kepiting, kerang dan cumi – cumi juga bisa kamu pesan.

Atau jika kamu kurang suka masakan laut bisa memesan nasi goreng spesial yang disediakan. Ada juga menu nasi goreng seafood untuk kamu yang suka olahan seafood sekaligus nasi goreng dalam satu sajian. Namun menu yang paling favorit di warung apung atau pondoknya di antara sekian banyak menu adalah menu ikan bakar karena dilengkapi sajian sambal spesial yang khas. Terlebih olahan ikan bakar juga dibanderol murah mulai dari 20 ribu rupiah saja.

Ada wisata apalagi di Semarang?

Selain tempat wisata rawa yang legendaris ini, masih banyak potensi wisata lain di Semarang yang bisa jadi alternatif kunjungan wisata kamu. Baca : 18 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

Baca juga : 20 Tempat Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai wisata kuliner kekinian di Semarang yang cita rasanya tak boleh dilewatkan. Baca : 17 Makanan Khas Semarang Paling Hits Untuk Dicoba!

Buat sobat traveler yang tertarik berlibur ke Semarang dan mendapatkan berbagai pengalaman wisata terbaik bisa langsung arahkan setir ke Rawa Pening. Dapatkan keseruan dan banyak pengalaman wisata di sana.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!