10 Tempat Wisata Eropa Terbaik Untuk Traveler
wisata Eropa (alamy)

10 Tempat Wisata Eropa Terbaik Untuk Traveler

Pemandangan kota yang indah, bangunan yang megah dan suasana yang sangat menyenangkan menjadi beberapa alasan mengapa banyak traveler tertarik untuk melakukan perjalanan wisata Eropa. Mungkin kamu juga salah satunya?

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk melakukan perjalanan wisata di Eropa, ada baiknya agar kamu memiliki daftar tujuan wisata yang akan kamu kunjungi di sana. Dengan begitu sesampainya di kota tujuan wisata kamu di Eropa, kamu nggak bingung lagi akan berwisata ke mana.

Mengenai apa saja tempat wisata terbaik yang cocok jadi tujuan wisata Eropa kamu, kamu bisa cek dalam informasi lengkap di bawah ini! Jangan sampai kelewatan ya sobat traveler!

Tempat Wisata Eropa Terbaik Untuk Traveler

1. Rhine Falls

Wisata Eropa - Rhine Falls (tiqets)
Rhine Falls (tiqets)

Alamat : Rheinfallquai, 8212 Neuhausen am Rheinfall, Swiss
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 13 Euro

Rhine Falls atau air terjun Rhine merupakan sebuah wisata alam di Eropa yang sangat terkenal. Tempat wisata ini merupakan sebuah air terjun dengan alam yang sangat indah. Ketinggian air terjunnya mencapai 23 meter sementara lebarnya mencapai 150 meter.

Ada banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di wisata Eropa Rhine Falls. Kamu bisa hiking, berfoto di pulau karang yang ada di tengah sungai, naik perahu sembari berkeliling sungai dan dapat juga menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Di hari libur, wisata Eropa Rhine Falls selalu ramai dengan kunjungan wisatawan akan tetapi di hari biasa Rhine Falls sedikit sepi dari kunjungan. Jika di antara kamu ada yang berada di Swiss dan berniat liburan di Rhine Falls tanpa terjebak dengan keramaian, dianjurkan agar kamu berkunjung di hari biasa atau weekday saja.

Pemandangan air terjun ini selalu indah, dan semakin indah di bulan Juli karena pada bulan tersebut kolam terjun (air yang menggenang di dasar air terjun) dari air terjun tersebut sangat tinggi dan menjadi yang paling tinggi dibandingkan bulan – bulan lainnya. Jika kamu tertarik jalan – jalan di Swiss dan sedang mencari tiket pesawat ke Swiss, pastikan kamu tahu bagaimana tips trik mendapat harga pesawat murah agar dana perjalanan kamu bisa dialihkan untuk keperluan lainnya. Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

2. Seine River Cruise

Wisata Eropa - Seine River Cruise (pinterest)
Seine River Cruise (pinterest)

Alamat : Paris, Le Havre
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis, kecuali naik kapal menyusuri Seine River Cruise dikenakan biaya

Salah satu ikon wisata Eropa yang wajib kamu kunjungi saat di Paris adalah Seine River Cruise. Wisata Eropa ini termasuk salah satu sungai yang membelah kota Paris. Pemandangan yang sangat indah utamanya di malam hari dengan pesona lampu temaram berwarna kuning yang menggoda akan kamu temukan.

Banyak kapal yang bertengger di pinggir sungai. Jika kamu ingin berkeliling sungai, kamu bisa menyewa kapal tersebut lalu kapal akan membawa kamu menyusuri Seine River Cruise ini. Sementara jika kamu berkunjung ke Seine River Cruise di siang hari, kamu bisa melakukan jogging di sepanjang pinggiran sungai, piknik di tepian sungai, sekedar jalan – jalan, atau naik sepeda lipat mengelilingi sungai.

Jika kamu kebetulan tidak sedang membawa sepeda dan ingin naik sepeda berkeliling Seine River Cruise, kamu bisa menyewa sepeda lipat di sekitar bantaran sungai dengan harga sebesar 2 Euro per 30 menit.

