Tempat Wisata di Bogor yang Murah Meriah, Dijamin Puas
Gunung Pancar, Jawa Barat (f.a_08)

Tempat Wisata di Bogor yang Murah Meriah, Dijamin Puas

Mendapat julukan sebagai kota hujan, kota dengan suasana sejuk ini selalu menjadi pusat perhatian. Hampir sebagian besar orang di wilayah Bogor atau di luar Bogor menjadikan Bogor sebagai kota tujuan wisata mereka. Tempat wisata di Bogor yang murah meriah juga banyak loh yang bisa dikunjungi.

Oleh sebab itu di akhir pekan atau musim liburan, Bogor selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Buat kamu yang punya waktu dan ingin melepas penat di daerah Bogor, berikut kami bagikan rekomendasi wisata yang wajib kamu kunjungi!

Tempat Wisata di Bogor yang Murah

1. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Gunung Pancar, Jawa Barat (f.a_08)
Gunung Pancar, Jawa Barat (f.a_08)

Alamat : Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/ RW.3, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Muuuadang, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang di hari biasa, Rp 10.000,00 per orang di akhir pekan

Gunung Pancar merupakan sebuah tempat wisata alam di Bogor yang menyajikan pemandangan hutan pinus asri dan terawat. Selain bisa berkemah, aktivitas wisata lain yang bisa kamu lakukan di sini juga sangat banyak mulai dari bersepeda, hiking, sampai dengan menunggang kuda.

Di sekitar gunung juga terdapat kolam pemandian air panas yang dapat dimanfaatkan untuk berelaksasi. Bahkan sebagian masyarakat masih percaya kalau dengan kandungan belerangnya membuat air di kolam pemandian air panas Gunung Pancar dapat menyembuhkan reumatik dan berbagai penyakit kulit.

Selengkapnya tentang wisata Gunung Pancar, baca : Gunung Pancar Sentul – Wisata Alam Asri Terbaik di Bogor

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (travel.okezone)
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (travel.okezone)

Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 17.500,00

Bagi kamu yang suka pendakian, kamu wajib berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bogor yang murah yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Memiliki luas 21.975 hektar, kawasan taman nasional ini menjadi vegetasi terbaik tumbuhnya berbagai tumbuhan unik, mulai dari tanaman kantong semar, rasamala, anggrek hutan, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya termasuk jamur bercahaya.

Selain terdapat aneka ragam jenis tumbuhan, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga menjadi habitat berbagai satwa liar seperti kumbang, kijang, anjing hutan, macan tutul, sigung, pelanduk, dan lebih dari 250 spesies burung.

3. Taman Sakura

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Taman Sakura (backpackerjakarta)
Taman Sakura (backpackerjakarta)

Alamat : Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 16.500,00

Jika dulu untuk melihat bunga sakura harus pergi ke Jepang terlebih dahulu, sekarang menyaksikan indahnya bunga sakura sudah bisa dilakukan di Taman Sakura. Taman Sakura berada di wilayah Kebun Raya Cibodas dengan luas lahan 85 hektar dan berada pada ketinggian 1300 – 1425 mdpl.

Kebun Raya Cibodas yang menjadi lokasi Taman Sakura dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari lahan parkir yang luas, area bermain anak, toilet, kantin, mushola dan terdapat pendopo alam terbuka yang biasa dijadikan sebagai tempat teater.

4. Bukit Alesano

Bukit Alesano (inews)
Bukit Alesano (inews)

Alamat : Unnamed Road, Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam nonstop
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 + Rp 5.000,00 jika ingin camping

Bagi kamu yang ingin menyaksikan panorama alam Bogor terindah dari atas ketinggian atau menyaksikan lampu kota menawan yang dimiliki kota Bogor pada malam hari, kamu wajib berkunjung ke Bukit Alesano.

Selain pemandangan alam yang menawan pada pagi hari dan malam hari, Bukit Alesano juga menjadi sebuah bukit dengan spot fotografi yang menarik. Kamu yang suka hunting foto untuk diupload di sosial media, akan banyak mendapatkan jepretan hasil foto terbaik di sini.

5. Curug Cibaliung

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Curug Cibaliung (seringjalan)
Curug Cibaliung (seringjalan)

Alamat : Jl. Kecibadak, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Kalau kamu suka keindahan dan merasa tidak masalah jika harus melewati jalur trekking yang cukup panjang, kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bogor yang murah yaitu Curug Cibaliung ini.

Alam yang indah, dikelilingi tebing – tebing berwarna cokelat yang cocok menjadi background foto menjadikan siapa pun akan terpuaskan berwisata di sini. Kamu juga bisa memuaskan hasrat berendam dan berenang di kolam air terjun yang menjadi tempat mengalirnya air yang terjun dari tebing.

6. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (sentul.city)
Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (sentul.city)

Alamat : Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.30 WIB
Harga tiket masuk : Rp 12.000,00

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng merupakan sebuah pemandian air panas dengan luas lahan 8 hektar. Air panas yang digunakan berendam pada salah satu tempat wisata di Bogor yang murah ini sumbernya berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang.

