Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro
Situs Warungboto (tripadvisor)

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jalanan Malioboro yang membentang dari Tugu Jogja ke perempatan kantor pos Jogja merupakan sebuah kawasan wisata yang menarik di mata wisatawan. Selain aktivitas lalu lalang, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro juga banyak pilihannya.

Di sinilah surga wisata bisa kamu temukan. Kamu bisa jalan – jalan di sepanjang Jalan Malioboro, belanja di berbagai pusat perbelanjaan, dan menambah pengetahuan serta pengalaman berlibur di berbagai tempat wisata menarik yang ada di sana. Berikut rekomendasi tempat wisata menariknya di sekitar Malioboro!

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

1. Tugu Jogja

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Tugu Jogja (travelspromo)
Tugu Jogja (travelspromo)

Alamat : Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Tugu Jogja merupakan sebuah monumen bersejarah yang menjadi simbol Yogyakarta dan sudah berdiri hampir sekitar 3 abad. Monumen ini dahulu dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I tepat pada tahun 1755 tepatnya setelah Keraton Yogyakarta selesai dibangun.

Awalnya Tugu Jogja dibangun setinggi 25 meter, akan tetapi rusak dan pada tanggal 3 Oktober 1889, Sri Sultan Hamengkubuwono kembali meresmikan Tugu Jogja yang juga dikenal masyarakat sebagai Tugu Pal Putih dengan tinggi yang tersisa 15 meter.

Lokasi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini menjadikan banyak orang yang jalan – jalan ke Malioboro menyempatkan waktu datang berkunjung ke icon Jogja ini. Baca : Malioboro Jogja, Daya Tarik Utama Kota Jogja

2. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Titik Nol Kilometer (sanjayatour)
Titik Nol Kilometer (sanjayatour)

Alamat : Jl. Pangurakan No. 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Titik Nol Kilometer merupakan kawasan yang penuh dengan bangunan kuno peninggalan Belanda, juga disebut sebagai Loji dan kini bangunan tersebut telah menjadi cagar budaya. Kamu akan mendapatkan suasana Jogja dengan cita rasa Eropa di sini, oleh sebab itu banyak juga yang menyebut bahwa Titik Nol Kilometer adalah Eropanya Jogja.

Selain bisa hunting foto di kawasan pejalan kaki ini, kamu juga bisa berburu wisata kuliner murah meriah di sekitar kawasan Titik Nol Kilometer ini.

3. Museum Sonobudoyo

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Museum Sonobudoyo (sewamobiljogja)
Museum Sonobudoyo (sewamobiljogja)

Alamat : Jl. Pangurakan No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : Selasa sampai Kamis dan Sabtu Minggu pukul 08.00 – 15.30 WIB, Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Senin tutup
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00 untuk orang dewasa, Rp 2.000,00 untuk anak – anak

Kalau sudah puas hunting foto di sekitar Titik Nol Kilometer, kamu bisa menyeberang jalan sedikit dan menemukan sebuah museum bernama Museum Sonobudoyo yang dibangun pada tahun 1935. Berbagai koleksi barang antik seperti keris, arca, artefak sampai dengan keramik kuno.

Koleksi berupa berbagai macam kerajinan seperti batik, keramik dan gerabah pun bisa ditemukan. Kurang lebih semua koleksi kerajinan dan barang antik yang disimpan di museum ini mencapai lebih dari 43.263 buah loh.

4. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Keraton Yogyakarta (griyaarimba)
Keraton Yogyakarta (griyaarimba)

Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 14.00, Jumat 08.30 – 11.00 WIB
Harga tiket masuk : Tiket depan Rp 5.000,00, Tiket belakang Rp 7.500,00, izin memotret Rp 2.000,00

Keraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang didirikan pertama kali pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Keraton Yogyakarta terdiri atas beberapa bagian yaitu Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik dan Museum pameran lukisan dan foto.

Berbagai macam benda peninggalan seperti foto – foto, medali, piagam, tanda jasa, buku bersejarah, koleksi mobil – mobilan, surat keputusan presiden, peralatan memasak, topeng, koleksi kain batik Jogja dan berbagai benda lainnya.