3. Menara Eiffel

Wisata Eropa - Menara Eiffel (okezone travel)
Menara Eiffel (okezone travel)

Alamat : Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, Prancis
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 01.45 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis, 2,5 Euro – 25 Euro (tergantung ke lantai dua atau ke atas menara)

Menara Eiffel merupakan ikon wisata Eropa yang selama ini selalu menjadi tujuan wisata utama bagi traveler yang berlibur ke Paris. Menara Eiffel ini merupakan sebuah menara indah dengan ketinggian mencapai 325 meter dan dibangun pada tahun 1889.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke wisata Eropa Menara Eiffel, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati menara indah dan megah tersebut. Kamu bisa menggunakan cara gratis atau pun berbayar.

Untuk cara gratisnya, kamu bisa datang ke tepian Sungai Seine atau Seine River Cruise dan di sana kamu dapat berfoto – foto dengan background Menara Eiffel yang megah. Atau juga bisa berfoto dengan Eiffel dari taman bawah. Dengan cara ini kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Wisata Eropa - Menara Eiffel (travel.kompas)
Menara Eiffel (travel.kompas)

Namun jika kamu tak masalah apabila harus membayar asalkan bisa menikmati keindahan dan kemegahan pemandangan sekitar Menara Eiffel dari atas menara, ada dua jenis tiket masuk yang bisa jadi pilihan. Pertama, kamu bisa membayar tiket masuk untuk sampai di lantai 2 Menara Eiffel dan cara kedua kamu perlu membayar tiket masuk untuk sampai puncak menara. Tiket masuk mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Untuk ke lantai 2 menara Eiffel, akses masuknya terbagi ke dalam dua jenis yaitu akses masuk dengan naik tangga atau naik lift. Jika kamu naik lift, tarif orang dewasa dibebankan sebesar 16 Euro atau setara dengan 260 ribu rupiah. Sementara jika naik tangga, tarif untuk orang dewasa sebesar 10 Euro atau setara dengan 162 ribu rupiah.

Kemudian untuk sampai di Puncak Eiffel, tarif untuk orang dewasa dibebankan sebesar 25 Euro atau setara 406 ribu rupiah dengan naik lift. Untuk kamu yang mengunjungi Eiffel sampai puncak, di puncaknya akan kamu temukan sebuah restoran dengan tempat makan dan menu yang khas. Juga terdapat beberapa spot romantis yang dapat menjadi tempat berfoto pengunjung yang datang.

Kalau kamu malas capek dan tidak keberatan dengan biayanya, kamu bisa memilih untuk naik lift. Akan tetapi jika kamu tak masalah jika harus naik turun tangga maka kamu bisa memilih alternatif yang kedua. Akan tetapi alternatif naik tangga hanya menjadi pilihan akses masuk sampai ke lantai 2 saja karena akses masuk ke menara hanya tersedia akses menggunakan lift saja.

4. Danau Titisee

Wisata Eropa - Danau Titisee (bootsbetrieb-schweizer-titisee)
Danau Titisee (bootsbetrieb-schweizer-titisee)

Alamat : 79822, Jerman
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Danau Titisee merupakan sebuah wisata Eropa yang terletak di kawasan Jerman selatan. Nama Titisee pada danau ini diambil dari nama seorang Kaisar Romawi, yaitu Titus.

Tempat wisata yang satu ini memiliki suasana sejuk, danau dengan air berwarna biru yang sangat tenang dan dikelilingi oleh hutan black forest nan indah. Sampai saat ini Danau Titisee masih menjadi wisata favorit di Jerman.

Danau indah ini merupakan wisata danau di Eropa yang luasnya mencapai 1,3 kilometer persegi. Letaknya berada di ketinggian 858 meter di atas permukaan laut. Danau yang ada terbentuk karena lelehan gletser yang terbentuk sejak 10.000 tahun yang lalu.

Dari danau ini mengalir sungai yang membelah kota Titisee-Neustadt. Sungai tersebut bernama Sungai Gutach yang airnya terkenal sangat bersih dan segar. Untuk kamu yang berkunjung di Danau Titisee, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Beberapa aktivitas tersebut di antaranya seperti berenang, jalan – jalan di sekitar danau, berkeliling danau, dan melakukan berbagai jenis olahraga. Selain itu, kamu juga dapat berkeliling di Hutan Blackforest dan membidik foto – foto keren di sana.