Selain itu, air panas yang biasa digunakan berendam di kolam pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat menjadikan kulit jauh lebih mulus setelah berendam. Selain berendam air panas, di sini juga tersedia wahana outbound yang bisa menjadi hiburan seru kamu mulai dari high rope, flying fox, bola air, motor cross, sepeda air, fancy trans dan juga monorel.

Tak tertinggal juga ada paintball, rumah balon, bombom car, tempat penyewaan ATV dan tempat terapi ikan. Informasi selengkapnya tentang Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, baca : Wisata Bogor – Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

7. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol (wisato.id)
Gunung Batu Jonggol (wisato.id)

Alamat : Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00 + Rp 5.000,00 (bagi yang ingin mendaki)

Selain menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang murah, Gunung Batu Jonggol juga menjadi salah satu tempat wisata hits di instagram yang banyak dikunjungi para selebgram. Bagi kamu yang jarang atau bahkan tidak pernah mendaki gunung, mendaki di Gunung Batu Jonggol menjadi aktivitas wisata yang sangat menyenangkan karena gunung ini tidak terlalu tinggi.

Gunung Batu Jonggol memiliki ketinggian hanya 875 mdpl saja sehingga sangat cocok bagi pemula yang baru pertama kali mendaki. Kemudian di kawasan puncak, panorama alam terbuka dengan gugusan awan yang menawan lengkap bersama deretan rerumputan hijau bersanding dengan tebing bebatuan cocok menjadi latar belakang foto kamu.

8. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Kebun Raya Bogor (kompas)
Kebun Raya Bogor (kompas)

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah taman wisata yang didirikan oleh Gubernur Jenderal G.A.G.Ph van der Capellen dengan luas mencapai 87 hektar. Di lahan seluas itu terdapat koleksi pohon dan tumbuhan yang berjumlah 15.000 jenis.

Selain bisa belajar tentang beragam spesies pohon dan tumbuhan, di Kebun Raya Bogor wisatawan juga bisa berkunjung ke Museum Zoologi yang menampilkan aneka ragam kerangka dan berbagai jenis binatang yang diawetkan seperti burung, serangga, kepiting, ikan dan sebagainya.

9. Situ Gede

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Situ Gede (pegipegi)
Situ Gede (pegipegi)

Alamat : Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Situ Gede merupakan sebuah danau dengan suasana hening yang memiliki pemandangan alam sempurna dengan perpaduan rawa dan bukit yang dapat menjadi background foto kamu. Situ Gede berada di tepi Hutan Dramaga dengan luas lahan mencapai 6 hektar.

Kamu bisa jalan – jalan di tepi danau, berkeliling danau menggunakan sepeda air, berfoto di jembatan yang berada di tengah danau atau pun menanti sunset yang indah di sini.

10. Pemandian Air Panas Ciparay

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Pemandian Air Panas Ciparay (sentul.city)
Pemandian Air Panas Ciparay (sentul.city)

Alamat : Unnamed Road, Gn. Sari, Gn. Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Selain Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Bogor juga punya tempat wisata berupa pemandian air panas lainnya yaitu Pemandian Air Panas Ciparay. Sumber mata air alami yang mengalir di pemandian ini berasal dari pegunungan sekitar.

Pemandian Air Panas Ciparay memiliki lingkungan yang sejuk dan hadir dengan dua kolam utama berukuran sedang. Jika tak ingin berendam atau berenang dengan banyak orang, kamu juga bisa menyewa kolam privat yang disediakan pengelola.

11. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari (mekarsari)
Taman Wisata Mekarsari (mekarsari)

Alamat : Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.30 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Taman Wisata Mekarsari merupakan sebuah kebun buah dengan luas 624 hektar. Seiring berjalannya waktu, Taman Wisata Mekarsari yang diresmikan sejak 1995 ini tidak hanya menghadirkan kebun buah melainkan juga memiliki banyak tanaman berupa sayur mayur dan tanaman hias.

Di lahan yang luas tersebut juga terdapat berbagai spot foto sekaligus wahana permainan yang menyenangkan. Ada rumah hobbit, petualangan sabana, waterfall building, ATV, atraksi air, area outbound dan juga area bermain yang kids friendly. Selengkapnya tentang Taman Wisata Mekarsari, baca : Wisata Bogor – Taman Wisata Mekarsari

12. Curug Cigamea

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Curug Cigamea (travelspromo)
Curug Cigamea (travelspromo)

Alamat : Jalan Curug Cigamea, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Curug Cigamea merupakan sebuah air terjun kembar yang memiliki ketinggian tebing tempat mengalirnya air terjun masing – masing 30 meter dan 5 meter. Di bawah air yang mengalir dari tebing juga terdapat kolam yang bisa digunakan berendam dan berenang.

