Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Direkomendasikan
Hutan Mangrove Jembatan Api Api (visitingjogja)

Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Direkomendasikan

Selain Gunung Kidul, kabupaten Kulon Progo juga menjadi salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi wisata sangat spektakuler di dalamnya. Ada banyak tempat wisata di Kulon Progo yang dapat menjadi tujuan kunjungan kamu selama di sana.

Bentang alam yang indah, alam yang menentramkan dan suasana yang masih jauh dari hiruk pikuk kota akan kamu dapatkan. Cocok menjadi tempat untuk kamu yang ingin melepas penat dan menikmati suasana alam khas desa. Mengenai apa saja tempat wisata di Kulon Progo yang paling direkomendasikan, berikut daftarnya!

Daftar Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaik

1. Air Terjun Kedung Pedut

Tempat wisata di Kulon Progo - Air Terjun Kedung Pedut (tribunnews)
Air Terjun Kedung Pedut (tribunnews)

Alamat : Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Mendapat sebutan sebagai The Hidden Paradise of Kulon Progo menjadikan air terjun ini selalu mendapat kunjungan dari wisatawan yang tengah berlibur ke Kulon Progo.

Suasana alam yang asri, air terjun yang jernih dan keseruan bermain air di kedung yang menampung semburan air dari tebing akan kamu temukan. Cocok menjadi tempat melepas penat bagi kamu yang suka berpetualang.

Selain itu juga terdapat beberapa spot foto yang disediakan oleh pengelola di lokasi tempat wisata di Kulon Progo ini yaitu helikopter di tepi kolam pemandian dan hammock. Di hammock ini kamu juga bisa bersantai menikmati pemandangan alam air terjun dari ketinggian.

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (nyero.id)
Kebun Teh Nglinggo (nyero.id)

Alamat : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang, belum termasuk biaya parkir

Kebun Teh Nglinggo merupakan sebuah tempat wisata di Kulon Progo seluas 136 hektar yang berada di ketinggian 900 mdpl – 1000 mdpl. Suasana sejuk yang dihadirkan membuat kamu bisa menikmati suasana alam tak ada duanya di sini.

Selain bisa jalan – jalan sambil berfoto, kamu juga bisa menikmati wisata off road dengan jeep yang memiliki tiga pilihan rute yaitu rute pendek dengan waktu tempuh 2 jam, rute sedang 4 jam dan rute panjang dengan waktu tempuh 6 jam. Jika ingin menikmati sunrise di pagi hari, kamu bisa menginap di homestay yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

3. Waduk Sermo

tempat wisata di Kulon Progo - Waduk Sermo (travelspromo)
Waduk Sermo (travelspromo)

Alamat : Sremo tengah RT 63 / 23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 6.000,00

Waduk Sermo yang sampai saat ini masih beroperasi telah selesai dibangun pada Oktober 1996 dan kemudian resmi dibuka oleh presiden Soeharto satu tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1997.

Luas waduk ini mencapai 7000 hektar dilengkapi dengan pemandangan pegunungan Menoreh yang luar biasa indah. Waduk yang menjadi rumah bagi ribuan burung ini tidak hanya menjadi tempat yang tepat untuk bersantai, jalan – jalan dan berkeliling. Melainkan kamu pun bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti naik gethek, berkemah atau pun memancing.

4. Air Terjun Grojogan Sewu

tempat wisata di Kulon Progo - Air Terjun Grojogan Sewu (tribunnews)
Air Terjun Grojogan Sewu (tribunnews)

Alamat : Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 150 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan air terjun dengan ketinggian 81 meter yang berada di bawah kaki Gunung Lawu. Ada dua pintu masuk yang bisa kamu temukan untuk sampai ke air terjun.

Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang yang cocok dilalui kamu yang suka berpetualang dengan track yang cukup menantang. Sementara pintu masuk kedua berada di dekat River Hill yang memiliki track landai sehingga biasanya dipakai sebagai track oleh ibu – ibu atau lansia yang ingin jalan – jalan ke air terjun.

5. Hutan Pinus Girimulyo

Hutan Pinus Girimulyo (limakaki)
Hutan Pinus Girimulyo (limakaki)

Alamat : Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Kalau kamu berlibur ke Air Terjun Grojogan Sewu, jangan lupa mampir di Hutan Pinus Girimulyo karena lokasinya searah. Banyaknya pepohonan pinus yang berjajar menjadikan hutan ini terasa sangat sejuk dan damai.