5. Keukenhof Garden

Wisata Eropa - Keukenhof Garden (makintau)
Keukenhof Garden (makintau)

Alamat : Stationsweg 166A, 2161 AM Lisse, Belanda
Maps : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.30 waktu setempat
Harga tiket masuk : Orang dewasa 14,5 Euro, anak – anak 7 Euro, tiket kombo sebesar 21 Euro untuk orang dewasa dan 11 Euro untuk anak – anak.

Untuk kamu yang liburan ke Belanda, kamu bisa berkunjung ke taman bunga Tulip yang paling terkenal yaitu Keukenhof Garden. Taman bunga ini merupakan sebuah taman bunga tulip terbesar di Belanda yang luasnya mencapai 32 hektar dan dibuka untuk umum pertama kali pada tahun 1950.

Aneka ragam bunga tulip ditanam pada salah satu wisata Eropa ini. Pemandangan yang sangat indah akan kamu temukan setiap bulan Maret sampai dengan Mei karena bunga – bunga tulip yang jumlahnya lebih dari 7 juta batang akan bermekaran di bulan tersebut.

Untuk sampai di sini, kamu bisa berangkat dari Amsterdam dengan naik bus Connexxion jalur 197. Bus ini akan mengantarkan kamu ke Schipol. Sesampainya di Schipol, kamu harus ganti bus. Bus selanjutnya yang akan kamu naiki adalah bus Keukenhof Express jalur 858. Bus ini akan mengantarkan kamu sampai Leiden Central Station. Kemudian dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jalur 854.

Selain Keukenhof Garden, masih banyak tempat wisata di Belanda lainnya yang dapat menjadi tujuan wisata Eropa kamu. Baca : 10 Tempat Wisata di Belanda yang Wajib Dikunjungi

6. The Charles Bridge

Wisata Eropa - The Charles Bridge (dictio)
The Charles Bridge (dictio)

Alamat : Karlův most, 110 00 Praha 1, Ceko
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

The Charles Bridge merupakan sebuah jembatan indah di Praha yang sering disebut sebagai Negeri Seribu Menara. Ya, di jembatan tua yang usianya sudah lebih dari 8 abad ini, kamu akan menemukan banyak bangunan menara berjejer di sisi – sisinya. Suasana yang tampil seperti membawa kamu ke negeri dongeng.

The Charles Bridge dibangun pada masa pemerintahan Raja Charles IV yang membentang di atas Sungai Vlatva dan menghubungkan dua kota yaitu Old Town dan Lesser Town. Pada wisata Eropa ini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang arsitektur Eropa yang khas dan keindahan lampu – lampu antiknya ketika berkunjung ke sini.

Selain Praha yang punya pesona tempat wisata dengan arsitektur yang indah, kota lain di Eropa yang juga punya tempat wisata dengan arsitektur yang tak kalah indah adalah Roma, Italia. Untuk informasi tempat wisata yang ada di Roma, baca : 10 Tempat Wisata di Roma, Italia yang Wajib Dikunjungi

7. The Chapel Bridge

The Chapel Bridge (delianholiday)
The Chapel Bridge (delianholiday)

Alamat : Kapellbrücke, 6002 Luzern, Swiss
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Pesona alam Swiss memang luar biasa. Swiss bahkan dikatakan merupakan salah satu kota wisata Eropa yang memiliki pemandangan alam paling indah dan memiliki sungai paling bersih.

Kalau berlibur ke Swiss, kamu akan menemukan pemandangan pegunungan dan danau – danau yang indah. Namun selain pemandangan gunung dan danau, Swiss juga memiliki ikon wisata bernama The Chapel Bridge yang terbentang indah di atas Danau Luzern.

Pesona jembatan ini sangat menarik baik di siang hari atau pun di malam hari. Pada malam harinya, pesona tata lampu kota yang berpadu dengan ketenangan danau dapat menjadi background foto kamu di The Chapel Bridge yang dibangun pada abad ke-14.

Awalnya, The Chapel Bridge dibangun sebagai benteng pertahanan Swiss. Tak jauh dari jembatan terdapat sebuah menara setinggi 43 meter yang bernama Menara Wasserturm. Menara Wasserturm ini merupakan menara segi delapan yang terbuat dari batu bata dan awalnya berfungsi sebagai penjara serta ruang penyiksaan.

