16 Makanan Khas Semarang Paling Hits Untuk Dicoba!
Makanan Khas Semarang

16 Makanan Khas Semarang Paling Hits Untuk Dicoba!

Semarang, ibukota provinsi Jawa Tengah, yang dulunya merupakan pusat perdagangan yang ramai sejak abad ke-16. Jadi rasanya tidak mengherankan jika kota ini memiliki pengaruh dari budaya Belanda, Cina, dan Jawa, yang menghasilkan peradaban yang sedikit bercampur aduk dan hal  ini paling terlihat dalam makanan khas Semarang. Well, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 16 makanan khas Semarang yang paling enak untuk dicoba!

1. Bandeng

Bandeng terkenal sebagai salah satu ikan yang sulit untuk dimakan karena teksturnya yang jauh lebih keras daripada ikan lainnya. Namun sebaliknya, Bandeng Presto, ikan bandeng yang dimasak dengan kondisi bertekanan tinggi, sangat lembut dan kenyal. Kamu nyaris tidak akan merasakan tekstur tulang setelah hidangan ini mendarat di mulut kamu. Selain itu, aroma daun salam, kunyit, dan ketumbar semakin memberi rasa lebih dalam untuk kuliner ini.

Makanan Khas Sunda
Bandeng Presto – Adira Finance

Buat kamu yang tinggal di Semarang dan pingin ngerasain makanan ini, kamu bisa ke Bandeng Juwana Elrina di area Jalan Pandanaran. Restoran ini buka dari tujuh pagi sampai jam sebelas malam.

2. Pecel

Pecel adalah sejenis salad tradisional Jawa yang terbuat dari berbagai sayuran rebus yang dicampur dengan bumbu kacang yang biasanya agak pedas. Makanan ini biasanya terbuat dari bayam, tauge, dan mentimun dan dibalut dengan bumbu kacang yang dicampur dengan cabai, lengkuas, daun jeruk purut, dan beberapa bumbu tradisional lainnya.

BACA JUGA: 15 Tempat Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

Pecel juga bisa dimakan dengan lontong dan dapat dengan muda kamu temukan di sebagian besar restoran tradisional di Jawa Tengah,

3. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah sejenis lumpia goreng yang dilengkapi dengan isia rebung manis yang gurih yang biasanya dicampur dengan ayam, udang, dan telur. Hidangan ini pada dasarnya menawarkan perpaduan citarasa antara Cina dan Jawa. Ngemil kelezatan fusion ratted top ini tidak akan lengkap tanpa mencelupkannya ke dalam bumbu yang terbuat dari gula merah, kecap, dan tepung jagung.

Cobain Lunpia Delight di  Jl. Gajahmada No.107, Miroto untuk nyobain cita rasa sebenarnya dari makanan khas kota Semarang ini.

Makanan Khas Sunda
Lumpia Semarang – Resep Koki

4. Gudeg

Wisatawan lokal yang biasanya datang ke Semarang pasti bakal pingin nyobain Gudeg. Gudeg adalah sejeni sup nangka yang merupakan spesialisasi daerah ini. Rebusan nangka sebenarnya adalah salah satu komponen dari hidangan ini.

BACA JUGA: Ini Rekomendasi Tempat Wisata Paling Nyaman di Semarang

Gudeg biasanya dicampur dengan ayam, telur rebus, dan krecek – kulit sapi direbus. Makanan ini jenis makanan yang sangat populer sehingga buat kamu yang pingin nyobain makanan ini, hampir semua restoran dari Semarang sampai Surabaya bakal pasti nyediain makanan ini.

5. Babat Gongso

Beberapa dari kamu mungkin akan merasa jijik melihat babat sapi di menu hidangan utama. Tapi kamu pasti gak bakalan kaget pas makan siang dengan Babat Gongso, hidangan berdaging cokelat kemerahan yang pastinya disukai oleh sebagian besar orang di Semarang.

Babat Gongso – Resep Koki

Usus dari mamalia pemakan rumput ini bakal dipotong dadu dan dididihkan dengan kecap manis dan rempah-rempah aromatik seperti daun salam, lengkuas, dan serai. Cobain Babat Gongso Pak Karmin di area Kauman Semarang Tengah untuk mencicipi sensasi nendang-nya makanan ini.