Kalau di Kulon Progo, ada Hutan Pinus Girimulyo maka di Bogor ada kawasan hutan pinus Kopi Daong yang sekarang disulap menjadi tempat nongkrong asyik anak muda. Reviewnya baca : Kopi Daong, Tempat Ngopi Asyik Tengah Hutan

6. Kalibiru

Kalibiru (dakatour)
Kalibiru (dakatour)

Alamat : Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Tempat wisata di Kulon Progo ini memberikan pemandangan alam yang spektakuler. Pemandangan Waduk Sermo dengan barisan pegunungan yang berjajar juga tampak di pelupuk mata.

Duduk bersantai sembari memotret pemandangan akan menjadi aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Selain bisa bersantai sambil berfoto, berbagai aktivitas unik seperti naik sepeda udara, melewati jembatan monyet sampai dengan flying fox juga bisa kamu lakukan di sini.

Dengan pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan, Kalibiru jadi memiliki pemandangan yang spektakuler. Tidak hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas unik seperti sepeda udara, melewati jembatan monyet hingga flying fox.

7. Hutan Mangrove Jembatan Api Api

Hutan Mangrove Jembatan Api Api (visitingjogja)
Hutan Mangrove Jembatan Api Api (visitingjogja)

Alamat : Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00 per orang, belum termasuk tiket parkir

Hutan Mangrove Jembatan Api Api merupakan sebuah tempat wisata di Kulon Progo yang memadukan konsep antara wisata alam dengan wisata instagramable. Jembatan dengan bentuk unik yang dilengkapi permainan keseimbangan berliku dihadirkan sebagai spot memacu adrenalin sekaligus menjadi tempat ikonik untuk berfoto.

Tersedia juga perahu yang bisa mengantarkan kamu berputar – putar di danau tempat wisata ini. Siapkan kameramu ketika berkunjung ke tempat wisata ini agar tak ada satu spot pun yang terlewatkan dari jepretan kamu.

8. Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran (datawisata)
Ayunan Langit Watu Jaran (datawisata)

Alamat : Sabrangkidul RT.10 / RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 (jika ingin naik ayunan bayar Rp 20.000,00)

Bagi kamu yang suka naik ayunan di ketinggian, kamu bisa berkunjung langsung ke tempat wisata di Kulon Progo yaitu Ayunan Langit Watu Jaran. Meski ayunannya berada di atas ketinggian, kamu tak perlu khawatir jatuh karena sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Pastikan jangan lupa berpose ketika naik ayunan karena pemandangannya luar biasa indah. Kamu pun bisa menghasilkan foto paling keren untuk diupload di sosial media kamu.

9. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo (jogja.tribunnews)
Goa Kiskendo (jogja.tribunnews)

Alamat : Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Kalau kamu tertarik berkunjung ke sebuah goa di Kulon Progo dengan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang memukau, kamu bisa berkunjung ke Goa Kiskendo ini. Goa yang terletak di kawasan pegunungan Menoreh 1.200 mdpl ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Menyusuri goa terasa menyenangkan terlebih goa ini telah dilengkapi dengan sarana pejalan kaki di dalamnya. Kamu tak perlu khawatir tersesat karena sudah tersedia penerangan yang cukup memadai.

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah (promoliburan)
Pantai Glagah (promoliburan)

Alamat : Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Pantai Glagah menjadi salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang sangat unik berkat kehadiran batu pemecah gelombangnya yang berbentuk menyerupai kaki segitiga. Bentuknya yang unik tersebut menjadikan spot ini sebagai spot terbaik di Pantai Glagah yang sangat layak dijadikan tempat berfoto.

Ada tempat wisata apalagi di Daerah Istimewa Yogyakarta?

Selain Kulon Progo, masih banyak daerah lain yang menyimpan beragam tempat wisata menarik termasuk di kota Yogyakarta sendiri. Baca : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 20 Wisata Jogja Terpopuler dengan Wisata Alam Eksotis

Tempat nongkrong untuk anak muda di Jogja juga banyak banget pilihannya, baca : 9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

Buat kamu yang sedang mencari tujuan liburan bisa langsung datang ke Kulon Progo atau beberapa daerah lain yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dapatkan pengalaman liburan yang menarik dan tak ada duanya di sana.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!