Selain terdapat Menara Wasserturm, tak jauh dari danau Luzern juga terdapat sebuah monumen yang bernama Lion Monument atau Monumen Singa. Monumen ini dipahat oleh Bertel Thorvaldsen sebagai tempat untuk memperingati kematian serdadu Swiss selama Revolusi Perancis berlangsung.

8. Colosseum

Colosseum (bildeco)
Colosseum (bildeco)

Alamat : Piazza del Colosseo, 1, 00184 Roma RM, Italia
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 -19.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 16 Euro – 25 Euro

Kalau bicara tentang Roma, hal pertama yang akan selalu diingat adalah tentang kuliner pizzanya. Akan tetapi selain punya kuliner pizza yang mendunia, Roma juga punya ikon wisata yang mendunia bernama Colosseum.

Arsitektur masa lampau yang mengingatkan kamu tentang seperti apa peradaban masa lalu Roma akan kamu saksikan. Sampai saat ini Colosseum masih berdiri megah walau pun beberapa bagian sudah ada yang mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut juga terjadi dikarenakan kerusakan alam mengingat bangunan Colosseum ini sudah tidak lagi digunakan sejak abad ke-6.

Di bagian dalam Colosseum, kamu akan menemukan sebuah hypogeum yang dulunya merupakan tempat untuk menyimpan budak yang dipaksa untuk bertarung, menyimpan hewan yang akan dipertarungkan, serta menyimpan senjata atau alat-alat perlengkapan pertempuran. Namun area ini hanya tersisa bekasnya saja karena sudah dihancurkan. Jika kamu tertarik berkunjung ke Colosseum ini, kamu bisa naik bus umum dengan nomor 75, 81, 673, 204 atau 175 yang akan mengantarkan kamu secara langsung ke depan Colosseum.

Namun selain naik bus, kamu juga bisa naik kereta dari stasiun Termini dengan mengambil jalur bawah tanah untuk turun di dekat Colosseum. Kamu juga bisa naik kereta FL3 atau FL5 untuk sampai di Colosseum.

Selain Colosseum, ada berbagai wisata Eropa lain di wilayah Roma yang harus masuk ke daftar kunjungan kamu yang sedang melakukan perjalanan wisata Eropa. Informasi tempat wisata di Roma lainnya, baca : 10 Tempat Wisata di Roma, Italia yang Wajib Dikunjungi

9. Pulau Lofoten

Pulau Lofoten (gotravelly)
Pulau Lofoten (gotravelly)

Alamat : Norwegia
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Pulau Lofoten merupakan sebuah pulau yang berada di bagian paling utara Eropa. Keindahan alamnya memang sangat menakjubkan. Kamu akan temukan perpaduan antara gunung, tebing, danau dan lautan luas di pulau ini.

Berbagai spesies hewan dan jutaan burung laut akan menemani perjalanan wisata kamu di Pulau Lofoten. Ketika malam, cahaya aurora yang menjadi penghias langit alami ditenagai sinar matahari nan spektakuler juga akan kamu saksikan. Dengan semua keindahan tersebut, tak heran jika Pulau Lofoten dikenal sebagai surganya arktik.

10. Plaza Mayor

Plaza Mayor (pinterest)
Plaza Mayor (pinterest)

Alamat : Plaza Mayor, 28012 Madrid, Spanyol
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 20.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 24 Euro

Bagi pecinta bola pasti kota Madrid sudah nggak asing lagi buat kamu. Nah, Madrid ini selain punya club sepak bola yang terkenal juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik. Salah satunya adalah Plaza Mayor yang menjadi ikon wisata terbaik bagi Madrid.

Plaza Mayor ini sejatinya merupakan sebuah bangunan alun – alun berbentuk persegi panjang yang luasnya mencapai 1 hektar dan dibangun mulai tahun 1617 dan di buka untuk umum pada tahun 1619. Selain itu banyak spot belanja dan mencari oleh – oleh di kawasan Plaza Mayor ini. Kamu yang jalan – jalan di Madrid, bisa banget masuk ke kawasan ini dan carilah berbagai oleh – oleh khas Madrid di sini.

Itulah beberapa tempat wisata Eropa yang wajib jadi kunjungan traveler. Dapatkan pengalaman wisata terbaik dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata Eropa di atas. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!