Fasilitas yang memadai juga bisa kamu temukan seperti titik peristirahatan, toilet dan warung penjual makanan. Tak jauh dari lokasi wisata juga ada penginapan yang bisa kamu sewa ketika pulangnya kemalaman.

13. Istana Bogor

Istana Bogor (pinterest)
Istana Bogor (pinterest)

Alamat : Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin sampai kamis pukul 09.00 – 14.00 WIB, jumat pukul 09.00 – 11.00 WIB dan 14.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Istana Bogor yang lokasinya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor ini merupakan salah satu istana kepresidenan di Bogor yang menjadi saksi sejarah panjang kemerdekaan Indonesia. Tempat wisata di Bogor yang murah ini sampai sekarang masih dibuka untuk umum dan menjadi salah satu wisata sejarah dan edukasi yang ada di Bogor.

Istana kepresidenan ini memiliki luas lahan keseluruhan mencapai 28,4 hektar dan memiliki luas bangunan 14.892 meter persegi. Bangunan bergaya neo klasik yang megah ini memiliki tiga bagian yang terdiri atas bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan.

Aneka ragam lukisan terpajang dan lebih dari 4.500 buku ada di perpustakaan istana kepresidenan ini. Selengkapnya tentang Istana Bogor, baca : Istana Bogor, Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor

14. Telaga Warna

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Telaga Warna (travel.okezone)
Telaga Warna (travel.okezone)

Alamat : Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 22.000,00

Telaga Warna selalu menjadi tempat wisata di Bogor yang murah dan cocok untuk menepi dari hiruk pikuk kota. Selain danau kecil dengan air berwarna biru yang jernih, pesona hutan dengan alam kehijauan yang masih sangat asri menjadi pemandangan tersendiri yang bisa ditemukan di sini.

Selain berfoto, di Telaga Warna kamu juga bisa berkeliling danau dengan perahu. Sebagai habitat dari monyet dan aneka burung liar, kamu akan sering bertemu dengan hewan tersebut ketika berlibur di Telaga Warna.

15. Kampung Sindang Barang

Kampung Sindang Barang (pegipegi)
Kampung Sindang Barang (pegipegi)

Alamat : Pasireurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Kampung Sindang Barang merupakan kawasan desa adat Sunda tertua yang sudah ada sejak abad ke-12 dan memiliki sebanyak 22 rumah adat dengan fungsi yang berbeda – beda. Ada rumah adat yang dijadikan sebagai tempat menyimpan padi, tempat tinggal warga, balai perkumpulan, serta ada yang dijadikan sebagai penginapan untuk wisatawan.

Di sini wisatawan juga sekaligus dapat belajar tentang sejarah bangunan adat di Kampung Sindang Barang, budaya masyarakat Sunda, serta mempelajari aneka ragam kesenian Sunda termasuk seperangkat gamelan yang biasanya digunakan mengiringi tarian tradisional Sunda.

16. Telaga Malimping

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Murah - Telaga Malimping (ksmtour)
Telaga Malimping (ksmtour)

Alamat : Telaga Malimping, Ciadeg, Cigombong, Bogor, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Pemandangan alam yang indah, udara sejuk dan suasana hening yang ditawarkan menjadikan tempat wisata di Bogor yang murah ini selalu menjadi alternatif pilihan wisata banyak orang. Sebagai tempat wisata dengan konsep resort, kamu bisa menginap dengan harga kamar per malam mulai dari 250an ribu rupiah saja.

Sementara jika kamu tidak berniat menginap melainkan hanya ingin wisata keluarga saja, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Wahana permainan dan fasilitas wisata yang tersedia juga lengkap di antaranya :

  • Flying fox
  • Istana balon
  • Mandi bola
  • Kebun binatang mini
  • Banana boat
  • ATV
  • Canopy street
  • Paintball
  • Jet sky
  • Rafting
  • Mini trail
  • Arung jeram
  • Kolam pemancingan
  • Ruang pertemuan dan gazebo
  • Penginapan
  • Pondok Kuliner
  • Tempat karaoke
  • Digital Studio Recording and Studio Music

Ada Apa Lagi di Bogor?

Selain berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bogor yang murah di atas, sebelum pulang kamu juga harus memastikan sudah membeli oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Rekomendasinya oleh – olehnya, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Bogor yang Paling Terkenal

Kamu masih belum puas dengan list di atas? Eits tenang, masih ada banyak tempat-tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi, termasuk yang kekinian: Tempat Wisata di Bogor: 31 Paling Hits & Unik. Dan kalo kamu mau tau tempat-tempat kuliner kekinian, cek juga di sini nih: Wisata Kuliner Bogor Kekinian: 9 Harus Kamu Coba.

Buat kamu yang berada di Bogor atau sedang mencari tempat wisata menarik di Bogor, itulah berbagai rekomendasi tempat wisata di Bogor yang murah dan wajib jadi alternatif kunjungan wisata kamu. Happy holiday! Dapatkan liburan yang super menyenangkan di kota hujan Bogor.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!