6. Tahu Gimbal

Buat kamu yang ngincar hidangan dengan berbasis tahu dengan isian seafood kaya udang, mungkin kamu mesti coba Tahu Gimbal yang terkenal manis dan pedas. Hidangan khas Semarang ini terdiri dari potongan tahu goreng, lontong nasi, gimbal (udang goreng), telur, dan kacang polong.

Makanan Khas Semarang
Tahu Gimbal – KewesDesign

Taburan kacang goreng dan seledri cincang juga ditambahkan. Sebenarnya nih, yang membuat makanan begitu lezat adalah bumbu kacang yang ringan tapi punya taste yang nagih. Cobain Tahu Gimbal di kedai Tahu Gimbal Pak Is di sekitaran Jl. Menter Supeno Mugassari yang buka dari jam 9 sampe jam 12 pagi.

BACA JUGA: 10 Tempat Kuliner di Semarang yang Wajib Dikunjungi!

7. Nasi Ayam Semarang

Kalau Yogyakarta punya Nasi Liwet untuk kekhasannya, Semarang bakal selalu diidentifikasikan dengan Nasi Ayam. Makanan khas ini dapat dengan mudah kamu temuin di seluruh area Semarang terutama saat malam tiba. Nasi yang sudah dikukus ini biasanya disiram dengan kuah opor ayam dan disajikan dengan hidangan tambahan seperti tumis sayuran, ayam suwir, dan sate manis.

Makanan Khas Semarang
Nasi Ayam Semarang – IDN Times

8. Tahu Pong

Next, tahu Pong adalah jenis hidangan tahu lainnya dalam list makanan khas semarang rekomendasi kita. Makanan  ini sebenarnya adalah jenis makanan ringan yang dinikmati di sore hari dan buat kamu yang lagi liburan di Semarang, kamu ga boleh ngelewatin begitu aja.

Makanan Khas Semarang
Tahu Pong – Tribunnews

Tahu goreng ini terkenal karena isinya kosong (Pong berarti tidak terisi). Hidangan ini tetap menarik karena rasa renyah diluar dan sensasi halus di dalamnya. Tahu Pong ini biasanya disajikan dengan acar dari lobak dan petis. Setelah memadukannya, rasa asin, manis, asam, dan pedas akan pastinya mendarat di mulut kamu.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

9. Nasi Kucing

Nasi kucing (atau dalam bahasa Jawa dikenal sebagai “sega kucing”) bukan menu khusus tetapi lebih pada bagaimana penyajian paket nasi yang biasanya bakal kamu lihat di warung angkringan. Dinamai “nasi kucing” karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk memberi makan kucing.

Nasi yang disajikan dapat berupa nasi ruk dan nasi renyah dan dalam porsi yang diberi lauk saus pedas, dan sepotong kecil goreng ikan rebus. Biasanya angkringannya bakal juga nawarin minuman panas seperti wedang jahe, cokelat, kopi, dan teh.

Nasi Kucing – Wikipedia

Nasi kucing sangat terkenal di berbagai tempat di Jawa Tengah dan sangat populer di kalangan para pelajar karena harganya yang cukup murah untuk kantong anak sekolahan selain juga rasanya yang pas di lidah orang-orang Indonesia.

10. Gulai

Gulai adalah jenis makanan tradisional Indonesia yang tiap daerah bakal punya cita rasanya sendiri, termasuk Gulai ala Semarang. Makanan yang secara umum dikenal sangat lezat ini biasanya disajikan dengan ikan yang diberi bumbu Gulai.

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Disajikan di piring yang super lebar, gulai ala Semarang lebih berair dan nyaris tidak pedas. Satu hal lagi, Gulai ikan ala makanan khas semarang ini tidak digoreng melainkan direbus di atas wajan atau mangkuk besar.  Kamu bisa singgah ke Jl. Singosari Raya No. 79, Pleburan, Semarang, untuk nyobain Gulai khas Semarang yang biasanya dijual dengan harga Rp12.000 – Rp40.000 per porsinya.

11. Es Cong Lik

Es Cong Lik adalah entry yang pastinya harus dimasukkan dalam daftar kuliner makanan khas Semarang. Makanan penutup yang legendaris ini dipopulerkan oleh seorang lelaki tua bernama Cong Lik. Es krim tradisional ubu hadir dengan berbagai jenis rasa seperti cokelat, kelapa, durian, dan alpukat. Bahan-bahan tambahannya bisa berupa agar-agar jelly, kacang hijau, dan buah-buahan tropis.