Baca : Keraton Yogyakarta, Wisata Jogja Bersejarah!

5. Taman Sari

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Taman Sari Jogja (reddoorz)
Taman Sari Jogja (reddoorz)

Alamat : Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 untuk wisatawan domestik, Rp 7.000,00 untuk wisatawan mancanegara, tambahan Rp 5.000,00 untuk pengunjung yang membawa kamera

Taman Sari atau Kampung Wisata Taman Sari merupakan situs bekas taman dan istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada tahun 1758 – 1765 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I didampingi oleh Bupati Madiun Raden Rangga Prawirasentika sebagai penanggung jawab pelaksana pembangunan.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini memiliki lahan seluas 10 hektar dengan 57 bangunan yang pernah mendapat renovasi di beberapa bagian karena sempat diterjang gempa pada 27 Mei 2006 lalu.

Baca : Taman Sari Jogja, Ini Spot Fotografinya!

6. De Arca Museum Jogja

De Arca Museum Jogja (eksotisjogja)
De Arca Museum Jogja (eksotisjogja)

Alamat : XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 22.00 WIB
Harga tiket masuk : Weekday Rp 35.000,00, weekend Rp 50.000,00

De Arca Museum adalah museum patung tiga dimensi pertama di Indonesia yang menyuguhkan aneka patung tokoh terkemuka baik di Indonesia atau mancanegara mulai dari pahlawan, presiden, penyanyi sampai pemain bola.

Museum De Arca terbagi ke dalam tiga zona yaitu zona tokoh nasional, zona presiden dunia dan zona tokoh dunia.

7. Situs Warungboto

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Situs Warungboto (tripadvisor)
Situs Warungboto (tripadvisor)

Alamat : Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini sejatinya merupakan salah satu bangunan cagar budaya berupa pesanggrahan atau pemandian dengan arsitektur bangunan yang sekilas mirip bangunan Taman Sari.

Terdapat dua buah kolam dengan bentuk bulat dan persegi. Juga terdapat lorong yang menarik untuk ditelusuri. Selain dijadikan tempat wisata, situs ini juga sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding.

8. Alun – Alun Kidul Jogja

Alun – Alun Kidul Jogja (seputarwisata)
Alun – Alun Kidul Jogja (seputarwisata)

Alamat : Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Sejatinya Alun – Alun Kidul merupakan bagian belakang Keraton Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi khususnya di sore hari dan malam hari. Jika pada siang hari, suasana Alun – Alun Kidul seperti tempat lapang biasa dengan dua buah pohon beringin tinggi di tengah – tengahnya.

Namun suasananya di kala sore hari berubah. Terdapat sorotan lampu – lampu yang menghias, banyak orang menawarkan odong – odong dan ramai penjual makanan street food di sini. Karena itu buat kamu yang sedang berada di Jogja dan mencari makanan atau camilan murah di malam hari, bisa langsung datang ke sini.

9. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (harianjogja)
Benteng Vredeburg (harianjogja)

Alamat : Jl. Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 16.30 WIB
Harga tiket masuk : Dewasa Rp 3.000,00, Anak – anak Rp 2.000,00

Benteng Vredeburg merupakan benteng peristirahatan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1765. Kini benteng ini sudah beralih fungsi menjadi museum yang di dalamnya menyimpan banyak peninggalan masa lalu mulai dari diorama peristiwa sejarah, lukisan, miniatur, peta, dan masih banyak lagi.

Bangunan museum yang bergaya Indis dan memiliki unsur perpaduan arsitektur barat dan Jawa ini juga menjadi kekayaan sejarah yang tak ternilai harganya.

10. Museum Kereta Kencana

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Museum Sonobudoyo (yukepo)
Museum Sonobudoyo (yukepo)

Alamat : Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 (izin foto + Rp 10.000,00)

Museum Kereta Kencana merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang dibangun Sri Sultan Hamengkubuwono IV dan menyimpan beragam koleksi kereta kuda milik Keraton Kasultanan Yogyakarta di dalamnya.

Terdapat 23 koleksi kereta kuda, 18 kereta yang masih dipergunakan untuk kepentingan upacara besar Keraton dan 5 kereta tua yang salah satunya merupakan kereta kuda yang pernah dipakai oleh Pangeran Diponegoro.

11. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali (tempatwisata)
Monumen Jogja Kembali (tempatwisata)

Alamat : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 14.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Monumen Jogja Kembali merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang didirikan pada tanggal 6 Juli 1966 untuk memperingati bahwa Jogja pernah menjadi ibu kota Indonesia. Monumen Jogja Kembali memiliki tiga lantai.

Lantai pertama berisi museum, perpustakaan, auditorium dan kafetaria. Lantai kedua berisi 10 diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia ketika dijajah Belanda. Lantai teratas merupakan tempat berbentuk lingkaran dengan suasana hening dilengkapi tiang bendera lengkap dengan bendera merah putih di tengah ruangan yang menjadi tempat mendoakan jasa para pahlawan.

12. Selfie Park Taman Pule Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Selfie Park Taman Pule Yogyakarta (xtsquare)
Selfie Park Taman Pule Yogyakarta (xtsquare)

Alamat : Jl. Veteran No. 150-151, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Selfie Park Taman Pule sesuai namanya merupakan tempat selfie yang memiliki lahan seluas 1088 m². Letaknya berada di lingkungan XT Square. Suasananya semakin keren di waktu senja karena perpaduan lampu dan suasana malam memberikan hasil yang sempurna.

Di sini terdapat 7 spot foto menarik seperti gate, bunga matahari, spot segitiga dan lingkaran, sumur kayu serta jembatan.

13. Masjid Gede Kauman

Masjid Gede Kauman (gotripina)
Masjid Gede Kauman (gotripina)

Alamat : Alun – Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Masjid Gede Kauman merupakan sebuah wisata religi yang sarat kisah sejarah. Masjid ini merupakan peninggalan dari Sri Sultan Hamengkubuwono I yang dibangun bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat dan Kyai Wiryokusumo.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini tepatnya berada di kawasan Keraton Yogyakarta dan menjadi pusat syiar agama Islam tertua di Jogja.

14. Pasar Beringharjo

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro - Pasar Beringharjo (kumparan)
Pasar Beringharjo (kumparan)

Alamat : Pasar Beringharjo timur Lantai 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua yang sudah beroperasi sejak tahun 1758 dan memiliki nilai historis dan filosofis yang tak dapat dipisahkan.

Berbagai macam oleh – oleh mulai dari kain batik, souvenir, kerajinan keramik dan gerabah, pot atau guci, tas, topeng, sampai aneka makanan dijual dengan harga terjangkau di pasar bergaya art deco dengan luas mencapai 2,5 hektar ini.

Kalau belum punya ide akan membeli oleh – oleh apa, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

15. Pasar Klitikan Jogja

Pasar Klitikan Jogja (inibaru)
Pasar Klitikan Jogja (inibaru)

Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto No.34, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 22.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Selain ada Pasar Beringharjo, juga ada Pasar Klitikan Jogja yang diresmikan sejak 11 November 2007 oleh pemerintah setempat. Di sini kamu bisa mencari berbagai macam merk dan jenis onderdil untuk kendaraan dengan harga yang super terjangkau.

Beberapa pedagang juga ada yang menjual berbagai jenis barang antik di sini. Menariknya lagi pasar ini masih sama seperti pasar tradisional lain, harga yang ditawarkan bisa ditawar jika kamu merasa belum cocok dengan harga yang ditetapkan pedagang.

Ada apa lagi di Jogja?

Selain wisata yang ada di sekitar Malioboro, masih banyak kawasan lain yang juga harus dieksplorasi. Baca : 9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

Baca : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kamu juga bisa kulineran kalau berkunjung ke Jogja. Ya, Jogja memang surganya wisata kuliner. Rekomendasi wisata kuliner terbaik yang bisa kamu temukan di sana, baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tertarik ke Jogja tapi masih belum punya itinerary yang pas selama di sana? Baca : Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Sekarang sudah nggak bingung lagi dong akan ke mana dan menikmati liburan seperti apa di Jogja dengan informasi di atas? So, simak terus informasi yang anekatempatwisata berikan! Dapatkan banyak informasi seru dan menarik di sini!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!