Makanan Khas Semarang
Es Cong Lik – DetikFood

Untuk nyobain rasa Es Puter Cong Lik yang original kamu bisa ke rukonya langsung di Jl. KH.Ahmad Dahlan No. 11 Karangkidul.

12. Kue Lekker

Kue lekker adalah salah satu jenis makanan yang sangat mudah ditemukan di setiap daerah di Indonesia. Di Semarang juga sama, tetapi yang populer adalah Kue Lekker Paimo. Perbedaan dari kue lekker di tempat ini dengan yang ada di tempat yang lain adalah apa yang ada di dalamnya.

Lekker pada umumnya disajikan dengan keju, cokelat, blueberry, atau selai lainnya sementara di Lekker Paimo, kamu bakal bisa nemunin menu yang isi didalamnya ada daging. Lantas, bagaimana rasanya? Penasaran kan?

BACA JUGA: Wisata Semarang – Vihara Buddhagaya Watugong

Buat kamu yang sedang di Semarang kamu bisa langsung ke Lekker Paimo di di Jl. Karang Anyar No. 37, Brumbungan. Selain enak, panganan ini juga murah meriah, dimana kamu cuma perlu nyiapain Rp 5.000 – Rp15.000 per porsinya.

13 Sate Kelengan

Buat kamu yang non muslim ada hidangan khusus khas Semarang yang cocok untuk kamu, Sate Kelengan. Makanan ini sebenarnya adalah daging yang disajikan dengan tusuk sate. Sate pada umumnya hanya diisi dengan potongan ayam, sapi, dan domba. Tapi sekarang kamu bisa merasakannya dengan sensasi berbeda yaitu dengan bacon.

Makanan Khas Semarang
Sate Kelengan – Grab Food

Lantas bagaimana dengan rasanya? Konon katanya rasanya gila-gilaan dan yum yummy. Masih penasaran ? Langsung capcus ke Gang Tengah No. 18, Krangan.

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

14. Soto

Buat kamu yang penggemar soto sejati, kamu perlu untuk mencicipi Soto Bangkong yang terkenal wuenak. Nama makanan ini diambil dari lokasi restoran pertama yang menjualnya – persimpangan Bangkong. Soto ini punya visual khas yang kekuningan dengan ayam suwir, dan bumbu spesial yang terdiri dari kunyit, ketumbar, dan lada.

Makanan Khas Semarang
Soto Bangkong – Tribunnews

Soto Bangkong kini telah dijual di banyak sudut kota Semarang tapi untuk nyobain rasa yang asli dari makanan ini kamu bisa ke Jl. A. Yani, Jl. MT Haryono dan Jl. Brigjen Katamso.

15. Wingko

Wingko adalah jenis makanan tradisional Indonesia yang bentuknya sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan lainnya. Wingko adalah jenis panganan yang sangat terkenal di pulau Jawa dan sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus, atau toko roti di dalam toko.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Wingko biasanya berbentuk lingkaran dan agak keras, dan biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Makanan juga ini bisa dijual dalam bentuk bundar besar atau juga dalam bentuk kue kecil yang dibungkus kertas dan bisa dijadikan alternatif oleh-oleh khas Semarang.

Wingko Babat – Resep Koki

Wingko yang paling terkenal adalah Wingko buatan Semarang dan karena inilah banyak orang beranggapan bahwa wingko berasal dari kota ini. Padahal nih, wingko sebenarnya berasal dari Lamongan, Jawa Timur.

16. Pisang Plenet

Last but not least, Pisang Plenet. As the name implies, makanan ini punya bahan dari pisang yang dipipihkan dan dipanggang. Snack ini adalah camilan favorit anak muda setempat dan biasanya cocok untuk jadi cemilan pas hangout sama teman-teman.

Youtube

Pisang ditekan, diminyaki dengan margarin, dan dipanggang sampai berwarna cokelat. Untuk membuatnya lebih menggoda, pisang plenet diberi bubuk gula, keju, selai, dan cokelat. Buat kamu yang penasaran dengan rasa pisang plenet, kamu bisa ke Pisang Plenet Pak Subandi di jalan Pemuda, Pandansari yang buka dari jam  1:30 siang hingga 11 malam.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Semarang

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!